Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DASAR PEMIKIRAN  Lomba cipta lagu anak-anak muslim merupakan program LPPTKA BKPRMI Nasional yang dilaksanakan secara rutin dalam rangka memenuhi kebutuhan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DASAR PEMIKIRAN  Lomba cipta lagu anak-anak muslim merupakan program LPPTKA BKPRMI Nasional yang dilaksanakan secara rutin dalam rangka memenuhi kebutuhan."— Transcript presentasi:

1

2 DASAR PEMIKIRAN  Lomba cipta lagu anak-anak muslim merupakan program LPPTKA BKPRMI Nasional yang dilaksanakan secara rutin dalam rangka memenuhi kebutuhan lembaga TK/TP Al-Qur’an dilingkungan LPPTKA BKPRMI dalam hal penyediaan lagu lagu Islami yang dapat digunakan didalam proses belajar mengajar, yaitu lagu-lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran di setiap unit TK/TP Al-Qur’an berdasarkan kurikulum LPPTKA BKPRMI.  Disamping untuk kepentingan proses pembelajaran di setiap TK/TP Al-Qur’an hasil Lomba Cipta Lagu Anak Muslim Indonesia ini juga Insya Allah akan menjadi lagu wajib maupun lagu pilihan dalam ajang Festival Anak Shaleh Indonesia X yang Akan datang.

3 MAKSUD DAN TUJUAN Maksud  Memasyarakatkan Lagu-Lagu Anak Muslim secara umum dan dilingkungan LPPTKA BKPRMI Khususnya agar dengan lagu dapat disampaikan pesan-pesan yang bernuansa dan bernafaskan Al-Qur’an dan Sunah Rasul sesuai dengan kurikulum LPPTKA BKPRMI. Tujuan  Menyediakan Lagu Anak Muslim dalam rangka membantu proses belajar mengajar di Unit TKA/TPA dilingkungan LPPTKA BKPRMI.  Untuk dijadikan sebagai Lagu Wajib dan lagu pilihan pada Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) X yang akan datang.  Untuk mengimbangi pengaruh lagu-lagu non islami terhadap anak-anak muslim, khususnya para santri TK/TP Al-Qur’an di media elektronik.  Menyalurkan dan mengembangkan potensi ustadz-ustadzah terutama bidang seni dan kreatifitas lagu sehingga dapat berkembang secara profesional dan diakui masyarakat.

4 NAMA KEGIATAN Lomba Cipta Lagu Anak Muslim Indonesia Tingkat Nasional LPPTKA BKPRMI Tahun 2015

5 TEMA KEGIATAN “ Dengan Lomba Cipta Lagu Anak Muslim Indonesia kita tingkatkan mutu dan kualitas pendidikan TK/TP Al-Qur’an di lingkungan LPPTKA BKPRMI ”

6 PELAKSANAAN KEGIATAN  Babak Pendahuluan (seleksi lagu)  Pemilihan 10 lagu terbaik setiap kategori

7 PERSYARATAN 1. Ketentuan Umum  Seluruh pengurus dan ustadz-ustadzah dilingkungan LPPTKA BKPRMI, baik ditingkat Pusat, Wilayah, Daerah maupun unit-unit TK/TP Al-Qur’an diseluruh Indonesia.  Melampirkan surat rekomendasi dari Direktur Daerah atau minimal Kepala Unit TK/TP Al-Qur’an.  Melampirkan foto copy KTP/Kartu pengenal, bio data lengkap dan pas photo berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 (dua) lembar.  Tiap peserta dapat mengirimkan maksimal 2 (dua) buah lagu bagi setiap jenjang (TKA dan TPA).  Lagu yang telah dikirimkan tidak dapat ditarik kembali.  Panitia berhak mengusulkan redaksi judul lagu jika diperlukan dengan sepengetahuan pencipta lagu.  Panitia berhak menentukan penata musik dan penyanyi yang akan membawakan 10 lagu terbaik dalam berbagai bentuk  Bagi 10 (sepuluh) Lagu terbaik hak cipta Menjadi milik LPPTKA BKPRMI Pusat  Bukan Anggota Dewan Juri  Keputusan dewan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat menyurat.

8 PERSYARATAN 2. Ketentuan Lagu Anak Muslim Indonesia 1. Judul Lagu Bebas 2. Tema Lagu Bernafaskan ke-Islaman, mendidik, membangun sesuai dengan misi lembaga yaitu “Menyiapkan Generasi Qur’ani Menyongsong Masa Depan Gemilang 3. Materi Lagu yang dilombakan adalah naskah lagu yang bernafaskan ke Islaman untuk TKA usia 4-7 Tahun dan TPA usia 7 s/d 12 tahun 4. Syair dibuat minimal 2 bait a. Untuk TKA Maksimal 1 (satu) oktaf b. Untuk TPA Maksimal 1,5 (satu setengah) oktaf, 5. Syair dibuat dalam bahasa Indonesia yang dimengerti oleh anak-anak, tidak sloganistis dan atau bombastis serta mudah diucapkannya 6. Alat musik yang digunakan bebas dengan vocal anak/dewasa direkam dalam sebuah vcd/dvd 7. Naskah lagu ditulis dengan tinta hitam/diketik/print komputer dengan atau tanpa not balok dan atau not angka serta ditanda tangani diatas materai Rp ,- sebagai bukti belum pernah dipublikasikan dan murni karya pencipta/orisinil.

9 PENGIRIMAN NASKAH LAGU  Masing-masing naskah lagu sebanyak 3 (tiga) rangkap (satu asli tulisan tangan/dengan mesin tik/komputer dan 2 foto copy) berikut VCD/DVD masing-masing Lagu sebanyak 3 (tiga) buah dikirim selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2015 stempel Pos.  Naskah Cipta Lagu yang diterima melampaui batas waktu yang ditentukan tidak akan dinilai dan dinyatakan gugur  Naskah Lagu dikirim ke :  Panitia Lomba Cipta Lagu Anak-Anak Muslim Indonesia LPPTKA BKPRMI Pusat Masjid Istiqlal kmr 62. Jln. Taman Wijaya Kusuma Jakarta Pusat, Telp. (021) , , Fax. (021)

10 HADIAH DAN PIALA  Hadiah Total Uang Lomba Rp ,-  Piala Tetap DPP BKPRMI dan LPPTKA BKPRMI Pusat  Piala dan Piagam untuk Juara I,II,III,IV,V  Piagam untuk 10 besar

11 SUSUNAN PANITIA SUSUNAN KEPANITIAN LOMBA CIPTA LAGU ANAK MUSLIM INDONESIA TINGKAT NASIONAL KE-6 LPPTKA BKPRMI PUSAT  Penanggung Jawab: Direktur Nasional LPPTKA BKPRMI PUSAT  Ketua Pelaksana: Mochamad Kurdi, SE  Sekretaris: Muhammad Husain, SPdI  Bendahara: Ratih Widuri, SE

12 PENUTUP  Demikian Panduan lomba cipta Lagu Anak Muslim Indonesia tingkat Nasional LPPTKA BKPRMI Pusat ini dibuat, semoga dapat memberikan gambaran tentang pelaksanaan kegiatan lomba tersebut, hal-hal yang belum diatur dalam kegiatan lomba ini, akan diatur kemudian. Jakarta, 15 Januari 2015


Download ppt "DASAR PEMIKIRAN  Lomba cipta lagu anak-anak muslim merupakan program LPPTKA BKPRMI Nasional yang dilaksanakan secara rutin dalam rangka memenuhi kebutuhan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google