Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ekofeminisme: Kontradiksi Kapitalisme dan Etika Kepedulian Donny Danardono [FH dan PMLP Unika Soegijapranata]

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ekofeminisme: Kontradiksi Kapitalisme dan Etika Kepedulian Donny Danardono [FH dan PMLP Unika Soegijapranata]"— Transcript presentasi:

1 Ekofeminisme: Kontradiksi Kapitalisme dan Etika Kepedulian Donny Danardono [FH dan PMLP Unika Soegijapranata]

2 Latar Belakang Ekofeminisme adalah gerakan lingkungan yang dikaitkan dengan gerakan jender. Muncul Krisis/penindasan Lingkungan terkait dengan penindasan perempuan oleh patriarki.

3 Kapitalisme, Krisis Lingkungan dan Feminisme Kapitalisme perkebunan dan industri menyebabkan krisis lingkungan. Krisis lingkungan menjadikan perempuan dan anak sebagai korban pertama dan utama. Bagaimana ekofeminisme mengatasi krisis lingkungan dan diskriminasi perempuan?

4 Kontradiksi Kapitalisme: Produksi dan Reproduksi Feminis: kapitalisme dijalankan dengan ideologi patriarki yang menimbulkan kontradiksi antara produksi dan reproduksi, yaitu tenaga kerja perempuan banyak tergusur dari sektor produksi. Friederick Engels, “The origin of Family, Private Property, and the State”, dan asal-usul kontradiski produksi dan reproduksi.

5 Postfeminisme dan Etika Kepedulian Postfeminisme: dekonstruksi untuk melihat perempuan sebagai the-other kepriaan. Tak ada identitas yang utuh. Postfeminisme menawarkan strategi membentuk identitas diri yang mengurangi kekerasan terhadap yang lain. Postfeminisme dekat dengan Etika Kepedulian yang melihat relasi antar sesama manusia dan relasi antara manusia dengan alam sebagai relasi yang terpisahkan. Etika kepedulian mempersoalkan teori hak yang mengasingkan sesama manusia dan manusia dengan alam


Download ppt "Ekofeminisme: Kontradiksi Kapitalisme dan Etika Kepedulian Donny Danardono [FH dan PMLP Unika Soegijapranata]"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google