Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENJELASKAN ATTENUASI GELOMBANG MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO By. Sarbini, S.Pd (SMK Muh. 3 Yogyakarta)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENJELASKAN ATTENUASI GELOMBANG MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO By. Sarbini, S.Pd (SMK Muh. 3 Yogyakarta)"— Transcript presentasi:

1 MENJELASKAN ATTENUASI GELOMBANG MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO By. Sarbini, S.Pd (SMK Muh. 3 Yogyakarta)

2 Teknologi dan Rekayasa ATTENUASI A.PENGERTIAN ATTENUASI Attenuasi atau attenuator adalah rangkaian yang fungsi / sifatnya berkebali- kan dengan amplifier (melemahkan). kegunaan attenuator : a.pelemah/pengerut suatu sinyal b. penyesuai impedansi (matching impedance)

3 Teknologi dan Rekayasa B. MACAM-MACAM RANGKAIAN ATTENUASI 1.Attenuasi Tipe L Tipe attenuasi yang paling sederhana yaitu tipe L ( pembagi tegangan) Berlaku persamaan : Vout = i. R2 Vout = R2/(R1 + R2). Vin Jadi : Vout/Vin = R2/(R1 + R2) Dalam penguat (amplifier), Vout/Vin adalah penguatan(A) Jadi : A = Vout /Vin

4 Teknologi dan Rekayasa  Attenuasi selalu melemahkan/ menurunkan sinyal, maka harga A selalu kurang dari satu.  Attenuasi adalah kebalikan dari A maka dinotasikan dengan a. Jadi : a = 1/A = Vin/Vout a disebut pelemahan A dan a dinyatakan dalam decibel (db).

5 Teknologi dan Rekayasa 2. Karakterstik Resistansi Dari Attenuasi Simetris Attenuasi simetris yaitu dua tipe attenuasi lain (selain tipe L : tipe T dan π). Attenuasi juga dapat digunakan sebagai penyesuai (matching) impedansi. Diharapkan kedua tipe attenuasi ini dapat selalu mengikuti perubahan- perubahan besarnya impedansi output.

6 Teknologi dan Rekayasa Karakteristik resistansi dari suatu attenuasi adalah keadaan yang menunjukkan bahwa harga hambatan masukkan (Rin) sama dengan harga hambatan beban (RL). Attenuasi dalam keadaan "Match"

7 Teknologi dan Rekayasa Tabel antara Rin dan RL  Harga hambatan input tergantung harga hambatan bebannya. (lihat tabel disamping).  Adapun besarnya karakteristik resistansi dari suatu attenuasi adalah : Rins=resistansi input saat output) dihubung singkat. Rino=resistansi input pada saat output terbuka.

8 Teknologi dan Rekayasa 3. Analisa Attenuasi Simetris Tipe T  perbandingan R2 dan R1 adalah sebagai berikut : m = R2/ R1 atau R2 = m. R1

9 Teknologi dan Rekayasa  Besarnya penguatan Attenuasi simetris tipe T dengan beban Ro a = Vin/Vout

10 Teknologi dan Rekayasa Perencanaan Attenuasi simertis dengan Ro = 50 Ohm

11 Teknologi dan Rekayasa 4. Attenuasi Simetris Tipe  m adalah perbandingan R2 terhadap R1,dengan merubahnya ke tipe T, maka didapatkan harga Ro :


Download ppt "MENJELASKAN ATTENUASI GELOMBANG MEMAHAMI SIFAT DASAR SINYAL AUDIO By. Sarbini, S.Pd (SMK Muh. 3 Yogyakarta)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google