Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Alasan siswa memilih jurusan kuliah ? Ikut-ikutan temen Yang penting lolos ke PTN Jurusan yang passinggrade rendah Disuruh orangtua Masih bingung mau jurusan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Alasan siswa memilih jurusan kuliah ? Ikut-ikutan temen Yang penting lolos ke PTN Jurusan yang passinggrade rendah Disuruh orangtua Masih bingung mau jurusan."— Transcript presentasi:

1 Alasan siswa memilih jurusan kuliah ? Ikut-ikutan temen Yang penting lolos ke PTN Jurusan yang passinggrade rendah Disuruh orangtua Masih bingung mau jurusan apa 1Tes Kecocokan Jurusan (TKJ)

2 Bagaimana seharusnya memilih jurusan kuliah ? Harus ada KECOCOKAN kemampuan dan minat siswa dengan karakteristik jurusan kuliah. kemampuan siswa Minat/passion siswa Karakteristik Jurusan Kuliah -Mapel dominan di jurusan tsb -Lingkungan khusus perkuliahan Karakteristik Jurusan Kuliah -Mapel dominan di jurusan tsb -Lingkungan khusus perkuliahan Sesuai kah ?? 2Tes Kecocokan Jurusan (TKJ)

3 Bagaimana seharusnya memilih jurusan kuliah ? Harus ada KECOCOKAN kemampuan dan minat siswa dengan karakteristik jurusan kuliah. kemampuan siswa Minat/passion siswa Karakteristik Jurusan Kuliah -Mapel dominan di jurusan tsb -Lingkungan khusus perkuliahan Karakteristik Jurusan Kuliah -Mapel dominan di jurusan tsb -Lingkungan khusus perkuliahan Bagaimana kecocokannya ?? Teknik Geologi Mapel (mata pelajaran dominan) : Geografi, Kimia, Biologi Memiliki minat terhadap : -alam atau dunia pencinta alam -Menggambar teknik 3Tes Kecocokan Jurusan (TKJ)

4 Bagaimana seharusnya memilih jurusan kuliah ? Harus ada KECOCOKAN kemampuan dan minat siswa dengan karakteristik jurusan kuliah. kemampuan siswa Minat/passion siswa Karakteristik Jurusan Kuliah -Mapel dominan di jurusan tsb -Lingkungan khusus perkuliahan Karakteristik Jurusan Kuliah -Mapel dominan di jurusan tsb -Lingkungan khusus perkuliahan Bagaimana kecocokannya ?? Kedokteran Umum Mapel (mata pelajaran dominan) : Biologi Memiliki minat terhadap : -Laboratorium -Pelayanan terhadap orang lain 4Tes Kecocokan Jurusan (TKJ)

5 Darimana kita mendapatkan Karakteristik Jurusan Kuliah ? Dari Bedah Silabus Jurusan Kuliah Dari interview dan pengamatan terhadap mahasiswa jurusan tersebut 5Tes Kecocokan Jurusan (TKJ)

6 Bagaimana mengukur KECOCOKAN siswa (kemampuan & minat) dengan Karakteristik Jurusan ? Tes ini akan menguji kecocokan siswa dengan puluhan jurusan di perguruan tinggi, dan memberikan rekomendasi jurusan yang sesuai dengan potensi dan minat siswa dalam bentuk Skor kecocokan jurusan. 6Tes Kecocokan Jurusan (TKJ)

7 Untuk mengukur kemampuan dominan apa yang diperlukan dan minat/kemampuan spesifik apa yang diperlukan di suatu jurusan. Dengan menggunakan analisa kombinasi terhadap ketekunan, daya tahan, motif berprestasi, tingkat suka/tidak suka terhadap tiap mata pelajaran, tingkat kreativitas, kemampuan menggambar seni, gambar teknik dan kesesuaian dengan lingkungan khusus perkuliahan, maka dihasilkan tingkat kesesuaian jurusan. Tujuan dan Manfaat TKJ : 1.Bagi siswa yang SUDAH memiliki pilihan jurusan di perguruan tinggi, TKJ akan menguji apakah pilihannya tersebut cocok dengan kemampuannya atau tidak. Jika tidak, TKJ akan memberikan rekomendasi jurusan/jurusan yang cocok. 2.Bagi siswa yang BELUM memiliki pilihan jurusan/jurusan di perguruan tinggi, TKJ akan memberikan rekomendasi jurusan/jurusan yang cocok, dan saran jurusan/jurusan yang sebaiknya dihindari. 7Tes Kecocokan Jurusan (TKJ)

8 8

9 Grafik Prodi Mapping jurusan yang direkomendasikan untuk dipilih adalah jurusan dengan nilai positif (+), karena jurusan ini memiliki tingkat kesesuaian tinggi atau tingkat kesesuaian sedang. Semakin besar nilai skala positif (+), memiliki arti jurusan tersebut semakin cocok. jurusan yang disarankan untuk tidak dipilih adalah jurusan dengan nilai negatif (-), karena jurusan ini memiliki tingkat kesesuaian rendah atau tingkat kesesuaian sangat rendah. Semakin besar nilai skala negatif (-), memiliki arti jurusan tersebut semakin tidak cocok. 9Tes Kecocokan Jurusan (TKJ)

10 1.Siswa menjawab sejumlah pertanyaan selama durasi maksimal 1 jam (sudah disiapkan Set Soal + Lembar Jawaban) 2.Pertanyaan lebih bersifat tes kejujuran, dan bukan pertanyaan akademis soal pelajaran. (siswa tidak perlu persiapan untuk mengikuti Tes) 3.Jawaban siswa akan diolah dan dihasilkan Tabel dan Grafik Kecocokan Jurusan yang spesifik dan berbeda untuk tiap siswa. 10Tes Kecocokan Jurusan (TKJ)

11 87% mahasiswa di Indonesia Salah Jurusan Menurut Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA, sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan. "Salah jurusan bisa memicu pada pengangguran. Supaya tidak ada pengangguran lagi ya jangan sampai ketika kuliah salah jurusan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (25/2/2014). Oleh karena itu, Irene mengimbau kepada anak muda atau mereka yang baru saja lulus kuliah, jika bekerja dengan latar belakang pendidikan yang salah jurusan, maka hati dan skillnya tidak akan berkembang. 87% mahasiswa di Indonesia Salah Jurusan Menurut Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA, sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan. "Salah jurusan bisa memicu pada pengangguran. Supaya tidak ada pengangguran lagi ya jangan sampai ketika kuliah salah jurusan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (25/2/2014). Oleh karena itu, Irene mengimbau kepada anak muda atau mereka yang baru saja lulus kuliah, jika bekerja dengan latar belakang pendidikan yang salah jurusan, maka hati dan skillnya tidak akan berkembang. 11Tes Kecocokan Jurusan (TKJ)


Download ppt "Alasan siswa memilih jurusan kuliah ? Ikut-ikutan temen Yang penting lolos ke PTN Jurusan yang passinggrade rendah Disuruh orangtua Masih bingung mau jurusan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google