Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPETENSI, PENDIDIKAN, DAN PELATIHAN PERANCANG PERATURAN PERUNDANG- UNDANGAN Pendidikan dan Pelatihan Perancang Peraturan Perundang-undangan Angkatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPETENSI, PENDIDIKAN, DAN PELATIHAN PERANCANG PERATURAN PERUNDANG- UNDANGAN Pendidikan dan Pelatihan Perancang Peraturan Perundang-undangan Angkatan."— Transcript presentasi:

1 KOMPETENSI, PENDIDIKAN, DAN PELATIHAN PERANCANG PERATURAN PERUNDANG- UNDANGAN Pendidikan dan Pelatihan Perancang Peraturan Perundang-undangan Angkatan VII dan VIII Yang Diselenggarakan oleh Badan Pengembangan SDM Departemen Hukum dan HAM Oktober – Desember Tahun 2008 M. ALIAMSYAH, S.Sos, SH, MH Selasa jam – 17.00

2 Target Pendidikan dan Latihan Calon Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang- undangan; Calon Pejabat Fungsional Perancang Peraturan Perundang- undangan; Perancang Peraturan Perundang- Undangan; Perancang Peraturan Perundang- Undangan; Dsb. Dsb.

3 Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.73.KP Tahun 2006 tentang Pendidikan dan Pelatihan Perancang Peraturan Perundang-undangan  Tujuan dan Sasaran  Peserta Pendidikan  Kurikulum dan Mata Pendidikan dan Pelatihan  Metode Pembelajaran  Pemantauan dan Evaluasi  Sertifikasi Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil

4 Tujuan dan Sasaran Tujuan Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap Menciptakan aparatur yang mampu berberan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa Menciptakan aparatur yang mampu berberan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa Memantapkan sikap dan semangat pengabdian Memantapkan sikap dan semangat pengabdian Menciptakan persamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan Menciptakan persamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas umum pemerintahan dan pembangunan Sasaran Terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan Jabatan Fungsional Perancang Pertama

5 Kompetensi Kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang perancang berupa: a.Pengetahuan; -mengetahui sumber data dan bahan yang terkait dengan penyusunan PUU; -mampu mengolah data dan menyajikan data dan informasi; -memahami metode penelitian; -memahami konsep perencanaan hukum; -memahami landasan yuridis dan formil pembentukan PUU; -memahami dasar-dasar pembentukan PUU; -mengetahui program jangka pendek, menengah, dan panjang di bidang hukum; -mengetahui jenis-jenis peraturan perundang-undangan; -mengetahui proses PTUN dan MK; -memahami penuangan kebijakan ke dalam PUU. b.Keterampilan; -mampu membuat laporan secara sistematis; -mampu menyusun konsep instrumen hukum; -mampu berpikir analitis. c.Sikap perilaku. - Integritas diri dan tingkat kedisiplinan; -kerja sama; -Prakarsa dan kepuasan kerja.

6 Kurikulum dan Mata Pendidikan dan Pelatihan Komponen A (5%) Etika Perancang; Etika Perancang; Moral dan Etika; Moral dan Etika; Pembinaan Fisik dan Disiplin; Pembinaan Fisik dan Disiplin; Dinamika Kelompok. Dinamika Kelompok. Komponen B (79%) Ilmu Perundang-undangan; Ilmu Perundang-undangan; Dasar-dasar Konstitusional; Dasar-dasar Konstitusional; Jenis, Fungsi, Materi Peraturan Perundang-undangan; Jenis, Fungsi, Materi Peraturan Perundang-undangan; Teknik Penyusunan Peraturan Perundang-undangan; Teknik Penyusunan Peraturan Perundang-undangan; Bahasa Peraturan Perundang-undangan; Bahasa Peraturan Perundang-undangan; Metodologi Penyusunan Peraturan Perundang-undangan; Metodologi Penyusunan Peraturan Perundang-undangan; Metodologi Penelitian Dokumenter dan empiris; Metodologi Penelitian Dokumenter dan empiris; Proses Penyusunan Peraturan Perundang-undangan; Proses Penyusunan Peraturan Perundang-undangan; Legislasi Semu dan Penetapan; Legislasi Semu dan Penetapan; Tata Naskah Dinas; Tata Naskah Dinas; Pelatihan Penyusunan Peraturan Perundang-undangan; Pelatihan Penyusunan Peraturan Perundang-undangan; Naskah Akademik; Naskah Akademik; Proses Litigasi Peraturan Perundang-undangan; Proses Litigasi Peraturan Perundang-undangan; Pengharmonisasian/Pensinkronisasian Peraturan Perundang-undangan. Pengharmonisasian/Pensinkronisasian Peraturan Perundang-undangan.

7 Komponen C (6%) Peranan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) dalam Pembangunan Hukum nasional; Peranan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) dalam Pembangunan Hukum nasional; Peranan DPR/DPD dalam Penyusunan dan Pembahasan RUU; Peranan DPR/DPD dalam Penyusunan dan Pembahasan RUU; Peranan Perjanjian Internasional dalam Sistem Hukum Nasional; Peranan Perjanjian Internasional dalam Sistem Hukum Nasional; Efektifitas Peraturan Perundang-undangan dalam Masyarakat; Efektifitas Peraturan Perundang-undangan dalam Masyarakat; Proses Penyusunan Peraturan Daerah; Proses Penyusunan Peraturan Daerah; Hubungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah; Hubungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah; Proses Penyusunan Peraturan Daerah; Proses Penyusunan Peraturan Daerah; Hak Asasi Manusia; Hak Asasi Manusia; Kebijakan Departemen Hukum dan HAM; Kebijakan Departemen Hukum dan HAM; Masalah Aktual dalam Perkembangan Hukum. Masalah Aktual dalam Perkembangan Hukum. Komponen D (10%) Pengarahan Kediklatan; Pengarahan Kediklatan; Penjelasan Program; Penjelasan Program; Jam Pimpinan; Jam Pimpinan; Praktek Kerja Lapangan; Praktek Kerja Lapangan; Kertas Kerja Kelompok; Kertas Kerja Kelompok; Ujian. Ujian.

8 Metode Pembelajaran Ceramah (Tanya Jawab, Diskusi, latihan). Ceramah (Tanya Jawab, Diskusi, latihan). Latihan/aplikasi Perancangan; Latihan/aplikasi Perancangan; Diskusi dan Seminar; Diskusi dan Seminar; Simulasi/Role Playing. Simulasi/Role Playing. Waktu Penyelenggaraan 962 jam pelajaran; 962 jam pelajaran; = 2,5 bulan; = 2,5 bulan; = 75 hari. = 75 hari.

9 Pemantauan dan Evaluasi Penilaian Terhadap Peserta Aspek Sikap/Affective Aspek Sikap/Affective Aspek Penguasaan Materi Aspek Penguasaan Materi Uji Kompetensi Uji Kompetensi

10 A. Aspek Sikap/Affective Integritas Diri; Integritas Diri; Disiplin (ketaatan, kepatuhan, komitmen) - kehadiran - ketepatan waktu penyelesaian tugas. Kerjasama; Kerjasama; Kemampuan berkoordinasi dan bekerja kelompok - kontribusi - keutuhan dan kekompakan - tidak mendikte dan mendominasi - menerima pendapat Prakarsa/Job Satisfaction. Prakarsa/Job Satisfaction. - Mampu menyampaikan ide/gagasan - membuat iklim diklat kondusif dan menggairahkan - mampu membuat saran/ide - aktif mengajukan pertanyaan yang relevan - mampu mengendalikan diri, waktu, situasi, dan lingkungan.

11 B. Aspek Penguasaan Materi Topik Khusus Topik Khusus Membahas permasalahan aktual Pengusaan Materi Lainnya Pengusaan Materi Lainnya 1. Kuis/Latihan (20%) - diakhir sesi mata kuliah tertentu; - pemahaman terhadap materi - aplikasi terhadap materi. 2.Studi Kasus (40%) Diwajibkan membuat makalah mengenai isu aktual 3.Latihan Menyusun Peraturan Perundang-undangan/Skill Utama (40%) C. Uji Kompetensi Uji Kompetensi difokuskan pada aspek kemampuan kognitif yang bersifat komprehensif

12 Metode penilaian Aspek Sikap/Affective Aspek Sikap/Affective - kegiatan belajar di kelas - kegiatan pembuatan dan penyusunan studi kasus dan latihan - Kegiatan di asrama/pusdiklat - Diskusi dan Seminar. Aspek Penguasaan Materi Aspek Penguasaan Materi - Sistematika/berpikir sistematis - Partisipasi peserta di kelas (Belajar/Diskusi/Seminar) - Pemahaman terhadap materi yang diberikan - Aplikasi terhadap materi - Teknik dan kemampuan presentasi dan penguasaan materi Uji Kompetensi Uji Kompetensi - pemahaman terhadap materi-materi yang diberikan - kemampuan intelektual.

13 Evaluasi Penilaian/Kelulusan Penilaian dilakukan dengan rentang angka dari 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus) Penilaian dilakukan dengan rentang angka dari 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus) Kehadiran (absensi) Kehadiran (absensi) - Mutlak Aspek Sikap/Affective Aspek Sikap/Affective - Prasyarat - Minimal Nilai 70 Aspek Pengusaan Materi (Topik Khusus) Aspek Pengusaan Materi (Topik Khusus) - Prasyarat - Lulus/Tidak Lulus* Aspek Pengusaan Materi Lainnya - Prasyarat - Minimal Nilai 70 Uji Kompetensi Uji Kompetensi - Penilaian Akhir Kelulusan - Minimal Nilai 70

14 Tim Penilai, Kualifikasi, dan Peringkat (rangking) Tim Evaluasi kelulusan: Ditjen. PP, Pusdiklat, dan Tim Ahli Jabatan Fungsional Perancang. Tim Evaluasi kelulusan: Ditjen. PP, Pusdiklat, dan Tim Ahli Jabatan Fungsional Perancang. Kualifikasi Kelulusan: Kualifikasi Kelulusan: - Nilai 95,0 – 100= Sangat Memuaskan - Nilai 90,0 – 94,9= Memuaskan - Nilai 80,0 – 89,9= Baik Sekali - Nilai 70,0 – 79,9= Baik - Nilai 00,0 – 69,9= Tidak Lulus Bila dalam penentuan rangking/peringkat terdapat nilai uji kompetensi yang sama, maka yang menjadi bahan pertimbangan lain adalah nilai Aspek Penguasaan Materi Lainnya (Studi Kasus, Latihan, Penyusunan Peraturan Perundang-undangan/Seminar) dan aspek sikap/affective serta topik khusus menjadi bahan pertimbangan berikutnya. Bila dalam penentuan rangking/peringkat terdapat nilai uji kompetensi yang sama, maka yang menjadi bahan pertimbangan lain adalah nilai Aspek Penguasaan Materi Lainnya (Studi Kasus, Latihan, Penyusunan Peraturan Perundang-undangan/Seminar) dan aspek sikap/affective serta topik khusus menjadi bahan pertimbangan berikutnya.

15 Kepada Peserta yang dinyatakan lulus Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Perancang akan diberikan Sertifikat Kompetensi Perancang Pertama (SKP Pertama) dan Transkrip Nilai. Kepada Peserta yang dinyatakan lulus Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Perancang akan diberikan Sertifikat Kompetensi Perancang Pertama (SKP Pertama) dan Transkrip Nilai. Salinan Sertifikat dan Transkrip Nilai dikirim kepada: Salinan Sertifikat dan Transkrip Nilai dikirim kepada: - Pimpinan Instansi dari peserta yang bersangkutan; - Penyelenggara (BPSDM); - Instansi Pembina (Dep. Kumham).

16 Tugas Selama Mengikuti Diklat Studi Kasus Mandiri Studi Kasus Mandiri Studi Kasus Kelompok Studi Kasus Kelompok Menyusun Rancangan Peraturan Perundang- undangan. Menyusun Rancangan Peraturan Perundang- undangan. Review Materi. Review Materi.


Download ppt "KOMPETENSI, PENDIDIKAN, DAN PELATIHAN PERANCANG PERATURAN PERUNDANG- UNDANGAN Pendidikan dan Pelatihan Perancang Peraturan Perundang-undangan Angkatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google