Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KETERAMPILAN KOMPUTER 2B** JUR : SASTRA INGGRIS META MEYSAWATI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KETERAMPILAN KOMPUTER 2B** JUR : SASTRA INGGRIS META MEYSAWATI."— Transcript presentasi:

1

2 KETERAMPILAN KOMPUTER 2B** JUR : SASTRA INGGRIS META MEYSAWATI

3 SUB POKOK BAHASAN 1) PENGOLAHAN KATA PENGOLAHAN KATA WordStar Ms-Word 1. 1 PERBEDAAN WS DENGAN S WORD 2) PENGENALAN DBASE PENGENALAN DBASE 3) PENGENALAN VB (VISUAL BASIC) PENGENALAN VB (VISUAL BASIC) 4) TUTOR WordStar TUTOR WordStar

4 PENGOLAH KATA Word Processing  Suatu perangkat lunak yang digunakan khusus untuk melakukan pemrosesan kata. Pengolah kata ini merupakan perangkat lunak yang selalu digunakan oleh seluruh pemilik komputer untuk tulis- menulis surat, brosur, paper, karya ilmiah, buku, majalah sekolah, dan sebagainya.  Software pengolahan kata 1. Microsoft Word (Microsoft Office) 2. WS (WordStar) 3. Teks Document (Star Office) 4. Writer (Open Office) 5. Lotus Word Pro

5  Ciri khas software pengolahan kata secara umum : 1. Pengolahan karakter 2. Kata 3. Kalimat  Kemampuan utama software pengolahan kata : 1. Pembentukan (formatting) 2. Penambahan 3. Penghapusan 4. Penyimpanan 5. Pencetakan

6 6 DASAR PEMILIHAN APLIKASI PENGOLAH KATA 1. KEBUTUHAN Apakah kita membutuhkan aplikasi yang dapat mengecek spelling dan grammar, dan apakah kita membutuhkan aplikasi yang dapat mengirimkan langsung ke internet? 2. KEMAMPUAN MEMPERTUKARKAN FILE Jika file yang kita terima tidak dapat dibuka oleh aplikasi yang kita gunakan atau file yang kita berikan tidak dapat dibuka oleh aplikasi orang lain, tentu saja hal ini akan cukup menyulitkan.

7 3. KEMUDAHAN PENGGUNAAN Aplikasi yang mudah digunakan akan meningkatkan produktivitas 4. FITUR-FITUR Semakin nyamannya kita bekerja dengan aplikasi pengolah kata tersebut, produktivitas kita juga akan semakin meningkat. 5. PLATFORM apakah sesuai dengan sistem operasi yang diinstal dikomputer yang digunakan. Meskipun bebrapa aplikasi pengolah kata bersifat multiplatform, namun ada juga aplikasi yang hanya dapat dijalankan di sistem operasi tertentu saja.

8 6. HARGA Jika kita mempunyai anggaran yang cukup, kita dapat memilih aplikasi yang mahal sekalipun. Sebaliknya, jika kita mempunyai anggaran yang terbatas, kita dapat memilih aplikasi pengolah kata yang lebih murah atau yang bersifat open source (gratis).

9 WordStar  WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata diterbitkan oleh MicroPro International.  WordStar masih digolongkan sebagai salah satu contoh terbaik dalam hal desain antar muka sebuah software pada era DOS karena dirancang untuk menampilkan mode karakter dengan tipe font tunggal, fokus utamanya adalah pengetikan teks.  Fasilitas : MailMerge, SpellStar (pemeriksaan ejaan bahasa), Print Preview  WS membedakan file sebagai “document” atau “non-document”

10 KELEBIHAN & KEKURANGAN Kelebihan 1. Word star mampu menggunakan modus non- document untuk menciptakan file texs ASCII tanpa kode format,dengan itu dapat membuat word star popular di kalangan programmer untuk menulis kode program. 2. Menggunakan versi DOS pertama. 3. Wordstar dapat dianggap sebagai antarmuka keyboard ketiga.

11 Kekurangan 1. Word star memiliki perintah-perintah yang rumit dan harus di hafal karena tidak tersedianya menu yang memadai. 2. Word star tidak mampu untuk memformat perubahan Ulang justifikasi baris saat teks diketikkan atau dihapus. karenanya paragraph harus di format ulang oleh sebuah perintah setelah proses perubahan selesai di buat.

12  Original hardware & software

13 MS WORD  Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft.  Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring  Fitur : AutoCorrect, MailMerge, Autopage Index, Mendukung format XML dan ODF (word 2010)  Mendukung untuk menghapus latar belakang pada gambar (word 2010)

14

15 KELEBIHAN & KEKURANGAN KELEBIHAN 1. Lebih familiar dikalanan pengguna 2. Hadir dalam banyak versi 3. Proses penyelesaiannya lebih cepat berkaitan dengan efekktifitas waktu yang diperlukan. 4. Fitur yang diberikan lebih baik dan menarik 5. Menyediakan banyak menu bar untuk berbagai kebutuhan 6. Perkembangan ‘Save as’ dapat menyimpat file dengan default yang diinginkan yakni Word document, Word tem[late, Word document.

16 KEKURANGAN  Perubahan design yang drastis.  Aplikasi relatif berat  Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat.  Installer yang lebih besar.  Spesifikasi yang dicapai lebih berat, yaitu processor sebesar 500 MHz (kecepatannya), RAM sebesar 256 MB (disarankan 512 MB), VGA 64 MB (agar pemrosesan gambar lebih cepat), HDD yang disediakan minimal 600 MB (disarankan 1 GB).

17 PERBEDAAN WS DENGAN MS WORD WordStarMs Word DOS : Secara umum tidak memiliki ekstensi standar. Penamaan : penggunaan huruf WS diikuti nomor versi (misalkan, WS7). Ekstensi file cadangan BAK Windows : ektensi WSD Windows : docx, dox ‘Save as’ Tidak ada versi WS 2000 for Windows Versi cepat berkembang : windows 3.0 hingga sekarang

18 FUNGSI 1. Memudahkan menyelesaikan pekerjaan 2. Menghemat waktu 3. Menghemat kertas

19 PENGENALAN DBASE  Merupakan program pengolahan database, awalnya program ini diterapkan pada mikrokomputer 8 bit.  Ektensi : *.dbf  Merupakan database engine klasik  Perkembangan dBase 1. dBase II versi dBase III, III+ 3. dBase IV 4. dBase 5.0, versi DOS dan Windows 5. dBase 5.5, Visual 6. dBase 7.0, Visual

20 KONSEP DASAR Hirarki Data  Karakter:satuan data terkecil (huruf, numerik).  Field:kumpulan dari item-item data (karakter)  Record:kumpulan field-field  File :kumpulan record-record yang sejenis  Database : kumpulan dari beberapa file Database adalah sekumpulam informasi yang diorganisasikandalam suatu bentuk dan terstruktur.

21  Komponen-komponen Database Relasional 1. File, kumpulam dari record-record yang sejenis 2. Record, kumpulan dari field-field data 3. Field, kumpulan dari item-item data (karakter)  Data atau informasi pada dBase ditampung dalam 1. Field, tempat penampungan data utama 2. Variabel memori, tempat penampungan data sementara

22

23 PENGENALAN VB (VISUAL BASIC)  sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows.  IDE adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak.  Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.

24  Microsoft Visual Basic tersedia dalam 3 ( tiga ) edisi, yaitu : 1. Learning edition, merupakan edisi khusus yang perlengkapannya sangat minimal tapi sudah cukup bagi para pemula yang hanya menciptakan program-program sederhana. 2. Profesional edition, telah melengkapi semua peralatannya untuk membuat program. 3. Enterprise edition, merupakan edisi terlengkap, termasuk didalamnya untuk pembuatan aplikasi-aplikasi client server dalam jaringan dan MS-Source Safe.

25

26 CONTOH PROGRAM VB

27 TUTOR WordStar MEMULAI APLIKASI 1. Pada saat c:\> ketikan ws7 [enter] 2. Lalu ketik Ws [enter] Akan tampak tampilan Pull Down Menu, yaitu :

28 MEMBUAT FILE BARU 1. Pilih File dengan menekan huruf F 2. Sorot new, atau dapat dilakukan dengan menekan huruf pada sudut kanan menu (tekan huruf S) 3. Akan muncul tampilan Edit Screen (lembar kerja wordstar) 4. Ketikkan document 5. Kemudian tekan F10 6. Ketikkan nama filenya, Mis : (C:\ws7\ranto\data-1)

29 MEMBUKA FILE 1. Pilih file dengan menekan huruf F 2. Sorot open document, atau tekan huruf D 3. Sorot file yang ingin di buka [Enter]

30 KELUAR APLIKASI WS 1. Pilih File dengan menekan huruf F 2. Pilih Exit (tekan huruf X)

31 MENYIMPAN FILE 1. ^KS atau F9 : Menyimpan file tapi tetap berada pada Edit Screen2. 2. ^KD atau F10 : Menyimpan file dan kembali pada Opening Screen3. 3. ^KT : Menyimpan file dengan nam lain dan kembali ke OpeningScreen4. 4. ^KX : Menyimpan file dan langsung keluar dari program Wordstar Apabila suatu naskah/dat tidak jadi disimpan, maka anda dapat menekan tombol ^KQ pada Edit Screen


Download ppt "KETERAMPILAN KOMPUTER 2B** JUR : SASTRA INGGRIS META MEYSAWATI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google