Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

B E R I T A Pertemuan 7 & 8 Mata kuliah: O0264 / TEKNIK WAWANCARA MEDIA Tahun : 2008 / 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "B E R I T A Pertemuan 7 & 8 Mata kuliah: O0264 / TEKNIK WAWANCARA MEDIA Tahun : 2008 / 2009."— Transcript presentasi:

1

2 B E R I T A Pertemuan 7 & 8 Mata kuliah: O0264 / TEKNIK WAWANCARA MEDIA Tahun : 2008 / 2009

3 Bina Nusantara University 3 Learning Objectives Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa dapat menyimpulkan pengertian bahwa berita sebagai hasil proses dan output dari teknik wawancara seorang peliput dalam wadah suatu media komunikasi.

4 Bina Nusantara University 4 Apakah yang disebut Berita Berita (news) adalah suatu hal yang dilaporkan mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang terbaru (aktual); laporan mengenai fakta-fakta yang aktual, menarik perhatian, dinilai penting atau luar biasa. Berita merupakah suatu hal yang harus diliput oleh jurnalistik Berita dapat dihimpun dari sumber keterangan mana- pun, dari berbagai sumber, dari keempat penjuru mata angin (N–North, E–East, W–West and S–South).

5 Bina Nusantara University 5 Nilai Berita Suatu peristiwa atau kejadian baru dianggap bernilai untuk diberitakan atau dijadikan berita, apabila mengandung salah satu atau beberapa nilai berita sebagai berikut: 1.Objektif: berdasarkan fakta, tidak memihak pada siapapun. 2.Aktual: terbaru (new) artinya belum “basi”. 3.Luar biasa: besar, aneh, janggal atau tidak umum. 4.Penting: pengaruh atau dampaknya untuk orang banyak; dapat menyangkut orang penting atau orang terkenal. 5.Mempunyai Jarak: ada familiaritas dan kedekatan secara geografis, kultural dan psikologis.

6 Bina Nusantara University 6 Anatomi Berita Sebuah berita tersusun dari bagian-bagian seumpama tubuh terdiri dari organ-organnya. Bagian-bagian tersebut selengkapnya mencakup: 1.Judul berita (headline) 2.Baris tanggal (dateline) 3.Teras berita (lead atau intro) 4.Tubuh berita (body)

7 Bina Nusantara University 7 Unsur-Unsur Berita Khususnya bagian teras (bila ada) dan tubuh berita diharapkan hanya mengandung unsur-unsur yang berupa fakta, dan meminimalkan unsur-unsur non-fakta yang berupa opini pribadi peliput. Apa yang disebut sebagai “fakta” dalam kerja jurnalistik dapat diuraikan menjadi enam unsur yang biasa diringkas sebagai 5W + 1H, yaitu: 1.What – apa yang terjadi dalam suatu peristiwa? 2.Who – siapa yang terlibat didalamnya? 3.Where – dimana terjadinya peristiwa itu? 4.When – kapan terjadinya? 5.Why – mengapa peristiwa itu terjadi? 6.How – bagaimana terjadinya?

8 Bina Nusantara University 8 Jenis-Jenis Berita Jenis-Jenis Berita (1/2) 1.Berita Langsung (Straight News): berisi laporan peristiwa politik, ekonomi, masalah sosial atau kriminalitas. Beberapa ahli jurnalistik membagi kelompok ini menjadi dua, yaitu berita keras (hard news) dan berita ringan atau lunak (soft news): yang berisi laporan tentang olahraga, kesenian, hiburan, hobi atau elektronika. 2.Berita Buruk (Bad News): berita mengenai duka-cita, bencana alam, korban kecelakaan, malapetaka yang menimpa individu atau sekelompok manusia. 3.Berita Kisah (Feature): jenis ini lebih bersifat naratif, kisah mengenai aspek-aspek insani (human interest). Feature tidak menerapkan tidak terlalu terikat pada nilai-nilai berita dan faktualitas.

9 Bina Nusantara University 9 Jenis-Jenis Berita Jenis-Jenis Berita (2/2) 4.Berita investigatif (investigative news): yaitu berita yang harus diliput oleh seorang atau satu team jurnalistik dengan pekerjaan yang bersifat penyelidikan secara lengkap dan mendalam, serta lebih mengutamakan unsur yang kelima yaitu why.

10 Bina Nusantara University 10 Kriteria Kelayakan Berita 1.Frekuensi: jika dipandang berita tersebut selalu ada secara periodik, maka berita dapat dimunculkan setiap frekuensi waktu tertentu. 2.Kejelasan: berita yang ditulis seorang jurnalistik yang sudah profesional hendaknya jelas dan mudah dimengerti oleh pembaca. 3.Mengejutkan: ada berita yang menarik untuk dibaca, meningkatkan volume pemasaran oplaag. 4.Kesinambungan: direksi harus memikirkan sekali menampilkan majalah, berita harus selalu ada untuk edisi berikutnya. 5.Konsentrasi: setiap media komunikasi mempunyai ciri khas sebagai fokus akan lebih konsentrasi pada suatu aspek.

11 Bina Nusantara University 11 Tajuk RencanaOpini Tajuk Rencana dan Opini Redaktur senior yaitu Pemimpin Umum Pemimpin Redaksi menulis kedua hal ini, yang berisi: 1.Opini: merangkum isi semua berita edisi saat ini. 2.Tajuk rencana (editorial): berisi rencana untuk edisi berikutnya. Ada juga media yang membuat halaman Artikel atau Kolom berisi opini yang ditulis seorang intelektual, praktisi, pakar atau mahasiswa; biasa berisi fakta yang merupakan pendapat dari orang tersebut dan dianggap aktual.

12 Bina Nusantara University 12 Surat Pembaca Merupakan surat-surat yang dikirimkan oleh pembaca berisi komentar, pendapat atau suatu topik apapun (kesehatan, masalah rumah tangga rumah tangga dan sebagainya). Kolom ini dapat diasuh oleh suatu pakar yang sesuai dibidangnya atau salah satu redaktur.

13 Bina Nusantara University 13 Program Berita sebagai Bisnis Bagi pemberitaan melalui program televisi, ada beberapa faktor yang perlu dicermati untuk menjual berita, yaitu faktor persepsi, kebiasaan, segmentasi, waktu penyampaian dan rating. Seringkali para pemirsa menganggap bahwa televisi dan radio, hanya sebagai alat hiburan semata. Karenanya dibutuhkan usaha yang sungguh-sungguh bagi para jurnalis elektronik untuk dapat mengubah persepsi bahwa televisi dan radio tersebut sebagaisara untuk penyampai informasi dan berita. Masyarakat Indonesia belum terbiasa mencerna informasi dalam bentuk hard news.

14 Bina Nusantara University 14 Segmentasi Pemirsa Media Televisi Segmentasi berpengaruh pada direktur operasional media televisi dalam mengambil keputusan mengenai perusahaan yang memasang iklan dan jam tayangnya. Walaupun rating program suatu iklan rendah, tetapi segmentasi pemirsa adalah golongan yang juga disasar oleh perusahaan pengiklan, maka dapat dibuktikan bahwa pemasangan iklan di program ini membawa keuntungan besar bagi pengiklan. Iklan adalah bagian dari berita yang disponsori oleh perusahaan pengiklan.

15 Bina Nusantara University 15 Potensi menjual berita pada media Online Suatu media televisi mempunyai potensi untuk menjual berita, demikian juga media online. Para pemimpin media ini harus mampu menciptakan berita yang aktual, mencerdaskan, cepat, akurat dan terpercaya. Selain itu juga baik media elektronik harus lebih fokus pada pola berita yang dapat mendobrak keyakinan rating, mengemas paket-paket komersial, mempertajam segmentasi pemirsa yang dituju, melakukan inovasi, memperluas jaringan dan mengembangkan jaringan transmisi.

16 Bina Nusantara University 16 Closing Setelah memahami pengertian berita, maka dapat digambarkan bahwa mayoritas pembaca media cetak dan pemirsa media online berasal dari sosio ekonomi menengah keatas yang merupakan kelompok berdaya-beli kuat yang juga merupakan sasaran produsen. Sebetulnya media berita selalu membantu bisnis para pengiklan disamping berita yang menjadi pokok tujuan dari pengusaha media. The End


Download ppt "B E R I T A Pertemuan 7 & 8 Mata kuliah: O0264 / TEKNIK WAWANCARA MEDIA Tahun : 2008 / 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google