Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bangunlah dan kendalikan kehidupan anda Fasilitator : N. Faqih Syarif 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bangunlah dan kendalikan kehidupan anda Fasilitator : N. Faqih Syarif 2007."— Transcript presentasi:

1 Bangunlah dan kendalikan kehidupan anda Fasilitator : N. Faqih Syarif 2007

2 Bagaimana caranya mengubah apa pun dalam kehidupan anda? 1.Putuskannlah apa yang benar-benar anda inginkan dan apa yang menghalangi anda untuk mendapatkannya sekarang. 2.Dapatkan daya ungkit: Asosiasikanlah kepedihan luar biasa dengan tidak berubah sekarang dan kenikmatan luar biasa dengan mengalami perubahan sekarang! 3.Interupsilah Pola yang membatasi itu. 4.Ciptakan alternatif baru yang memberdayakan 5.Kondisikan Pola barunya hingga konsisten 6.Ujilah itu

3 Pemeriksaan Ekologi 1.Pastikanlah kepedihannya sepenuhnya diasosiasikan dengan pola lamanya. 2.Pastikanlah kenikmatannya sepenuhnya diasosiasikan dengan pola barunya. 3.Selaraskanlah dengan nilai-nilai anda,keyakinan- keyakinan anda dan aturan –aturan anda 4.Pastikanlah manfaat pola lamanya tetap terpelihara 5.Proyeksikan ke masa depan – Bayangkan diri berprilaku dengan cara baru ini di masa depan

4 Pertanyaan-pertanyaan kuasa di waktu pagi 1.Apakah yang menjadikan aku bahagia dalam kehidupanku sekarang ini? 2.Apakah yang menjadikan aku bersemangat dalam kehidupan sekarang ini? 3.Apakah yang menjadikan aku bangga dalam kehidupanku sekarang ini? 4.Apakah yang menjadikan aku bersyukur dalam kehidupanku sekarang ini? 5.Apakah yang paling kunikmati dalam kehidupanku sekarang ini? 6.Terhadap apakah aku berkomitmen dalam kehidupanku sekarang ini? 7.Siapakah yang kukasihi? Siapakah yang mengasihi aku?

5 Pertanyaan-pertanyaan kuasa di waktu malam 1.Apakah yang telah kuberikan hari ini? 2.Apakah yang kupelajari hari ini? 3.Bagaimanakah hari ini telah menambah kualitas kehidupanku atau bagaimanakah aku bisa memanfaatkan hari ini sebagai investasi demi masa depanku?

6 Kendalikan metafora-metafora anda sekarang dan ciptakanlah dunia baru bagi diri anda. 1.Apakah kehidupan itu? Tuliskanlah metafora- metafora yang sudah anda pilih. 2.Buatlah daftar semua metafora yang anda kaitkan dengan hubungan-hubungan atau pernikahan. 3.Pilihlah bidang lain yang paling mempengaruhi anda. 4.Ciptakanlah metafora-metafora baru 5.Akhirnya putuskanlah bahwa anda akan hidup dengan metafora-metafora baru yang memperdayakan itu tiga puluh hari mendatang.

7 Enam langkah menuju penguasaan emosional : Identifikasikanlah apa yang sebenarnya anda rasakanIdentifikasikanlah apa yang sebenarnya anda rasakan Akui dan hargailah emosi-emosi anda, mengetahui bahwa mereka mendukung anda.Akui dan hargailah emosi-emosi anda, mengetahui bahwa mereka mendukung anda. Penasaranlah tenang pesan yang ingin disampaikan emosi tersebutPenasaranlah tenang pesan yang ingin disampaikan emosi tersebut Yakinlah bahwa anda sanggup menangani emosi tersebut segera.Yakinlah bahwa anda sanggup menangani emosi tersebut segera. Pastikanlah bahwa anda sanggup menanganinya bukan hanya hari ini, melainkan juga di masa mendatang.Pastikanlah bahwa anda sanggup menanganinya bukan hanya hari ini, melainkan juga di masa mendatang. Bersemangatlah, dan ambillah tindakan.Bersemangatlah, dan ambillah tindakan.

8 Tujuh cara memperoleh kedamaian dan kebahagiaan : 1.Temukan Jati Diri Anda dan Jadilah Dirimu Sendiri. 2.Empat Kebiasaan Kerja yang akan melenyapkan kelelahan dan kecemasan 3.Penyebab kelelahan anda dan cara mengatasinya 4.Cara Menghapuskan kebosanan yang menyebabkan kelelahan, kecemasan, dan Perasaan sentimen 5.Apakah anda mensyukuri apa yang anda miliki? 6.Ingat, Orang tidak akan menendang mereka yang berkedudukan di bawah. 7.Lakukan ini dan anda akan kebal kritik

9 Temukan jati dirimu Kalau Anda tidak dapat menjadi jalan raya, maka berpuaslah menjadi jalan kecil, Kalau anda tidak dapat menjadi matahari, jadilah bintang; Yang menentukan Anda sukses atau gagal bukanlah ukuran besar kecilnya.Kalau Anda tidak dapat menjadi jalan raya, maka berpuaslah menjadi jalan kecil, Kalau anda tidak dapat menjadi matahari, jadilah bintang; Yang menentukan Anda sukses atau gagal bukanlah ukuran besar kecilnya. Apa pun adanya diri Anda, jadilah yang terbaik!Apa pun adanya diri Anda, jadilah yang terbaik! Tidak usah kita meniru orang lain, temukan dirimu sendiri dan jadilah dirimu sendiri.Tidak usah kita meniru orang lain, temukan dirimu sendiri dan jadilah dirimu sendiri.

10 Empat kebiasaan kerja yang akan melenyapkan kelelahan dan kecemasan : 1.Singkirkan semua kertas dari meja Anda kecuali yang sedang digarap. 2.Kerjakanlah hal-hal menurut Urutan kepentingannya. 3.Kalau Ada masalah, segera putuskan berdasarkan fakta yang diperlukan. Jangan menunda keputusan 4.Belajar Mengorganisasi, Mewakilkan, dan Menyelia

11 Penyebab Kelelahan dan cara mengatasinya Otak dapat bekerja sama baiknya pada saat memulai maupun pada akhir kerja delapan jam, atau bahkan 12 jam tanpa berhentiOtak dapat bekerja sama baiknya pada saat memulai maupun pada akhir kerja delapan jam, atau bahkan 12 jam tanpa berhenti Para ahli psikiatri menyatakan bahwa sebagian besar kelelahan kita disebabkan oleh sikap mental dan emosional kita sendiri.Para ahli psikiatri menyatakan bahwa sebagian besar kelelahan kita disebabkan oleh sikap mental dan emosional kita sendiri. Rileks! Rileks! Rileks! Belajarlah bersikap rileks sewaktu anda mengerjakan pekerjaan Anda!Rileks! Rileks! Rileks! Belajarlah bersikap rileks sewaktu anda mengerjakan pekerjaan Anda!

12 Cara menghapuskan kebosanan yg menyebabkan kelelahan, kecemasan dan perasaan sentimen. Jadikan pekerjaan yg kita lakukan menjadi sesuatu yang memikat dan menarik.Jadikan pekerjaan yg kita lakukan menjadi sesuatu yang memikat dan menarik. Kelelahan kita kerap kali tidak disebabkan oleh pekerjaan kita, tetapi oleh perasaan cemas, frustasi, dan sentimenKelelahan kita kerap kali tidak disebabkan oleh pekerjaan kita, tetapi oleh perasaan cemas, frustasi, dan sentimen Kalau kita bertindak seolah-olah kita berminat pada pekerjaan anda, maka Anda akan cenderung benar- benar menjadi tertarik. Hal itu akan mengurangi kecemasan dan kelelahan.Kalau kita bertindak seolah-olah kita berminat pada pekerjaan anda, maka Anda akan cenderung benar- benar menjadi tertarik. Hal itu akan mengurangi kecemasan dan kelelahan. Dengan berbicara pada dirimu tentang hal-hal yang patut Anda syukuri, anda dapat mengisi benakmu dengan pikiran-pikiran yang unggul dan ceria.Dengan berbicara pada dirimu tentang hal-hal yang patut Anda syukuri, anda dapat mengisi benakmu dengan pikiran-pikiran yang unggul dan ceria.

13 Apakah Anda mensyukuri apa yang anda miliki? Kalau Anda ingin terbebas dari kecemasan dan mulai menikmati hidup, Ingat……..Kalau Anda ingin terbebas dari kecemasan dan mulai menikmati hidup, Ingat…….. Perhitungkanlah Anugerah yang kau terima, abaikan kesukaran yang kau alami!Perhitungkanlah Anugerah yang kau terima, abaikan kesukaran yang kau alami!

14 Kalau kita sedang terkena cobaan kritik yang tidak adil…… Ingat bahwa kritik yang tidak benar kerap adalah pujian yang tersembunyi.Ingat bahwa kritik yang tidak benar kerap adalah pujian yang tersembunyi. Ingat bahwa tidak seorangpun yang akan menendang mereka yang kedudukannya di bawah.Ingat bahwa tidak seorangpun yang akan menendang mereka yang kedudukannya di bawah.

15 Kalau Anda dan saya sedang dikritik secara tidak adil, Ingatlah : Kerjakan sebaik-baiknya ; lalu bukalah payung Anda agar badanmu tidak “ basah” karena “hujan kritik”Kerjakan sebaik-baiknya ; lalu bukalah payung Anda agar badanmu tidak “ basah” karena “hujan kritik”


Download ppt "Bangunlah dan kendalikan kehidupan anda Fasilitator : N. Faqih Syarif 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google