Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Januari Februari Maret 2014 Pedoman Pendalaman Alkitab Januari Februari Maret 2014 Rumah Produksi: ® WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Pedoman Pendalaman Alkitab Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Format.pptx Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh 2014

5 Allah mengundang setiap orang percaya di mana saja untuk mengumandangkan rahmat yang tak tertandingi ini, sebagai duta besar yang mengkomunikasikan karya penebusan Ilahi kepada mereka yang diperbudak oleh Iblis dengan jalan memanggil mereka untuk mengikuti, beribadah, dan memuji Sang Pencipta mereka. Pendahuluan Umum

6 Pada akhirnya, mengikut Yesus jauh melebihi sebuah pandangan yang sempit yang menyatakan bahwa pemuridan itu sama dengan sebuah metode yang memperbaiki perilaku dan kebiasaan yang menyimpang, betapapun pentingnya perubahan itu. Sebuah pemahaman yang konprehensif tentang pemuridan tidaklah lengkap kecuali hal itu mencakup kerinduan untuk mengikut Yesus dan oleh kuasa supra alami, timbullah kerinduan untuk menuntun orang lain kepada Kristus. Pendahuluan Umum

7 ma “Segera setelah seseorang datang kepada Kristus maka lahirlah sebuah kerinduan dalam hatinya untuk memperkenalkan Yesus kepada orang lain sebagai sahabat yang paling berharga; kebenaran yang menyelamatkan dan menguduskan tidak dapat tersembunyi dalam hatinya. Bilamana kita mengenakan pakaian kebenaran Kristus dan kita dipenuhi dengan hadirat Roh Kudus, kita tidak akan mampu menahan damai dalam hati kita. Jika kita sudah pernah merasakan dan melihat bahwa Tuhan itu baik maka kita memiliki sesuatu yang perlu dibagikan.... Akan ada suatu kerinduan untuk mengikuti jalan yang Yesus sudah lewati ” Ellen G. White, Kebahagiaan Sejati, hlm. 78,79 Pendahuluan Umum

8 Agar masing-masing kita mengikuti teladan Kristus dalam melakukan pemuridan. Pada pelajaran Sekolah Sabat Triwulan I 2014 ini kita akan melihat pemuridan sebagai sebuah proses yang membuat kita menjadi pengikut Yesus, dengan demikian, dapat menjadi pemenang jiwa yang lebih baik lagi. TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI

9 1. Murid dan Alkitab 2. Pemuridan Melalui Metafora 3. Pemuridan dan Doa 4. Memuridkan Anak-anak 5. Memuridkan Orang Sakit 6. Memuridkan Orang Biasa 7. Yesus dan Orang yang Dibuang 8. Dengan yang Kaya dan Terkenal 9. Memuridkan Orang Berkuasa 10. Memuridkan Bangsa-bangsa 11. Memuridkan Pemimpin Rohani 12. Tuaian dan Penuai 13. Biaya Pemuridan Daftar Isi:

10 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pelajaran 8 Dengan yang Kaya dan Terkenal

11 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Kata-kata Pembuka Kekayaaan adalah suatu alat. Seperti api, kekayaan dapat digunakan dalam cara- cara yang membangun atau merusak

12 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Tujuan Pelajaran Mengajak masing-masing anggota kelas untuk memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap orang- orang yang kaya, sebab tidak semua orang kaya itu egois dan memiliki moral yang rendah. Ada juga orang kaya yang seperti Nikodemus yang rindu untuk mencari kebenaran. Itulah sebabnya kita harus berusaha juga memuridkan orang- orang kaya, dan memotivasi mereka untuk menggunakan apa yang ada pada mereka untuk membangun serta memperluas kerajaan Allah.

13 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Ayat Hafalan “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.” 1 Timotius 6:10

14 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Uang itu memiliki pengaruh yang kuat bagi kita semua. Kebiasaan dalam hal keuangan pribadi secara menyeluruh menggambarkan nilai pribadi seseorang Uang adalah merupakan masalah krohanian,

15 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Orang terkenal menggunakan pengaruh, satu bentuk kekuasaan. Namun Yesus, tidak terkesan oleh kekayaan atau kekuasaan seseorang. Secara sederhana Dia berusaha untuk menjangkau mereka untuk alasan yang sama yang Dia lakukan untuk semua orang: Dia menginginkan mereka memiliki kekayaan yang tidak dapat dibeli oleh uang.

16 b b Understand the purposes of marriageA Dengan yang Kaya dan Terkenal Selayang Pandang Dengan yang Kaya dan Terkenal Selayang Pandang 1.Pria yang datang Pada Malam Hari (Yoh 3:1-21) 2. Pria yang ingin Melihat Yesus (Lukas 19:1-10) 3. Pria yang Memelihara Seluruh Hukum (Matius 19:16-21)

17 b b Understand the purposes of marriageA Dengan yang Kaya dan Terkenal Selayang Pandang Dengan yang Kaya dan Terkenal Selayang Pandang 1.Pria yang datang Pada Malam Hari (Yoh 3:1-21)

18 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Dengan yang Kaya dan Terkenal 1. Pria yang Datang pada Malam Hari Yohanes 3:1-3 “Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi. Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: "Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah;... Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."

19 Sebagai manusia yang berdosa, kita sering kali cemburu, khususnya terhadap mereka yang memiliki lebih banyak uang daripada kita (terlepas beberapa banyak uang yang sudah kita miliki). Masalah muncul bukan dari benda itu sendiri tetapi dari cara kita berhubungan dengan benda tersebut. Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Datang pada Malam Hari Kaya dan Terkenal 1.Pria yang Datang pada Malam Hari Kaya dan Terkenal

20 Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Datang pada Malam Hari Kaya dan Terkenal 1.Pria yang Datang pada Malam Hari Kaya dan Terkenal Tidak ada pertanyaan bahwa orang seperti Abraham, Yusuf, Mordekhai, Ester, Hizkia, Yosia dan Yosafat adalah orang kaya dan berpikiran rohani juga. Namun, contoh Nebukadnezar menunjukkan bahaya yang datang jika membuat kekayaan sebagai berhala, di mana hal itu juga sangat mudah bagi seseorang.

21 Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Datang pada Malam Hari Kaya dan Terkenal 1.Pria yang Datang pada Malam Hari Kaya dan Terkenal Kekayaan itu sendiri tidak mengindikasikan kemiskinan rohani atau ketidakpedulian. Ada beberapa orang kaya yang saleh dan setia dan ada juga yang keji dan jahat. Jadi, kita tidak harus berbalik dari menginginkan uang menjadi sebuah obsesi, atau kita tidak harus memandang rendah mereka yang kaya. Mereka membutuhkan keselamatan seperti orang lain juga.

22 Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Datang pada Malam Hari Kaya dan Terkenal 1.Pria yang Datang pada Malam Hari Kaya dan Terkenal Kaya, memiliki posisi bagus, orang yang terkenal yang tidak mengintimidasi Yesus. Kristus tidak membenci atau memuja para elit sosial. Juruselamat mengakui bahwa kemakmuran financial tidak dapat memberikan kedamaian, kepuasan pribadi, hubungan yang berarti, atau tujuan yang kukuh.

23 Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Datang pada Malam Hari Nikodemus 1.Pria yang Datang pada Malam Hari Nikodemus Nikodemus telah menyaksikan kuasa dan otoritas Allah yang dinyatakan melalui pelayanan Yesus. Dia berusaha untuk bertemu dengan Yesus. Yesus siap menerima kesempatan ini untuk membawa Nikodemus kepada langkah yang lebih dekat kepada kerajaan. Nikodemus miskin dalam hal rohani bukan materi. Meskipun Nikodemus memiliki posisi sosial yang tinggi, namun dia lapar secara rohani.

24 Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Datang pada Malam Hari Nikodemus 1.Pria yang Datang pada Malam Hari Nikodemus Secara naluri, Nikodemus menentang anjuran- anjuran bahwa orang Israel yang berpengetahuan seperti dirinya sendiri memerlukan pertobatan. Namun, Yesus tetap bertahan, menyajikan kepada Nikodemus pilihan yang kekal yaitu antara penghakiman dan keselamatan. Takut dikecam dan diejek, Nikodemus menolak untuk menerima undangan Yesus. Perbincangan ini kelihatannya gagal. Namun, benih kerohanian telah tertanam, dengan perlahan-lahan berkecambah di tanah hatinya.

25 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Komentar Ellen G White Mengenai Nikodemus “Setelah Tuhan naik ke surga, tatkala murid-murid itu sudah dicerai beraikan oleh aniaya, Nikodemus tampil ke depan dengan gagah berani. Ia menggunakan kekayaannya untuk menyokong jemaat yang masih bayi itu yang sudah diharapkan oleh orang Yahudi akan dihapuskan pada kematian Kristus. Pada masa bahaya, ia yang telah bersikap hati-hati dan ragu-ragu itu, menjadi teguh seperti batu karang, meneguhkan iman murid-murid itu, serta menyediakan uang untuk memajukan pekerjaan Injil. Ia diolok-olok serta dianiaya oleh orang-orang yang dahulu telah menghormati dia. Ia menjadi miskin dalam harta benda dunia ini; namun ia tidak bimbang dalam iman yang berasal dari pertemuan malam dengan Yesus itu.” Ellen G. White, Alfa dan Omega,jld. 5, hlm. 178.

26 DISKUSIKAN Pemuridan Triwulan 1, 2014 Sikap cemburu sering muncul dalam diri kita, apalagi kepada orang yang kaya, berkedudukan tinggi dan terkenal. Menurut Anda usaha apakah yang perlu kita lakukan agar kita dapat keluar dari kebiasaan cemburu seperti ini, dan sebaliknya melihat bahwa mereka itu juga sebenarnya sama seperti kita, membutuhkan Kristus dan keselamatan!

27 b b Understand the purposes of marriageA Dengan yang Kaya dan Terkenal 2. Pria yang ingin Melihat Yesus (Lukas 19:1-10)

28 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Dengan yang Kaya dan Terkenal 2. Pria yang Ingin Melihat Yesus Lukas 19:2-5 “Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya. Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu,... Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu."

29 Dihormati tidak selalu disertai oleh kekayaan. Banyak yang memperoleh kekayaan mereka dengan cara yang jujur ​​ melalui kerja keras, kerajinan, dan berkat-berkat Allah, yang lain nya ada yang mendapatkannya dengan cara yang jahat Bahkan lebih parah lagi, beberapa orang mendapatkan uang mereka secara sah tapi dengan cara yang tidak bermoral, karena tidak semua yang bermoral tidak sah, sama seperti yang kita ketahui. Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Ingin Melihat Yesus Kaya dan Terkenal 2.Pria yang Ingin Melihat Yesus Kaya dan Terkenal

30 Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Ingin Melihat Yesus Zakheus 2.Pria yang Ingin Melihat Yesus Zakheus Para pejuang yang bersemangat membenci pemungut cukai sekalipun mereka jujur, mereka itu dipandang sebagai alat penjajah yaitu Roma, Para pejuang Yahudi sangat meremehkan seorang yang tidak jujur seperti Zakheus. Pada dasarnya para pejuang Yahudi mengasumsikan para pemungut cukai sebagai agen pemerintah Roma, mereka dipadang sebagai penghianat, atau bahkan lebih, penghianat pencuri.

31 Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Ingin Melihat Yesus Zakheus 2.Pria yang Ingin Melihat Yesus Zakheus Kristus tidak tergoyahkan. Menentang hambatan sosial, Yesus makan bersama dengan mereka, menimbulkan kritik yang kuat dari para imam dan masyarakat umum. Dan, dengan interaksi Yesus bersama mereka, orang- orang hina ini dimenangkan kepada Injil,

32 Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Ingin Melihat Yesus Zakheus 2.Pria yang Ingin Melihat Yesus Zakheus Kita harus berhati-hati atas jenis penghakiman spiritual yang kita buat terhadap orang lain.. Kita semua sama di hadapan Allah bahwa kita sendiri membutuhkan kebenaran Kristus.

33 DISKUSIKAN Pemuridan Triwulan 1, 2014 Seandainya Anda memiliki kesempatan untuk bersaksi kepada seorang yang kaya, terkenal tetapi paling dibenci oleh orang-orang terhormat di masyarakat di mana And tinggal, kira-kira apakah yang akan anda katakana kepada nya? Bagaimana sikap Anda sekiranya Anda menjadi dibenci oleh masyarakat di tempat tinggal Anda tersebut oleh karena bergaul dan malah bersaksi kepada orang kaya yang dibenci itu?

34 b b Understand the purposes of marriageA Dengan yang Kaya dan Terkenal 3. Pria yang Memelihara Seluruh Hukum (Matius 19:16-21)

35 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Dengan yang Kaya dan Terkenal 3. Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Matius 19:16-21 “Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?“... Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."

36 Yesus mengamarkan kita tentang “tipu daya kekayaan.” (Baca:Markus 4:18, 19; Lukas 1:51-53; 6:22-25; 12:16- 21; 16:13.) 1.Harta kita yang memiliki kita. Betapa mudahnya untuk ditelan oleh harta benda. 2.Betapa mudahnya uang atau memburu uang, membutakan prioritas kerohanian kita. 3.Orang yang materialistis, apakah kaya atau miskin, berada dalam bahaya mengorbankan kesejahteraan yang kekal dengan kenikmatan sementara. Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Amaran Terhadap Materialisme 3.Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Amaran Terhadap Materialisme

37 Harta benda adalah alat Allah yang dirancang untuk keuntungan manusia. Harta akan lebih menjadi berkat ketika dibagikan daripada menimbunnya. Ketika, ditimbun, mereka akan menjadi kutuk. Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Amaran Terhadap Materialisme 3.Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Amaran Terhadap Materialisme

38 Semua orang, kaya atau miskin, butuh untuk diingatkan: “Apa gunanya seorng memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya.” (Markus 8:36). Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Amaran Terhadap Materialisme 3.Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Amaran Terhadap Materialisme

39 Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Orang Muda yang Kaya 3.Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Orang Muda yang Kaya Dia memiliki mandat, kualifikasi, harta benda yang berlimpah, moral yang tidak perlu dipertanyakan, dan harga diri yang tidak terbatas! Calon murid yang masih muda ini dengan tekun meminta rumus keselamatan dari Sang Guru. Apakah Kristus harus tersanjung? “Akhirnya kita telah mempertobatkan kelas atas!” kelihatannya tidak ada kegembiraan yang seperti itu meracuni pikiran Yesus.

40 Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Orang Muda yang Kaya 3.Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Orang Muda yang Kaya Kristus membuat Sepuluh Hukum standar minimum dari penurutan. Kristus meminta kebenaran yang melebihi apa yang dimiliki oleh pemimpin agama yang lain. standar itu akan diturunkan demi mengakomodasi calon murid ini? Bagaimana pun juga, kemerosotan moral tidak boleh diabaikan atau diminimalkan, karena misi Yesus adalah suci. Kompromi tidak dapat ditolerir. Setiap pemanjaan yang egois harus dilepaskan. Kristus menguraikan proses tiga langkah: (1) Juallah milikmu,(2) berikan kepada orang miskin, (3) ikut Aku.

41 Pemuridan Triwulan 1, Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Orang Muda yang Kaya 3.Pria yang Memelihara Seluruh Hukum Orang Muda yang Kaya “Berapa banyak yang datang kepada Kristus, siap untuk membuang kepentingannya, dan seperti penguasa muda yang kaya, rindu untuk mewarisi kehidupan kekal. Tetapi ketika harganya disampaikan kepada mereka-ketika kepada mereka diceritakan bahwa mereka harus meninggalkan semuanya, rumah dan tanah, istri dan anak, dan tidak mencintai nyawa mereka sindiri-mereka pergi dengan sangat sedih. Mereka menginginkan harta surga, dan kehidupan yang diukur dengan kehidupan Allah, tetapi mereka tidak mau menyerahkan harta duniawi mereka. Mereka tidak rela menyerahkan semuanya untuk mendapatkan mahkota kehidupan.” Ellen G. White, The Advent Review and Sabath Herald, 19 April 1898.

42 DISKUSIKAN Pemuridan Triwulan 1, 2014 Bagaimanakah strategi penginjilan jemaat Anda untuk mengadakan pemuridan kepada orang-orang yang kaya? Hal spesifik apakah yang dapat dilakukan oleh jemaat Anda untuk menjangkau orang kaya?

43 Pemuridan Triwulan 1, 2014 KUTIPAN ROH NUBUAT “... perhatian juga harus diberikan kepada orang- orang kaya yang diabaikan? Banyak orang yang menganggap golongan ini sebagai tidak berpengharapan dan hanya sedikit berbuat untuk membuka mata mereka, yang karena dibutakan dan disilaukan oleh kemuliaan duniawi yang telah kehilangan kekekalan dari pandangan mereka. Ribuan orang kaya telah memasuki liang lahat tanpa mendapat amaran.

44 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Tetapi walaupun mereka itu kelihatan acuh tak acuh, banyak di antara orang yang kaya yang menanggung beban jiwa. “Siapa yang mencintai kekayaan tidak puas dengan penghasilannya. Ini pun sia-sia. “Dia yang berkata kepada kencana, “Engkaulah kepercayaanku” telah “menyangkal Allah yang di atas.” “Tidak seorang pun dapat membebaskan dirinya, atau memberikan tebusan kepada Allah ganti nyawanya, karena terlalu mahal pembebasan nyawa dan tidak melihat lubang kubur.” KUTIPAN ROH NUBUAT “Kekayaan dan kehormatan dunia tidak dapat memuaskan jiwa.” Ellen G. White, Membina Keluarga Sehat, hlm. 186.

45 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Rangkuman Jika kita mengikuti teladan Kristus, kita dapat menjangkau orang lain, tidak peduli apakah mereka kaya atau miskin, memiliki keudukan penting atau orang biasa

46 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Sebagai seorang Kristen kita harus memahami bahwa kekayaan dunia mendatangkan banyak pencobaan yang tidak dihadapi oleh orang- orang yang tidak memilikinya. Allah tidak membedakan orang kaya dan orang yang berpengaruh dengan orang-orang yang terbuang yang kurang beruntung. Oleh sebab itu sebagaimana Allah rindu untuk menyelamatkan orang-orang yang terbuang, Dia juga rindu untuk menyelamatkan orang-orang yang kaya. Saya tidak menydari hal ini. Minggu depan ini saya berusaha melalui pertolongan Roh Kudus dan belajar Alkitab berusaha untuk memenangkan orang- orang kaya dan yang berpengaruh yang ada dilingkungan saya bagi Kristus. Sebab Kristus juga rindu untuk menyelamatkan mereka dan menggunakan apa yang mereka milliki untuk memajukan pekerjaan Kristus di dunia ini.

47 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA”


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google