Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEMIOTIKA DASAR Pertemuan 6 Matakuliah: Teori Dasar Seni Rupa Tahun: 2008-2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEMIOTIKA DASAR Pertemuan 6 Matakuliah: Teori Dasar Seni Rupa Tahun: 2008-2010."— Transcript presentasi:

1

2 SEMIOTIKA DASAR Pertemuan 6 Matakuliah: Teori Dasar Seni Rupa Tahun:

3 Bina Nusantara University 3 Semiotika Dasar TANDA Bagian terkecil dari sebuah arti,dalam versi Semiotika Sausure, adalah TANDA. Sebuah TANDA adalah segala sesuatu yang membuat makna. Umberto Eco mengatakan: “a sign is anything that can be used to tell a lie” ( “tanda adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyatakan kebohongan” )

4 Bina Nusantara University 4 Semiotika Dasar Semua tanda mempunyai 2 aspek : penanda dan petanda. Penanda adalah setiap bahan yang menandakan, contoh : kata-kata dalam sebuah halaman, ekspresi wajah, sebuah gambar, atau coretan pada dinding (grafity). Petanda dalah konsep yang dikembalikan.

5 Bina Nusantara University 5 Semiotika Dasar TANDA PETANDAPENANDA TANDA

6 Bina Nusantara University 6 Semiotika Dasar Contoh, huruf dalam kata “MAWAR" dapat dikatakan sebagai penanda, dan petandanya ialah ‘semacam bunga’ (bukanlah seperti gambar diatas, tapi suatu konsep yang sudah ada di kepala kita). Dasarnya, sebuah bentuk dasar dari Tanda, saling berhubungan antara penanda dan petanda, adalah denotasi, suatu arti literal dari TANDA. Kata “MAWAR" secara literal, adalah semacam bunga, Tetapi dalam Semiotika, mulain menarik karena akan digali lebih lama konotasinya.

7 Bina Nusantara University 7 Semiotika Dasar KONOTASI melibatkan penanda, tanda-tanda itu yang kemudian menjadi penanda untuk petanda kedua.

8 Bina Nusantara University 8 Semiotika Dasar KONOTASI: ‘HASRAT’

9 Bina Nusantara University 9 Semiotika Dasar Penting untuk diingat dalam gambar diatas, mewakili dari bagaimana tanda-tanda juga merupakan tanda bagi hal /tanda lainnya. Gambar mawar tadi tidak sesungguh penanda. Tapi juga tanda dari yang lain petanda (harus tetap diingat, hanya ada di dalam kepala kita).

10 Bina Nusantara University 10 Semiotika Dasar Satu penyebab mengapa Semiotika dapat begitu sulit dimengerti, karena tidak dapat dihindarkan termasuk penggunaan tanda-tanda untuk menjelaskan tanda yang lain. Jadi semakin jelas contoh-contohnya, dapat sangat membantu.

11 Bina Nusantara University 11 Sumber Semiotics for Beginners, hal 1-5 Art Context & Criticism, hal


Download ppt "SEMIOTIKA DASAR Pertemuan 6 Matakuliah: Teori Dasar Seni Rupa Tahun: 2008-2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google