Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KHODIJATUL ASNA, 6450405523 Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap terhadap Kesehatan Reproduksi dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Siswa di SMA Negeri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KHODIJATUL ASNA, 6450405523 Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap terhadap Kesehatan Reproduksi dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Siswa di SMA Negeri."— Transcript presentasi:

1 KHODIJATUL ASNA, Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap terhadap Kesehatan Reproduksi dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Siswa di SMA Negeri 14 Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/2011

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : KHODIJATUL ASNA - NIM : PRODI : Kesehatan Masyarakat - JURUSAN : Ilmu Kesehatan Masyarakat - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - jatul pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : dr. Arulita Ika Fibriana, M.Kes - PEMBIMBING 2 : Drs. Bambang Wahyono, M.Kes - TGL UJIAN :

3 Judul Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap terhadap Kesehatan Reproduksi dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Siswa di SMA Negeri 14 Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/2011

4 Abstrak Khodijatul Asna. Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kesehatan Reproduksi dengan Perilaku Seksual Pra Nikah pada Siswa di SMA Negeri 14 Kota Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. VI + 59 halaman + 9 tabel + 2 gambar + 13 lampiran Masa remaja merupakan salah satu diantara dua masa rentangan kehidupan individu, dimana terjadi perubahan fisik yang sangat besar yaitu pematangan organ dan fungsi reproduksi. Berkenaan dengan perubahan tersebut remaja juga mulai merasakan adanya dorongan seksual serta menunjukkan ketertarikan terhadap lawan jenis. Akibatnya remaja mulai coba-coba dalam hal seksualitas. Jenis penelitian adalah Explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelajar di SMA Negeri 14 Kota Semarang yang berjumlah 243 pelajar. Total sampel dalam penelitian ini adalah 69 pelajar. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara. Data sekunder diperoleh dari data guru Bimbingan Konseling dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan secara univariat dan analisis bivariat (menggunakan uji chi-square dengan α =0,05). Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan antara pengetahuan tentang kesehatan reproduksi (p = 0,028) dan ada hubungan antara sikap terhadap kesehatan reproduksi (p = 0,032) dengan prilaku seksual pra nikah Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diajukan bagi sekolah membentuk sebuah wadah pelayanan konsultasi tentang kesehatan reproduksi dan melakukan pembinaan terhadap siswa melalui penyuluhan dan seminar tentang kesehatan reproduksi. Bagi pelajar diharapkan para pelajar dapat menghindari perilaku seks yang menyimpang sehingga tidak terjadi hal yang mengecewakan baik bagi keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap dan Perilaku seksual Pra Nikah Kepustakaan : 22 ( )

5 Kata Kunci Pengetahuan, Sikap dan Perilaku seksual Pra Nikah

6 Referensi Anita Zuliyani, 2005, Hubungan antara religuitas dengan perilaku seksual pranikah, Skripsi S-1, Universitas Negeri Semarang. CERIA BKKBN, Tanya Jawab Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta: Yayasan Mitra Inti BKKBN. Departemen Kesehatan RI, Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja Bagi Petugas Kesehatan, Jakarta: Departemen Kesehatan. Endah Setyaningsih, 2006, Korelasi Minat Terhadapa Media Pornografi dan Perilaku Masturbasi pada Remaja Putri (Penelitian pada SMK Negeri 8 Semarang Tahun 2006), Skripsi S-1, Universitas Negeri Semarang. Ferryal Loetan, 1998, Pendidikan Seks Untuk Remaja Indonesia Harus Segera Dimulai, diakses 15 Februari Ida Bagus Gde Manuaba, Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: Arcan. Irawati Imran, 1996, Perkembangan Seksualitas remaja, Jakarta: PKBI-UNFPF. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pedoman Penyusunan Skripsi Mahasiswa Program Strata I, Semarang: Unnes. Kartini Kartono, 2001, Psikologi sosial, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Moh Nazir, 2003, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia. Nanang Munajat, 1996, Resiko Reproduksi Remaja, Jakarta: BKKBN Nugroho Setiawan, 2003, Perkembangan Seksualitas Dan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja, Satuan Acara Pengajaran Kesehatan reproduksi Remaja. Jakarta: FK UI Jakarta. Nur Rohmah, 2000, Pengetahuan, Sikap Dan Praktek Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Pada Siswa Di SMU Muhammadiyah Cirebon. Skripsi: Universitas Diponegoro. Oktia Woro KH, 2006, Fisiologi, Semarang: UPT UNNES Press Sarlito W Sarwono, 2001, Psikologi Remaja, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Sjaiful Fahmi Daili, dkk,2007, Infeksi Menular Seksual, Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Soekidjo Notoatmodjo, 1997, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta. Soekidjo Notoatmodjo, 1997, Prinsip-Prinsip Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jakarta: PT Rineka Cipta. ___________________, 2002, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta. ___________________, 2003, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jakarta: PT Rineka Cipta. ___________________, 2003, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

7 Terima Kasih


Download ppt "KHODIJATUL ASNA, 6450405523 Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap terhadap Kesehatan Reproduksi dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Siswa di SMA Negeri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google