Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Jo Ann Davidson, Kontributor Utama

5 "...sangat penting bagi kita untuk mengenal Allah yang kita sembah, percayai, dan kita layani--yang harus kita kasihi..." Lukas 10:27 "Triwulan ini kita akan mempelajari tentang Allah, dalam berbagai aspek dari Dia sebagaimana telah dinyatakan kepada kita dan apa artinya bagi kita dalam praktik kehidupan kita...Kita akan memulai dengan beberapa "dasar," seperti Trinitas Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 ...kita akan fokus pada Allah sebagai Pencipta...kemudian, kita akan mempelajari pekerjaan penebusan- Nya. Kita juga akan mempelajari tentang Allah, baik Allah kasih karunia, maupun Allah penghakiman. Lalu kita akan mempelajari tentang kekudusan- Nya, hukum-Nya, dan Sabat... Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 kita juga akan mempelajari beberapa aspek lain dari Tuhan yang tidak biasa dipikirkan, seperti Tuhan atas keindahan, Tuhan atas sejarah, dan bahkan Tuhan atas percintaan...kita juga akan melihat pada janji Allah yang begitu indah tentang kedatangan-Nya yang kedua kali yang menuntun pada puncak sejarah dan akhir kehidupan manusia yang mengerikan dalam pengalaman dengan dosa. Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Sekilas Tentang Allah Kita Daftar Isi 1. Allah Tri Tunggal 2. Pada Mulanya 3. Allah Sebagai Penebus 4. Allah Kasih Karunia dan Penghakiman 5. Kekudusan Allah 6. Allah Pemberi Hukum 7. Tuhan Atas Hari Sabat 8. Pemeliharaan Ciptaan 9. Alkitab dan Sejarah 10. Janji Doa 11. Allah Sebagai Ahli Seni 12. Kisah Cinta 13. Janji Kedatangan-Nya Kembali

9 Pelajaran 4 Allah Kasih Karunia dan Penghakiman

10 Kata-kata Pembuka Karena masuknya dosa, maka Allah menanggapinya dengan penghakiman dan kasih karunia. Penghakiman diperlukan untuk keadilan yang harus dipenuhi, tetapi untuk mereka yang percaya pada pengorbanan Kristus demi mereka, rahmat menyediakan kasih karunia untuk memulihkan kita kepada persatuan dengan Allah

11 Ayat Hafalan “Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat” (Pengkhotbah 12:14).

12 Pokok Pikiran Penghakiman Allah meresap dalam Alkitab sebagaimana dengan tema keselamatan; kenyataannya, kedua ajaran tersebut saling mengikat

13 Pengantar Tuhan punya rencana keselamatan bahkan sebelum penciptaan dan kejatuhan penghakiman dan kasih karunia sudah berlangsung. “Sejak dunia dihadikan...Anak Domba yang telah disembelih (Wahyu 13:8) menanggungkan pada diri-Nya sendiri akibat-akibat dosa dan penghakiman yang seharusnya menimpa kita, agar nama kita bisa tertulis di dalam Kitab Kehidupan.

14 FAKTA “... ada Allah di surga, Dia tahu segalanya dan Dia, sesungguhnya, akan membawa segala sesuatu ke pengadilan.

15 Black Allah Kasih Karunia dan Penghakiman Sekilas Pandang 1. Hari Penghakiman (Pengkhotbah 12:13,14) 2. Penghakiman dalam Perjanjian Lama (Kejadian 3:14-19) 3. Penghakiman dalam Perjanjian Baru (Yohanes 3:18 )

16 Black Allah Kasih Karunia dan Penghakim 1. Hari Penghakiman (Pengkhotbah 12:13,14)

17 Pengkhotbah 12:13,14 “Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang. Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat.”

18 Penghakiman Sebagai Tema Alkitab Tema penghakiman... Ilahi, mencakup seluruh Alkitab...penghakiman tidak berlawanan dengan keselamatan atau dengan Injil... keduanya dirajut bersama-sama dalam Alkitab dari Kejadian hingga Wahyu. Penghakiman dan keselamatan mencerminkan aspek kembar tabiat Allah: keadilan-Nya dan kasih karunia-Nya.

19 Perjanjian Baru membicarakan lebih banyak mengenai penghakiman bila dibandingkan Perjanjian Lama. Fakta ini... menentang pemikiran bahwa penghakiman berlawanan dengan konsep Perjanjian Baru tentang kasih karunia Allah, yang juga diajarkan...dalam kitab Perjanjian Baru.

20 Perlunya Memahami Kasih Karunia dan Penghakiman Penuntun Guru SSD, Minggu 22 Januari 2012: ”...kita harus memahami keduanya sebagai kebenaran Ilahi yang bekerja bersama-sama saling melengkapi satu dengan yang lain. Menghilangkan yang satu dari yang lain itu berarti salah memahami kesempurnaan Injil,...”

21 Black Allah Kasih Karunia dan Penghakiman 2. Penghakiman dalam Perjanjian Lama (Kejadian 3:14-19)

22 Kejadian 3:14-19 “...berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: “... terkutuklah engkau di antara segala ternak...“ Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; “...firman-Nya kepada manusia itu: “...engkau akan kembali menjadi debu."

23 Di Eden “... sebelum ada dosa, tentu tidak perlu kasih karunia karena tidak ada yang mau diampuni, tidak ada yang dimaafkan, tidak ada yang ditutupi...Sebelum ada dosa, tidak ada yang mau dihakimi, tidak ada yang mau ditebus, tidak ada yang mau dihukum. Baik kasih karunia maupun penghakiman timbul...hanyalah oleh karena dosa umat manusia.

24 Di Eden Segera sesudah Dia menyatakan penghakiman-Nya terhadap ular, kemudian dengan segera juga Dia memberikan pekabaran pertama mengenai kasih karunia, penebusan, dan keselamatan kepada manusia. Dan hanya seketika sesudah memberikan janji Injil, Dia kemudian mulai menyatakan penghakiman-Nya terhadap laki-laki dan perempuan itu. Kasih karunia yang membentuk dasar terhadap penghakiman yang telah dibentangkan.

25 PENTING UNTUK DIINGAT Walaupun Allah harus menghakimi dan menghukum dosa, janji kasih karunia selalu ada, selalu hadir, selalu tersedia untuk setiap orang yang mau menuntutnya bagi dirinya sendiri.

26 DISKUSIKAN Mengapa “memahami” kasih karunia Allah adalah merupakan “langkah awal” yang sangat penting bagi kita agar kita lebih dekat kepada Tuhan dan menjauh dari setan?

27 AIR BAH ”...bagaimanakah kasih karunia Allah dinyatakan dalam cerita air bah?”(Baca Kejadian 6:14-22; 2 Petrus 2:5).

28 Pelajaran SSD, Selasa 24 Januari 2012 “Dengan pembangunan bahtera, Nuh telah mengamarkan dunia tentang penghakiman. Implikasinya juga adalah bahwa periode kasih karunia, sebuah kesempatan untuk berbalik dari kejahatan dan menerima keselamatan Allah... Pembangunan bahtera ditawarkan kepada setiap orang yang mengindahkan amaran itu untuk tempat perlindungan yang nyaman dari kehancuran yang akan datang.

29 Kasih Karunia Saat Pembangunan Menara Babel “Di dalam kemurahan-Nya Ia telah mengacaukan bahasa mereka, dengan demikian menghentikan rencana pemberontakan mereka.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, Jld 1, hlm 134

30 Sebelum penghakiman, Kasih karunia ditawarkan. “... penghakiman pasti datang. Tetapi kasih karunia telah ditawarkan kepada semua orang yang mau menerimanya sebelum pintu kasihan tertutup.”

31 Black Allah Kasih Karunia dan Penghakiman 3. Penghakiman dalam Perjanjian Baru (Yohanes 3:18 )

32 Yohanes 3:18 “Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.”

33 Keterangan Mengenai Yohanes 3:18 Dua tema muncul dalam ayat ini, kasih karunia dan penghakiman, dan keduanya terjalin secara radikal. Dosa dan kegelapan serta kejahatan telah dibawa kepada pengadilan karena Allah yang adil harus menghakimi dan menghukum hal-hal ini. Pada waktu yang bersamaan, kasih karunia Allah ditawarkan kepada orang yang bersalah, dan yang datang oleh iman kepada Yesus Kristus.

34 ARTINYA! Orang yang percaya dalam Yesus tidak akan dihukum. Kebenaran Kristus menutupi orang tersebut, dan orang tersebut berdiri tanpa penghukuman, sekarang dan dalam penghakiman.

35 Penghukuman dan Kasih Karunia “Setiap orang layak dihukum; walaupun demikan, setiap orang, yang oleh kasih karunia Kristus menerima syarat yang ditawarkan, laya diampuni, dibenarkan, dan ditebus melalui Kristus. Penghukuman yang harus mereka terima itu, dibatalkan melalui jasa Yesus, dan mereka berdiri di dalam kebenaran-Nya.” [Pelajaran SSD, Rabu 25 Januari 2012]

36 Apa yang menyebabkan manusia di hukum? JAWAB: “Kegagalan manusialah yang menyebabkan penghukukman”

37 Penghukuman dan Kasih Karunia karena semua orang telah berdosa dan semua layak mati karena akibat dosa adalah maut. sesudah penyaliban, seluruh dunia yang telah terhukum ini sekarang ditawarkan keselamatan melalui pendamaian dalam kematian Yesus Kristus, yang sangat cukup untuk semua umat manusia.

38 Saat Pengakiman-Nya: Tanpa kasih karunia, kita semua akan dihabisi oleh keadilan Allah. Lalu, satu- satunya pengharapan kita adalah berdiri dihadapan Allah yang adil, yang juga penuh kasih karunia.

39 Pelajaran SSD, Kamis 26 Januari 2012 Betapa menarik bahwa sebelum amaran tentang “saat penghakiman-Nya telah tiba” malaikat menyatakan “Injil yang kekal.” Tanpa kasih karunia, pekabaran apakah yang kita miliki untuk dunia ini kecuali bahwa Allah akan menghancurkan kita semua dan tidak ada pegharapan untuk selamat?

40 DISKUSIKAN 1. Apakah mungkin kita dapat merasakan “sukacita” dalam penghakiman Allah? Jelaskan pendapat anda! 2. Bagaimanakah kita visa terlepas dari ekstrim “kasih karunia murahan” dan “penghakiman yang penuh dendam dan kebencian/”

41 RANGKUMAN Allah adalah Allah keadilan dan keadilan memerlukan penghakiman. Allah juga adalah Allah kasih karunia. Betapa pentingnya kita, sebagai umat Kristen Advent, menyatakan pekabaran tiga malaikat, memahami kedua kebenaran Ilahi ini dan apa yang dinyatakannya kepada kita mengenai Allah kita.

42 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Penghakiman terhadap dosa-dosa kita menuntut hukuman mati. Namun, jika kita mempercayai penderitaan Kristus demi kita maka Tuhan akan memberikan kepada kita kehidupan Kristus. Penggantian ini adalah kasih karunia yang membebaskan kita dari penghukumn dan kematian. Kita bisa hidup seperti sekarang ini dan dimungkinkan mendapatkan hidup yang kekal hanya oleh kasih karunia Allah melalui pengorbanan Kristus di salib. Allah itu adalah Allah yang adil, Dia memiliki sifat kembar yakni kasih karunia dan menghakimi. Saya lemah dan kurang menyadari hal ini. Minggu ini melalui pertolongan Tuhan dengan belajar Alkitab dan berdoa saya akan menghargai pengorbanan Kristus dengan cara hidup sesuai dengan firman-Nya dan mengasihi sesama, termasuk orang yang membenci saya

43 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google