Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Makhluk Hidup JASAD RUH BINATANGBINATANG JASAD KASAR RUH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Makhluk Hidup JASAD RUH BINATANGBINATANG JASAD KASAR RUH."— Transcript presentasi:

1

2

3

4

5 Makhluk Hidup JASAD RUH

6 BINATANGBINATANG JASAD KASAR RUH

7 MALAIKAT, JIN (Iblis, Setan ) JASAD HALUS RUH

8 JASAD KASAR JASAD HALUS RAGA JIWA == 2 JASAD 2 JASAD

9

10

11

12 MANUSIA 2 JASAD RUH JASAD KASAR JASAD HALUS RAGA JIWA ==

13 JIWA = Nafsu JASAD KASAR RAGA = Indra Darah Mata, Telinga, Hidung, lidah,dsb Penglihatan, Pendengaran, perasaan,dsb Hati Otak Akal Darah-nya Jiwa Indra-nya Jiwa Alat pikir-nya Jiwa Alat pikir Indra Darah

14 Nafsu Penglihatan, Pendengaran, perasaan,dsb Hati Akal Darah-nya Jiwa Indra-nya Jiwa Alat pikir-nya Jiwa Akal sangat dipengaruhi RUH yang sifatnya Ruhaniah sekali/ Ukhrowi Nafsu sangat dipengaruhi Jasmani/BADAN yang sifatnya Badaniah/ duniawi Hati, kondisinya adalah hasil dari tarik menarik Akal dan nafsu/Ruhani dan jasmani

15 Nafsu Penglihatan, Pendengaran, perasaan,dsb Hati Akal Darah-nya Jiwa Indra-nya Jiwa Alat pikir-nya Jiwa Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku.. (QS. Yusuf [12]: 53 )

16 Nafsu Penglihatan, Pendengaran, perasaan,dsb Hati Akal Darah-nya Jiwa Indra-nya Jiwa Alat pikir-nya Jiwa Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku.. (QS. Yusuf [12]: 53 )

17 Nafsu Penglihatan, Pendengaran, perasaan,dsb Hati Akal Darah-nya Jiwa Indra-nya Jiwa Alat pikir-nya Jiwa Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku.. (QS. Yusuf [12]: 53 )

18 Pergulatan akal dan Nafsu, akan mengakibatkan salah satu kalah dan yang lainnya menang. Bila Akal-nya yang menang, ia lebih mulia daripada Malaikat. Bila Nafsu-nya yang menang, maka ia bisa lebih sesat dari binatang. Sehingga kondisi jiwa manusia bermacam-macam kwalitasnya.

19 Jiwa yang dikuasai oleh Nafsu. Akalnya kalah.Bangga melakukan dosa.Sulit/menderita melakukan kebaikan. Jiwa yang masih dikuasai oleh Nafsu. Meskipun akalnya sudah memberontak.Menyesal setiap melakukan dosa.Tapi selalu kembali melakukannya.

20 Jiwa yang mulai dipimpin oleh Akal. Namun masih gampang goyah, karena Nafsu-pun masih kuat mempengaruhi. Orang seperti ini sudah melakukan kebaikan,ibadah dsb, namun ia juga masih gampang melakukan dosa.Sibarat org yang berdiri di pinggir jurang. Belum jatuh, tapi bila ada angin sedikit saja menerpa ia akan terjerumus. Jiwa yang TENANG. Bahagia dan ketenangan baginya bila melakukan kebajikan dan ketaatan. Sedih dan tidak tenang bila melakukan dosa/ kesalahan. Jiwa yang seperti inilah yang mengantar manusia kepada ketakwaan. Jiwa yang seperti inilah yang mestinya (minimal) diraih oleh setiap insan.

21 Jiwa yang RIDHO atas segala ketentuan Alloh. Ketentuan baik- maupun buruk. Tingkatan Wali kecil. Jiwa yang diRIDHO-i oleh Alloh. Langkahnya diridhoi, ucapannya diridhoi, pandangannya diridhoi, pendengarannya diridhoi. Tingkatan Wali besar.

22 Jiwa yang SEMPURNA. Ini hanya bisa dicapai/ dimiliki oleh para Nabi dan Rosul Alloh. Beliau-beliau terpelihara dari dosa (maksum). Nafsunya sudah sangat taat kepada pemiliknya. Hatinya (indera Jiwanya) begitu tajam/peka, suci dan bersinar )


Download ppt "Makhluk Hidup JASAD RUH BINATANGBINATANG JASAD KASAR RUH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google