Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHAYA SEX BEBAS PADA REMAJA SUATU TINJAUAN ASPEK MEDIS DAN ISLAM Ahmad Aulia Jusuf Bagian Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 2006.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHAYA SEX BEBAS PADA REMAJA SUATU TINJAUAN ASPEK MEDIS DAN ISLAM Ahmad Aulia Jusuf Bagian Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 2006."— Transcript presentasi:

1 BAHAYA SEX BEBAS PADA REMAJA SUATU TINJAUAN ASPEK MEDIS DAN ISLAM Ahmad Aulia Jusuf Bagian Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 2006

2 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 2 Kamis, 28 Desember 2006 “ Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Thanmu dengan hati yang puas lagi diridhoi-Nya. Maka masuklah ke dalam jamaah hamba-hamba-Ku. Dan masuklah ke dalam Surga-Ku” (QS Al Fajr (89) : 27-30) “Maka tiap-tiap orang yang beramal tanpa ilmu, maka amalnya menjadi mardud dan tidak diterima” (Ibnu Ruslan dalam kitab Jubad)

3 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 3 Kamis, 28 Desember 2006 Agenda  Pendahuluan  Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Medis  Tinjauan Aspek Islam  Seputar Remaja  Bahaya Sex Bebas Pada Remaja  Penanggulangan Masalah Sex Bebas Pada Remaja

4 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 4 Kamis, 28 Desember 2006

5 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 5 Kamis, 28 Desember 2006 Pendahuluan  Seks  Kata beruntai 4 huruf  Arti dan makna yang bervariasi  Topik yang paling kontroversial  Masalah yang  Menyeramkan  tabu  Tertutup  Tidak etis  Jorok dan menjijikkan  Haram dan dosa SEX, mahluk opo ya ?

6 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 6 Kamis, 28 Desember 2006 Pendahuluan  Seks  Kata yang kontroversial  sering menjadi perbincangan  tak pernah habis diperbincangkan  Tak pernah bosan diperbincangkan  “Orgasme telah menggantikan salib sebagai pusat kerinduan dan gambaran pemenuhan” (Malcolm Mugggeridge )  Menimbulkan perilaku munafik dalam masyarakat  Rasa ingin tahu yang besar  Tak mendapatkan informasi yang cukup  Rasa ingin mencoba dan merasakan  Permasalahan dalam masyarakat SEX, Apaan tuh ya ?

7 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 7 Kamis, 28 Desember 2006 Sex Dan Permasalahannya Lagi nyariin Apaan sih Tuh orang ? Mana die sih Artikelnye Suseh bener di cariinnye

8 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 8 Kamis, 28 Desember 2006 Mata Rantai Permasalahan Sex Permasalah dalam masyarakat Rasa Ingin Tahu, Penasaran, pengen coba, jajal …. Ketiadaan Informasi SEX Informasi salah Menyeramkan, tabu, tidak etis, jorok, kotor, haram, dosa, jijik, ih…. Kesehatan Sosial Keamanan Budaya Ekonomi Perilaku munafik Kebodohan

9 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 9 Kamis, 28 Desember 2006 Pendahuluan  Permasalahan  15 % remaja usia tahun di Indonesia telah melakukan hubungan sex diluar nikah (Ketua PKBI, Jum’at 22/ )  85% hubungan sex di usia tahun oDirumah oDengan pacar  2,3 juta kasus aborsi di Indonesia / tahun (UNPF dan BKKBN 2006)  20% oleh remaja  Kasus perkosaan di DKI Jaya meningkat dari 89 kasus pada tahun 2001 menjadi 107 pada 2002 atau naik 20,22% (Catatan akhir tahun 2002 Polda Metro Jaya)

10 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 10 Kamis, 28 Desember 2006 Pendahuluan  Permasalahan  Meningkatnya kasus kekerasan terhadap anak-anak di Indonesia pada tahun 2001  60% (205 kasus) adalah kasus incest (Children in Need Special Protection Center/ CNSP-C)  2/3 dilakukan oleh orang sedarah seperti saudara kandung, paman dan orang-orang yang punya hubungan darah  Peningkatan kasus HIV / AIDS dari tahun-tahun  Peningkatan kasus-kasus penyakit kelamin setiap tahun  Meningkatnya kriminalitas akibat seks bebas  Meningkatnya kasus-kasus penyimpangan sexual

11 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 11 Kamis, 28 Desember 2006 Gimane nih boss mecahin masalah sex bebas, puyeng amat …… Lha pegimane, pegimane ape nye, auw ah gelap…..

12 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 12 Kamis, 28 Desember 2006 Bagaimana mengatasi ini semua ? Pendidikan Sex Islami Ilmiah Benar dan tepat Berlandaskan nilai-nilai agama Budaya dan Etika

13 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 13 Kamis, 28 Desember 2006 SEX DALAM ISLAM ?

14 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 14 Kamis, 28 Desember 2006 Mbah emang Seks boleh dalam Islam Wah kalau masalah entuan ente dengerin aje deh acara ini ye….

15 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 15 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Islam  Seks  Suci dan fitrah  sarana penjaga kesinambungan eksistensi umat manusia di dunia dan juga sebagai sarana kesenangan bagi manusia ”Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kamu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang terpelajar” (QS Ar Ruum: 21)  Sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT o” Dua rakaat shalat yang didirikan oleh orang yang kawin lebih baik daripada keterjagaan (ibadah) di malam hari dan puasa (disiang hari) orang yang tidak kawin.” (Al-Hadist)

16 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 16 Kamis, 28 Desember 2006 Wah kalo enggak ade seks Aku enggak jadi dehhh…

17 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 17 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Islam  Hasrat seks  Sama seperti nafsu untuk makan dan minum ”Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang dingini yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan disisi Allahlah tempat kembali yang baik (surga)” (QS. Ali Imran: 14)  Penyaluran harus sesuai aturan agama oIkatan pernikahan, heteroseks, tidak dengan hewan dan mayat ”Sesungguhnya kalian mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsu kalian (kepada mereka), bukan kepada wanita, kalian adalah kaum yang melampaui batas”(QS Al A’raaf; 81).

18 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 18 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Islam  Ayat-ayat dalam Al-Qur’an  Reproduksi dan penciptaan manusia  Menstruasi  Kehidupan keluarga  posisi-posisi hubungan seksual  Ejakulasi  ”Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, ”haid itu adalah kotoran. Oleh karena itu hendaklah kamu menjauhi diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka sebelu mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu ditempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. Isteri- isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok tanammu itu sebagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertaqwalah kepada Alah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman” (QS Al-Baqarah: )

19 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 19 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Islam  ”Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari sari pati air yang hina (air mani). Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh) nya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur” (QS As-Sajdah: 7-9)  ” Bukahkah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (kedalam rahim), kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya, lalu Allah menjadikan darinya sepasang laki-laki dan perempuan” (QS. Al-Qiyaamah:37-39)  ”Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan, Dia diciptakan dari air yang terpancar, yang keluar dari antara tulang sulbi dan tulang dada” (QS Ath-Thaariq: 5-7)

20 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 20 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Islam  Perkawinan atau pernikahan adalah satu-satunya sarana yang sah, halal, bagi pemenuhan kebutuhan seksual dan reproduksi  Memenuhi kebutuhan seksual diluar ikatan perkawinan adalah dosa  ”Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang beriman dan tidak (pula) bagi perempuan yang beriman, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya ia telah sesat, sesat yang nyata (QS Al Ahzab: 36)

21 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 21 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Islam  Dalam Islam bukan hanya perzinahan yang harus dihindari, segala sesuatu yang mendekati (berpotensi) menggiring kepada perzinahan juga harus dihindari.  ”Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk” (QS Al-Israa’: 32).  :”Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap- tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhirat dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman. Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina atau perempuan musyrik dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang Mukmin” (QS An-Nuur: 2- 3)

22 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 22 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex Nah sekarang kite liat aspek medisnye Setuju kagak ?

23 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 23 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Medis  Salah satu naluri dan kebutuhan biologis manusia  Makan  Minum  Bersosial  Bertujuan untuk meneruskan keturunan, melestarikan spesies  Salah satu ciri mahluk hidup  Diperankan oleh organ tertentu pada tubuh manusia  Dilakukan dengan rasa tanggung jawab

24 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 24 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Medis  Sex = koitus ?  Koitus = hubungan badan laki- laki dan wanita  Sex = pencetusan hubungan antar individu, yang ditandai oleh adanya daya tarik rohani dan fisik yang menjadi dasar kehidupan bersama antara 2 insan manusia  Hubungan bersifat heteroseksual  Dipengaruhi oleh  Pandangan hidup  Kebudayaan  Agama

25 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 25 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Medis  Dimensi biologis (medis) berkaitan dengan organ reproduksi dan alat kelamin dan fungsinya serta upaya menjaga kesehatan organ reproduksi

26 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 26 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Medis  Organ reproduksi wanita bagian luar  Bibir kemaluan luar (labia mayora)  Bibir kemaluan dalam (labia minora)  Kelentit ( clitoris )  Lubang kemaluan ( vagina)  Bukit kemaluan (mons veneris) yang ditumbuhi oleh rambut kemaluan

27 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 27 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Medis  Organ reproduksi wanita bagian dalam  Vagina (liang kemaluan/liang senggama)  Mulut rahim ( cervix)  Rahim (uterus)  Dua buah saluran telur (tuba fallopi)  Dua buah indung telur (ovarium) kanan dan kiri.

28 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 28 Kamis, 28 Desember 2006 Organ Reproduksi Wanita

29 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 29 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Medis  Organ reproduksi pria  Zakar atau penis  Buah zakar atau testis  Saluran zakar atau uretra  Kantong pelir atau skrotum  Epididimis  Saluran sperma atau vas deferens  Vesikula seminalis  Kelenjar prostat

30 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 30 Kamis, 28 Desember 2006 Organ Reproduksi Pria

31 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 31 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Masalah Sex  Tinjauan Aspek Medis  Hormon-hormon seks  Pria oTestosteron oandrogen  Wanita oEsterogen oprogesteron

32 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 32 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Remaja  Remaja  masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa  tahun (WHO)  Terjadi perubahan-perubahan  perubahan fisik (baik yang terlihat dari luar maupun yang tidak kelihatan)  perubahan emosional yang tercermin dalam sikap dan tingkah laku oorangtua olingkungan keluarga olingkungan sekolah o teman-teman pergaulan di luar sekolah.

33 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 33 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Remaja  Remaja  Perubahan dramatis dalam bentuk dan ciri-ciri fisik  Peningkatan aktivitas kelenjar pituitari (hipofisis)  tinggi dan berat badan meningkat  wanita > pria  pertumbuhan tinggi badan dan berat badan yang pesat, hampir 2 kali lipat.  Pada anak pria bahu menjadi lebar, sedangkan pada anak perempuan pinggulnya yang membesar  Tulang dan otot bertambah besar.  Jaringan lemak bawah kulit bertambah  Alat genital juga tumbuh dengan cepat

34 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 34 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Remaja  Remaja  Masa pubertas  ditandai dengan datangnya menstruasi (pada perempuan) atau mimpi basah (pada laki-laki).  Hormon-hormon utama yang mengatur perubahan ini adalah androgen pada pria dan estrogen pada wanita yang berhubungan dengan timbulnya penampilan ciri-ciri seksual sekunder.

35 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 35 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Remaja  Remaja  Ciri-ciri seksual sekunder pada pria  bertumbuhnya kumis dan cambang  timbulnya rambut pada badan dan kelamin  penis yang lebih besar dan panjang  testis (buah Zakar) yang bertambah besar  pigmentasi pada alat kelamin  suara yang mendalam dan berat pada pria.  produksi sperma  Sperma dikeluarkan melalui proses yang disebut ejakulasi, yaitu keluarnya sperma melalui penis.  Ejakulasi bisa terjadi secara alami (tidak disadari oleh remaja laki-laki) melalui mimpi basah.

36 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 36 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Remaja  Remaja  Ciri seksual sekunder pada wanita  pembesaran payudara  pigmentasi puting susu  pinggul yang membesar  tumbuhnya rambut pada tubuh dan kelamin  pertumbuhan dan perkembangan indung telur (ovarium) dan saluran telur (tuba Fallopii)  vagina bertambah lebar dan dalam  Menarche (menstruasi) dapat terjadi pada umur tahun.

37 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 37 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Remaja  Remaja  Menstruasi terjadi karena berkurangnya kadar hormon progesteron dan esterogen dalam darah.  lapisan lendir rahim akan gugur. Hanya sedikit sisa lapisan lendir rahim yang dipertahankan.  Lapisan lendir rahim yang gugur dan mengandung darah odikeluarkan melalui mulut rahim dan vagina sebagai menstruasi, yang biasanya terjadi antara 3-7 hari. oJarak antara satu haid dengan haid berikutnya tidak sama pada setiap orang. Adakalanya 21 hari atau bisa juga 35 hari.

38 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 38 Kamis, 28 Desember 2006

39 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 39 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Remaja  Remaja  Terjadi perubahan-perubahan emosi, pikiran, lingkungan pergaulan dan tanggung jawab yang dihadapi.  Masa peralihan antara masa kanak dan dewasa.  Anak laki-laki matang pada usia tahun, sedangkan anak wanita 1-2 tahun lebih dulu.  Pada masa ini  mudah mengalami kegelisahan, tidak sabar, emosional, selalu ingin melawan, rasa malas, perubahan dalam keinginan, ingin menunjukkan eksistensi dan kebanggaan diri serta selalu ingin mencoba dalam banyak hal.  Kesukaran yang dialami timbul akibat konflik karena keinginannya menjadi dewasa dan berdiri sendiri dan keinginan akan perasaan aman sebagai seorang anak dalam keluarganya.  Ia sering berlaku seperti seorang anak tetapi ingin diperlakukan sebagai seorang dewasa.  banyak mengalami tekanan mental dan emosi.  Faktor yang mempengaruhi adalah faktor lingkungan dan hubungan sosial

40 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 40 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Remaja  Remaja  Perubahan fisik yang terjadi pada masa pubertas bertanggung- jawab atas munculnya dorongan seks.  Banyaknya tabu sosial dan juga kekurangan pengetahuan yang benar tentang seksualitas.  kian meningkatnya kejadian sex bebas  permasalahan yang di akibatkan oleh sex bebas oAborsi okejahatan seksual o renggangnya hubungan keluarga omeningkatnya pemakaian narkoba okriminalitas lainnya.

41 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 41 Kamis, 28 Desember 2006 Seputar Remaja  Remaja  Remaja perlu mengendalikan perilakunya  Remaja harus mengerti bahwa begitu dia mendapatkan menstruasi atau mimpi basah maka secara fisik dia telah siap dihamili atau menghamili  Bisa hamil atau tidaknya remaja putri bila melakukan hubungan seksual tidak tergantung pada berapa kali dia melakukan hubungan seksual tetapi tergantung pada kapan dia melakukan hubungan seksual (dikaitkan dengan siklus kesuburan) dan apakah sistem reproduksinya berfungsi dengan baik (tidak mandul).  Banyak remaja yang tidak mengetahui akan hal ini, sehingga mereka menyangka bahwa untuk hamil orang harus terlebih dahulu melakukan hubungan seksual berkali-kali.

42 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 42 Kamis, 28 Desember 2006 BAHAYA SEKS BEBAS ? ? ? SEX BEBAS

43 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 43 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Remaja  Tak lepas dari keceriaan dunia remaja yang diakrabinya.  Dalam batas wajar, masa remaja sering meninggalkan kesan manis.  Sekadar mejeng di mal memang bukan barang haram  Tapi tak sedikit di antara mereka yang "berjalan" terlalu jauh. Mereka menjadi lepas kendali  Buntutnya adalah kebablasan.  terjerat dalam pesta hura-hura ganja, putau, ekstasi, dan pil-pil setan lain.  tak sedikit pula di antara mereka yang kemudian hamil di luar nikah akibat sex bebas (free sex).  Jalan pintas lewat aborsi pun dilakukan, untuk melenyapkan jabang bayi yang belum mereka kehendaki.

44 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 44 Kamis, 28 Desember 2006 Siapa yang salah ? Pesta narkoba, Miras, Sex bebas, Aborsi, kenakalan Remaja lainnya

45 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 45 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Fakta  15 % remaja usia tahun di Indonesia telah melakukan hubungan sex diluar nikah (Ketua PKBI, Jum’at 22/ )  85% hubungan sex di usia tahun oDirumah oDengan pacar  2,3 juta kasus aborsi di Indonesia / tahun (UNPF dan BKKBN 2006)  20% oleh remaja  Kasus perkosaan di DKI Jaya meningkat dari 89 kasus pada tahun 2001 menjadi 107 pada 2002 atau naik 20,22% (Catatan akhir tahun 2002 Polda Metro Jaya)

46 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 46 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Fakta  Di tahun 1987 tim dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia meneliti perilaku seks di kalangan siswa sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di Jakarta dan Banjarmasin  Sebanyak 2% dari total responden menyatakan pernah bersanggama (koitus)  Yang berciuman, meraba-raba, atau berpelukan sambil meremas-remas bagian tubuh tertentu (petting) lebih banyak lagi  April 1995, tim dari Universitas Diponegoro, Semarang, dan Dinas Kesehatan Jawa Tengah juga meneliti perilaku seks di kalangan siswa SLTA  Sekitar 10% dari siswa SLTA di Jawa Tengah pernah melakukan hubungan intim atau sanggama.

47 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 47 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Penyebab  Pengaruh Negatif Media Massa  Lemahnya Keimanan  Tidak adanya pendidikan sex yang benar, tepat dan dilandasi nilai-nilai agama  Lemahnya pengawasan orang tua  Salah dalam memilih teman

48 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 48 Kamis, 28 Desember 2006 BAHAYA SEKS BEBAS ? ? ? SEX BEBAS

49 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 49 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya Fisik  Penyakit kelamin (Penyakit Menular Sexual/ PMS)  PMS adalah penyakit yang dapat ditularkan dari seseorang kepada orang lain melalui hubungan seksual. ohubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan baik melalui vagina, oral maupun anal. oBila tidak diobati dengan benar penyakit ini dapat berakibat serius bagi kesehatan reproduksi  Kemandulan  kebutaan pada bayi yang baru lahir bahkan kematian.  Penyakit klamin yang dapat terjadi okencing nanah (Gonorrhoe), raja singa (Sifilis), herpes genitalis, limfogranuloma venereum (LGV), kandidiasis, trikomonas vaginalis, kutil kelamin oKarena bentuk dan letak alat kelamin laki-laki berada di luar tubuh, gejala PMS lebih mudah dikenali, dilihat dan dirasakan.

50 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 50 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Penyakit Kelamin  kencing nanah (Gonorrhoe)  raja singa (Sifilis)  herpes genitalis  limfogranuloma venereum (LGV)  kandidiasis  trikomonas vaginalis  kutil kelamin

51 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 51 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Tanda-tanda penyakit kelamin (Pria)  berupa bintil-bintil berisi cairan  lecet atau borok pada penis/alat kelamin  luka tidak sakit; keras dan berwarna merah pada alat kelamin  adanya kutil atau tumbuh daging seperti jengger ayam  rasa gatal yang hebat sepanjang alat kelamin  rasa sakit yang hebat pada saat kencing  kencing nanah atau darah yang berbau busuk  bengkak panas dan nyeri pada pangkal paha yang kemudian berubah menjadi borok.

52 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 52 Kamis, 28 Desember 2006 Dampak Sex Bebas  Tanda-tanda penyakit kelamin (Wanita)  rasa sakit/nyeri saat kencing/hubungan seksual  rasa nyeri pada perut bagian bawah  pengeluaran lendir pada vagina/alat kelamin  keputihan berwarna putih susu, bergumpal  rasa gatal dan kemerahan pada alat kelamin atau sekitarnya  keputihan yang berbusa, kehijauan, berbau busuk, dan gatal  timbul bercak-bercak darah setelah berhubungan seksual  bintil-bintil berisi cairan  lecet atau borok pada alat kelamin.

53 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 53 Kamis, 28 Desember 2006 Sifilis

54 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 54 Kamis, 28 Desember 2006 Gonorrhoe

55 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 55 Kamis, 28 Desember 2006 Herpes Simpleks dan Ulkus Molle

56 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 56 Kamis, 28 Desember 2006 Limfogranuloma Venereum

57 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 57 Kamis, 28 Desember 2006 Candidiasis vagina dan Condyloma acuminata

58 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 58 Kamis, 28 Desember 2006

59 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 59 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya Fisik  AIDS singkatan dari Aquired Immuno Deficiency Syndrome.  penyakit ini adalah kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya system kekebalan tubuh  Penyebabnya adalah virus HIV (Human Immunodeficiency Virus)  salah satu cara penularannya adalah melalui hubungan seksual.  Selain itu HIV dapat menular melalui pemakaian jarum suntik bekas orang yang terinfeksi virus HIV, menerim tranfusi darah yang tercemar HIV atau dari ibu hamil yang terinfeksi virus HIV kepada bayi yang dikandungannya.  Di Indonesia penularan HIV/AIDS paling banyak melalui hubungan seksual yang tidak aman serta jarum suntik (bagi pecandu narkoba).

60 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 60 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya Fisik  AIDS singkatan dari Aquired Immuno Deficiency Syndrome.  Awalnya tidak memperlihatkan gejala-gejala khusus.  Baru beberapa minggu sesudah itu orang yang terinfeksi sering menderita penyakit ringan sehari-hari seperti flu atau diare.  Pada periode 3-4 tahun kemudian penderita tidak memperlihatkan gejala khas atau disebut sebagai periode tanpa gejala, pada saat ini penderita merasa sehat dan dari luar juga tampak sehat.  Sesudahnya, tahun ke 5 atau 6 mulai timbul diare berulang, penurunan berat badan secara mendadak, sering sariawan dimulut, dan terjadi pembengkakan di kelenjar getah bening dan pada akhirnya bisa terjadi berbagai macam penyakit infeksi, kanker dan bahkan kematian

61 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 61 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya Fisik  Resiko kehamilan dini yang tak dikenhendaki  Pada Ibu opanggul sempit okontraksi rahim yang lemah oketidak teraturan tekanan darah yang dapat berdampak pada keracunan kehamilan serta okejang-kejang yang dapat menyebabkan kematian oRemaja atau calon ibu merasa tidak ingin dan tidak siap untuk hamil maka ia bisa saja tidak mengurus dengan baik kehamilannya

62 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 62 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya Fisik  Resiko kehamilan dini yang tak dikenhendaki  Pada anak oGangguan pertumbuhan organ-organ tubuh pada janin okecacatan oSulit mengharapkan adanya perasaan kasih sayang yang tulus dan kuat dari ibu yang tidak menghendaki kehamilan bayi yang dilahirkanya nanti. Sehingga masa depan anak mungkin saja terlantar

63 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 63 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya Fisik  Mengakhiri kehamilannya atau sering disebut dengan aborsi.  tindakan ilegal atau melawan hukum osering dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan tidak aman oberkontribusi kepada kematian dan kesakitan ibu.  Aborsi sangat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan perempuan terutama jika dilakukan secara sembarangan yaitu oleh mereka yang tidak terlatih oPerdarahan yang terus-menerus serta infeksi yang terjadi setelah tindakan aborsi merupakan sebab utama kematian perempuan yang melakukan aborsi o Di samping itu aborsi juga berdampak pada kondisi psikologis. Perasaan sedih karena kehilangan bayi, beban batin akibat timbulnya perasaan bersalah dan penyesalan yang dapat mengakibatkan depresi.

64 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 64 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya perilaku dan kejiwaan  terjadinya penyakit kelainan seksual  keinginan untuk selalu melakukan hubungan sex  Selalu menyibukkan waktunya oberbagai khayalan-khayalan seksual, jima, ciuman, rangkulan, pelukan, dan bayangan-bayangan bentuk tubuh wanita luar dan dalam opemalas, sulit berkonsentrasi, sering lupa, bengong, ngelamun, badan jadi kurus dan kejiwaan menjadi tidak stabil.

65 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 65 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya perilaku dan kejiwaan  terjadinya penyakit kelainan seksual  Yang ada dipikirannya hanyalah seks dan seks serta keinginan untuk melampiaskan nafsu seksualnya o bila tidak mendapat teman untuk sex bebas, ia akan pergi ke tempat pelacuran (prostitusi) dan menjadi pemerkosa.  Lebih ironis lagi bila ia tak menemukan orang dewasa sebagai korbannya, ia tak segan-segan memerkosa anak-anak dibawah umur bahkan nenek yang sudah uzur

66 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 66 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya Sosial  Sex bebas akan menyebabkan seseorang tidak lagi berpikir untuk membentuk keluarga, mempunyai anak, apalagi memikul sebuah tanggung jawab.  Lebih parah lagi seorang wanita yang melakukan sex bebas pada akhirnya akan terjerumus ke dalam lembah pelacuran dan prostitusi.  Anak yang terlanjur terlahir akibat sex bebas (perzinahan) tidak mendapatkan cinta kasih dari ayahnya dan kelembutan belainan ibunya  Ia tidak akan mendapat perhatian dan pendidikan yang cukup. Setelah ia tahu bahwa ia terlahir akibat perzinahan, maka kejiwaannya akan menjadi kaku dan tersisih dalam pergaulan dan sosial kemasyarakatan, bahkan tak jarang ia akan terlibat dalam masalah kriminalitas.  Hal yang lebih ironis lagi adalah sering ayah dari anak yang terlahir akibat sex bebas tidak jelas lagi siapa ayahnya.

67 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 67 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya Sosial  Sex bebas juga akan menyebabkan  berantakannya suatu keluarga  terputusnya tali silaturrahmi dan kekerabatan  Orang tua biasanya tidak akan perduli lagi pada anak yang telah jauh tersesat  seorang remaja akan semakin nekad, membangkang dan tidak patuh lagi pada orang tua  terlibat konfrontasi dengan sanak saudara lainnya.  timbul rasa frustasi dan kecewa serta dendam tak kesudahan terhadap anggota keluarga sendiri.

68 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 68 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya perekonomian  Sex bebas akan melemahkan perekonomian  menurunnya produktivitas si pelaku oakibat kondisi fisik dan mental yang menurun  penghamburan harta untuk memenuhi keinginan sex bebasnya  upaya mendapatkan harta dan uang dengan menghalalkan segala cara termasuk dari jalan yang haram dan keji okorupsi, menipu, judi, bisnis minuman keras dan narkoba dan lain sebagainya.

69 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 69 Kamis, 28 Desember 2006 Bahaya Sex Bebas  Bahaya keagamaan dan akhirat  4 macam hal tercela  Rasulullah SAW bersabda : ”Jauhilah zina karena ia mengakibatkan 4 macam hal; menghilangkan wibawa di wajah, menghalangi rezeki, dimurkai Allah dan menyebabkan kekelan dalam neraka” (HR. Ath-Thabrani)  Seorang pezina ketika ia melakukan zina akan terlepas dari keimanan dan ke Islaman, sebagaimana hadist Rasulullah SAW: ” Tidak ada seorang pezina ketika melakukan zina sedangkan saat itu ia beriman....” (HR. Bukhari dan Muslim)  Diantara bahaya akhirat, seorang pezina jika tidak bertaubat akan dilipat gandakan siksaanya pada hari kiamat  ”Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar dan tidak berzina, barangsiapa yang melakukan demikian itu niscaya ia mendapat (pembalasan) dosa (nya) (yakni) akan dilipatgandakan azb untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina” (QS. Al Furqaan: 68-69)

70 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 70 Kamis, 28 Desember 2006 Penanggulangan Sex Bebas  Beberapa Upaya untuk menghindari sex bebas adalah  Memperdalam keimanan  ”Tidakkah kamu perhatikan bahwa sesungguhnya Allah memngetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, tiada pembicaraan yang rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah yang keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah yang keenamnya. Dan tiadalah (pula) pembicaraan antara (jumlah) yang kiurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia ada bersama mereka dimanapun mereka berada..... ” (QS. Al-Mujaadilah (58): 7)  Memanfaatkan waktu luang  ” Tekunilah yang bermanfaat untukmu dan mintalah pertolongan kepada Allah, jangan sampai kamu lemah’ (HR. Muslim).

71 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 71 Kamis, 28 Desember 2006 Penanggulangan Sex Bebas  Beberapa Upaya untuk menghindari sex bebas adalah  Teman yang Shalih  ”Jangan kamu berteman kecuali dengan orang mukmin dan jangan memakan makananmu kecuali orang yang takwa (HR. At-Turmudzi).  ”Seseorang itu menurut agama temannya, maka hendaklah dia memperhatikan siapa yang menjadi temannya (HR. At-Turmudzi)  Menghindari media massa yang buruk  ”Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk” (QS Al-Israa’: 32)

72 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 72 Kamis, 28 Desember 2006 Penanggulangan Sex Bebas  Beberapa Upaya untuk menghindari sex bebas adalah  Berpuasa Sunnah  ” Wahai sekalian pemuda, siapa di antara kalian yang telah mempunyai kemampuan (untuk menikah) maka menikahlah. Sesungguhnya pernikahan itu lebih dapat menjaga pandangan mata dan mengekang hawa nafsu. Bagi siapa yang belum memiliki kemampuan, maka berpuasalah. Sesungguhnya puasa adalah penawar baginya” (HR Bukhari) Menghindari media massa yang buruk  Menggunakan cara-cara medis  ” Hikmah itu adalah barang yang tercecer milik orang yang beriman, dimana saja ia mendapatkannya... ia yang lebih berhak untuk itu (HR. Turmudzi dan Al Askari)

73 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 73 Kamis, 28 Desember 2006 Penanggulangan Sex Bebas  Beberapa Upaya untuk menghindari sex bebas adalah  Menggunakan cara-cara medis  Sering mandi air dingin di musim panas  memperbanyak olahraga dan latihan fisik  Menjauhi makanan yang mengandung merica dan rempah-rempah karena mempunyai sifat merangsang  Tidak terlalu banyak mengkonsumsi semampunya minuman perangsang saraf seperti kopi  Tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dan telur

74 Dampak Sex Bebas Pada Remaja/ AAJ/Bag Histologi FKUI 74 Kamis, 28 Desember 2006


Download ppt "BAHAYA SEX BEBAS PADA REMAJA SUATU TINJAUAN ASPEK MEDIS DAN ISLAM Ahmad Aulia Jusuf Bagian Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 2006."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google