Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KETERAMPILAN BERBAHASA 2. Kok Bukan Mimpi? Ini adalah sebuah alur cerita yang turut mengisahkan seorang mahasiswa PGSD UMP angkatan 2007, yang telah lulus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KETERAMPILAN BERBAHASA 2. Kok Bukan Mimpi? Ini adalah sebuah alur cerita yang turut mengisahkan seorang mahasiswa PGSD UMP angkatan 2007, yang telah lulus."— Transcript presentasi:

1 KETERAMPILAN BERBAHASA 2

2 Kok Bukan Mimpi? Ini adalah sebuah alur cerita yang turut mengisahkan seorang mahasiswa PGSD UMP angkatan 2007, yang telah lulus dan wisuda pada tahun 2011 lalu dengan predikat cumlaude dan memiliki satu nilai C+. Berpenampilan sangat sederhana, bersahaja, dan ramah lingkungan (kaya mobil ja, ramah lingkungan). Dibilang bodoh, tidak, dibilang pintar, tidak juga, jadi ditengah-tengahnya kali ya antara bodoh dan pintar (ga takut kejepit pa ya tuh orang berada di tengah-tengah?). Yah, siapa lagi kalau bukan Pak Dedy, atau sering dipanggil, mas Ded, om Ded, Pak Ded, tergantung suasananya. Singkat cerita, dia memang orang yang beruntung. Bercita-cita menjadi dosen pernah terlintas olehnya, namun ketika merasakan susahnya kuliah Statistik yang diampu oleh Pak Son-Son akhirnya berpikir menjadi guru PNS mungkin akan jauh lebih tepat (ya iya lah, ngaca dulu kale). Namun suatu ketika ada orang yang baik hati dan tidak sombong, memberikan tawaran kepadanya untuk membantu mengajar di prodi PGSD UMP, tidak lain dan tidak bukan beliau adalah raja online, yaitu Pak EK yang sekaligus dulu menjabat sebagai kaprodi, ya orang paling sibuk di prodi, hari ini ke Jakarta, esok harinya sudah di Sumatra. Setelah mengikuti seleksi, beruntung sekali Pak Dedy bisa diterima untuk mengajar di PGSD UMP, bersama teman-teman yang lain ada P. Bin, P.Aji, dan Bu Sri.

3 Satu, dua, tiga semester telah berlalu, Pak Dedy menjalankan kewajibannya sebagai seorang pengajar di UMP, sekaligus menjalankan amanat Undang- undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Menyadari bahwa menjadi seorang pengajar tidaklah cukup, harus menjadi dosen jika ingin memiliki karir yang baik dan berjenjang. Mengingat bahwa dalam UU guru dan dosen, mewajibkan agar sekurang-kurangnya seorang dosen harus berkualifikasi S2 linear, maka Pak Dedy secepatnya memutuskan untuk mengambil program pasca sarjana di UNY prodi dikdas konsentrasi bahasa Indonesia. Walaupun sebenarnya kebingungan dalam mencari sumber biaya, namun yakin saja bahwa Allah SWT akan memberikan jalan dan rizki kepada orang-orang yang bersungguh-sungguh, apalagi bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu. Tidak lupa hidup sederhana dan selalu berdo’a kepada Allah SWT. Bulan September 2013, saatnya memulai kuliah di UNY. Tiap malam memikirkan bagaimana mengatur waktu agar bisa kuliah namun tetap bisa mengajar mahasiswa semester 3. Apalagi harus ditinggal oleh team taching yaitu Pak EnH yang sedang menjalankan ibadah haji. Rancangan tugas disusun sedemikian rupa agar mahasiswa tetap terlayani dengan baik, walaupun harus merelakan kuliah sampai malam hari. Inilah saatnya Pak Dedy pulang ke Purwokerto yang sudah menyiapkan bekal tugas untuk mahasiswa semester 3 pada mata kuliah Keterampilan Berbahasa 2. Mau tahu ceritanya saat perkuliahan berlangsung? Yuk mari…

4 BARU MASUK KULIAH, SUDAH DAPAT TUGAS. TUGASNYA APA PAK DEDY?

5 INI DIA TUGASNYA:  Sinopsis dan Resensi  Ringkasan/ Resume  Catatan Harian/ Diary

6 LAH PAK DEDY TUGASNYA BANYAK BANGET!!! KAN SUDAH SEMESTER TIGA, PASTI BANYAK TUGAS LAH. YUK KITA BAHAS SATU PER SATU!

7 Tugasnya membuat Sinopsis dan Resensi  Sinopsis: ikhtisar atau ringkasan  Resensi: Menurut KBBI resensi ialah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku. Kata resensi berasal dari bahasa latin yaitu kata revidere atau recensere (verb) yang berarti melihat kembali, menimbang, atau menilai. Pada resensi terdapat sinopsis, ulasan, dan rekomendasi berupa saran bagi pembaca untuk membaca buku tersebut. OH, BEGITU YA PAK DEDY.. IYA..

8 LALU TUGASNYA BAGAIMANA PAK DEDY ??? OH, TUGASNYA ADALAH MEMBUAT RESENSI NOVEL, DENGAN KETENTUAN SEBAGAI BERIKUT: 1. Cari, pilih dan beli sebuah buku novel (umum, bukan novel dewasa, dan bukan file pdf/ ms. word). Usahakan bukan novel berseri, karena jika novel berseri maka resensi novel harus dari seri pertama hingga seri terakhir. 2. Mahasiswa dalam satu kelas tidak boleh memilih novel yang sama. 3. Ditulis dengan menggunakan tulisan tegak bersambung rapi dan rajin pada kertas A4 ( ). 4. Sistematika resensi : a. Halaman cover, logo UMP (nama,NIM,kelas) b. Foto copy cover novel c. Identitas buku: Judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, harga buku d. Isi resensi e. Penilaian, manfaat, Kelemahan dan kelebihan buku (harus membaca dari awal sampai akhir). 5. Jenis Resensi Deskriptif (pembahasan per bab)

9 PAHAM YA? HUUUU, HAMPA LAH IYA PAK! JANGAN HAMPA DULU, MASIH ADA LAGI KAN? WHAT?? SATU JA BELUM SELESAI PAK! EH, NURUT SAJA SAMA DOSEN, MAHASISWA ITU HARUS BANYAK TUGAS. IYA IYA PAK DEDY, APA TUGASNYA?

10 INI TUGAS BERIKUTNYA Membuat Ringkasan/ Resume 1. Pilih, cari dan beli buku teks tentang bahasa Indonesia dan sastra. 2. Mahasiswa dalam satu kelas tidak boleh memilih buku teks yang yang sama. 3. Ditulis dengan menggunakan tulisan tegak bersambung rapi dan rajin pada kertas A4 ( ). 4. Sistematika ringkasan: a. Halaman cover, logo UMP (nama,NIM,kelas) b. Foto copy cover buku teks c. Identitas buku: Judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, jumlah bab dan halaman, harga buku. d. Isi ringkasan/ resume, yaitu sebanyak 10% dari jumlah halaman buku teks. e. Komentar isi buku f. Hindari penggunaan kalimat asli penulis, kecuali hal-hal penting yang harus ditulis

11 ADA YANG MAU BERTANYA LAGI? ADUHHH, PUSING PAK, KEPALA NYUT NYUT NYUT!!! SUDAH LAH JANGAN KEBANYAKAN. EEEH, INI MASIH ADA SATU LAGI HOOOOOO PAK DEDY TEGA LOH! BUKAN TEGA, TAPI TEGA BANGEEETT..

12 INI TUGAS TERAKHIR KALIAN, YAITU MEMBUAT CATATAN HARIAN/ DIARY 1. Buatlah catatan harian Anda, minimal selama 90 hari (batas waktu mulai hari ini sampai dikumpulkan/ pertemuan terakhir) 2. Catatan harian menceritakan hal yang kalian alami sehari-hari tapi bukan menceritakan kegiatan sehari-hari. Boleh menceritakan seputar percintaan Anda, asal tidak malu jika dibaca orang lain, terutama saya. 3. Ditulis menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar/EYD, tulisan boleh tidak tegak bersambung 4. Boleh diberi variasi atau aksesoris seperti foto atau gambar- gambar dll. 5. Tulis di buku diary

13 Contoh

14 BAGAIMANA, ADA YANG BELUM JELAS? JELAS PAK, YANG BELUM JELAS ITU KAPAN MAU MEMULAI MENGERJAKANNYA. ADUH YA ALLAH, TUGASNYA BANYAK BANGET YAKIN PAK. SUDAH, TIDAK USAH MENGELUH IKUTI KATA-KATA SAYA: I think, I Believe, I Can!

15 SELAMAT MENGERJAKAN YA, JANGAN LUPA TUGAS AKAN SAYA NILAI MASING- MASING PER MAHASISWA MELALUI TES LISAN YAITU PADA PERTEMUAN TERAKHIR MATA KULIAH KB 2. BAWA SEMUA BUKTI TERMASUK BUKU-BUKU YANG DIGUNAKAN. JIKA PADA BATAS WAKTU TERSEBUT ADA YANG BELUM SELESAI, MAKA AKAN ADA PENGURANGAN NILAI

16

17 Kemudian para mahasiswa pulang ke rumah atau kos masing-masing, untuk tidur sejenak melupakan penat yang terjadi hari ini. Berharap semua itu hanyalah mimpi belaka. Namun celakanya ketika bangun tidur, tugas sudah berada di meja masing- masing. Hah kok bukan mimpi? Sebel deh sama Pak Dedy, huuuh. THE END

18


Download ppt "KETERAMPILAN BERBAHASA 2. Kok Bukan Mimpi? Ini adalah sebuah alur cerita yang turut mengisahkan seorang mahasiswa PGSD UMP angkatan 2007, yang telah lulus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google