Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGARUH ASURANSI BANK FUTURE SEBAGAI INVESTASI DIMASA DEPAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGARUH ASURANSI BANK FUTURE SEBAGAI INVESTASI DIMASA DEPAN."— Transcript presentasi:

1

2 PENGARUH ASURANSI BANK FUTURE SEBAGAI INVESTASI DIMASA DEPAN

3 UPAYA PERMASALAHAN ASURANSI upaya untuk mengatasi bahaya dan kerugian dari keadaan yang tidak diharapkan dapat dilakukan dengan cara mengalihkannya kepada pihak lain yang memang menyediakan diri untuk itu. Secara umum dapat dikatakan bahwa perjanjian asuransi mempunyai tujuan yang utama yaitu untuk mengganti rugi, sehingga perjanjian asuransi dapat diartikan sebagai perjanjian ganti rugi atau perjanjian idemnitas.

4 P ENGERTIAN ASURANSI Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian, dengan seseorang mengaitkan dirinya kepada seseorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk memberikan pergantian kepadanya kepada suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tentu. Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian, dimana penanggung dengan menikmati suatu premi mengikat dirinya terhadap tertanggung untuk membebaskannya dari kerugian karena kehilangan kerugian atau ketiadaan keuntungan yang diharapkan, yang akan dapat diderita akhinya karena suatu kejadian.

5 UNSURE - UNSURNYA Pihak pertama ialah penanggung, yang pada dasarnya adalah perusahaan asuransi. Penanggung yang bertanggung jawab untuk menerima dan mengambil alih risiko dari pihak lain. Penerimaan risiko ini diikuti dengan janji bahwa ia akan memberikan penggantian kepada pihak lain apabila yang bersangkutan menderita kerugian. Pihak kedua adalah tertanggung yang menduduki posisi tersebut dalam perorangan, kelompok orang atau lembaga, badan Hukum termasuk perusahaan atau siapapun yang dapat menderita kerugian. Jadi dalam hal ini, siapapun yang mempunyai peluang atau kemungkinan untuk menderita kerugian dapat mengalihkannya kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung.

6 R ISIKO Risiko ialah kemungkinan terjadinya suatu kerugian atau batalnya seluruh atau sebagian dari suatu keuntungan yang semula diharapkan karena suatu kejadian diluar kuasa manusia kesalahan sendiri, atau perbuaan manusia lain. Dari batasan tersebut mengandung dua unsur: ketidakpastian bersiat negative Risiko itu sendiri dapat dibedakan karena sifatnya yaitu: langsung tidak langsung tanggung gugat risiko yang timbul karena tindakan orang lain.

7 M ETODE P ENANGANAN R ISIKO Pada hakikatnya manusia meniadakan risiko seluruhnya adalah tidak mungkin bagi setiap kejadian atu peristiwa. Oleh karena itu mau tidak mau beberapa risiko tetap harus diterima/ditanggung sendiri, yaitu apabila: tidak ada cara praktis untuk mengindari. Hal ini dapat terjadi pada risiko yang sulit dideteksi tidak mengetahui samasekali tentang adanya suatu risiko tertentu adanya akibat-akibat tertentu dalam rangka mungkin dari risiko yang dapat diterima. risiko-risiko tertentu secara aktif memang diinginkan oleh yang berkepentingan

8 P ADA UMUNYA TINDAKAN - TINDAKAN YANG LAZIM DILAKUKAN OLEH MANUSIA, UNTUK MENGATASI SEGALA KEMUNGKINAN YANG IMBUL ANTARA LAIN DENGAN CARA : menghindarkan (avoidance) maksudnya, berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu agar tidak mendapat kerugian mencegah (prevention) maksudnya mengadakan tindakan tertentu dengan tujuan paling tidakmengurangi kerugian. mengalihkan (transfer),maksudnya kemungkinan buruk yang dapat menimpa dirinya alihkan pihak lain. menerima (assumpation or retention)

9 Pada umunya tindakan-tindakan yang lazim dilakukan oleh manusia untuk mengatasi segala kemungkinan yang timbul antara lain dengan cara:  menghindarkan (avoidance) maksudnya, berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu agar tidak mendapat kerugian  mencegah (prevention) maksudnya mengadakan tindakan tertentu dengan tujuan paling tidakmengurangi kerugian.  mengalihkan (transfer),maksudnya kemungkinan buruk yang dapat menimpa dirinya alihkan pihak lain.  menerima (assumpation or retention)

10 ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN Fleksibel Jangka waktu menyetor sesuai kebutuhan nasabah dengan pilihan jangka waktu seperti menabung 1 tahun sampai dengan 20 tahun Setoran Ringan dan Terjangkau Jumlah setoran bulanan mulai Rp atau USD 10 perbulan hingga tak terbatas. Nasabah dapat mengubah setoran rutin bulanan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Nasabah setiap saat. Nasabah bisa juga menambah dana ke Future Asuransi diluar setoran rutin bulanan.

11 Bunga Menarik Suku bunga single rate yaitu sebesar 0,5% di atas suku bunga Future Asuransi tertinggi. Mudah dan nyaman Nasabah cukup mengisi formulir pembukaan rekening di Bank Future dan pernyataan kesehatan tanpa perlu melakukan medical check up, Nasabah telah memiliki rekening dan mendapatkan perlindungan Asuransi. Nasabah tidak perlu datang ke Bank setiap melakukan penyetoran karena fasilitas Auto Debit secara Otomatis akan memindahkan dana dari rekening Future tabungan atau Future Giro nasabah ke rekening Future Asuransi.

12 Manfaat Bank Future bekerjasama dengan perusahaan asuransi kelas dunia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, memberikan perlindungan Asuransi secara gratis hingga Rp 5 juta atau USD 500 setiap bulan per Nasabah dengan premi ditanggung oleh Bank Future. Segera setelah Nasabah memiliki Future Asuransi atas resiko ketidakmampuan total tetap atau meninggal dunia*, dengan pilihan : PT Asuransi Jiwa Manulife akan melanjutakan setoran rutin bulanan sampai dengan tanggal jatuh tempo (maksimal Rp 5 juta atau USD 500 per bulan untuk setiap nasabah ), atau Anda dapat memperoleh sisa setoran bulanan dimuka setelah memperhitungkan Net Present Value(NPV) dengan tingkat suku bunga SBI jangka waktu 1 bulan.

13 A NALISIS D ATA P ERKEMBANGAN D ANA F UTURE A SURANSI DAN ASUMSI SUKU BUNGA 4,5% P. A Investas i perbulan Investasi pertahun Suku Bunga (tahun) 235 Rp Rp ,5% Rp ,09Rp ,14Rp ,92 Rp Rp Rp ,09 Rp ,1 4 Rp ,2 6 Rp Rp Rp ,0 9 Rp ,1 4 Rp ,6 0 Rp Rp Rp ,0 9 Rp ,1 4 Rp ,9 5 Rp Rp Rp , 09 Rp , 14 Rp , 78

14 P ERKEMBANGAN D ANA F UTURE A SURANSI DAN ASUMSI SUKU BUNGA 5,5% P. A Investa si perbula n Investasi pertahun Suku Bung a (tahun) Rp Rp ,5 % Rp ,6 2 Rp , 25 Rp ,6 1 Rp Rp Rp , 09 Rp , 35 Rp , 84 Rp Rp Rp , 57 Rp , 44 Rp , 07 Rp Rp Rp , 76 Rp ,17 Rp , 13 Rp Rp Rp ,30 Rp ,00 Rp ,66

15 I LUSTRASI P ERLINDUNGAN A SURANSI DENGAN SETORAN RUTIN R P / BULAN DAN ASUMSI SUKU BUNGA 4,5% DAN 5,5% P. A *S ETORAN RUTIN DILANJUTKAN HINGGA JATUH TEMPO Nilai formulasi yang akan digunakan untuk menghitung nilai sekarang(net present value)dari suatu kas/investasi.

16


Download ppt "PENGARUH ASURANSI BANK FUTURE SEBAGAI INVESTASI DIMASA DEPAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google