Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RAS DAN ETNIS Mutia Rahmi Pratiwi Pengantar Sosiologi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RAS DAN ETNIS Mutia Rahmi Pratiwi Pengantar Sosiologi."— Transcript presentasi:

1 RAS DAN ETNIS Mutia Rahmi Pratiwi Pengantar Sosiologi

2

3 RAS adalah… RAS: atribut yang paling primodial (bersifat kedaerahan) dan dasar dari seseorang, SIFATNYA TETAP&PERMANEN; DASAR IDENTITAS Biasanya ketika membahas tentang ras, terdiri dari tiga, yaitu: Negroid, Mongoloid, dan Caucasoid. Sosiolog melihat ras sebagai sesuatu yang tidak tetap, bisa berubah berdasarkan karakteristik bilogis, dan cara kita melihat karakteristik sebagai sesuatu yang abadi dan universal. Ras - identitas- anggota dari 2 ras atau multiras- merasakan, menghargai, menghukum.

4 Seringkali muncul ilustrasi dari berbagai ras, diantaranya: Seorang pria kulit hitam yang memakai kain di pinggang, memegang tombak, berdiri di depan gubuk. Seorang pria Asia menggunakan kimono sutra memegang semacam surat gulungan (surat pemberitahuan), berdiri di depan pagoda. Seorang pria kulit putih menggunakan baju rapi (Setelan pebisnis), memegang tas kerja, dan berdiri di depan gedung pencakar langit. RAS DAN ETNIS MENENTUKAN POSISI SOSIAL SESEORANG Ras - ketimpangan sosial terstruktur dan pembenaran untuk diskriminasi

5

6 Ras dan Etnis RAS : PERBEDAAN BIOLOGIS - WARNA KULIT dan sifat fisik lainnya. Tinggal dimanapun, punya agama yg beda dan bicara bahasa apapun. Tidak "nyata“, dimana tidak ada ras yang murni berbeda dan jelas batas-batasnya dari orang lain. ETNIS: tergantung pada asumsi perbedaan budaya. Penggolongan sekelompok orang berdasarkan kepercayaan, nilai, kebiasaan, adat, norma, bahasa, hubungan kekerabatan, wil.geografis

7 Biraciality and Multiraciality Tidak ada ras yang “murni” karena setiap kelompok manusia memiliki keturunan campuran % orang kulit hitam di Amerika Utara memiliki leluhur orang Eropa berkulit putih 30-50% penduduk kulit putih di Amerika Utama memiliki nenek moyang yang asli penduduk Amerika. Anak-anak keturunan ras campuran disebut dengan “half-breeds” (setengah keturunan), atau Mulattos (Hitam-Putih) atau Mestizo (Kulit putih-India). Stigma terhadap ras tertentu, dimana orang kulit hitam yang menikahi orang kulit putih dianggap MENGHIANATI RASNYA.

8 Sosiologi Ras dan Etnis Grup mayoritas dan minoritas Tidak semua kelompok yang sedikit jumlahnya adalah minoritas Empat karakteristik ras atau etnis minoritas: 1.Perbedaan kekuasaan. Perbedaan dalam akses eksospol 2.Identifiability. Anggota kelompok minoritas berbagi ciri fisik/budaya yang membedakan mereka dari kelompok dominan. 3.Ascribed status. Keanggotaan adalah sesuatu dimana Anda dilahirkan dan tidak sukarela. 4.Solidaritas dan kesadaran kelompok. Ada definisi yang jelas "kami" dan "mereka." Minoritas menjadi in-group dan anggotanya cenderung tidak percaya atau tidak suka dengan out-group yang dominan.

9

10 1. Stereotip : generalisasi yg disederhanakan atau berlebihan. Contoh : orang Asia bakat di ilmu pengetahuan bukan seni. 2. Rasisme : prasangka yang sistematis diterapkan untuk anggota grup. Seringkali terjadi dengan halus dan bahkan tidak sadar berdasarkan stereotip. Contoh: orang kulit putih lebih berprestasi dari orang kulit hitam. PREJUDICE (PRASANGKA buruk) : seperangkat keyakinan yg membuat kita berprasangka negatif kepada orang lain berdasarkan lokasi sosial kita.

11 3. Diskriminasi : tindakan berdasarkan prasangka dan stereotip Orang Asia berakat secara akademis – lebih banyak meminta menjawab pertanyaan di kelas lebih banyak dan tugas proyek yang lebih sulit. Prasangka dan diskriminasi tidak selalu terhubung secara kausal. Sosiolog Robert Merton membagi prasangka dan diskriminasi menjadi empat kategori: a.Prasangka “fanatik” terhadap minoritas - lelucon mengenai rasis b.Berprasangka tetapi tidak diskriminatif karena ada konsekuensi negatif c.Liberal Fair : tidak prasangka, diskriminasi, menguntungkan bagi mereka untuk melakukannya d.Liberal : semua orang punya kesempatan yang sama dan tdk ada lelucon rasis

12 4. Diskriminasi Institusional Diskriminasi yang paling halus dan meresap, tertanam dalam institusi seperti sistem pendidikan, dunia bisnis, perawatan kesehatan, peradilan pidana, dan media massa. kelompok minoritas menjadi korban penindasan sistematis. Melemahkan gagasan masyarakat berdasarkan prestasi individu dan kerja keras.

13 5. Pemisahan dan Integrasi- keseluruhan/penyatuan unsur2 Selama bertahun-tahun di Amerika Serikat terjadi pemisahan fisik antara mayoritas kulit putih dan kelompok minoritas (khususnya Afrika Amerika) atau segregasi. Di dalam film, kulit hitam muncul sebagai pembantu, penghibur, orang yg bertindak kasar. "terpisah" berarti "rendah." 6. Hate Group Orang-orang bergabung dalam kelompok kebencian untuk mempromosikan diskriminasi terhadap etnis dan kelompok minoritas lainnya, biasanya karena mereka “merasa” bahwa masyarakat utama tidak melakukan pekerjaan yang baik.

14 KISI-KISI Pahami tentang faktor dan bentuk interaksi sosial Pahami tentang masalah sosial dan kaitannya dengan media massa Bagaimana perubahan sosial melalui beberapa proses, silahkan dipahami Pahami mobilitas sosial Pahami istilah-istilah kebudayaan, di bab Budaya dan masyarakat

15 KETENTUAN Dikerjakan dengan jujur dan tunjukan bahwa kalian paham. Apabila ketahuan bekerjasama maka nilai yang akan Anda dapatkan hanya 50%. Dilarang membuka gadget untuk mencari jawaban, Apabila ditemukan bahwa jawaban Anda adalah hasil searching dari internet maka nilai yang akan didapatkan adalah 0.


Download ppt "RAS DAN ETNIS Mutia Rahmi Pratiwi Pengantar Sosiologi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google