Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROPOSAL PENELITIAN Oleh : Barna Subarna Disampaikan pada Workshop Penelitian dan Penyusunan Proposal bagi Mahasiswa Universitas Islam Al-Ihya Kuningan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROPOSAL PENELITIAN Oleh : Barna Subarna Disampaikan pada Workshop Penelitian dan Penyusunan Proposal bagi Mahasiswa Universitas Islam Al-Ihya Kuningan."— Transcript presentasi:

1 PROPOSAL PENELITIAN Oleh : Barna Subarna Disampaikan pada Workshop Penelitian dan Penyusunan Proposal bagi Mahasiswa Universitas Islam Al-Ihya Kuningan STAI AL-IHYA KUNINGAN Ahad, 29 Juni 2014 Disampaikan pada Workshop Penelitian dan Penyusunan Proposal bagi Mahasiswa Universitas Islam Al-Ihya Kuningan STAI AL-IHYA KUNINGAN Ahad, 29 Juni 2014

2 PENGERTIAN Proposal penelitian adalah penjelasan singkat mengenai rencana penelitian yang akan dilakukan Bukan menyusun laporan penelitian BAB I Proposal penelitian adalah penjelasan singkat mengenai rencana penelitian yang akan dilakukan Bukan menyusun laporan penelitian BAB I

3 UNSUR-UNSUR DALAM PROPOSAL Ada halaman “PENGESAHAN” Ada halaman “JUDUL” Ada halaman “ISI” Ada halaman “DAFTAR PUSTAKA” Ada halaman “OUTLINE RENCANA PENELITIAN” Ada halaman “LAMPIRAN” Ada “PENGEMASAN” Ada halaman “PENGESAHAN” Ada halaman “JUDUL” Ada halaman “ISI” Ada halaman “DAFTAR PUSTAKA” Ada halaman “OUTLINE RENCANA PENELITIAN” Ada halaman “LAMPIRAN” Ada “PENGEMASAN”

4 Saya mulai dari yang terakhir : “PENGEMASAN” Anda ingin Cantik/Ganteng ?  BERDANDAN Anda ingin dipercaya?  BERBUAT JUJUR Anda ingin Cerdas?  BELAJAR Perhatikan : 1.Halaman Jilid / Cover (depan, belakang) 2.Lembar Pengesahan 3.Halaman yang harus dilampirkan 4.Cara Penulisan (A4 80, hal, 1,5 line, 12 font, margin dst lihat pedoman!) Anda ingin Cantik/Ganteng ?  BERDANDAN Anda ingin dipercaya?  BERBUAT JUJUR Anda ingin Cerdas?  BELAJAR Perhatikan : 1.Halaman Jilid / Cover (depan, belakang) 2.Lembar Pengesahan 3.Halaman yang harus dilampirkan 4.Cara Penulisan (A4 80, hal, 1,5 line, 12 font, margin dst lihat pedoman!)

5 Yang Kedua “JUDUL” Judul sudah ada, sebab Anda telah mengajukan dan telah disetujui oleh Kepala PPKI. Pertanyaannya; Darimana Anda mengambil Judul? Idealnya diambil dari RUMUSAN MASALAH (dalam prakteknya justru ini jadi “MASALAH” he…he… soalnya judul biasa dipinta terlebih dahulu). Coba kita lihat prosedur penelitian berikut ! Judul sudah ada, sebab Anda telah mengajukan dan telah disetujui oleh Kepala PPKI. Pertanyaannya; Darimana Anda mengambil Judul? Idealnya diambil dari RUMUSAN MASALAH (dalam prakteknya justru ini jadi “MASALAH” he…he… soalnya judul biasa dipinta terlebih dahulu). Coba kita lihat prosedur penelitian berikut !

6 Prosedur atau langkah-langkah PENELITIAN 1.Memilih Masalah 2.Studi Pendahuluan 3.Merumuskan Masalah 4.Merumuskan Anggapan Dasar 4.a. Merumuskan Hipotesis 5.Memilih Pendekatan 6.Menentukan Variabel dan Sumber Data 7.Menentukan dan Menyusun Instrumen 8.Mengumpulkan Data 9.Analisis Data 10.Menarik Kesimpulan 11.Menulis Laporan 1.Memilih Masalah 2.Studi Pendahuluan 3.Merumuskan Masalah 4.Merumuskan Anggapan Dasar 4.a. Merumuskan Hipotesis 5.Memilih Pendekatan 6.Menentukan Variabel dan Sumber Data 7.Menentukan dan Menyusun Instrumen 8.Mengumpulkan Data 9.Analisis Data 10.Menarik Kesimpulan 11.Menulis Laporan By Barna Subarna6 Rancangan Penelitian Pelaksanaan Penelitian Pembuatan Laporan Penelitian Tidak ada Memilih Judul

7 Yang Ketiga adalah DAFTAR PUSTAKA DAN OUTLINE Masih sering ditemukan penulisan Daftar Pustaka belum mengikuti kaidah yang benar  (nama belakang/marga di depan, alpabetis) Dalam isi (proposal/skripsi) sering ditemukan kutipan yang belum sesuai  (kutipan 5 baris atau lebih harus ditulis 1 spasi line, menjorok ke dalam, rata margin kiri dan kanan). Outline, sesuaikan dengan jenis penelitian yang akan dilakukan  (kuantitatif, kualitatif, normatif) Lebih jelas LIHAT PEDOMAN ! Masih sering ditemukan penulisan Daftar Pustaka belum mengikuti kaidah yang benar  (nama belakang/marga di depan, alpabetis) Dalam isi (proposal/skripsi) sering ditemukan kutipan yang belum sesuai  (kutipan 5 baris atau lebih harus ditulis 1 spasi line, menjorok ke dalam, rata margin kiri dan kanan). Outline, sesuaikan dengan jenis penelitian yang akan dilakukan  (kuantitatif, kualitatif, normatif) Lebih jelas LIHAT PEDOMAN !

8 Nah sekarang baru ISI PROPOSAL A.Latar Belakang Penelitian B.Pembatasan Masalah (Fokus Penelitian) C.Rumusan Masalah (Pertanyaan Penelitian) dan Tujuan Penelitian D.Teori dan atau konsep yang digunakan E.Kerangka Pemikiran F.Prosedur Penelitian. A.Latar Belakang Penelitian B.Pembatasan Masalah (Fokus Penelitian) C.Rumusan Masalah (Pertanyaan Penelitian) dan Tujuan Penelitian D.Teori dan atau konsep yang digunakan E.Kerangka Pemikiran F.Prosedur Penelitian.

9 A. Latar Belakang Penelitian Contoh : Seorang guru melihat siswanya sering melihat keluar jendela atau melihat kesana-kemari dan seperti tidak tenang. Anehnya, anak tersebut selalu mendapatkan nilai baik setiap mata pelajarannya. TIMBUL niat guru untuk mengadakan penelitian kasus tersebut.  MENGAPA? (Keingin tahuan, kesenjangan, ada keunikan, das sollen>

10 B. Pembatasan Masalah (Fokus Penelitian) Masalah Pendidikan Masalah Personal (Man) Masalah Sarpras (Material) Masalah Dana (Money) Masalah Kurikulum Masalah- masalah lainnya Masalah Kurikulum Kurikulum SD/MI Kurikulum SMP/MTs Kurikulum SMA/SMK /MA Kur IPA Kur BHS Kur IPS Rumusan Masalah atau Fokus Penelitian apa yang akan Anda pilih !?????

11 C. Rumusan Masalah (Pertanyaan Penelitian) dan Tujuan Penelitian Kalau Rumusan Masalah dibuat dalam bentuk KALIMAT TANYA (?) Dalam Penelitian Kualitatif Rumusan Masalah  Pertanyaan Penelitian. Tujuan Penelitian dibuat dalam bentuk KALIMAT PERNYATAAN (.) Biasanya untuk penelitian mahasiswa S1 (Skripsi) cukup dengan 3 pertanyaan dan 3 pernyataan. Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian harus konsisten, antara pertanyaan dan tujuan.

12 D. Teori dan atau konsep yang digunakan Teori, adalah DALIL; ajaran atau faham (pandangan) tentang sesuatu berdasarkan kekuatan akal (rasio); patokan dasar atau garis- garis dasar sain dan ilmu pengetahuan, pedoman praktek (yang telah diakui kebenarannya) berlaku umum. (Kamus Ilmiah Populer, Ridwan dkk) Konsep, yaitu Ide umum; pengertian; pemikiran; rancangan; rencana dasar. Dalam penelitian konsep diartikan sesuatu yang dianggap benar yang dapat dijadikan landasan penelitian. Konsep bisa diambil dari bahan pustaka, jurnal dll.

13 E. Kerangka Pemikiran Adalah hal-hal yang menjadi pemikiran peneliti secara empiris, sehingga fokus terhadap penelitian yang akan dilaksanakan. Kerangka Pemikiran membawa peneliti kepada alur pikir keterkaitan dengan teori dan atau konsep yang akan digunakan. Sehingga Teori dan Konsep dijadikan guide of research.

14 F. Prosedur Penelitian Prosedur penelitian dalam Proposal Penelitian cukup hanya menyebutkan garis besarnya saja secara singkat. Diantaranya kaitan dengan waktu, tempat, metode, populasi, sampel, instrumen atau alat penelitian.

15 STUDI PENDAHULUAN Untuk menjajagi kemungkinan diteruskan atau tidaknya pekerjaan penelitian, perlu dilakukan Studi Pendahuluan. Studi Pendahuluan juga dimaksudkan untuk mencari informasi yang diperlukan oleh peneliti agar masalahnya menjadi lebih jelas kedudukannya = Studi Eksploratoris. (Prof. Dr. Winarno Surachmad, 1972)

16 INGAT YA..! Penelitian harus sesuci dengan minat peneliti  harus betul-betul di-NIATI dan sepenuh hati. Dapat dilaksanakan  punya kemampuan, menguasai teori dan metode; cukup waktu; tenaga/fisik dan dana/biaya. Tersedia Faktor Pendukung  tersedia data; ada izin dari yang berwenang dll. Hasilnya “BERMANFAAT” untuk apa meneliti kalau tidak ada manfaatnya. Penelitian harus sesuci dengan minat peneliti  harus betul-betul di-NIATI dan sepenuh hati. Dapat dilaksanakan  punya kemampuan, menguasai teori dan metode; cukup waktu; tenaga/fisik dan dana/biaya. Tersedia Faktor Pendukung  tersedia data; ada izin dari yang berwenang dll. Hasilnya “BERMANFAAT” untuk apa meneliti kalau tidak ada manfaatnya.

17 SELESAI DAH Terima kasih atas segala perhatian Semoga bermanfaat bgi kita semua Hatur nuhun, Tank you Wassalamu’alaikum wr. wb. Terima kasih atas segala perhatian Semoga bermanfaat bgi kita semua Hatur nuhun, Tank you Wassalamu’alaikum wr. wb.

18 By Barna Subarna18 Terima Kasih Selamat Bertemu Kembali Pada Pertemuan Selanjutnya


Download ppt "PROPOSAL PENELITIAN Oleh : Barna Subarna Disampaikan pada Workshop Penelitian dan Penyusunan Proposal bagi Mahasiswa Universitas Islam Al-Ihya Kuningan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google