Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.. Tujuan Instruksional Umum danKhusus Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang estetika naskah dengan menerapkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.. Tujuan Instruksional Umum danKhusus Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang estetika naskah dengan menerapkan."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.

2 Tujuan Instruksional Umum danKhusus Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang estetika naskah dengan menerapkan konvensi penulisan karangan ilmiah yang dilazimkan pada reference matter karangan ilmiah Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, fungsi, cara penulisan, dan susunan daftar pustaka Mahasiswa dapat membuat daftar pustaka dengan teknik dan bahasa yang baik dan benar

3 SUDAH SIAPKAH ANDA?

4 Yuk, kita saksikan video pembelajaran berikut ini!

5 Pengertian Daftar Pustaka daftar pustaka adalah salah satu teknik notasi ilmiah yang merupakan kumpulan sumber bacaan atau sumber referensi saat menulis karangan ilmiah. Jika kita sudah mencantumkan sumber bacaan dalam daftar pustaka, pembaca atau dosen pembimbing atau penguji bisa mengetahui sumber bacaan apa saja yang dijadikan patokan kita dalam menulis karangan ilmiah. Selain itu, mereka dapat mengukur kedalaman pembahasan masalah ketika mereka membaca daftar pustaka.

6 Berikut adalah cara penulisan daftar pustaka yang lazim digunakan dalam penulisan karangan ilmiah. Tulis tajuk daftar pustaka dengan menggunakan huruf kapital di bagian tengah atas. Gunakan alinea menggantung atau menonjol. Jarak spasi setiap baris dalam satu sumber adalah satu spasi, sedangkan jarak antara sumber bacaan yang satu dengan yang lainnya adalah satu setengah spasi. Urutkan susunan daftar pustaka berdasarkan urutan abjad nama belakang penulis, atau nama lembaga yang menerbitkan sumber bacaan, bukan berdasarkan urutan angka atau huruf. Gelar tidak dicantumkan.

7 Unsur-unsur Daftar Pustaka DAFTAR PUSTAKA Penulis. Tahun. Judul Buku. Tempat: Penerbit. Penulis. Tahun. “Judul Artikel”. Dalam Nama Surat Kabar. Tanggal. Tempat. Penulis. Tahun. “Judul Artikel”. Dalam Nama Majalah. Edisi/Nomor(angka romawi)/Tanggal. Tempat. Penulis. Tahun. “Judul Artikel”. Dalam Nama Antologi. Tempat: Penerbit. Penulis.Tahun. “Judul Artikel”. Dalam Alamat Website. Penulis. Tahun. “Judul Makalah”. Data Publikasi. Tempat. Penulis. Tahun. “Judul Laporan Tugas Akhir”. Laporan. Tempat: Nama Perguruan Tinggi. Penulis. Tahun. “Judul Skripsi/Tesis/Disertasi”. Bentuk Karangan. Tempat: Nama Perguruan Tinggi.

8 Keterangan Lain tentang Daftar Pustaka?

9 Penulis Jika sebuah sumber bacaan ditulis oleh pengarang yang memiliki nama tiga unsur seperti Romeo Andromeda Primakusuma, cara mencantumkan dalam daftar pustaka Contoh: Primakusuma, Romeo Andromeda, bukan Primakusuma, Andromeda Romeo. 3, 1 2

10 Tidak ada nama penulis? Kadang-kadang sebuah buku tidak mencantumkan nama penulisnya. Jika itu terjadi, cantumkan nama lembaga yang menerbitkan buku tersebut. Sebagai contoh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa menerbitkan Kamus Istilah Ekonomi pada 2005 di Jakarta. Cara penulisan dalam daftar pustaka adalah Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kamus Istilah Ekonomi. Jakarta.

11 Kompas “Pesona Negeri Singa di Penghujung Tahun”. 8 November. Jakarta. Femina Manakah Tipe Cinta Anda”. Nomor 18/XXVII, Mei. Jakarta “Perekonomian Indonesia Pascapemilu”.

12 Penulis yang sama? Jika mengambil sumber bacaan dari beberapa buku dan pengarang yang sama, buatlah garis di bagian nama penulis. Keraf, Gorys Komposisi, Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende: Nusa Indah. ___________ Diksi dan Gaya Bahasa. Ende: Nusa Indah. ___________ Eksposisi dan Deskripsi. Ende: Nusa Indah. ___________ Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

13 Selanjutnya, jika nama pengarang dua atau tiga orang, cara pencantuman dalam daftar pustaka yaitu nama pengarang pertama dibalik dan diikuti lambang & (dan) diikuti nama pengarang yang kedua dan ketiga tanpa membalik namanya. Jika nama pengarang lebih dari tiga orang, tulislah dkk. (dan kawan-kawan) di belakang nama penulis pertama. Contoh: Arifin, Zaenal dan S. Amran Tasai. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.

14 Tahun Terbit Penulisan tahun terbit dicantumkan setelah nama penulis dan diakhiri tanda titik. Masalah yang timbul biasanya ketika Anda mengambil beberapa sumber buku dari pengarang dan tahun yang sama. Tulislah huruf (a) di belakang tahun yang terbitnya lebih dahulu dan tulislah huruf (b), (c) dan seterusnya di belakang tahun yang terbit terakhir. Damono, Sapardi Djoko. 1987a. Sosiologi Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. ____________________. 1987b. “Catatan Kecil tentang Aspek Rekreatif Sastra Populer”. Makalah. Yogyakarta.

15 Penulis sama, Tahun Berbeda Jika kita mengambil beberapa sumber bacaan dari pengarang yang sama dengan tahun yang berbeda-beda, urutkan berdasarkan tahun yang terdahulu dan ikuti dengan sumber bacaan yang tahun terbitnya terakhir, seperti contoh berikut ini. Teeuw, A Pokok dan Tokoh dalam Kesusastraan Indonesia Baru. Jakarta: Jajasan Pembangunan Menilai dan Membaca Sastra. Jakarta: Gramedia Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya Sastra Indonesia Modern II. Jakarta: Pustaka Jaya.

16 Judul Cara penulisan judul buku, surat kabar, majalah, antologi, dan website internet menggunakan huruf miring jika memakai komputer dan menggunakan huruf tegak dan garis bawah jika memakai mesin tik atau tulisan tangan, judul artikel, makalah, laporan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi ditulis dengan menggunakan tanda petik (“…”).

17 Contoh: Damono, Sapardi Djoko “Pembicaraan Awal tentang Sastra Populer”. Makalah pada Musyawarah Nasional III dan Pertemuan Ilmiah VI HISKI di Yogyakarta. ___________________ “Ke Manakah Perkembangan Sastra Kita?”.Dalam Dananjaya “Roman Pitjisan”. Dalam E. Ulrich Kratz. Sejarah Sastra Indonesia Abad XX. Antologi. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, Yayasan Adikarya IKAPI & The Ford Foundation. Echols, John M. & Hassan Sadily Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta: Gramedia

18 Ekowati, Dede “Analisis Rasio Terhadap Laporan Keuangan PT Kalbefarma, Tbk”. Laporan Tugas Akhir. Bekasi: Akademi Bina Insani. Keraf, Gorys “Morfologi Dialek Lamalera”. Disertasi. Jakarta: Universitas Indonesia. Kristanto, Andri Algoritma dan Pemprogaman dengan C++. Edisi I. Yogyakarta: Graha Ilmu. Mediyawati, Niknik “Analisis Struktural Cerpen-cerpen Lupus Karangan Hilman Hariwijaya dan Kemungkinannya sebagai Bahan Pengajaran Sastra di SMU”. Skripsi. Yogyakarta: FPBS IKIP Yogyakarta. ________________ “Potret Remaja Perkotaan dalam Lupus: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra”. Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.

19 Berlatih, yuk!


Download ppt "Oleh: Niknik M. Kuntarto, S.Pd., M.Hum.. Tujuan Instruksional Umum danKhusus Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang estetika naskah dengan menerapkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google