Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM ASSALAMU’ALAIKUM WR WB.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM ASSALAMU’ALAIKUM WR WB."— Transcript presentasi:

1 BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM ASSALAMU’ALAIKUM WR WB

2 KELOMPOK 23 RRRRIRIN YUNINGSIH ( ) EEEEKA NOVA SUSANTI ( )

3 ARTHROPODA arthropoda Arthra = ruas, Podos = kaki Tubuh arthropoda Simetris bilateral Triploblastik selomata LATInLATIn

4

5 STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH ARTHROPODA Segmen tubuh Kaput Toraks Abdomen Pernafasan Insang Paru buku Trakea Segmen tubuh Sinus/hemosol Jantung Pembuluh darah pendek

6 REPRODUKSI Sistem reproduksi Arthropoda umumnya terjadi sacara seksual. Namun ada juga yang secara aseksual, yaitu dengan pertenogenesis. Organ reproduksi jantan dan betina pada Arthropoda terpisah, masing-masing menghasilkan gamet pada individu yang berbeda sehingga bersifat dioseus (berumah dua). Fertilisasi terjadi secara internal dan menghasilkan telur.

7 KLASIFIKASI Arthropoda Crustacea Myriapoda Arahnoidea Insekta

8 CRUSTACEA Kelompok Crustacea (Latin, crusta = kulit) memiliki kulit (skeleton) yang keras. Udang dan kepiting adalah contoh kelompok hewan filum ini. Berdasarkan ukuran tubuhnya, kelas Crustacea dibedakan menjadi dua subkelas, yaitu Entomostraca dan Malacostraca.

9 Berdasarkan ukuran tubuh Entemostraca Malacostraca Daphnia, Cyclops sp Penaeus sp, Portunus sp

10

11 Struktur tubuh  Udang memiliki skeleton yang keras untuk melindungi tubuhnya. Tubuhnya terdiri dari dua bagian, yaitu kaput dan toraks yang menyatu membentuk sefalotoraks, serta abdomen. Bagian sefalotoraks dilindungi oleh skeleton yang keras berupa karapaks. Karapaks memiliki duri diujung anteriornya yang disebut rostrum. Didekat rostrum terdapat mata faset (mata majemuk) yang bertangkai.

12 Toraks 8 segmen 3 ps Maksiliped 4 ps Periopod 1 ps Siliped Abdomen 7 segmen 5 ps Pleopod 1 ps Uropod Telson

13 SISTEM PENCERNAAN Saluran pencernaan udang terdiri dari mulut, esophagus, lambung, usus, dan anus. Mulut dan esophagus terletak dibagian bawah sefalotoraks. Saluran pencernaan dari lambung sampai usus terletak disepanjang bagian dorsal tubuh. Lambung terletak dibagian sefalotoraks dan usus terletak diabdomen. Anus berada di bagian ujung posterior tubuh. Makanan udang berupa berudu, larva, serangga, dan ikan-ikan kecil.

14

15 SISTEM REPRODUKSI Sistem reproduksinya bersifat diesis (berkelamin satu). Pembuahan terjadi secara eksternal. Telur menetas menjadi larva yang sangat kecil, berkaki tiga pasang, dan bersilia

16

17 SISTEM PERNAFASAN Pernafasan dilakukan oleh insang, kecuali yang bertubuh sangat kecil. Insang terdapat dibagian ventral tubuh dekat kaki.

18 PERAN ARTHROPODA Peran yang menguntungkan. Sumber makanan yang mengandung protein hewani tinggi. Misal udang galah (Macrobrachium rosenbergii), udang windu (Penaeus monodon), kepiting (Scylla serrata), dan udang karang (Panulirus versicolor). Penghasil madu, yaitu lebah madu (Apis indica). Bahan industri kain sutera, yaitu pupa kupu-kupu sutera (Bombyx mori)

19 PERAN YANG MERUGIKAN –Vector perantara penyakit pada manusia. Misal, nyamuk Anopheles yang menyebabkan penyakit malaria, nyamuk Aedes aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah, lalat tsetse (Glossina palpalis) sebagai penyebab penyakit tidur, dan lalat rumah (Musca domestica) sebagai penyebab penyakit tifus. –Menimbulkan gangguan pada manusia. Misal, caplak penyebab kudis (Sarcoptes scabei), kutu kepala (Pediculuc capitis), dan kutu busuk (Cynex rotundus). –Hama tanaman pangan dan industri. Contoh wereng coklat (Nilaparvata lugens) dan kumbang tanduk (Orycies rhinoceros). –Perusak makanan. Contoh kutu gabah (Rhyzopetra dominica) –Perusak produk berbahan baku alam. Contoh, rayap dan kutu buku (Lepisma saccharina) –Bersifat parasit, yaitu membuat lobang pada katu bagian luar kapal.

20 Daftar istilah didalam kelas Crustacea Abdomen Perut Antena:Sebagai keseimbangan tubuh Antenula:Sebagai alat peraba Gonopod Pasangan pleopod 1 dan 2 bersatu Kaput Kepala Karapaks:Bagian sefalotoraks yang dilindungi oleh eksoskeleton Maksiliped:Segmen dibagian mulut, yang berfungsi menyaring makanan dan membawa makanan kemulut Partenogenesis Pembentukan individu baru tanpa malalui pembuahan Periopod:Kaki jalan Pleopod:Kaki renang Rostrum:Duri yang terdapat diujung anterior karapaks Sefalotoraks Bagian kepala dan dada Selomata:Hewan yang memiliki rongga tubuh Seliped:Segmen pada penjepit, yang berfungsi mencari makanan dan melindungi diri dari musuh Telson:Segmen yang berada diujung kaki Triploblastik:Hewan yang memiliki 3 lapisan, yaitu ekroderm, endoderm, dan mesoderm Toraks Dada Uropod:Sepasang alat kemudi untuk berenang

21 ALHAMDULILLAH…… …..(^_^) TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA !!!!!!!!!!!!!!!!!!


Download ppt "BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM ASSALAMU’ALAIKUM WR WB."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google