Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH : - IVAN PRIMA HARLIS - AINUR ROHMAH - YAUMIYATUL FURQONI - ZIYAN AMALIYAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH : - IVAN PRIMA HARLIS - AINUR ROHMAH - YAUMIYATUL FURQONI - ZIYAN AMALIYAH."— Transcript presentasi:

1 OLEH : - IVAN PRIMA HARLIS - AINUR ROHMAH - YAUMIYATUL FURQONI - ZIYAN AMALIYAH

2 Kajian pola perdagangan internasional ekspor udang indonesia dilakukan pada bulan juni sampai dengan bulan oktober 2005 dengan menggunakan metode analisis deskriptif-tabulatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi posisi indonesia, termasuk keunggulan dan kelemahannya dalam perdagangan internasional komoditas udang serta menganalisis pasar potensial ekspor udang indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa udang sebagai salah satu komoditas perikanan merupakan penyumbang devisa terbesar yang berasal dari komoditas perikanan sebesar 60 % dari total nilai ekspor hasil perikanan yang diharapkan dapat mendorong perekonomian nasional.

3 Penelitian pola perdagangan internasional ekspor udang indonesia juga menunjukkan bahwa indonesia merupakan salah satu negara produsen udang terbesar setelah Thailand, tetapi jika dilihat dengan apa yang dapat dipasarkan oleh negara Thailand, China, India, dan Vietnam ke pasar Amerika Serikat, Jepang dan Pasar Uni Eropa, maka kinerja ekspor udang Iindonesia relatif masih sangat rendah tetapi masih bisa ditingkatkan bedasarkan analisis peluang pasar. Kata kunci : perdagangan internasional, udang

4 Perdagangan Internasional adalah perdagangan antar atau lintas negara yang mencakup ekspor dan impor. Dengan adanya perdagangan internasional, maka memungkinkan terjadinya tukar menukar barang dan jasa, pertukaran dan perluasan penggunaan teknologi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi negara-negara yang terlibat didalamnya.

5 PERDAGANGAN INTERNASIONAL PERDAGANGAN BARANG PERDAGANGAN JASA

6 Peningkatan devisa negara melalui ekspor hasil perikanan yang memiliki nilai ekspor yang tinggi, seperti komoditas udang, merupakan salah satu upaya yang ditempuh dalam kerangka membangun kembali perekonomian indonesia yang telah terpuruk sejak krisis moneter beberapa tahun silam. Sampai saat ini komoditas udang masih merupakan penyumbang terbesar devisa yang berasal dari komoditas perikanan.

7 Pada era globalisasi saat ini,peran perdagangan antar negara merupakan salah satu faktor penting di dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Faktor penting yang menyebabkan timbunya perdagangan luar negeri antara satu negara dengan negara yang lain adalah 1 Karena suatu negara tidak dapat memproduksi kebutuhannya sendiri terhadap suatu barang tertentu yang dibutuhkannya Memperoleh keuntungan dari kegiatan perdagangan 2. luar negeri Meningkatkan pangsa pasar dari barang yang 4. diperdagangkan.

8 Analisis Pola Perdagangan Internasional Komoditas Udang dilakukan dengan menggunakan Metode Deskriptif tabulasi ( berupa grafik dan tabel ) guna melihat gambaran pola perdagangan yang mempengaruhi ekspor udang Indonesia,serta mengetahui keunggulan dan kelemahan komoditas udang Indonesia dibandingkan dengan negara pengekspor udang lainnya.

9 Dalam penelitian ini digunakan data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data pelengkap dari hasil diskusi dan wawancara dengan para pejabat dinas kelautan dan perikanan mengenai perkembangan produksi dan ekspor udang indonesia. Data sekunder adalah data dalam bentuk laporan, dokumen, serta diperoleh dari beberapa terbitan. Sumber data dari instansi-instansi terkait seperti Ditjen Perikanan Budidaya, Badan Pusat Statistik, Departemen Perindustrian dan perdagangan.

10

11 Untuk mengidentifikasi posisi indonesia, termasuk keunggulan dan kelemahannya dalam perdagangan internasional komoditas udang serta menganalisis pasar potensial ekspor udang indonesia. Analisis pola pola perdagangan internasional diperlukan sebagai bahan alternatif kebijakan yang mampu meningkatkan peluang dari fenomena perdagangan internasional di sektor perikanan.

12 Selama periode volume ekspor udang indonesia cukup berfluktuatif. Pada periode tersebut, volume ekspor udang Indonesia mencapai puncaknya pada tahun 1998 yaitu sebesar 140,5 ribu ton dan terendah pada tahun 1997 yaitu sebesar 92,6 ribu ton.

13 Volume Ekspor Udang dari Indonesia,Tahun Negara Persentase rata-rata USA % Jepang % Eropa % Lainnya % Total %

14

15 Negara Pengekspor udang ke Jepang (1000 Metric Ton) Tahun Negara India Indonesia Vietnam Thailand China Greenland Phillipines NA Taiwan NA Lainnya ,5 Total

16

17 Dari tabel dan grafik ini menunjukkan bahwa nilai ekspor udang indonesia secara implisit lebih respon terhadap perubahan harga udang dunia. Rata-rata pangsa nilai ekspor udang indonesia ke Jepang lebih besar dari pangsa volume ekspornya, yang artinya bahwa harga ekspor udang indonesia ke jepang relatif lebih baik dari negara tujuan lainnya

18 Bagi banyak negara, termasuk Indonesia, Perdagangan Internasional,Khususnya ekspor, Mempunyai peranan sangat penting,yakni sebagai motor penggerak perekonomian nasional. Udang adalah salah satu komoditas perikanan yang masih memberikan cukup banyak harapan untuk mendorong perekonomian nasional. Indonesia merupakan salah satu negara produsen udang terbesar. Melihat potensi yang cukup besar di bidang budidaya, maka peluang untuk mengembangkan industri udang masih sangat besar.


Download ppt "OLEH : - IVAN PRIMA HARLIS - AINUR ROHMAH - YAUMIYATUL FURQONI - ZIYAN AMALIYAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google