Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Budaya Kerja Guru Oleh : Tim Profesi Pendidik. Budaya kerja Budaya kerja pada dasarnya merupakan nilai-nilai yang menjadi kebiasaan seseorang dan menentukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Budaya Kerja Guru Oleh : Tim Profesi Pendidik. Budaya kerja Budaya kerja pada dasarnya merupakan nilai-nilai yang menjadi kebiasaan seseorang dan menentukan."— Transcript presentasi:

1 Budaya Kerja Guru Oleh : Tim Profesi Pendidik

2 Budaya kerja Budaya kerja pada dasarnya merupakan nilai-nilai yang menjadi kebiasaan seseorang dan menentukan kualitas seseorang dalam bekerja. Budaya kerja guru dapat terlihat dari rasa bertanggungjawabnya dalam menjalankan amanah, profesi yang diembannya, rasa tanggungjawab moral. Sikap ini akan dibarengi dengan rasa tanggungjawabnya untuk membuat dan mempersiapkan proses belajar mengajar, pelaksanaan proses belajar mengajar, serta pelaksanaan evaluasi dan analisis dalam kegiatan pembelajaran.

3 Jasa Tanpa Tanda Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru adalah penentu keberhasilan dan kesuksesan Guru adalah lentera bagi bangsa Dibutuhkan sebuah budaya kerja agar kinerja guru optimal Salah satu budaya versi kami adalah T-E-A-C-H

4 T Is Touched Sosok guru mampu menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Sosok guru mampu memberikan sentuhan terbaik bagi siswa yang dididik. Sosok guru mampu menggugah anak didiknya untuk lebih baik dan maju.

5 E is Enriched Sosok guru mampu memperkaya jendela cakrawala siswanya. Guru yang terbaik mampu memperkaya masyarakat dilingkungan tempat ia berada. Kekayaan yang tak pernah padam ialah ilmu yang selalu menular hingga akhir masa. Pengalaman dari masa ke masa membuat sosok guru adalah sosok dambaan.

6 A is Ability Seorang guru mampu menghadapi tekanan administrasi dengan mengolah masalah menjadi seni. Seorang guru mampu memberikan warna bagi siswa didik dan sekolah tempat ia mengajar. Seorang guru semestinya memiliki kemampuan mengelola administrasi dengan baik dan menyiapkan pembelajaran dengan kompetensi maksimal

7 C is Cheerfull Biar bagaiamanapun guru adalah energi. Ia mesti memiliki pijar keceriaan karena mereka adalah teladan. Guru dapat memberikan gambaran kebahagiaan bagi peserta didiknya. Guru mampu memuaskan dirinya sendiri dengan cara sederhana.

8 H is Honesty Sebuah teladan membutuhkan sebuah kejujuran. Guru ideal memiliki kejujuran dalam sikap, dalam ucap, dan dalam gerak. Seorang guru adalah acuan contoh abadi yang bernilai dalam jiwa setiap murid-muridnya. Dimanapun murid itu berada, sekalipun sudah tak belajar dengannya, jika ada contoh kejujuran dan potret sederhana, kelak akan selalu dikenang sepanjang era.

9 Kesimpulan Budaya kerja guru tentu berbeda dengan budaya kerja dengan profesi lainnya. Sebab guru berada pada sektor jasa. Budaya kerja guru yang paling utama ialah, seorang guru mampu menempatkan dirinya pada berbagai keadaan. Seorang guru dituntut untuk mampu melakukan aktivitas administrasi pedagogi secara kontinuitif. Seorang guru juga dituntut untuk mengikuti perkembangan metodologi pendidikan dan pengajaran. Seorang guru dituntut untuk memaksimalkan potensi wawasan dan waktunya.

10 Terima Kasih


Download ppt "Budaya Kerja Guru Oleh : Tim Profesi Pendidik. Budaya kerja Budaya kerja pada dasarnya merupakan nilai-nilai yang menjadi kebiasaan seseorang dan menentukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google