Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kata. Berapa Kata? Berapa kata telah kita ucapkan sejak kita bisa bicara sampai sekarang? Berapa kata yang telah kita tulis? Berapa ribu kata? Berapa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kata. Berapa Kata? Berapa kata telah kita ucapkan sejak kita bisa bicara sampai sekarang? Berapa kata yang telah kita tulis? Berapa ribu kata? Berapa."— Transcript presentasi:

1 Kata

2 Berapa Kata? Berapa kata telah kita ucapkan sejak kita bisa bicara sampai sekarang? Berapa kata yang telah kita tulis? Berapa ribu kata? Berapa juta kata? Berapa kata setiap hari kita ucapkan? Tidak ada yang pernah menghitungnya

3 Malaikat Pencatat Tapi tahukah kita bahwa: مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir (50:18)? Bahwa tidak ada yang luput dari pencatatan malaikat? Sadarkah kita?

4 4 yang Tak Bisa Kembali Kata orang ada 4 hal yang tak bisa kembali –WAKTU, apabila sudah berlalu –KESEMPATAN, apabila sudah hilang –BATU, apabila sudah dilontarkan, dan… –KATA, apabila sudah diucapkan Oleh karena itu, kita mesti hati-hati untuk mengucapkan kata-kata

5 Berbicara yang paling baik Oleh karena itu, Allah SWT memerintahkan kepada kita: وَقُلْ لِعِبَادِي يَقُولُوا الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْزَغُ بَيْنَهُمْ إِنَّ الشَّيْطَانَ كَانَ لِلإنْسَانِ عَدُوًّا مُبِينًا Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku: " Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya setan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia (17:53)

6 Memilih yang lebih baik Ucapan itu –Ada yang buruk dan yang lebih buruk –Ada yang keji dan yang lebih keji –Ada yang baik dan yang lebih baik Dan Allah memerintahkan agar kita memilih yang lebih baik, bukan sekedar baik; karena kalau kualitasnya baik saja, masih ada peluang syaithan melakukan infiltrasi sehingga menimbulkan perselisihan Demikian apa yang dikatakan oleh Imam Al- Ghazali

7 Rasul SAW bersabda: والكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقةٌ Dan kalimat (ucapan) yang baik adalah shadaqah (HR Bukhari dan Muslim) Ada beberapa kewajiban utama dari lidah kita, yaitu menggunakannya dalam dakwah kepada kebaikan, amar ma’ruf, nahi munkar, mendamaikan persengketaan, dan menyerukan kebaikan dan takwa

8 Jika tidak, diamlah Bagaimana jika kita tidak bisa mengatakan kebaikan? Rasul SAW menyuruh kita untuk diam. Dan ini tidak bisa dilakukan kecuali oleh orang-orang yang beriman مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ Siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka berkatalah yang baik atau diam (HR Bukhari dan Muslim)


Download ppt "Kata. Berapa Kata? Berapa kata telah kita ucapkan sejak kita bisa bicara sampai sekarang? Berapa kata yang telah kita tulis? Berapa ribu kata? Berapa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google