Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CROSS CULTURE MANAGEMENT. Christian Budiman Urbanus, S.Farm., Apt., MBA. Pak Tian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CROSS CULTURE MANAGEMENT. Christian Budiman Urbanus, S.Farm., Apt., MBA. Pak Tian."— Transcript presentasi:

1 CROSS CULTURE MANAGEMENT

2

3

4 Christian Budiman Urbanus, S.Farm., Apt., MBA. Pak Tian

5 Areas of Interest

6 YOUR TURN Sebutkan nama panggilan dan daerah asalmu

7 Yang bisa menafsirkan meme ini dengan tepat, saya kasi tambahan 5 poin buat UTS-nya!!

8 Ya, pintar secara akademis tidak menjamin hidup sukses secara finansial, personal, maupun sosial (apalagi buat kamu-kamu calon entrepreneur, pasti tahu ini benar banget!)

9 Manusia yang Seimbang: Pengetahuan, Keahlian, Sikap

10 Kuliah: Fokus pada Mindset Sarjana Perubahan itu bisa (growth) Logika dulu Beragama dengan etika dan nalar Meritokrasi Bukan Sarjana Nrimo aja (fixed) Otot dulu, emosi dulu Beragama secara “buta” Etnosentrisme dan rasisme Dalam kenyataannya, seorang sarjana bisa bertindak buruk, dan yang bukan sarjana justru lebih baik. Yang jelas, tujuan kampus ada adalah untuk membentuk pola pikir ilmiah, tidak semata-mata fisikal. Itulah cara umat manusia membangun peradabannya.

11 Teman anda datang, mau meminjam uang. Ada duit, tapi kamu bimbang. Apa yang akan kamu lakukan?

12 BREAK

13 Tujuan Kuliah Cross Culture Management Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk: Memberikan gambaran aspek-aspek kebudayaan dalam suatu komunitas berdasarkan beberapa kerangka teori terpilih Menginterpretasikan simbol-simbol fisikal-non fisikal dan verbal-non verbal, dari sebuah kebudayaan berdasarkan konteksnya. Menunjukkan kemungkinan-kemungkinan kejadian yang timbul dari proses komunikasi lintas budaya.

14 This is sport.

15 This is pure brutality…

16 Bahkan olahraga yang paling brutal pun perlu peraturan, agar bisa berjalan lancar. Apalagi kelas perkuliahan ;) (kecuali ini jalanan, di mana semua bisa seenaknya…)

17 Pertama, semua peraturan dan teknis jalannya perkuliahan SUDAH ditaruh di UC //Share. Biasakan dirimu melihat silabus. Jadi, silahkan download SEKARANG.

18 Sistem Komunikasi Informasi resmi HANYA berasal dari ketua kelas dan UC. Selain dari itu, dianggap tidak resmi. wajib berisi judul surat yang sesuai dan batang tubuh. Judul file juga harus tepat. Seluruh informasi yang dibutuhkan, harap dicek di SILABUS dulu. Belajarlah memperhatikan pengumuman dengan baik dan bertanggungjawab.

19 Sistem Penilaian Penilaian untuk kelas paralel ada standarnya, dan mahasiswa berhak tahu nilai mereka. Komponen- komponen dalam penilaian terdiri dari UTS, UAS, SAA 1 – 3 dengan porsi bobot nilai masing- masing. Akan dijelaskan lebih lanjut minggu depan. Tugas maupun ujian dinilai dari KUALITAS, BUKAN KUANTITAS yang dikumpulkan. Sekali lagi, perhatikan instruksinya. Tanyakan bila tidak jelas.

20 Pengumpulan telat diizinkan, dengan pengurangan nilai 20% per hari dari jadwal pengumpulan. Pengumpulan juga diizinkan dengan menitipkan kepada rekan (sakit, terlambat, berhalangan, dll.) disertai bukti- bukti pendukung yang memadai. Plagiarisme adalah pelanggaran sangat berat, sama seperti doping di olahraga. Belajarlah melakukan parafrase.

21 Khusus di Saya Sistem poin: penekanan pada proses. Semua bisa, asalkan mau berusaha! Poin diberikan sebagai nilai SAA 3, untuk tujuan melatih proses berpikir. Poin adalah dasar dalam pemberian tugas tambahan untuk menyelamatkan nilai anda seandainya jatuh.

22 Kehadiran dalam kelas Peringatan saya untuk anda-anda yang suka “bermain” di bidang ini: Pengetahuan dan kemampuan kita selalu bisa diperbaiki, namun mental yang buruk, susah sekali diperbaiki. Dan itu akan anda bawa seumur hidup… Tugas saya sebagai dosen adalah untuk mendidik anda, bukan mengajak anda bermain dan senang- senang saja.

23 Terlambat adalah ketika anda datang di luar jam kelas yang seharusnya. Jadi anda diberikan toleransi atas keterlambatan 15 menit, dengan saya sebagai pengajar datang 15 menit sebelum kelas dimulai. Jam disesuaikan dengan jam jaringan HP saya. Keterlambatan yang ditolerir BILA disertai bukti2 yang masuk akal. Bagi yang terlambat namun ingin masuk kelas, dipersilahkan dengan status NO ABSEN. Untuk alasan-alasan telat semacam ke toilet dsbnya, silahkan ditahan saja dan melapor dulu. Bila tanpa lapor, akan saya coret. Termasuk ketika anda telat karena sakit, macet, telat naik tangga, konsultasi sama dosen lain, dll sama sekali tidak ada izin buat kalian. Telat, ya telat. Hindari alasan konyol.

24 Absensi 75% dari jumlah kelas, dengan pembulatan ke atas. Konsekuensi absensi di bawah 75% adalah kehilangan kesempatan mengikuti UAS. Jangan biasa bolos di awal karena nanti setelah UTS akan cheating setengah mati supaya nggak kena tilang. Ketidakhadiran yang diizinkan adalah HANYA opname di RS, penyakit menular, dan keluarga dekat (keluarga inti) meninggal, dengan bukti2 yang masuk akal. Sakit dengan surat keterangan dokter, hanya memberikan izin bagi tugas di kelas, namun kehadiran tetap nol. Acara-acara keluarga atau acara lainnya dengan alasan apapun tidak mendapat izin. Ini adalah peraturan universitas, bukan peraturan saya pribadi.

25 Anda harus SELALU melapor dan menyertakan bukti-bukti yang masuk akal atas ketidak hadiran anda, baik oleh anda sendiri maupun melalui rekan anda. Teknis absensi: dipanggil sampai 3 kali. Bila tidak ada tangan diangkat, akan saya coret. TIDAK ADA ALASAN. Lupa tanda tangan, resiko ditanggung sendiri. Protes hanya diterima pada hari itu saja.

26 Ikutilah kelas sampai akhir. Bila bentrok jadwal lain (misal: konsultasi EP), silahkan di-reschedule. Bila ada acara lain, serahkan buktinya untuk dipertimbangkan PALING LAMBAT satu minggu sebelumnya. Keluar kelas di tengah pelajaran berlangsung tidak diizinkan sama sekali. Final Remark on Absence: Terlalu banyak mahasiswa bermasalah dalam absen. Put your responsibility on you and avoid blaming things/others.

27

28 Mekanisme Pindah Jadwal Kelas Kelas dapat dianggap batal apabila dosen tidak hadir dalam 15 menit sejak jadwal jam kelas dimulai. Ketua kelas wajib menghubungi Biro Admin IBM dan dosen terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi. Terkait mekanisme pindah kelas, akan dilaksanakan dengan jumlah mahasiswa yang bisa hadir minimal 90% anggota kelas. Untuk yang memang berhalangan hadir karena alasan yang bisa dipertanggungjawabkan, absensi akan diberikan sebagai bentuk kebijaksanaan.

29 Ketertiban Kelas Silahkan berkaos atau apapun yang nyaman, tapi NO SANDAL dan NO CELANA PENDEK. Definisi sandal adalah yang tidak memiliki tali belakang. Yang memakai sandal dipersilahkan masuk, tapi NO ABSEN. Apabila bosan dan semacamnya, silahkan pergunakan gadget, baca buku, atau bahkan tidur tapi DILARANG ribut. Bila memang ingin bicara, silahkan di luar saja. Tidak ada konsekuensi apapun, yang penting kita sama- sama enak. Diizinkan untuk tanda tangan, tapi silahkan keluar. Ribut itu mengganggu proses belajar mengajar.

30 Anda tidak boleh makan, tetapi boleh minum. Buang sampah di tempatnya atau saya beri sanksi. Zaman berubah, kelas berubah. Kalian semua punya gadget, dan hidup dengannya. Gadget bukanlah musuh. Gadget adalah rekan belajarmu yang paling utama!! Your gadget is called smartphone because she is smart. So are you Pilihlah apa yang mau anda lakukan dengan gadget anda itu!

31 MY PHILOSOPHY Ini ciri khas saya: Kelas seharusnya menyemangati untuk belajar dan bukan sebaliknya. Manusia akan sangat efektif belajar apabila bahagia, tahu bahwa dirinya mampu, dan dituntun perlahan-lahan dalam kedisiplinan.

32 JADWAL MINGGU DEPAN Kriteria Penilaian Jadwal Kuliah Pertama Prepare group for UAS

33 Scoring Criteria for IBM0013 Mid Term: 15% Final Term : 15% SAA1: 30% SAA2: 30% SAA3 : 10%

34 Masih Perlu Buku? Ya, dan tidak. Ya, karena informasi terbaik ada di sana. Tidak, karena kalian bisa menemukan sumber-sumber lain yang kompeten melalui internet.

35 PENJELASAN SAA Silahkan buka silabus kalian

36 JADWAL KULIAH Silahkan merujuk ke silabus Pengumuman resmi hanya melalui ketua kelas.


Download ppt "CROSS CULTURE MANAGEMENT. Christian Budiman Urbanus, S.Farm., Apt., MBA. Pak Tian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google