Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB XIV IMAN ISLAM dan IKHSAN Menurut Bahasa Iman = Percaya Ikhsan = Berbuat Baik Islam = Selamat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB XIV IMAN ISLAM dan IKHSAN Menurut Bahasa Iman = Percaya Ikhsan = Berbuat Baik Islam = Selamat."— Transcript presentasi:

1

2 BAB XIV IMAN ISLAM dan IKHSAN Menurut Bahasa Iman = Percaya Ikhsan = Berbuat Baik Islam = Selamat

3 Iman menurut Istilah adalah: Meyakini dg sepenuh hati, diucapkan melalui lisan dan diimplementasikan melalui perbuatan

4 Iman kpd Allah Iman kpd Malaikat2- Nya Iman kpd Kitab2-Nya Iman kpd Rasul2-Nya Iman kpd Hari Akhir Iman kpd Takdir Substansi Rukun Iman Dan hal2 ghaib lainnya yg. perlu diimani, seperti: Alam Ba’ats, Alam Barzah, Alam Kubur, dll Lihat Q.S. Al Anfal : Lihat Q.S. Al Baqara h: 1 - 3

5 Ketika Iman telah mencapai, sabda Rasulullah: “Tiga perkara yg apabila terdapat dlm diri seseorang, maka ia akan merasakan manisnya iman: Menjadikan Allah dan Rasulnya lebih dicintainya melebihi dr selain keduanya, mencintai seseorang yg tdk dicintainya melainkan karena Allah, membenci dirinya kembali kpd kekufuran sebagaimana bencinya ia kembali dilemparkan ke dalam api neraka”. (HR Bukhori – Muslim)

6 HAKIKAT ISLAM Menurut Bahasa: as –salamu, as- salmu, as-silmu artinya : menyerahkan diri, pasrah, tunduk dan patuh Menurut Istilah: Sikap menyerahkan diri seorang hamba kpd Tuhannya dg menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya 1. syahad at, 2. shalat, 3 zakat, 4 puasa ramada n. 5. haji

7 Nurkholis Madjid Sikap pasrah kpd Tuhan adalah merupakan hakikat dari pengertian Islam. Dari pengertian itu seolah Nurkholis Madjid ingin mengajak kita memahami Islam dari sisi manusia sebagai yg sejak dlm kandungan telah menyatakan kepatuhan dan ketundukan kepada Tuhan. (Lihat Q.S. Al-A’raf: 172)

8 HAKIKAT IKHSAN … أَنْ تَعْبُدَ اللّهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإنَّهُ يَرَاكَ … Artinya: “…Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihatNya. Tapi jika engkau tidak melihatNya, maka sesungguhnya Allah melihatmu…..” (H.R. Umar ibn Khattab)

9 Keterkaitan Iman Islam dan Ikhsan Diatas telah dibahas tentang ketiga hal tersebut, disini, akan dibahas hubungan timbal balik antara ketiganya. Iman yang merupakan landasan awal, bila diumpamakan sebagai pondasi dalam keberadaan suatu rumah, sedangkan Islam merupakan entitas yang berdiri diatasnya. Maka, apabila iman seseorang lemah, maka islamnya pun akan condong, lebih lebih akan rubuh. Dalam realitanya mungkin pelaksanaan sholat akan tersendat-sendat, sehingga tidak dilakukan pada waktunya, atau malah mungkin tidak terdirikan.

10 Lanjutan: Zakat tidak tersalurkan, puasa tak terlaksana, dan lain sebagainya. Sebaliknya, iman akan kokoh bila islam seseorang ditegakkan. Karena iman terkadang bisa menjadi tebal, kadang pula menjadi tipis, karena amal perbuatan yang akan mempengaruhi hati. Sedang hati sendiri merupakan wadah bagi iman itu. Jadi, bila seseorang tekun beribadah, rajin taqorrub, maka akan semakin tebal imannya, sebaliknya bila seseorang berlarut-larut dalam kemaksiatan, kebal akan dosa, maka akan berdampak juga pada tipisnya iman.

11 Lanjutan: “Sahabat Ali kw. Berkata : sesungguhnya iman itu terlihat seperti sinar yang putih, apabila seorang hamba melakukan kebaikan, maka sinar tersebut akan tumbuh dan bertambah sehingga hati (berwarna) putih. Sedangkan kemunafikan terlihat seperti titik hitam, maka bila seorang melakukan perkara yang diharamkan, maka titik hitam itu akan tumbuh dan bertambah hingga hitamlah (warna) hati.”

12 Lanjutan: Adapun ihsan, bisa diumpamakan sebagai hiasan rumah, bagaimana rumah tersebut bisa terlihat mewah, terlihat indah, dan megah. Sehingga padat menarik perhatian dari banyak pihak. Sama halnya dalam ibadah, bagaimana ibadah ini bisa mendapatkan perhatian dari sang kholiq, sehingga dapat diterima olehnya. Tidak hanya asal menjalankan perintah dan menjauhi larangannya saja, melainkan berusaha bagaimana amal perbuatan itu bisa bernilai plus dihadapan-Nya. Sebagaimana yang telah disebutkan diatas kedudukan kita hanyalah sebagai hamba, budak dari tuhan, sebisa mungkin kita bekerja, menjalankan perintah-Nya untuk mendapatkan perhatian dan ridlonya

13


Download ppt "BAB XIV IMAN ISLAM dan IKHSAN Menurut Bahasa Iman = Percaya Ikhsan = Berbuat Baik Islam = Selamat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google