Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEDIA AUDIO-VISUAL SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PENGAJARAN BAHASA DAN KEBUDAYAAN ASING: SEBUAH PENGANTAR Joesana Tjahjani, M.Hum. Program Studi Prancis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEDIA AUDIO-VISUAL SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PENGAJARAN BAHASA DAN KEBUDAYAAN ASING: SEBUAH PENGANTAR Joesana Tjahjani, M.Hum. Program Studi Prancis."— Transcript presentasi:

1 MEDIA AUDIO-VISUAL SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PENGAJARAN BAHASA DAN KEBUDAYAAN ASING: SEBUAH PENGANTAR Joesana Tjahjani, M.Hum. Program Studi Prancis FIB UI

2 Bahasa dan Kebudayaan «Apakah fungsi pengajaran kebudayaan dalam kelas bahasa?» «Apakah fungsi pengajaran kebudayaan dalam kelas bahasa?» ♥ Memotivasi siswa; ♥ Memunculkan rasa ingin tahu intelektual para siswa akan beragam aspek budaya dari bahasa sasaran; ♥ Mendekatkan para siswa bahasa asing dengan realitas sosial, politik, dan budaya yang ada di negara bahasa sasaran.

3 Budaya/kebudayaan atau ‘culture’ dan ‘civilisation’ dalam konteks bahasa Prancis Georges Mounin: «Sejarah pranata-pranata sosial, politik, yuridis, seperti halnya manifestasi kehidupan intelektual, artistik, bahkan spiritual». Ross Steele: “Culture littéraire et artistique” atau kreasi sastra dan seni; “culture”: konsep antropologis kebudayaan atau budaya dalam kehidupan sehari-hari.

4 Janine Courtillon : Tiga jenis ‘civilisation’:  Fakta sosial: bagaimana orang hidup berdampingan, apa ritus-ritus yang menentukan perilaku dan reaksi mereka;  Fakta ideologis: apa yang mereka pikir, kira, rasa, apa standar nilai mereka;  Fakta estetik: bentuk-bentuk seni atau kreasi yang mereka senangi atau mereka produksi.

5 Guru = mediator budaya → siap mengintegrasikan setiap situasi pengajaran dalam konteks budaya; konteks budaya; → menjadikannya sebuah pemahaman yang integral. ∑ « Kemahiran» budaya dalam pengajaran bahasa menuntut kepekaan yang mendalam pada fakta-fakta sosial, kapasitas orientasi yang memadai dari berbagai rujukan, serta keluwesan metodologis dalam mengalihkan wawasan dan pengetahuan budayanya.

6 Tipe Dokumen sebagai Bahan (Dukung) Ajar ● Dokumen pedagogis/didaktik → rekayasa penerbit buku ajar → kreasi pengajar ● Dokumen otentik → sumber: media cetak/media elektronik → sumber: media cetak/media elektronik → jenis: teks dokumenter/fiksi → jenis: teks dokumenter/fiksi → materi: berita/pertunjukan/permainan/… → materi: berita/pertunjukan/permainan/… → durasi: singkat/sedang/panjang → durasi: singkat/sedang/panjang → format: gambar/suara/gambar & suara → format: gambar/suara/gambar & suara

7 Pedoman & Kriteria Pemilihan Dokumen: ► Tingkat kemahiran berbahasa siswa ► Kesesuaian dengan tema atau materi ajar ► Tujuan penggunaan dokumen: ● Sebagai materi dukung ajar/unsur penunjang mata kuliah kesusastraan, sejarah, kebudayaan,… kuliah kesusastraan, sejarah, kebudayaan,… ● Untuk digunakan dalam kelas bahasa ► Kemungkinan aktivitas pedagogis terkait

8 Dokumen Audio-Visual sebagai Teknik dan Strategi Pemelajaran: Beberapa Contoh Tematis ♫ Lagu ► Pelajari teks sebuah lagu. Coba bayangkan jenis musik pengiringnya. Kemudian dengarkan musiknya dan bandingkan dengan apa yang dibayangkan. ► Dengarkan beberapa potongan musik dari sebuah negara. Deskripsikan ciri-ciri musik tersebut.

9 Pariwisata dan Perjalanan  Pilih 6 monumen di negara atau di kota bahasa sasaran, kemudian rencanakan perjalanan mengunjungi tempat-tempat tersebut dengan kendaraan umum. Atau, guru dapat menyediakan atau meminta mahasiswa mencari gambar berbagai monumen di internet.  Carilah tempat-tempat di negara bahasa sasaran yang bernama tokoh-tokoh terkenal di negara itu, kemudian cari latar belakang bersejarahnya.  Buat rencana perjalanan selama seminggu di satu negara atau kota. Perdengarkan dokumen ramalan cuaca. Sesuaikan rencana dengan cuaca dan iklim setempat.

10 Budaya populer dalam Iklan/Film/Video-klip  Lihat dan pelajari sebuah iklan/film/video-klip bahasa sasaran dan temukan pengaruh budaya populer Amerika.  Diskusikan perbedaan visi antara negara bahasa sasaran dan budaya Amerika.

11 Komunikasi Carilah sebuah halaman Website pribadi yang menceritakan sebuah kota, daerah, atau negara bahasa sasaran, lalu wawancarai pencipta situs itu melalui alamat nya. Buat tulisan tentang tempat yang sama dengan gaya bahasa sendiri berdasarkan jawaban-jawaban yang Ciptakan sebuah halaman Website untuk kelas bahasa Anda dan perkenalkan institusi pendidikan serta kota Anda dalam bahasa sasaran.

12 Dokumen Audio-Visual sebagai Teknik dan Strategi Pemelajaran: Bahasa Prancis Periklanan di FIB UI Informasi Umum: - Bahasa Prancis Periklanan diselenggarakan pada 2 semester akhir perkuliahan (semester V & VI) semester akhir perkuliahan (semester V & VI) - Mendukung mata kuliah paket periklanan di FIB - Sebagai salah satu pilihan mata kuliah bahas Prancis - Sebagai salah satu pilihan mata kuliah bahas Prancis untuk tujuan khusus (FOS) untuk tujuan khusus (FOS)

13 Tujuan: - Memperkenalkan kebudayaan dan kekhususan bahasa iklan Prancis; bahasa iklan Prancis; - Agar mahasiswa Indonesia dapat membuat iklan produk lokal dalam bahasa Prancis (sebagai luaran produk lokal dalam bahasa Prancis (sebagai luaran yang diharapkan pada akhir perkuliahan). yang diharapkan pada akhir perkuliahan).

14 Persiapan: - Penyusunan rancangan SAP - Pencarian dan pengumpulan bahan ajar - Seleksi bahan ajar - Penyempurnaan SAP Pelaksanaan - Mata kuliah bahasa Prancis periklanan dengan komponen ajar (mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, ketrampilan tata bahasa), namun dengan materi ajar terpadu (untuk penyusunan tugas akhir mahasiswa) dan sistem evaluasi perkomponen.

15 Penutup


Download ppt "MEDIA AUDIO-VISUAL SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PENGAJARAN BAHASA DAN KEBUDAYAAN ASING: SEBUAH PENGANTAR Joesana Tjahjani, M.Hum. Program Studi Prancis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google