Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.Variasi makhluk hidup 2.Fosil 3.Homologi organ tubuh dan analogi organ tubuh 4.Adanya embriologi perbandingan. 5.Perbandingan fisiologi/biokimia 6.Petunjuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.Variasi makhluk hidup 2.Fosil 3.Homologi organ tubuh dan analogi organ tubuh 4.Adanya embriologi perbandingan. 5.Perbandingan fisiologi/biokimia 6.Petunjuk."— Transcript presentasi:

1 1.Variasi makhluk hidup 2.Fosil 3.Homologi organ tubuh dan analogi organ tubuh 4.Adanya embriologi perbandingan. 5.Perbandingan fisiologi/biokimia 6.Petunjuk alat tubuh yang tersisa Petunjuk adanya Evolusi

2 1.Variasi Makhluh Hidup Adanya variasi makhluk hidup terbukti tidak ada dua individu di dunia yang mempunyai sifat/ciri yang sama, hal ini menunjukkan adanya variasi. Bila varian tersebut hidup pada lingkungan yang berbeda maka akan menghasilkan keturunan yang berbeda.

3 2.Fosil Fosil dapat diartikan sisa-sisa binatang dan tumbuhan yang telah membatu. Leonardo da Vinci (Itali, 1452 – 1519 Ia berpendapat bahwa fosil merupakan bukti adanya makhluk hidup di masa lampau.

4 Faktor-faktor penyebab mengapa jarang diketemukan fosil dalam keadaan lengkap 1. Terjadinya di lipatan batuan bumi 2. Pengaruh air, angin dan bakteri pembusuk 3. Dimakan hewan bangkai 4. Jenis organisme, yang tubuhnya tidak mungkin jadi fosil 5. Keadaan sekeliling/lingkungan yang tidak memungkinkan suatu bagian tubuh organisme jadi fosil

5 3. Homologi dan analogi organ tubuh Organ-organ yang mempunyai bentuk asal sama namun mempunyai fungsi yang berbeda disebut homologi. contoh organ homolog. a.Kaki depan kuda homolog dengan sayap burung b.Tangan manusia homolog dengan kaki depan kuda c.Kaki depan anjing homolog dengan sayap burung d.Kaki depan kucing homolog dengan sirip dada ikan

6 Analogi Organ tubuh yang menunjukkan kesamaan fungsi tetapi struktur asalnya berbeda disebut analogi. contoh analogi: a.Sayap kelelawar analog dengan sayap kupu, kedua sayap berfungsi sama untuk terbang b.Sayap kupu-kupu analog dengan sayap burung, kedua sayap berfungsi sama untuk terbang tetapi struktur asalnya berbeda.

7 Homologi Salamander Buaya Kelelawar Ikan Paus Tikus Mondok Manusia Burung

8 ANALOGI ORGAN TUBUH Pterodactyl BurungKelelawar Insekta Burung Pterodacty Kelelawar

9 4. EMBRIOLOGI PERBANDINGAN Antara hewan vertebrata Pices, Reptil, Amfibi, Aves, dan mamalia mempunyai kemiripan, yaitu : sama2 mempunyai fase- perkembangan embrio yg sama. Terdiri zigot, morulla, blastula, dan gastrula. Antara hewan vertebrata Pices, Reptil, Amfibi, Aves, dan mamalia mempunyai kemiripan, yaitu : sama2 mempunyai fase- perkembangan embrio yg sama. Terdiri zigot, morulla, blastula, dan gastrula.

10 5. Perbandingan fisiologi secara fisiologi dari berbagai organisme dijumpai kemiripan fisiologi yang dapat ditinjau secara kimiawi.

11 kemiripan fisiologi Contoh: a. Atas dasar struktur tubuh yang mirip dan memiliki kesamaan seperti: kristaloksi hemoglobin dari burung memiliki kemiripan. b.Test presipitin untuk serum darah manusia mempunyai reaksi yang mirip jika dibanding dengan serum darah gorilla dan simpanse. c.Kesamaan fungsi yang dihasilkan oleh kelenjar hormon endokrin. d.Thryoid dari sapi ekstraknya, bisa diinjeksi kepada manusia yang defisiensi ekskresi thyroid, mengakibatkan metabolisme menjadi normal – sesuai.

12 6.Petunjuk alat tubuh yang tersisa Organ-organ vestigial adalah organ-organ sisa akibat penyusutan (mereduksi) sehingga tidak berfungsi lagi tetapi memiliki kesamaan dengan organ serupa yang tidak mereduksi dan masih berfungsi

13 sisa akibat penyusutan Pada manusia: Pada manusia: *adanya selaput putih pada mata, sisa dari selaput tidur *umbai cacing appendix *otot-otot penggerak telinga *rambut pada dada *tulang ekor


Download ppt "1.Variasi makhluk hidup 2.Fosil 3.Homologi organ tubuh dan analogi organ tubuh 4.Adanya embriologi perbandingan. 5.Perbandingan fisiologi/biokimia 6.Petunjuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google