Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Oktober November Desember 2013 Pedoman Pendalaman Alkitab Oktober November Desember 2013 Rumah Produksi: ® WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh 2013 Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx

5 Agar menolong kita untuk lebih mengerti makna pengorbanan Yesus yang besar, Allah merancangkan Bait Suci duniawi, sebagai suatu alat peraga dari rencana keselamatan Ketika Allah mendirikan Bait Suci di atas bumi, Ia menggunakannya sebagai sarana pembelajaran. Bait Suci orang Israel dan pelajaran-pelajarannya menggambarkan kebenaran-kebenaran penting tentang penebusan, tentang tabiat Allah, dan tentang berakhirnya dosa. Pendahuluan Umum

6 “Pelajaran mengenai Bait Suci adalah kunci yang membukakan rahasia kekecewaan pada tahun Pelajaran itu membukakan kepada pendengar suatu sistem kebenaran yang lengkap, yang berhubungan dan secara harmonis menunjukkan bahwa tangan Allah telah menuntun Pergerakan Advent yang besar itu, dan menyatakan tugas-tugas sekarang sebagaimana dijelaskan kedudukan dan pekerjaan umat-Nya.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8, hlm. 443 Pendahuluan Umum

7 Agar masing-masing kita memusatkan perhatian tertinggi kita pada bait suci karena, “Bait Suci di surga adalah pusat pekerjaan Kristus dami manusia. Bait Suci ini menyangkut setiap orang yang hidup di dalam dunia ini. Ia memperlihatkan rencana keselamatan, membawa kita kepada akhir zaman dan menyatakan isu kemenangan dalam pertikaian antara kebenaran dan dosa. Adalah sangat penting agar semua menyelidiki pokok pelajaran ini.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8, hlm. 511 TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI

8 1. Bait Suci di Surga 2. Surga di Atas Bumi 3. Korban 4. Pelajaran-pelajaran dari Bait Suci 5. Pendamaian: Korban Penghapus Dosa 6. Hari Pendamaian 7. Kristus, Korban Kita 8. Kristus, Imam Kita 9. Pengadilan Pra Advent 10. Hari Pendamaian Eskatologis 11. Pekabaran Nubuatan Kita 12. Pertentangan Kosmik Atas Tabiat Allah 13. Seruan dari Bait Suci Daftar Isi:

9 Pelajaran 10 Hari Pendamaian Eskatologis

10 Kata-kata Pembuka Agar dapat memahami makna penghakiman pra- Advent Allah, hal itu harus dilihat dari sudut pandang yang lebih luas dan tidak dipisahkan. Dalam penjelasan kita mengenai penghakiman pra-Advent, Imam Besar kita, Yesus dan aktivitas-Nya, haruslah menjadi realitas yang paling menarik dan sallib-Nya adalah dasarnya. Hanya dengan cara seperti ini penghakiman pra- Advent akan menjadi pengalaman berarti bagi orang-orang percaya dengan membawa mereka lebih dekat kepada Allah, memberi mereka jaminan keselamatan oleh berada ditangan-Nya; hasilnya, mereka akan bersukacita atas karya Allah atas nama mereka.Agar dapat memahami makna penghakiman pra- Advent Allah, hal itu harus dilihat dari sudut pandang yang lebih luas dan tidak dipisahkan. Dalam penjelasan kita mengenai penghakiman pra-Advent, Imam Besar kita, Yesus dan aktivitas-Nya, haruslah menjadi realitas yang paling menarik dan sallib-Nya adalah dasarnya. Hanya dengan cara seperti ini penghakiman pra- Advent akan menjadi pengalaman berarti bagi orang-orang percaya dengan membawa mereka lebih dekat kepada Allah, memberi mereka jaminan keselamatan oleh berada ditangan-Nya; hasilnya, mereka akan bersukacita atas karya Allah atas nama mereka.

11 Untuk mempelajari Daniel 8 guna menemukan isu sebenarnya dari pertikaian antara kuasa tanduk kecil dan Allah. Saat yang sama kita akan melihat mengapa pembersihan atau pemulihan Bait Suci yang dimulai pada tahun 1844 merupakan jawaban Allah yang sempurna terhadap pertentangan itu.Untuk mempelajari Daniel 8 guna menemukan isu sebenarnya dari pertikaian antara kuasa tanduk kecil dan Allah. Saat yang sama kita akan melihat mengapa pembersihan atau pemulihan Bait Suci yang dimulai pada tahun 1844 merupakan jawaban Allah yang sempurna terhadap pertentangan itu. Tujuan Pelajaran

12 Maka ia menjawab: "Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar.“Maka ia menjawab: "Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar.“ Daniel 8:14 Daniel 8:14 Ayat Hafalan

13 Pengantar Penghakiman pra-Advent harus dijelaskan dari perspektif Salib. Tahun 1844 tidak dapat dipisahkan dari tahun 31 AD, tetapi itu pastilah titik awalnya. Penghakiman pra-Advent harus dijelaskan dari perspektif Salib. Tahun 1844 tidak dapat dipisahkan dari tahun 31 AD, tetapi itu pastilah titik awalnya.

14 Pengantar Penghakiman Allah di atas kayu salib waktu yang lalu dan sekarang adalah dasar dari semua penghakiman Ilahi lainnya.Penghakiman Allah di atas kayu salib waktu yang lalu dan sekarang adalah dasar dari semua penghakiman Ilahi lainnya. Ellen White mendorong dengan sangat agar semua pengajaran kita harus dijelaskan dari sudut pandang salib.Ellen White mendorong dengan sangat agar semua pengajaran kita harus dijelaskan dari sudut pandang salib. Kristus dan salib-Nya haruslah menjadi pusat dari penghakiman pra_AdventKristus dan salib-Nya haruslah menjadi pusat dari penghakiman pra_Advent

15 Pengantar “Pengorbanan Kristus sebagai pendamaian bagi dosa adalah kebenaran yang utama di mana di sekelilingnya semua kebenaran lainnya berkumpul. Agar benar dipahami dan dihargai, setiap kebenaran dalam Firman Allah, dari Kejadian hingga Wahyu, harus dipelajari dalam terang yang mengalir dari salib Kalvari. Saya menghadirkan kehadapan Anda monumen yang utama dan agung akan rahmat dan kelahiran kembali, keselamatan dan penebusan –Anak Allah ditinggikan di salib. Hal ini menjadi dasar dari setiap ceramah yang disampaikan oleh para pendeta kita.”“Pengorbanan Kristus sebagai pendamaian bagi dosa adalah kebenaran yang utama di mana di sekelilingnya semua kebenaran lainnya berkumpul. Agar benar dipahami dan dihargai, setiap kebenaran dalam Firman Allah, dari Kejadian hingga Wahyu, harus dipelajari dalam terang yang mengalir dari salib Kalvari. Saya menghadirkan kehadapan Anda monumen yang utama dan agung akan rahmat dan kelahiran kembali, keselamatan dan penebusan –Anak Allah ditinggikan di salib. Hal ini menjadi dasar dari setiap ceramah yang disampaikan oleh para pendeta kita.” Gospel Workers, hlm. 315

16 Pengadilan Agung Daniel 7 merupakan peristiwa yang sama dengan pemulihan atau pembersihan Bait Suci dalam Daniel 8:14Pengadilan Agung Daniel 7 merupakan peristiwa yang sama dengan pemulihan atau pembersihan Bait Suci dalam Daniel 8:14Pengantar Daniel 7 Daniel 8Interpretasi Singa— Babilon BeruangDomba JantanMedo-Persia Macan TutulKambing JantanYunani Binatang ke empatTanduk KecilRoma—Kafir Tanduk Kecil Roma—Kepausan Penghakiman PembersihanHari Pendamaian Pra-AdventBait SuciEskatologis Kerajaan diberikanKedatangan Yesus yang kepada orang Kuduskedua kali dan yang (Kedatangan yang ke dua)selanjutnya....

17 b Understand the purposes of marriageA Hari Pendamaian Eskatologis Selayang Pandang Hari Pendamaian Eskatologis Selayang Pandang 1. Serangan Tanduk Kecil (Daniel 8:9-11) 2. Pembebasan Allah (Daniel 8:14) 3. Awal Pendamaian (Daniel 9:24,25)

18 b Understand the purposes of marriageA Hari Pendamaian Eskatologis 1. Serangan Tanduk Kecil (Daniel 8:9-11)

19 “Maka dari salah satu tanduk itu muncul suatu tanduk kecil, yang menjadi sangat besar ke arah selatan, ke arah timur dan ke arah Tanah Permai. Ia menjadi besar, bahkan sampai kepada bala tentara langit, dan dari bala tentara itu, dari bintang- bintang, dijatuhkannya beberapa ke bumi, dan diinjak-injaknya.Bahkan terhadap Panglima bala tentara itu pun ia membesarkan dirinya, dan dari pada-Nya diambilnya korban persembahan sehari- hari, dan tempat-Nya yang kudus dirobohkannya.”“Maka dari salah satu tanduk itu muncul suatu tanduk kecil, yang menjadi sangat besar ke arah selatan, ke arah timur dan ke arah Tanah Permai. Ia menjadi besar, bahkan sampai kepada bala tentara langit, dan dari bala tentara itu, dari bintang- bintang, dijatuhkannya beberapa ke bumi, dan diinjak-injaknya.Bahkan terhadap Panglima bala tentara itu pun ia membesarkan dirinya, dan dari pada-Nya diambilnya korban persembahan sehari- hari, dan tempat-Nya yang kudus dirobohkannya.” Hari Pendamaian Eskatologis 1. Serangan Tanduk Kecil Daniel 8:9-11

20 Kuasa tanduk mengganggu ibadah kepada “Panglima bala tentara” Ilahi (ayat 11, bandingkan dengan Yosua 5:13-15).Kuasa tanduk mengganggu ibadah kepada “Panglima bala tentara” Ilahi (ayat 11, bandingkan dengan Yosua 5:13-15). Diambilnya dari pada-Nya (Dan. 8:11, 12) ”yang sehari-hari” (bahasa Ibrani tamid)-suatu kata yang mengacu berulangkali pada pelayanan persembahan harian dalam pelayanan harian dalam pelayanan Bait Suci duniawi.Diambilnya dari pada-Nya (Dan. 8:11, 12) ”yang sehari-hari” (bahasa Ibrani tamid)-suatu kata yang mengacu berulangkali pada pelayanan persembahan harian dalam pelayanan harian dalam pelayanan Bait Suci duniawi. 1. Serangan Tanduk Kecil Mengambil “yang sehari-hari”

21 Karena pelaksana kegiatan tamid di Bait Suci itu adalah seorang imam, kadang-kadang imam besar, maka si tanduk berusaha merampas peran imam (besar), memerintahkan “pasukan” palsunya sendiri dan merampas “yang sehari- hari”.Karena pelaksana kegiatan tamid di Bait Suci itu adalah seorang imam, kadang-kadang imam besar, maka si tanduk berusaha merampas peran imam (besar), memerintahkan “pasukan” palsunya sendiri dan merampas “yang sehari- hari”. Dalam konteks nubuatan (selama waktu Roma kepausan), jelaslah bahwa pelayanan Kristus sebagai imam besar itulah yang diserang.Dalam konteks nubuatan (selama waktu Roma kepausan), jelaslah bahwa pelayanan Kristus sebagai imam besar itulah yang diserang. 1. Serangan Tanduk Kecil Mengambil “yang sehari-hari”

22 Kuasa tanduk itu merampas tanggung jawab imam surgawi dan menyela penyembahan yang berkesinambungan kepada Allah di bumi. Ia bertindak bagaikan seorang “kapten bala tentara” yang lain, mengorbankan perang keagamaan melawan “Panglima bala tentara Ilahi, Bait Suci-Nya, dan umat-Nya. ia menjadi alat duniawi Setan; ia disebut “kuat, tetapi tidak boleh kekuatannya sendiri” (Dan. 8:24, NKJV), dan kegiatan-kegiatannya mencerminkan suatu perang kosmik pada dua tingkatan, yaitu duniawi dan surgawi. 1. Serangan Tanduk Kecil Mengambil “yang sehari-hari”

23 Tanduk kecil itu muncul sesudah domba jantan (Media-Persia) dan kambing jantan (Yunani); Ia dikenal di alam sejarah sebagai Roma, yang datang menyusul kerajaan Media-Persia (Dan. 8:20) dan Yunani (Dan. 8:21). Walaupun tanduk kecil itu dimulai sebagai Roma kekaisaran, penekanan lebih besar adalah pada Roma kepausan, sebagai fokus utama khyal itu. 1. Serangan Tanduk Kecil Mengambil “yang sehari-hari”

24 “Diambilnya yang sehari-hari” oleh kuasa tanduk itu melambangkan diperkenalkannya perubahan-perubahan baru oleh kepausan antara lain suatu keimamatan pengantaraan, persembahan misa, pengakuan- pengakuan dosa, dan penyembahan Maria, dengan mana ia telah berhasil merampas pengetahuan tentang, dan kepercayaan pada, pelayanan berkesinambungan Kristus dalam Bait Suci surgawi.“Diambilnya yang sehari-hari” oleh kuasa tanduk itu melambangkan diperkenalkannya perubahan-perubahan baru oleh kepausan antara lain suatu keimamatan pengantaraan, persembahan misa, pengakuan- pengakuan dosa, dan penyembahan Maria, dengan mana ia telah berhasil merampas pengetahuan tentang, dan kepercayaan pada, pelayanan berkesinambungan Kristus dalam Bait Suci surgawi. 1. Serangan Tanduk Kecil Mengambil “yang sehari-hari”

25 Kesombongan tanduk kecil menyebabkan kepada seruan untuk pengadilan... Maka, pertanyaan pun muncul, sampai berapa lama penglihatan ini berlaku?Kesombongan tanduk kecil menyebabkan kepada seruan untuk pengadilan... Maka, pertanyaan pun muncul, sampai berapa lama penglihatan ini berlaku? Jawaban atas pertanyaan itu: dimulai dengan satu kurun waktu “dua ribu tiga ratus petang dan pagi” (ayat 14).Jawaban atas pertanyaan itu: dimulai dengan satu kurun waktu “dua ribu tiga ratus petang dan pagi” (ayat 14). 1. Serangan Tanduk Kecil Berapa Lama?

26 Skema Nubuatan 2300 petang dan pagi Daniel 8:14

27 DISKUSIKAN Menurut Anda bagaimanakah kita bisa menjelaskan penghakiman pra-Advent dari sudut pandang salib? Berikan jawaban Anda!

28 b Understand the purposes of marriageA Hari Pendamaian Eskatologis 2. Pembebasan Allah (Daniel 8:14)

29 “Maka ia menjawab: "Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar.”“Maka ia menjawab: "Sampai lewat dua ribu tiga ratus petang dan pagi, lalu tempat kudus itu akan dipulihkan dalam keadaan yang wajar.” Hari Pendamaian Eskatologis 2. Pembebasan Allah Daniel 8:14

30 Frase “petang dan pagi” mencerminkan bahasa dari kisah Penciptaan yang berarti satu hari (Kej. 1:5, 8).Frase “petang dan pagi” mencerminkan bahasa dari kisah Penciptaan yang berarti satu hari (Kej. 1:5, 8). Allah, dengan menggunakan kuasa mencipta-Nya sendiri, akan menghadapi kegiatan dari tanduk dan bala tentaranya yang sifatnya merusak. Daniel 8:14 dapat dibaca sebagai berikut: “sampai dua ribu tiga ratus petang-pagi, barulah Bait Suci akan dipulihkan [bersihkan].”Allah, dengan menggunakan kuasa mencipta-Nya sendiri, akan menghadapi kegiatan dari tanduk dan bala tentaranya yang sifatnya merusak. Daniel 8:14 dapat dibaca sebagai berikut: “sampai dua ribu tiga ratus petang-pagi, barulah Bait Suci akan dipulihkan [bersihkan].” 2.Pembebasan Allah Pemulihan Bait Suci 2.Pembebasan Allah Pemulihan Bait Suci

31 Suatu penyelidikan istilah yang sejajar dengan “pulihkan” (dari kata Ibrani zdg) menunjukkan bahwa hal ini mempunyai tiga arti utama:Suatu penyelidikan istilah yang sejajar dengan “pulihkan” (dari kata Ibrani zdg) menunjukkan bahwa hal ini mempunyai tiga arti utama: (1)dalam hal Hubungan, berarti pemulihan (Yes. 10:22); (2)dalam hal Bait Suci, berarti pembersihan atau pentahiran Ayub 4:17, 25:4); dan (3)dalam hal Hukum, berarti dinyatakan benar (Ayub 34:5). 2.Pembebasan Allah Pemulihan Bait Suci 2.Pembebasan Allah Pemulihan Bait Suci

32 Kata “kudus, yang digunakan dalam Daniel 8:14 (sering diterjemahkan “Bait Suci”), juga digunakan sehubungan dengan umat kudus (Dan. 12:7).Kata “kudus, yang digunakan dalam Daniel 8:14 (sering diterjemahkan “Bait Suci”), juga digunakan sehubungan dengan umat kudus (Dan. 12:7). Pada kenyataannya, Daniel 8:24 menjelaskan bahwa kuasa tanduk kecil, seperti kuasa tanduk kecil dalam Daniel 7, menyerang umat “kudus” Allah.Pada kenyataannya, Daniel 8:24 menjelaskan bahwa kuasa tanduk kecil, seperti kuasa tanduk kecil dalam Daniel 7, menyerang umat “kudus” Allah. 2.Pembebasan Allah Pemulihan Bait Suci 2.Pembebasan Allah Pemulihan Bait Suci

33 Pemulihan yang “kudus” (“Bait Suci”) dalam Daniel 8:14 mengarah kepada penyelesaian semua masalah yang disebutkan terdahulu dalam pertanyaan. (“sampai berapa lama”)Pemulihan yang “kudus” (“Bait Suci”) dalam Daniel 8:14 mengarah kepada penyelesaian semua masalah yang disebutkan terdahulu dalam pertanyaan. (“sampai berapa lama”) Bukan saja pengadilan diadakan terhadap kuasa tanduk kecil, tetapi juga Bait Suci akan dibersihkan, dan umat Allah dan Bait Suci Allah akan dikembalikan kepada kedudukan mereka yang benar. Hal ini menunjukkan kesejajarannya dengan apa yang terjadi pada Hari Pendamaian dalam kitab Imamat (Im. 16:20, 30).Bukan saja pengadilan diadakan terhadap kuasa tanduk kecil, tetapi juga Bait Suci akan dibersihkan, dan umat Allah dan Bait Suci Allah akan dikembalikan kepada kedudukan mereka yang benar. Hal ini menunjukkan kesejajarannya dengan apa yang terjadi pada Hari Pendamaian dalam kitab Imamat (Im. 16:20, 30). 2.Pembebasan Allah Pemulihan Bait Suci 2.Pembebasan Allah Pemulihan Bait Suci

34 Pekerjaan pemulihan dalam Daniel 8 sama dengan pengadilan Ilahi dalam Daniel 7, di mana pengadilan diberikan untuk membenarkan orang-orang kudus dan melawan kekuasaan jahat tanduk kecil.Pekerjaan pemulihan dalam Daniel 8 sama dengan pengadilan Ilahi dalam Daniel 7, di mana pengadilan diberikan untuk membenarkan orang-orang kudus dan melawan kekuasaan jahat tanduk kecil. Dunia perlu mengetahui bahwa keadilan dan pengadilan, seperti diramalkan dalam Daniel 8:14, akan tiba dan sekaranglah waktunya menerima keselamatan yang ditawarkan pada kita di dalam Yesus.Dunia perlu mengetahui bahwa keadilan dan pengadilan, seperti diramalkan dalam Daniel 8:14, akan tiba dan sekaranglah waktunya menerima keselamatan yang ditawarkan pada kita di dalam Yesus. 2.Pembebasan Allah Pemulihan Bait Suci 2.Pembebasan Allah Pemulihan Bait Suci

35 DISKUSIKAN Ellen G. White menulis: “Pelajaran mengenai Bait Suci dan pengadilan pemeriksaan harus dimengerti dengan jelas oleh umat Allah. Semua harus mengerti kedudukan dan pekerjaan Imam Besar Agung mereka. Jika tidak, mustahil mereka mengamalkan iman yang diperlukan sekarang ini atau menempati kedudukan yang Allah rencanakan bagi mereka.”- Alfa dan Omega, jld. 8, hlm. 511.Ellen G. White menulis: “Pelajaran mengenai Bait Suci dan pengadilan pemeriksaan harus dimengerti dengan jelas oleh umat Allah. Semua harus mengerti kedudukan dan pekerjaan Imam Besar Agung mereka. Jika tidak, mustahil mereka mengamalkan iman yang diperlukan sekarang ini atau menempati kedudukan yang Allah rencanakan bagi mereka.”- Alfa dan Omega, jld. 8, hlm Menurut Anda apakah yang EGW maksudkan dengan hal ini? Mengapakah hal-hal ini sangat penting bagi kita untuk dimengerti?

36 b Understand the purposes of marriageA Hari Pendamaian Eskatologis 3. Awal Pendamaian (Daniel 9:24,25)

37 “Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.”“Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.” Hari Pendamaian Eskatologis 3. Awal Pendamaian Daniel 9:24,25

38 Penglihatan itu mengenai “akhir masa /zaman” (Dan. 8:17, 19) dan “masa depan yang masih jauh” (Dan. 8:26).Penglihatan itu mengenai “akhir masa /zaman” (Dan. 8:17, 19) dan “masa depan yang masih jauh” (Dan. 8:26). Karena waktunya yang panjang, maka dua ribu tiga ratus hari harafiah tidak pernah akan cukup panjang untuk mencakup kurun waktu penglihatan itu. Dengan demikian kita perlu menafsirkannya dengan prinsip hari-tahun sebagai dua ribu tiga ratus tahun, mengikuti contoh Yehezkiel 4:5, 6 dan Bilangan 14:34.Karena waktunya yang panjang, maka dua ribu tiga ratus hari harafiah tidak pernah akan cukup panjang untuk mencakup kurun waktu penglihatan itu. Dengan demikian kita perlu menafsirkannya dengan prinsip hari-tahun sebagai dua ribu tiga ratus tahun, mengikuti contoh Yehezkiel 4:5, 6 dan Bilangan 14:34. 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9

39 Pertanyaan yang sisa ialah: kapankah dua ribu tiga ratus tahun itu dimulai? Para ahli Alkitab, baik Yunani maupun Kristen, telah melihat adanya kaitan yang kuat antara Daniel 8:14 dan Daniel 9:24-27, yang sudah lama dipandang sebagai suatu nubuatan yang kuat yang menunjuk kepada kedatangan Mesias, yaitu Yesus. 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9

40 Kata “penglihatan” (chazon) mengacu kepada keseluruhan nubuatan Daniel 8, kata mareh yang diterjemahkan sebagai “penglihatan” secara khusus menunjuk kepada “penglihatan” [mareh] tentang petang dan pagi (Dan. 8:26).Kata “penglihatan” (chazon) mengacu kepada keseluruhan nubuatan Daniel 8, kata mareh yang diterjemahkan sebagai “penglihatan” secara khusus menunjuk kepada “penglihatan” [mareh] tentang petang dan pagi (Dan. 8:26). Mareh inilah, yang mengenai dua ribu tiga ratus hari, yang tidak pahami oleh Daniel (Dan. 8:27). Dimana makaikat itu kemudian menerangkan segala sesuatunya kepada Daniel.Mareh inilah, yang mengenai dua ribu tiga ratus hari, yang tidak pahami oleh Daniel (Dan. 8:27). Dimana makaikat itu kemudian menerangkan segala sesuatunya kepada Daniel. 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9 Hubungan Daniel 8:14? dan Daniel 9:24-27.

41 Gibrail, menampakkan diri kepada Daniel dan memberikan pesan kepadanya supay ia “memahami penglihatan” tentang [mareh] dua ribu tiga ratus hari (Dan. 9:23, NKJV]. Nubuatan tujuh puluh-pekan dalam ayat-ayat ini menolong kita mengerti unsur waktu nubuatan dari Daniel 8:14.Gibrail, menampakkan diri kepada Daniel dan memberikan pesan kepadanya supay ia “memahami penglihatan” tentang [mareh] dua ribu tiga ratus hari (Dan. 9:23, NKJV]. Nubuatan tujuh puluh-pekan dalam ayat-ayat ini menolong kita mengerti unsur waktu nubuatan dari Daniel 8:14. 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9 Hubungan Daniel 8:14? dan Daniel 9:24-27.

42 Kata kerja “ditetapkan” pada permulaan Daniel 9:24, yang paling “tepat” diterjemahkan sebagai “membagi” atau “memotong” yang secara khusus menganjurkan supaya tujuh puluh pekan merupakan bagian dari kurun waktu yang lebih panjang, dua ribu ratus hari.Kata kerja “ditetapkan” pada permulaan Daniel 9:24, yang paling “tepat” diterjemahkan sebagai “membagi” atau “memotong” yang secara khusus menganjurkan supaya tujuh puluh pekan merupakan bagian dari kurun waktu yang lebih panjang, dua ribu ratus hari. Jadi, nubuatan tujuh puluh pecan itu “dipotong” dari nubuatan yang lebih besar, dua ribu tiga ratus hari, Daniel 8:14. Hal ini member kita titik awal bagi periode waktu nubuatan yang digambarkan dalam Daniel 8:14Jadi, nubuatan tujuh puluh pecan itu “dipotong” dari nubuatan yang lebih besar, dua ribu tiga ratus hari, Daniel 8:14. Hal ini member kita titik awal bagi periode waktu nubuatan yang digambarkan dalam Daniel 8:14 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9

43 Nubuatan 70 minggu memberikan secara tepat awal anubuatan 2300 hari. Keduanya (Nubuatan 70 Minggu dan Nubuatan 2300 hari) dimulai pada tahun 457 BC dan berakhir pada tahun dalam 1844 AD.

44 Di dalam Daniel 9:24-27, awal dari tujuh puluh pekan ditandai dengan keluarannya firman yakni “Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali” (Dan. 9:25). Kitab Ezra melaporkan ada tiga perintah yang berkaitan dengan Yerusalem dan Bait Suci, tetapi hanya yang ketiga, dilaporkan dalam Ezra 7:12-26, yang paling efektif. Raja Persia Arthasasta I mengeluarkan perintah pada tahun 457 SM. Berisi tentang merekontruksi Bait Suci dan juga pembangunan kembali kota Yerusalem sebagai pusat administrasi dan politik (Ezra 7:25, 26). Dalam Alkitab, hanya perintah ini yang diikuti dengan ucapan terima kasih yang memuji Allah karena mempengaruhi raja (Ezra 7:27, 28). Lebih jauh lagi, hanya dengan 457 SM. Sebagai titik awal maka tujuh puluh pecan (yaitu, 490 tahun) dapat mencapai waktu Kristus, “seorang yang Diurapi, seorang Raja” dari Daniel 9: Maka, nubuatan tentang tujuh puluh pekan memberikan tanggal yang tepat bagi dimulainya dua ribu tiga ratus petang dan pagi. Dimulai pada 457 SM dan berakhir sesudah dua ribu tiga ratus tahun pada tahun 1844 T.M.Di dalam Daniel 9:24-27, awal dari tujuh puluh pekan ditandai dengan keluarannya firman yakni “Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali” (Dan. 9:25). Kitab Ezra melaporkan ada tiga perintah yang berkaitan dengan Yerusalem dan Bait Suci, tetapi hanya yang ketiga, dilaporkan dalam Ezra 7:12-26, yang paling efektif. Raja Persia Arthasasta I mengeluarkan perintah pada tahun 457 SM. Berisi tentang merekontruksi Bait Suci dan juga pembangunan kembali kota Yerusalem sebagai pusat administrasi dan politik (Ezra 7:25, 26). Dalam Alkitab, hanya perintah ini yang diikuti dengan ucapan terima kasih yang memuji Allah karena mempengaruhi raja (Ezra 7:27, 28). Lebih jauh lagi, hanya dengan 457 SM. Sebagai titik awal maka tujuh puluh pecan (yaitu, 490 tahun) dapat mencapai waktu Kristus, “seorang yang Diurapi, seorang Raja” dari Daniel 9: Maka, nubuatan tentang tujuh puluh pekan memberikan tanggal yang tepat bagi dimulainya dua ribu tiga ratus petang dan pagi. Dimulai pada 457 SM dan berakhir sesudah dua ribu tiga ratus tahun pada tahun 1844 T.M. 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9 3.Awal Pendamaian Daniel 8 dan Daniel 9

45 Paus mengakui 'Sebenarnya saya Antikristus' Paus Benediktus XVI telah resmi mengakui rumor bahwa ia dan sebagian besar pendahulunya adalah Antikristus adalah benarPaus Benediktus XVI telah resmi mengakui rumor bahwa ia dan sebagian besar pendahulunya adalah Antikristus adalah benar Hal ini telah muncul bahwa setidaknya selama lima ratus tahun berturut-turutsemuanya paus telah bekerja di belakang tabir kekudusan untuk memajukan tujuan Setan di Bumi.Hal ini telah muncul bahwa setidaknya selama lima ratus tahun berturut-turutsemuanya paus telah bekerja di belakang tabir kekudusan untuk memajukan tujuan Setan di Bumi. Sumber: the-antichrist%E2%80%99/

46 DISKUSIKAN Bila berbicara tentang tanduk kecil, maka nubuatan-nubuatan Daniel 7 dan 8 adalah khusus mengenai Roma, dan tidak ada yang lain-bukan komunisme (seperti kata beberapa orang di masa lampau) atau Islam (seperti kata beberapa orang sekarang). Bagaimanakah, kita dapat tetap bertahan pada ajaran-ajaran ini tanpa menyebabkan orang lain merasa sakit? Mengapa harus kita tunjukkan bahwa perhatian kita adalah pada system, dan bukan pada orang yang berada dalamnya?

47 RANGKUMAN Mengambil bagian dalam tindakan Allah yang terakhir berarti memiliki perasaan akan kebutuhan yang mendesak akan misi untuk menggenapi tujuan-Nya menyelamatkan semua orangMengambil bagian dalam tindakan Allah yang terakhir berarti memiliki perasaan akan kebutuhan yang mendesak akan misi untuk menggenapi tujuan-Nya menyelamatkan semua orang

48 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Pembersihan Bait Suci adalah sama dengan penghakiman pra-Advent dan bahwa Daniel 7-9 menggambarkan peristiwa- peristiwa tambahan. Melalui pelajaran Hari Pendamaian Eskatologis ini akan menumbuhkan rasa jaminan atas keselamatan, karena Yesus pada akhirnya menegaskan di surga bahwa kasih karunia- Nya cukup bagi umat- Nya. Saya tidak menydari hal ini. Minggu depan ini saya berusaha melalui pertolongan Roh Kudus dan belajar Alkitab saya akan berusaha untuk mendorong dan menolong saudara/i saya untuk bersama- sama saya agar tetap bergantung kepada Kristus yang selalu berada dipihak kita.

49 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA”


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google