Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"— Transcript presentasi:

1 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT
Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 Model Mengajar : Hp: SIAGA!

2 Pedoman Pendalaman Alkitab
Oktober • November • Desember • 2013 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB
SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan……… Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang,  menyesuaikan ukuran font, dll.  Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan.

4 Martin Pröbstle Kontributor Utama
Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format .pptx Bait Suci Martin Pröbstle Kontributor Utama Ang Santuwaryo 2013 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh

5 BAIT SUCI Pendahuluan Umum
Agar menolong kita untuk lebih mengerti makna pengorbanan Yesus yang besar, Allah merancangkan Bait Suci duniawi, sebagai suatu alat peraga dari rencana keselamatan Ketika Allah mendirikan Bait Suci di atas bumi, Ia menggunakannya sebagai sarana pembelajaran. Bait Suci orang Israel dan pelajaran-pelajarannya menggambarkan kebenaran-kebenaran penting tentang penebusan, tentang tabiat Allah, dan tentang berakhirnya dosa.  

6 BAIT SUCI Pendahuluan Umum
“Pelajaran mengenai Bait Suci adalah kunci yang membukakan rahasia kekecewaan pada tahun Pelajaran itu membukakan kepada pendengar suatu sistem kebenaran yang lengkap, yang berhubungan dan secara harmonis menunjukkan bahwa tangan Allah telah menuntun Pergerakan Advent yang besar itu, dan menyatakan tugas-tugas sekarang sebagaimana dijelaskan kedudukan dan pekerjaan umat-Nya.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8, hlm. 443

7 TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI
Agar masing-masing kita memusatkan perhatian tertinggi kita pada bait suci karena, “Bait Suci di surga adalah pusat pekerjaan Kristus dami manusia. Bait Suci ini menyangkut setiap orang yang hidup di dalam dunia ini. Ia memperlihatkan rencana keselamatan, membawa kita kepada akhir zaman dan menyatakan isu kemenangan dalam pertikaian antara kebenaran dan dosa. Adalah sangat penting agar semua menyelidiki pokok pelajaran ini.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8, hlm. 511

8 BAIT SUCI Daftar Isi: 1. Bait Suci di Surga 2. Surga di Atas Bumi 3. Korban 4. Pelajaran-pelajaran dari Bait Suci 5. Pendamaian: Korban Penghapus Dosa 6. Hari Pendamaian 7. Kristus, Korban Kita 8. Kristus, Imam Kita 9. Pengadilan Pra Advent 10. Hari Pendamaian Eskatologis 11. Pekabaran Nubuatan Kita 12. Pertentangan Kosmik Atas Tabiat Allah 13. Seruan dari Bait Suci

9 Pendamaian Korban Penghapus Dosa
Pelajaran 5 Pendamaian Korban Penghapus Dosa

10 Kata-kata Pembuka Upacara korban Penghapus Dosa pada bait suci di Perjanjian Lama (juga disebut “korban pentahiran” membayangkan jalan oleh mana orang berdosa yang bertobat menerima pengampunan melalui pengorbanan dan pelayanan keimamatan Kristus. Itu juga menunjuk kepada jalan bahwa Bait Suci Surgawi dicemarkan oleh catatan pengampunan dosa.

11 Tujuan Pelajaran Untuk mempelajari langkah-langkah utama dalam ritual korban Penghapus Dosa dan arti dari lambang-lambang itu yang sesungguhnya dan memperjelas jenis-jenis dosa yang ditangani oleh korban Penghapus Dosa

12 Ayat Hafalan “Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.” (1 Petrus 1:18, 19)

13 PENGANTAR Sistem persembahan korban, mungkin, adalah bagian yang penting yang diketahui dari pelayanan Bait Suci karena bagian itulah yang menunjukkan langsung kepada pengorbanan Kristus. Darah binatang yang mati bagi orang berdosa menjadi simbol untuk darah Kristus, yang mati untuk kita.

14 PENGANTAR “Korban Penghapus Dosa” adalah satu cara yang ditentukan Allah untuk membantu kita mengerti lebih baik bagaimana Ia mendamaikan kita dengan diri-Nya melalui satu-satunya korban sejati, Yesus Kristus.

15 Understand the purposes of marriage
Pendamaian: Korban Penghapus Dosa Selayang Pandang b 1. Dosa dan Kemurahan (2 Samuel 14:9) 2. Pemindahan Dosa (Imamat 4:27-31) 3. Menanggung Dosa (Keluaran 34:6,7)

16 Understand the purposes of marriage
Pendamaian: Korban Penghapus Dosa b 1. Dosa dan Kemurahan (2 Samuel 14:9)

17 Pendamaian: Korban Penghapus Dosa 1. Dosa dan Kemurahan
2 Samuel 14:9 “Perempuan Tekoa itu berkata kepada raja: "Aku dan keluargaku akan menanggung kesalahan itu, ya tuanku raja, tetapi raja dan takhtanya tak bersalah.”

18 1. Dosa dan Kemurahan Korban
Dosa menceraikan kita dari Allah. Kabar baiknya adalah bahwa Tuhan telah menetapkan suatu system untuk memulihkan hubungan yang terputus akibat dosa, dan membawa kita kembali kepada-Nya. Pada pusat system ini, tentu, adalah persembahan korban.

19 (1) dosa yang tidak dipikirkan atau tidak disengaja,
1. Dosa dan Kemurahan Korban Pada dasarnya terdapat tiga jenis dosa yang digambarkan dalam Perjanjian Lama, masing-masing sesuai dengan tingkat kesadaran orang berdosa ketika sedang melakukan pelanggaran: (1) dosa yang tidak dipikirkan atau tidak disengaja, (2) dosa sengaja dan (3) dosa pemberontakan.

20 1. Dosa dan Kemurahan Korban
“Korban penghapus dosa” (Imamat 4:1-5:13) diterapkan pada kasus-kasus dosa tak sengaja, dan pada beberapa kasus dosa yang disengaja (Im. 5:1). Tidak ada yang disebutkan untuk dosa pemberontakan, jenis dosa yang paling keji. Dosa pemberontakan yang dilakukan “di hadapan” Allah, dengan congkak, ...pantas menerima tidak kurang dari dilenyapkan (Bil. 15:29-31); namun, tampaknya bahwa dalam kasus-kasus ini sekalipun, seperti kepada Manasye, Allah memberikan pengampunan (lihat 2 Taw. 33:12, 13).

21 Adakah Allah dibenarkan dalam mengampuni orang berdosa?
1. Dosa dan Kemurahan Korban Adakah Allah dibenarkan dalam mengampuni orang berdosa? Kisah tentang perempuan Tekoa dapat menggambarkan jawabannya. Bahwa jika raja akan putuskan membebaskan si pembunuh, maka raja sendiri akan menanggung kesalahan si pembunuh dan bahwa takhta pengadilannya (yaitu, reputasinya sebagai hakim) berada dalam bahaya.

22 Hakim bertanggung jawab secara moral untuk apa yang ia putuskan.
1. Dosa dan Kemurahan Korban Hakim bertanggung jawab secara moral untuk apa yang ia putuskan. Begitulah Allah menanggung kesalahan orang berdosa supaya menyatakan mereka sebagai orang benar. Supaya kita diampuni, Allah sendiri harus menanggung hukuman kita. Inilah alasan legal mengapa Kristus harus mati jika kita harus diselamatkan.

23 1. Dosa dan Kemurahan Penumpangan Tangan
Tujuan persembahan korban adalah menghapus dosa dan kesalahan dari orang berdosa, memindahkan tanggung jawab kepada Bait Suci, dan melepaskan orang berdosa itu pergi diampuni dan dibersihkan.

24 Ritual atau upacara Penghapus Dosa mencakup: penumpangan tangan,
1. Dosa dan Kemurahan Penumpangan Tangan Ritual atau upacara Penghapus Dosa mencakup: penumpangan tangan, kematian binatang, penggunaan darah, pembakaran lemak, dan memakan daging binatang. Orang berdosa yang membawa persembahan itu diberikan keampunan, tetapi hanya setelah ritual darah.

25 1. Dosa dan Kemurahan Penumpangan Tangan
Bagian penting dari proses ini mencakup penumpangan tangan. Hal ini dilakukan supaya persembahan itu “diperkenankan untuk mengadakan pendamaian baginya” Persembahan itu diterapkan hanya untuk orang yang menumpangkan tangannya ke atas kepala binatang.

26 1. Dosa dan Kemurahan Penumpangan Tangan
Penumpangan tangan harus disertai dengan pengakuan dosa; hal ini akan mengakui pemindahan dosa dari orang berdosa kepada binatang yang tak bersalah.

27 1. Dosa dan Kemurahan Penumpangan Tangan
Penyembelihan, ... bagian utama dari setiap persembahan korban binatang. Setelah binatang itu dibunuh, darah yang di tumpahkan digunakan untuk mengadakan pendamaian di mezbah . Karena dosa telah dipindahkan kepada binatang itu oleh penumpangan tangan, kita haruslah mengerti bahwa kematian binatang itu adalah suatu kematian pengganti. Binatang itu mati menggantikan orang berdosa. Hal ini menjelaskan mengapa tindakan pembunuhan binatang harus dilaksanakan oleh orang berdosa itu, oleh yang bersalah, dan bukan oleh iman.

28 DISKUSIKAN Menurut Anda apakah akan membantu jika sekiranya Anda tergoda untuk berbuat dosa kemudian Anda memikirkan Yesus yang sekarat terpaku di kayu salib, dan kemudian membayangkan bahwa Anda sedang menumpangkan tangan ke atas kepala Yesus? Apakah kematian Yesus dan pengorbanan-Nya yang sangat mahal itu bisa menolong Anda untuk tidak melakukan dosa? Jika tidak, hal apakah yang menurut Anda yang paling dapat membantu anggota gereja dan memotivasi mereka untuk tidak berbuat dosa?

29 Understand the purposes of marriage
Pendamaian: Korban Penghapus Dosa b 2. Pemindahan Dosa (Imamat 4:27-31)

30 Pendamaian: Korban Penghapus Dosa 2. Pemindahan Dosa
Imamat 4:27-31 “Jikalau yang dari rakyat jelata, dan ia melakukan salah satu hal yang dilarang TUHAN, sehingga ia bersalah, maka jikalau dosa yang telah diperbuatnya itu diberitahukan kepadanya, haruslah ia membawa sebagai persembahannya karena dosa yang telah diperbuatnya itu seekor kambing betina yang tidak bercela. Lalu haruslah ia meletakkan tangannya ke atas kepala korban penghapus dosa dan menyembelih korban itu di tempat korban bakaran. Kemudian imam harus mengambil dengan jarinya sedikit dari darah korban itu, lalu membubuhnya pada tanduk-tanduk mezbah korban bakaran. Semua darah selebihnya haruslah dicurahkannya kepada bagian bawah mezbah.Tetapi segala lemak haruslah dipisahkannya, seperti juga lemak korban keselamatan dipisahkan, lalu haruslah dibakar oleh imam di atas mezbah menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu sehingga ia menerima pengampunan.”

31 2. Pemindahan Dosa Darah Setelah penumpangan tangan, dan kematian binatang, kegiatan ritual berikut dalam persembahan korban adalah penanganan darah. Imam memoleskan darah persembahan itu pada tanduk-tanduk mezbah...ritual ini berkaitan dengan pendamaian. Jika orang yang melakukan dosa seorang biasa atau seorang pemimpin, darah itu dioleskan pada mezbah korban bakaran; jika imam besar atau umat secara keseluruhan sebagai orang berdosa, darah itu dioleskan pada mezbah di dalam, yaitu mezbah wangi-wangian.

32 Arti Menorehkan Darah pada
2. Pemindahan Dosa Darah Arti Menorehkan Darah pada Tanduk-tanduk Mexbah Tanduk-tanduk adalah titik tertinggi dari mezbah dan, dengan demikian, dapat mengartikan dimensi vertical keselamatan. Darah itu dibawa ke dalam hadirat Allah.

33 Darah memindahkan kesalahan dosa.
2. Pemindahan Dosa Darah Darah memindahkan kesalahan dosa. Darah yang dipoles pada tanduk-tanduk mezbah memindahkan dosa jauh dari pendosa ke Bait Suci, suatu kebenaran dalam pelayanan Bait Suci di dunia, yang melambangkan pekerjaan Kristus di surga untuk kita.

34 Karena darah membawa dosa, maka darah juga menajiskan Bait Suci.
2. Pemindahan Dosa Darah Karena darah membawa dosa, maka darah juga menajiskan Bait Suci. Kita mendapatkan suatu contoh tentang penajisan ini dalam kasus di mana darah dari korban penghapus dosa terpecik tak disengaja pada pakaian. Pakaian itu perlu di bersihkan, bukan di sembarangan tempat, tetapi hanya “di suatu tempat yang kudus”

35 2. Pemindahan Dosa Darah Pembakaran lemak dia atas mezbah menunjukkan bahwa segala sesuatu tentang korban penghapus dosa adalah kepunyaan Tuhan (Im. 3:16). Bersyukurlah sebab dengan kematian Yesus, ... dosa kita telah diambil dari kita, diletakkan pada-Nya, dan dipindahkan ke Bait Suci di surga. Ini adalah inti rencana keselamatan.

36 DISKUSIKAN Apakah pelayanan atau upacara Bait Suci, khususnya melalui upacara korban penghapus dosa yang telah kita pelajari benar-benar dapat menolong Anda untuk menyadari bahwa ketergantungan mutlak kepada Kristus adalah satu-satunya yang dapat menjamin keampunan dosa? Jelaskan!

37 Understand the purposes of marriage
Pendamaian: Korban Penghapus Dosa b 3. Menanggung Dosa (Keluaran 34:6,7)

38 Pendamaian: Korban Penghapus Dosa 3. Menanggung Dosa
Keluaran 34:6,7 “Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: "TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya, yang meneguhkan kasih setia-Nya kepada beribu-ribu orang, yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa; tetapi tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan cucunya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat.".”

39 3 Menanggung Dosa Pengampunan
Dengan memakan daging korban di Bait Suci, imam yang bertugas akan “mengangkut kesalahan” orang yang berdosa. Memakan daging itu dituntut hanya untuk persembahan-persembahan di mana darah tidak dibawa masuk ke Bait Suci. Pekerjaan Imam dalam menanggung dosa orang lain adalah sama dengan yang Kristus lakukan bagi kita. Ia mati menggantikan kita. Kita simpulkan, bahwa pekerjaan imam di Bait Suci di dunia melambangkan pekerjaan Kristus bagi kita, karena Ia telah mengambil bagi diri-Nya kesalahn dosa kita.

40 3 Menanggung Dosa Pengampunan
Tabiat Allah yang menonjol ... adalah kerelaan-Nya untuk mengampuni. Tidak semua orang akan menikmati karunia Allah yang menyelamatkan. Pengampunan Allah tidak murah, juga tidak otomatis. Perlu kesetiaan. Mereka yang telah mengalami kasih karunia-Nya merespons dengan kebaikan Umat-Nya akan meneladani tabiat Allah. Kehidupan merekan akan mencerminkan , belas kasihan dan kebaikan-Nya.

41 3 Menanggung Dosa Pengampunan
Dalam Alkitab, Mikha 7:18-20, dengan penekanan pada pengampunan, segera disusul oleh Nahum 1:2, 3, dengan tekanannya pada penghakiman. Hal ini membuka dua dimensi hubungan Allah dengan kita: Ia adalah Penyelamat dan Hakim. Dua aspek tabiat Allah ini saling melengkapi, bukan bertentangan. Allah yang berbelas kasihan dapat juga menjadi Allah yang adil. Dengan memahami hal ini, kita aman dalam kasih-Nya, dalam pengampunan-Nya, dan dalam keadilan mutlak-Nya.

42 Diskusikan Jika kita menerima pengampunan bagi dosa kita kwtika kita menerima Kirstus sebagai pengganti kita, mengapa catatan mengenai dosa masih tetap tinggal di Bait Suci Surgawi? Menurut Anda, adakah aspek pendamaian dibalik pengampunan? Berilah alasan kepada jawaban Anda

43 Ellen G. White, Manuscript Releases, jld. 9, hlm. 302.
KUTIPAN ROH NUBUAT “Berkat datang karena pengampunan; pengampunan datang melalui iman bahwa dosa, harus diakui dan disesali, ditanggung oleh si Penanggung-dosa agung. Maka dari Kristus akan datang semua berkat kita. Kematian-Nya adalah korban pendamaian bagi dosa-dosa kita. Ia adalah Pengantara Agung yang melalui-Nya kita menerima belas kasihan dan kemurahan Allah. Maka Ialah sesungguhnya Pendiri, Pemimpin, dan juga Penyempurnaan iman kita.” Ellen G. White, Manuscript Releases, jld. 9, hlm. 302.

44 Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 1, hlm. 422
KUTIPAN ROH NUBUAT “Darah Kristus, sementara harus membebaskan orang berdosa yang bertobat dari tuntutan hukum, itu tidaklah menghapuskan dosa; dosa akan tetap tercatat di dalam Bait Suci sampai penebusan yang terakhir, demikian juga di dalam upacara simbolis darah korban karena dosa memindahkan dosa dari orang bertobat, tetapi itu tetap ada di dalam Bait Suci sampai kepada Hari Pendamaian.” Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 1, hlm. 422

45 RANGKUMAN Korban Penghapus Dosa membayangkan jalan oleh mana orang berdosa yang bertobat menerima pengampunan melalui pengorbanan dan pelayanan keimamatan Kristus. Itu juga melambangkan jalan oleh mana Bait Suci Surgawi dicemarkan oleh catatan pengampunan dosa

46 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? Pelajaran Aplikasi Masalah Keputusan Kita harus menghargai pekerjaan Yesus untuk menyelamatkan kita dan mendamaikan kita melalui acara korban penghapus dosa yang dalam sistem Bait Suci dduniawi yang melambangkan pengampunan yang dilakukan oleh Yesus di sallib Dengan disalibkannya Kristus, maka dosa yang seharusnya kita tanggung sudah dipindahkan kepada Kristus hal ini dilambangkan oleh penumpangan tangan dari orang yang mengadakan korban penghapus dosa kepada hewan yang melambangkan Krisstus dan kemudian menyembelih hewan itu oleh dirinya sendiri Saya tidak menyadari hal ini. Minggu depan ini saya berusaha melalui pertolongan Roh Kudus dan belajar Alkitab untuk mengalami pengampunan dosa dengan menjadikan Kristus menjadi oknum yang menguasai segala aspek kehidupan saya.

47 SIAGA! Model Mengajar “SIAGA” www.rwsagala.com rsagala@gmail.com
SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA” Efektif untuk Kelompok Kecil


Download ppt "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google