Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FAJAR DWI PRASETYA, 5250306009 ANALISIS SISTEM MEKANISME KATUP PADA TOYOTA KIJANG 5K.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FAJAR DWI PRASETYA, 5250306009 ANALISIS SISTEM MEKANISME KATUP PADA TOYOTA KIJANG 5K."— Transcript presentasi:

1 FAJAR DWI PRASETYA, ANALISIS SISTEM MEKANISME KATUP PADA TOYOTA KIJANG 5K

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : FAJAR DWI PRASETYA - NIM : PRODI : Teknik Mesin (Otomotif) - JURUSAN : Teknik Mesin - FAKULTAS : Teknik - bivor_sunrise pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. M. Khumaedi, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : - TGL UJIAN :

3 Judul ANALISIS SISTEM MEKANISME KATUP PADA TOYOTA KIJANG 5K

4 Abstrak Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui komponen dan prinsip kerja mekanisme katup pada Toyota Kijang 5K, mengetahui besar sudut pembukaan dan penutupan katup, menganalisis penyebab gangguan yang terjadi pada komponen sistem mekanisme katup dan bagaimana cara mengatasinya. Mekanisme katup pada Toyota Kijang 5K ini menggunakan mekanisme katup tipe OHV (Over Head Valve) yang digerakkan dengan timing chain. Komponen mekanisme katup ini antara lain: katup (valve), dudukan katup, penghantar katup (valve guide), pegas katup (valve spring), pengangkat katup (valve lifter), poras nok (chamshaf), batang penekan (push rod), rocker arm. Besar sudut pembukaan katup hisap diperoleh 17º sebelum TMA dan menutup 50º setelah TMB, sedangkan sudut pembukaan katup buang diperoleh 47º sebelum TMB dan menutup 20º setelah TMA. Gangguan-gangguan yang sering terjadi pada mekanisme katup mesin Toyota Kijang 5K antara lain: celah katup terlalu lebar atau terlalu sempit cara mengatasinya dengan melakukan penyetelan ulang sesuai dengan ukuran standar spesifikasinya, sudut pembukaan dan penutupan katup kecil cara mengatasinya dengan melakukan penggantian poros nok bila sudah melewati batas limit pemakaian, posisi persinggungan katup dengan dudukan katup tidak rata dan tidak rapat cara mengatasinya dengan menggerinda dudukan katup dan melakukan penyekuran, tegangan pegas lemah cara mengatasinya dengan mengganti pegas katup, keausan pada komponen mekanisme katup cara mengatasinya dengan melakukan penggantian pada komponen yang mengalami keausan. Perawatan dan perbaikan secara rutin perlu dilakukan agar tidak menimbulkan dampak kerusakan pada komponen-komponen sistem mekanisme katup maupun pada sistem yang lain. Penggantian komponen-komponen sistem mekanisme katup harus dilakukan bila komponen-komponen tersebut sudah tidak dapat diperbaiki lagi atau melebihi limit pemakaian. Penggunaan oli yang berkualitas sangat diperlukan untuk melumasi mesin

5 Kata Kunci

6 Referensi Anonim “New Step 1 Training Manual”. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor. ……… “Step 2 Engine Group”. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor “Pedoman Reparasi Mesin Seri K”. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor. ……… “Pedoman Reparasi Mesin Seri 5K, 7K”. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor. Reynolds William. C “Engineering Thermodynamics”. Jakarta: Erlangga.

7 Terima Kasih


Download ppt "FAJAR DWI PRASETYA, 5250306009 ANALISIS SISTEM MEKANISME KATUP PADA TOYOTA KIJANG 5K."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google