Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E ECHOCARDIOGRAPY DWI PUTRI FAUSIA D411 08 320. PENGERTIAN Echocardiograpy merupakan prosedur diagnostik yang menggunakan gelombang suara ultrasound dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E ECHOCARDIOGRAPY DWI PUTRI FAUSIA D411 08 320. PENGERTIAN Echocardiograpy merupakan prosedur diagnostik yang menggunakan gelombang suara ultrasound dengan."— Transcript presentasi:

1 E ECHOCARDIOGRAPY DWI PUTRI FAUSIA D

2 PENGERTIAN Echocardiograpy merupakan prosedur diagnostik yang menggunakan gelombang suara ultrasound dengan frekuensi 2-6 MHz untuk mengamati struktur jantung dan pembuluh darah, serta menilai fungsi jantung.

3 Adapun indikasi dilakukannya ekokardiografi yakni: Penyakit katup jantung atau bagi pasien yang pada pemeriksaan fisik ditemukan adanya bising jantung (mur-mur), Kondisi dimana ada dugaan adanya penyakit jantung bawaan. Valuasi kondisi Aorta. Dugaan adanya hipertensi pulmonal, emboli paru, pembesaran jantung pada pemeriksaan toraks foto atau pada pemeriksaan fisik, dugaan adanya efusi perikard. Gagal jantung, Adanya aritmia, untuk menilai adanya faktor pencetus intrakardiak, Evaluasi fungsi jantung pada pemakaian obat, Sebagai guidance/pemandu dalam tindakan fungsi perikard, pemasangan alat pacu jantung dan lain sebagainya.

4 SEJARAH ECG Tahun 1880 : ditemukan oleh Pierre dan Jacques Curie tahun 1954 : Inge Edler dan Hellmuth Hertz pertama kali mendemonstrasikan pencatatan terus menerus gerakan dinding jantung dengan alat sonar Tahun 1972 : Harvey Feigenbaum membuat buku “Ekokardiografi”

5 Pemeriksaan Echocardiograpy 1.Seorang operator akan menaruh cairan (jelly) khusus pada bagian atas probe dan akan meletakkan diatas wilayah dada. 2.Dengan menggunakan gelombang suara Ultra-High-Frequency akan menggambil gambar dari hati anda serta klep (valve) jantung anda, pada penggunaan alat ini tak akan menggunakan sinar-X. 3.Pergerakan (denyut) dari jantung atau hati anda dapat dilihat pada suatu layar video. Sebuah video atau foto dapat membuat gambar dari pergerakan (denyut) tadi. Anda dapat pula mengamatinya pada saat test ini berlangsung, dan biasanya mengambil waktu kurang lebih menit. 4.Dalam test ini anda tak akan merasa sakit dan tidak mempunyai efek samping. 5.Selanjutnya dokter akan memberitahukan hasil pemeriksaan tersebut. 6.Gelombang suara tadi akan mengambil gambar hati atau jantung anda secara jelas dan ketika pemeriksaan telah selesai maka operator tadi akan mencabut probe yang sebelumnya digunakan untuk melihat pergerakan hati atau jantung anda. 7.Setelah itu anda akan menunjukkan tanda-tanda ingin batuk, sebagai tanda bahwa pemeriksaan telah selesai.

6 Gambar ECHOCARDIOGRAPY

7 Jenis Ecocardiography 1.Transthoracal Echocardiography (TTE) 2.Transsesophageal Echocardiography (TEE) 3.Stress Echocargraphy 4.Fedal Echocargraphy (janin)

8 Arsitektur Echocardiography (iE33 xSTREAM) Live 3D Echo Live xPlane imaging SonoCT XRES image processing

9 Ie33 xSTREAM adalah suatu sistem yang memproses berbagai data secara bersamaan dan terus menerus, yang tergabung dalam sebuah multiprocessor yang memiliki kemampuan sampai 250 milyar operasi per detik yang dilakukan secara fleksibel dan terstruktur, arsitektur echocardiography jenis xSTREAM dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang berhubungan dengan aplikasi dalam bidang klinis, alat ini pula terdiri dari suatu layar (Philiphs) Echo 3D dan xPlane images bersama dengan SonoCT dan xRes images yang memiliki kemampuan untuk memproses suatu data berupa image (gambar).

10 Layar (Philips) Echo 3D Merupakan generasi keempat layar (Philips) yang secara keseluruhan disample dengan menggunakan matriks, alat ini menyediakan tampilan 3D realtime. Arsitektur Xstream yang kuat memungkinkan didapatkan manipulasi dan hitungan dari data volume. SonoCT real-time image SonoCT memperoleh dan memproses sampai sembilan garis dan bentuk untuk menampilkan gambaran vaskuler yang bebas dari pecahan dan artifact. XRES image processing XRES image processing adalah suatu algoritma yang mampu melaksanakan analisa yang realtime serta memperbaiki image (gambar) sepanjang area dada secara keseluruhan.

11 blok Diagram Echocardiography

12 Bagan Prinsip dari Real-Time Komputer Based Scanner


Download ppt "E ECHOCARDIOGRAPY DWI PUTRI FAUSIA D411 08 320. PENGERTIAN Echocardiograpy merupakan prosedur diagnostik yang menggunakan gelombang suara ultrasound dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google