Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MOCH NASICH ANATOMI SISTEM SIRKULASI. Pendahuluan Sistem sirkulasi terdiri dari jantung, vena, pembuluh kapiler, arteri, pembuluh getah bening, dan kelenjar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MOCH NASICH ANATOMI SISTEM SIRKULASI. Pendahuluan Sistem sirkulasi terdiri dari jantung, vena, pembuluh kapiler, arteri, pembuluh getah bening, dan kelenjar."— Transcript presentasi:

1 MOCH NASICH ANATOMI SISTEM SIRKULASI

2 Pendahuluan Sistem sirkulasi terdiri dari jantung, vena, pembuluh kapiler, arteri, pembuluh getah bening, dan kelenjar getah bening, yang bekerja sama untuk memasok zat makanan dan oksigen serta pembuangan zat sisa metabolisme jaringan tubuh

3 APA FUNGSI SISTEM SIRKULASI ?

4 Fungsi Sistem Sirkulasi: Mendistribusikan zat pakan, Mengedarkan dan menukar oksigen dengan karbon dioksida, Membuang material sisa metabolisme, Mengedarkan hormon, Mencegah pendarahan yang berlebihan

5 Anatomi jantung Jantung adalah berbentuk corong, berongga, organ berotot yang bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jantung terletak di dekat pusat rongga dada antara paru-paru dan terbungkus kantung perikardial

6

7

8

9

10 Kantung perikardial mendukung jantung dan berisi beberapa cairan untuk pelumasan. Pangkal luas dari jantung dimungkinkan untuk mendukung arteri yang besar dan vena. Ujung runcing, atau puncak, jantung mengarah keperut. Anatomi Jantung

11 Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan. Epicardium – lapisan luar dari dinding jantung, yang juga merupakan lapisan dalam dari epicardial kantung Myocardium – lapisan tengah terdiri dari otot jantung Endocardium –lapisan dalam yang terdiri sel endothelial, termasuk garis hati, meliputi katup jantung dan garis2 pembuluh darah.

12

13 2 3 1

14 Pada mamalia dan burung, jantung dibagi menjadi sisi kanan dan kiri dan setiap sisi dibagi menjadi sebuah atrium dan ventrikel. Oleh karena itu, jantung dikatakan memiliki empat ruang (atrium kanan, ventrikel kanan, atrium kiri dan ventrikel kiri).

15

16

17

18

19

20 Katup atrioventrikular (AV valve) memisahkan atrium dan ventrikel pada setiap sisi jantung. Katup AV memiliki jaringan klep, yang membuka dan menutup untuk memastikan bahwa darah hanya mengalir ke satu arah dan tidak balik ke dalam atrium.

21 Katup AV di sisi kanan jantung disebut katup trikuspidalis karena memiliki tiga leaflet (katup). Katup AV di sisi kiri jantung disebut katup bikuspidalis (katup mitral) karena memiliki dua selebaran.

22

23


Download ppt "MOCH NASICH ANATOMI SISTEM SIRKULASI. Pendahuluan Sistem sirkulasi terdiri dari jantung, vena, pembuluh kapiler, arteri, pembuluh getah bening, dan kelenjar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google