Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Flu Babi (Swine Influenza / Pig Flu) By. Dr. Irwan Ramli, MKK EESH Group PT. LG Electronics Indonesia - Tangerang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Flu Babi (Swine Influenza / Pig Flu) By. Dr. Irwan Ramli, MKK EESH Group PT. LG Electronics Indonesia - Tangerang."— Transcript presentasi:

1 Flu Babi (Swine Influenza / Pig Flu) By. Dr. Irwan Ramli, MKK EESH Group PT. LG Electronics Indonesia - Tangerang

2 Pendahuluan Virus influenza A (H1N1)/ flu babi menggetarkan banyak negara karena penyebarannya sudah sampai antar manusia. Virus influenza A (H1N1) / flu babi menggetarkan banyak negara karena penyebarannya sudah sampai antar manusia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutnya sebagai fase ke-6 (Pandemi  Melewati Benua Amerika). Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutnya sebagai fase ke-6 (Pandemi  Melewati Benua Amerika). Jumat (1 Mei 2009), situasi memburuk. Sebanyak 11 negara secara resmi melaporkan setidaknya ± 331 kasus infeksi influenza A (H1N1) setelah sebelumnya mencapai 257 kasus. Jumat (1 Mei 2009), situasi memburuk. Sebanyak 11 negara secara resmi melaporkan setidaknya ± 331 kasus infeksi influenza A (H1N1) setelah sebelumnya mencapai 257 kasus. Selasa (5 Mei 2009) Sebanyak ± 1124 kasus terinfeksi virus influenza A (H1N1) dari 25 Negara Selasa (5 Mei 2009) Sebanyak ± 1124 kasus terinfeksi virus influenza A (H1N1) dari 25 Negara Sumber : Kompas.Com Kompas.Com WHO.Com WHO.Com

3 Kasus Meksiko melaporkan ± 776 kasus infeksi pada manusia, termasuk 26 orang meninggal Meksiko melaporkan ± 776 kasus infeksi pada manusia, termasuk 26 orang meninggal Pemerintah Amerika Serikat, berdasar pemeriksaan laboratorium, melaporkan 160 kasus, termasuk 1 kematian (Texas) Pemerintah Amerika Serikat, berdasar pemeriksaan laboratorium, melaporkan 160 kasus, termasuk 1 kematian (Texas) Austria terdapat 1 kasus, Kanada 51 kasus, Jerman 6 kasus, Israel 3 kasus, Belanda 1 kasus, Denmark 1 kasus, New Zealand 3 kasus, Spanyol 13 kasus, Switzerland 1 kasus, Inggris 27 kasus, Hongkong, Korea & Cina 1 kasus Austria terdapat 1 kasus, Kanada 51 kasus, Jerman 6 kasus, Israel 3 kasus, Belanda 1 kasus, Denmark 1 kasus, New Zealand 3 kasus, Spanyol 13 kasus, Switzerland 1 kasus, Inggris 27 kasus, Hongkong, Korea & Cina 1 kasus Sumber : Kompas.Com WHO ( 2 Mei 2009) Metro TV (5 Mei 2009)

4 Laporan Kasus Swine Flu Di Amerika Utara

5 Flu babi sendiri awalnya merupakan penyakit virus yang mengenai saluran pernapasan babi Flu babi sendiri awalnya merupakan penyakit virus yang mengenai saluran pernapasan babi Angka kesakitan karena penyakit ini sangat tinggi, sedangkan angka kematian karena penyakit ini tergolong rendah yaitu (1- 4%). Angka kesakitan karena penyakit ini sangat tinggi, sedangkan angka kematian karena penyakit ini tergolong rendah yaitu (1- 4%).

6 Penyakit ini biasanya banyak terjadi pada negara dengan 4 musim. Penyakit ini biasanya banyak terjadi pada negara dengan 4 musim.  Dimana penyakit ini biasanya terjadi pada musim gugur dan dingin. Kemungkinan virus H1N1 tidak akan mampu hidup di daerah tropis seperti Indonesia, sedangkan H1N1 biasanya hidup di daerah empat musim (kecuali pada saat musim semi dan panas) Kemungkinan virus H1N1 tidak akan mampu hidup di daerah tropis seperti Indonesia, sedangkan H1N1 biasanya hidup di daerah empat musim (kecuali pada saat musim semi dan panas) Sumber :

7 Menurut Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Prof Dr dr Cissy RS Prawira SpA(K) MScvirus H5N1 (Flu Burung)jauh lebih berbahayadaripada virus H1N1, terutama di Indonesia (jika dilihat dari angka kematianya). Menurut Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Prof Dr dr Cissy RS Prawira SpA(K) MSc, virus H5N1 (Flu Burung) jauh lebih berbahaya daripada virus H1N1, terutama di Indonesia (jika dilihat dari angka kematianya). Sumber :

8 Bagaimana Cara Menular Flu Babi Berkontak dengan penderita atau babi sedang sakit orangorang Dari orang ke orang melalui :  Secretions  Secretions (proses pengeluaran) dari mulut dan hidung (batuk, bersin, berbicara, bernyanyi) Kontak Langsung  atau Kontak Langsung (tangan terkena lendir / ludah / bersin pasien) 2003 Tewas 257 orang dari 421 penderita di 15 negara di 15 negara

9

10 Sangat contagious / menular (3-7 hari setelah gejala awal) Sangat contagious / menular (3-7 hari setelah gejala awal) Risiko yang lebih tinggi jika terjadi di ruang tertutup Risiko yang lebih tinggi jika terjadi di ruang tertutup  kamar, nurseries / ruang perawatan, sekolah,  Perawatan di rumah, ruang darurat, dll). Dapat menjadi epidemi/pandemi ke seluruh dunia dalam waktu 3 sampai 6 bulan Dapat menjadi epidemi/pandemi ke seluruh dunia dalam waktu 3 sampai 6 bulan.

11 Penyebab Virus influenza A subtipe H1N1 yang dapat ditularkan melalui binatang  terutama babi, Virus influenza A subtipe H1N1 yang dapat ditularkan melalui binatang  terutama babi, Virus ini juga menginfeksi manusia. Virus ini juga menginfeksi manusia. Dan ada kemungkinan penularan antar manusia Dan ada kemungkinan penularan antar manusia Sebagian besar virus flu babi merupakan turunan virus H1N1, namun ada beberapa turunan virus ditemukan pada babi seperti H1N2, H3N1, H3N2. Sebagian besar virus flu babi merupakan turunan virus H1N1, namun ada beberapa turunan virus ditemukan pada babi seperti H1N2, H3N1, H3N2. Babi juga dapat terinfeksi virus flu burung dan flu manusia. Babi juga dapat terinfeksi virus flu burung dan flu manusia. Virus-virus itu bahkan dapat menyerang secara bersamaan dan menciptakan mutasi rantai virus baru. Virus-virus itu bahkan dapat menyerang secara bersamaan dan menciptakan mutasi rantai virus baru.

12 The Centers for Disease Control and Prevention AS  sampel virus yang di Meksiko cocok dengan virus yang ditemukan di Amerika, virus ini merupakan campuran dari : The Centers for Disease Control and Prevention AS  sampel virus yang di Meksiko cocok dengan virus yang ditemukan di Amerika, virus ini merupakan campuran dari :  Virus pada manusia  Virus burung dari Amerika Utara  Virus babi dari Amerika Utara, Eropa dan Asia Virus A (H1N1) biasa ditemukan pada manusia dan hewan terutama babi tetapi keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Begitu juga dengan virus flu burung H5N1 meskipun sama-sama virus influenza Virus A (H1N1) biasa ditemukan pada manusia dan hewan terutama babi tetapi keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Begitu juga dengan virus flu burung H5N1 meskipun sama-sama virus influenza

13 TANDA DAN GEJALA = Flu Manusia / influenza ( Influenza Like Ilness – ILI ) = Flu Manusia / influenza ( Influenza Like Ilness – ILI ) Keluhan yang dialami oleh penderita penyakit sangat bervariasi dari tidak bergejala sampai gejala yang sangat berat, antara lain gejala-gejala tersebut adalah : Keluhan yang dialami oleh penderita penyakit sangat bervariasi dari tidak bergejala sampai gejala yang sangat berat, antara lain gejala-gejala tersebut adalah :  Demam > 38 º C  Batuk atau sering batuk  Hidung tersumbat / sengau  Sakit tenggorokan  Sakit kepala  Diare  Menggigil  Lemas dan kelelahan berlebihan  Kurang nafsu makan  Sakit pada otot dan sendi  Lain-lain rasa tidak enak

14 Pencegahan Preventif Preventif  Menjaga perilaku hidup bersih dan sehat  Bersin / Batuk  Tutupi hidung dan mulut dengan tisue. Kemudian buang tisu itu ke kotak sampah.  Sering mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, terutama setelah Anda batuk atau bersin.  Jangan menyentuh mulut, hidung atau mulut Anda dengan tangan saat bersin atau batuk  Hindari kontak atau berdekatan dengan orang yang sakit flu. Sebab influenza umumnya menyebar lewat orang ke orang melalui batuk atau bersin penderita  Bagi Anda yang mengkonsumsi daging babi, masaklah dengan cara yang aman. Masak paling tidak dengan suhu > 71 º Celsius

15 Kuratif Kuratif  Jika Anda sakit flu  Minum Obat Flu Tidak sembuh 1 x 24 Jam  Berobat Vaksinasi Influenza Masker

16 Cuci Tangan

17 Obat Anti Virus Obat Anti Virus 2 jenis : 1. Adamantanes Resisten / Imun (amantadine dan remantadine)  AS Resisten / Imun 2. Antineuraminidase influenza Sensitif (oseltamivir dan zanamivir)  AS  Sensitif Contoh :  Tamiflu (Roche)  Relenza (GSK),

18 Vaksin Swine Flu Belum Ada Vaksin yang saat ini sedang dikembangkan Novatax oleh Novartis yaitu Novatax

19 Referensi Swine Influenza Centers for Disease Control and Prevention (CDC) : Centers for Disease Control and Prevention (CDC) : Swine Flu Info - Swine Flu Info - WHO - Swine influenza - Statement by WHO Director-General, Dr Margaret Chan : WHO - Swine influenza - Statement by WHO Director-General, Dr Margaret Chan : WHO - Disease Outbreak News : WHO - Disease Outbreak News : WHO - Swine Influenza FAQ : WHO - Swine Influenza FAQ : FDA News - FDA Authorizes Emergency Use of Influenza Medicines, Diagnostic Test in Response to Swine Flu Outbreak in Humans : FDA News - FDA Authorizes Emergency Use of Influenza Medicines, Diagnostic Test in Response to Swine Flu Outbreak in Humans : Swine Influenza (Flu) : Swine Influenza (Flu) : Swine Influenza from Wikipedia : Swine Influenza from Wikipedia : Swine Flu Q&A : Swine Flu Q&A : Swine Flu from Medline Plus : Swine Flu from Medline Plus :


Download ppt "Flu Babi (Swine Influenza / Pig Flu) By. Dr. Irwan Ramli, MKK EESH Group PT. LG Electronics Indonesia - Tangerang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google