Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ETIKA DI PASAR  Pasar : forum dimana orang-orang berkumpul dengan tujuan untuk mempertukarkan kepemilikan barang/uang.  Persaingan : persaingan antara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ETIKA DI PASAR  Pasar : forum dimana orang-orang berkumpul dengan tujuan untuk mempertukarkan kepemilikan barang/uang.  Persaingan : persaingan antara."— Transcript presentasi:

1

2 ETIKA DI PASAR  Pasar : forum dimana orang-orang berkumpul dengan tujuan untuk mempertukarkan kepemilikan barang/uang.  Persaingan : persaingan antara dua / lebih pihak untuk memperoleh sesuatu yg hanya bisa dimiliki salah satu dari mereka.  Tiga tingkat persaingan dalam Pasar :  Persaingan Sempurna  Monopoli  Oligopoli

3 7 karakteristik pasar bebas dengan persaingan sempurna :  Jumlah pembeli & penjual relatif banyak, dan tidak ada seorang pun yang memiliki pangsa pasar yg relatif substansial.  Semua pembeli & penjual bebas memasuki pasar  Setiap penjual & pembeli mengetahui sepenuhnya apa yg dilakukan oleh penjual & pembeli lainnya, termasuk informasi tentang harga, jumlah dan kualitas semua barang yg diperjualbelikan.  Barang-barang yang dijual di pasar sangat mirip satu sama lain sehingga tidak ada seorang pun yang peduli dari mana mereka membeli/menjualnya.  Biaya dan keuntungan memproduksi/menggunakan barang barang yang dipertukarkan sepenuhnya ditanggung oleh pihak-pihak yang membeli & menjual barang-barang tersebut, bukan pihak lain.  Semua pembeli & penjual adalah pemaksimal utilitas = semuanya berusaha untuk memperoleh sebanyak mungkin dengan membayar sesedikit mungkin.  Tidak ada pihak luar (misal pemerintah) yang mengatur harga, jumlah, kualitas dari barang barang yang diperjualbelikan di pasar.

4 Pasar bebas yang kompetitif juga memerlukan :  Sistem properti pribadi yang diakui : jika tidak, pembeli dan penjual tidak akan mungkin bisa memiliki hak utuk melakukan pertukaran  Sistem kontrak : yang memungkinkan penjual & pembeli untuk mencapai kesepakatan guna mengalihkan kepemilikan  Sistem produksi : yang menghasilkan barang/jasa yang kepemilikannya bisa dipertukarkan

5 Pasar mampu mencapai 3 kriteria moral bila :  Mendorong pembeli & penjual mempertukarkan barang dalam cara yg adil (Keadilan)  Memaksimalkan utilitas pembeli & penjual dengan mendorong mereka mengalokasikan, menggunakan dan mendistribusikan barang-barang dengan efisiensi sempurna (Utilitas)  Mencapai tujuan-tujuan dengan cara menghargai hak pembeli & penjual untuk melakukan pertukaran secara bebas. (Hak)

6  FAKTA :  “ HANYA SEBUAH KONSTRUK TEORITIS DARI PARA EKONOM YANG SESUNGGUHNYA TIDAK ADA”

7 Pasar ini tidak mendukung keadilan lain. Hanya memaksimalkan utilitas untuk orang-orang yang mampu berpartisipasi didalamnya sesuai dengan batas anggaran mereka Mendukung hak (-) tertentu bagi pihak-pihak yang terlibat didalamnya, namun sesungguhnya pasar semacam ini menekan hak (+) dari orang-orang di luar (mis: orang yang tidak mampu bersaing) atau orang yang berpartisipasi minim. Mengabaikan dan bahkan berkonflik dengan kewajiban untuk meberikan perhatian. Memberikan pengaruh buruk pada karakter moral individu.

8 One seller High entry barriers ; Penjual lain tdk bisa masuk Quantity below equilibrium Prices above equilibrium and supply curve ; Harga yg tinggi melanggar keadilan kapitalis. Can extract monopoly profit Monopoli bisa diciptakan melalui merger

9 PASAR SANGAT TERKONSENTRASI PASAR DIDOMINASI OLEH BEBERAPA PERUSAHAAN BESAR ( 4 – 8 PERUSAHAAN) “From an ethical point of view, big business is always bad business.” Discuss the pros and cons of this statemen

10 Penetapan harga Manipulasi persediaan : Perusahaan oligopoli bersama-sama menyepakati untuk membatasi produksi Perjanjian eksklusif : melarang pengecer membeli produk lain dari perusahaan lain atau tidak akan menjual di wilayah geografis tertentu. Perjanjian mengikat : menjual barang dalam jumlah tertentu pada pembeli hanya jika pembeli tersebut membeli barang lain dari perusahaan yang sama. Perjanjian penetapan harga pengecer Diskriminasi harga : Menetapkan harga yang berbeda pada pembeli yang berbeda untuk barang yang sama.

11 MEMAINKAN MONOPOLI : MICROSOFT

12  1979 – Apple Computer masuk pasar PC  1978 – Gates & Allen membuat software untuk Apple II  1979 – VisiCalc untuk Apple II & MS Word untuk Microsoft  1980 – IBM masuk pasar PC, selain Radio Shack, Commodore, COMPAQ, AT&T, dan Wang.

13  Sistem operasi adalah salah satu komponen penting yang diperlukan PC IBM untuk dapat mengijinkan program aplikasi dijalankan.  Sebagian besar perusahaan komputer mengembangkan sendiri sistem operasi mereka.

14  CP/M adalah salah satu sistem operasi yang populer saat itu.  IBM melakukan pendekatan ke pembuat CP/M namun ditolak membeli lisensinya.  Bill Gates (Microsoft) mengembangkan sistem operasi mirip CP/M yg dibeli dari seseorang & memberi nama menjadi MS-DOS

15  Microsoft memberikan lisensi MS-DOS kepada IBM dengan syarat boleh juga memberikan ke perusahaan PC lainnya.  IBM meningkatkan produksi PC menjadi 40 persen pada Diikuti perusahaan PC lain.  MS-DOS menjadi sistem operasi standar untuk PC yang dirakit berdasarkan standar IBM

16  MS-DOS semakin populer karena semua pembuat program aplikasi lebih suka membuat program untuk MS-DOS yang banyak digunakan disetiap PC.  Akhirnya tercipta ‘lingkaran suci’ tentang kebutuhan MS- DOS semakin banyak.  Penggunaan sistem operasi CP/M, Atari atau Commodore berkurang.

17  1984 – Apple mengembangkan inovasi sistem operasi dengan menu pull-down dan menggunakan mouse.  1987 – Microsoft menjual Windows untuk IBM-PC compatible yang meniru inovasi Apple.  Apple menuntut Microsoft Apple kalah dan pangsa pasarnya lenyap.

18  Versi awal Windows masih butuh MS-DOS  1995 – Microsoft membuat Windows 95.  1998 – Microsoft membuat Windows 98.  2000 – membuat Windows Millenium.  90 persen pasar sistem operasi dikuasai Microsoft – terjadi sebuah monopoli virtual.

19  Netscape – browser Internet, mirip seperti sebuah sistem operasi.  Java – bahasa pemrograman komputer  1994 – Netscape menjual browser bernama Navigator.  Meraih 70 persen pasar browser.  Bill Gates menulis memo internal: Pesaing baru adalah Netscape.

20  Java dikembangkan oleh Sun Microsystems pada Mei  Java dapat dijalankan pada semua komputer dan berfungsi sebagai sistem operasi.  September 1996 Bill Gates menulis tentang Java yang sangat menakutkan.

21  Eksekutif Microsoft menemui Netscape untuk meminta hak penyediaan browser bagi komputer yg pakai Windows. Sedangkan Netscape hanya berhak untuk komputer lain yg pakai operasi Apple & OS/2. Netscape menolak.  Dibalas Microsoft dg tidak memberi kode-kode Windows 95.

22  Spyglass Inc mengeluh setelah menjual lisensi browser disingkirkan Microsoft.  1997, Christian Wildfeuer usul pakai sistem operasi Windows untuk memaksa user menggunakan Internet Explorer dan bukan Navigator ex Netscape.  Windows 98 bahkan lebih jauh lagi user sulit menghapus Internet Explorer.

23  Bahkan meskipun sudah uninstall program IE ini masih ada disaat menjalankan perintah tertentu.  Windows tidak men-support penggunaan browser Netscape.  Sun Microsystems menjual lisensi Java ke Microsoft. Namun diubah versinya sehingga Java biasa tidak kompatible dg Windows kecuali versinya Microsoft.

24  Developer software Java beralih ke Java Microsoft bukan ke Java nya Sun. Karena Java nya Sun tidak dapat berfungsi di Windows.  Microsoft memberikan layanan teknis jika developer mengembangkan Java Microsoft.

25  Memaksa rekanan Microsoft untuk tidak memberi lisensi dan menjual produk software yg bersaing dg Microsoft.  Mengikat browser-nya dg IE dg Windows  Pembeli Windows otomatis membeli IE.  Memaksa perusahaan komputer yg memakai Windows menjadikan IE sebagai ‘default’.  Strategi ‘predator’ untuk mempertahankan monopolinya.

26  2000 – Perusahaan dipecah dua: Menjual sistem operasi, dan Menjual sistem operasi, dan Menjual program Microsoft yg lainnya. Menjual program Microsoft yg lainnya.  Dua perusahaan tidak saling memberi informasi teknis.  Tidak boleh mengancam perusahaan komputer yang menggunakan produk pesaing Microsoft.  Mengijinkan semua perusahaan komputer untuk menghapus aplikasi Microsoft dari sistem Windows.

27  Kebijakan Microsoft bertujuan untuk harga yang murah, output tinggi, dan inovasi yang cepat.  Memberikan IE gratis bersama dg sistem operasi Windows.  Java diubah agar membantu konsumen mendapat manfaat lebih banyak lagi.

28

29 Tindakan-tindakan yang patut dipertanyakan dalam sejarah Microsoft? Evaluasi etika dari tindakan-tindakan tersebut. Tindakan-tindakan  Membeli sebuah sistem operasi “tiruan CP/M” tanpa memberitahu bahwa program tersebut untuk memenuhi permintaan IBM.  menciptakan “Windows” yang meniru sistem operasi Apple.  Mengembangkan browser “Internet Explorer” dengan meminjam program yang telah dibeli lisensinya dari Spyglass Inc., dan memasukkan berbagai fitur Nestcape kedalamnya.  Membeli hak lisensi dan distribusi Java dari Sun Microsystems. Kemudian memodifikasinya menjadi “Java Microsoft” sehingga tidak memungkinkan bagi program Java biasa dijalankan.  Mengharuskan pembuat PC yang ingin menggunakan Windows untuk tidak menghapus Internet Explorer dan diberi potongan harga. Evaluasi etika  Microsoft selaku pembeli mempertukarkan barang tidak dalam cara yg adil. hanya memaksimalkan utilitasnya sendiri.  Plagiat  Melanggar hak property  Melakukan perjanjian ekslusif  Melakukan praktek monopoli

30 Karakteristik-karakteristik industri perangkat lunak apa saja yang menciptakan pasar monopoli yang dinikmati sistem operasi Microsoft?  Produk industri perangkat lunak dilindungi undang-undang hak cipta. Untuk melindungi investasinya, perusahaan peranti lunak dapat meminta hak cipta atas peranti lunaknya, yang berarti U.S. Copyright Office memberikan hak ekslusif bagi perusahaan tersebut untuk memproduksi, mempublikasikan, dan menjual peranti lunak tersebut.  Ciri pasar monopoli: (a) hanya memilki satu penjual dan memilik pangsa pasar yang substansial; (b) pasar dimana penjual lain tidak bisa masuk. Ada berbagai hambatan yang mencegah masuknya pembeli lain misalnya peraturan tentang hak paten, yang hanya memberikan hak pada penjual tertentu untuk memroduksi suatu komoditas, atau biaya modal yang tinggi yang memberatkan penjual baru untuk mengawali bisnis.

31 Evaluasi pasar ini dalam kaitannya dengan dengan prinsip utilitarian, hak dan keadilan ?  Pasar monopoli menimbulkan ketidakadilan kapitalis, efisiensi ekonomi, dan juga tidak menghargai hak-hak negatif yang dicapai dalam persaingan sempurna.  Dengan demikian pasar monopoli adalah pasar yang menyimpang dari tujuan-tujuan keadilan kapitalis, utilitas ekonomi, dan hak-hak negatif. Pasar monopoli bukannya membentuk kesetimbangan, namun menetapkan harga secara tidak adil pada pembeli dan menghasilkan keuntungan yang sangat besar bagi penjualnya. Pasar monopoli juga tidak memaksimalkan efisiensi, namun malah mendorong pemborosan, kesalahan alokasi sumber daya, dan eksploitasi keuntungan. Pasar monopoli tidak menghormati hak-hak kebebasan, namun malah menciptakan kesenjangan keuasaan yang memungkinkan perusahaan monopoli memaksakan keinginan mereka pada pembeli. Jadi ‘kedaulatan’ konsumen atas pasar diganti oleh produsen.

32 Apakah pemerintah perlu menuntut Microsoft karena melakukan pelanggaran undang- undang antimonopoli? Apakah ‘hukuman’ terakhir hakim Jackson adil bagi Microsoft?  Pemerintah perlu mengajukan tuntutan pelanggaran undang-undang anti monopoli terhadap Microsoft, bahwa perusahaan tersebut telah melakukan pelanggaran terhadap Sherman Antitrust Act karena terlibat pola tindakan persaingan yang dirancang untuk menyingkirkan persaingan, sehingga tidak memberikan pilihan pada konsumen (mengikatkan/mengintegrasikan Internet Explorer dalam sistem operasi Windows).  Hakim Jackson memutuskan Microsoft bersalah dan memerintahkan perusahaan tersebut untuk dipecah menjadi dua: satu untuk pengembangan system operasi dan yang lain untuk mengembangkan dan memasarkan semua program Microsoft lain. Pertimbangan Hakim untuk tidak melarang dan menghentikan tindakan-tindakan illegal adalah karena kekhawatiran berlebihan bahwa dengan keputusan tersebut akan memerlukan pengawasan pemerintah yang cukup besar dan sangat tidak praktis. Keputusan tersebut paling tidak untuk sementara dapat mengatasi permasalahan yang ada dan lebih kepada untuk tetap menjaga kepentingan konsumen agar tidak selalu berada pada posisi yang mempunyai nilai tawar yang lebih rendah.

33 Siapa, Jika ada, yang dirugikan oleh pasar sistem operasi yang dinikmati Microsoft? Kebijakan publik apa, jika ada, yang harus kita miliki dalam menghadapi industri-industri seperti industri sistem operasi?  Pada dasarnya yang paling dirugikan dari kasus ini adalah perusahaan sejenis,dlm kasus ini Java & Netscape. Karena kesulitan untuk memasuki pasar dan keadaan konsumen yang telah terbiasa atau familier dengan software dari Microsoft. Dari segi konsumen kesempatan untuk memilih dan memperoleh pengetahuan dari aplikasi lain terbatas.  Kebijakan publik yang harus mampu mengakomodasi kepentingan semua pihak

34 TERIMA KASIH


Download ppt "ETIKA DI PASAR  Pasar : forum dimana orang-orang berkumpul dengan tujuan untuk mempertukarkan kepemilikan barang/uang.  Persaingan : persaingan antara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google