Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Global Business & Career Susanto Halim(1501166491) Nobel Handika(1501205656) Peby Sanjaya(1501169354) M. Royfayusyar() Armagedon()

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Global Business & Career Susanto Halim(1501166491) Nobel Handika(1501205656) Peby Sanjaya(1501169354) M. Royfayusyar() Armagedon()"— Transcript presentasi:

1 Global Business & Career Susanto Halim( ) Nobel Handika( ) Peby Sanjaya( ) M. Royfayusyar() Armagedon()

2 Pendahuluan ◦ Defenisi bisnis Isi ◦ Bentuk-bentuk usaha ◦ 2 pendekatan utama mencari peluang pasar ◦ Sumber peluang bisnis ◦ Persaingan Internasional dan Perdangan Global ◦ Aspek Daya Saing Global ◦ Daya Saing Berdasarkan Faktor Kesulitan Kerja ◦ Identifikasi Persoalan Daya Saing ◦ Kendala dan Halangan Peningkatan Daya Saing. ◦ Kompetensi Usaha ◦ Tahapan Memulai Bisnis Baru Penutup ◦ Simpulan

3 Bisnis Global? Menurut T. chwee (1990) Bisnis merupaka suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat. Menurut Allan afuah (2004) Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dana menjual barang ataupun jasa agar mendapatkan keuntungan dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat dan ada di dalam industri.

4 Bentuk-bentuk Usaha Perusahaan milik sendiri(soleproprietorship) Persekutuan(partnership) Perusahaan berbadan hukum(corporation)

5 2 Pendekatan Utama Mencari Peluang Pasar Pendekatan Indiside out Pendekatan The out-side in

6 Sumber Peluang Bisnis Surat kabar Laporan periodik tentang perubahan ekonomi Jurnal perdagangan Publikasi pemerintah

7 Persaingan Internasional dan Perdangan Global Persaingan radial Persaingan sentrifugal

8 Aspek Daya Saing Global Kekuatan Ekonomi Dalam Negeri. Kemampuan menembus pasar global. Kebijaksanaan Ekonomi Pemerintah. Keuangan Negara Infrastruktur. Kualitas Sumber Daya Manusia. Penguasaan IPTEK. Manajemen.

9 Daya Saing Berdasarkan Faktor Kesulitan Kerja Bidang yang dikategorikan sangat kompleks dan membutuhkan tingkat pendidikan lebih lanjut (D3.S1,S2,S3,LSTA yang memiliki 10 tahun) : Enterpreneur. Tenaga profesional dibidang engginering. Tenaga profesional dibidang penelitian. Tenaga manajerial. Tenaga administrasi perusahaan.

10 Daya Saing Berdasarkan Faktor Kesulitan Kerja(cont…) Bidang yang dikategorikan kompleks dan memerlukan individu yang telah mempelajari bagian dari sistem (D2,D1 dan LSTA,STK dengan pengalaman): Tenaga Tata Usaha. Operator mesin,teknisi Tenaga penjualan lapangan. Mandor/Supervisi produksi. Montir.

11 Daya Saing Berdasarkan Faktor Kesulitan Kerja(cont…) Bidang yang tingkat kerumitannya masih sederhana yang mengutamakan keinginan untuk berbuat (SLTA,SLTP dan SD): Buruh Kasar. Operator peralatan sederhana. Klerk. Buruh Tani/Nelayan. Pedagang dalam skala kecil.

12 Identifikasi Persoalan Daya Saing Kebijakan Pemerintah Tingkat Pendidikan. Lapangan produktivitas yang ada. Sumber daya alam yang ada. Lingkungan yang menunjang. Pasar barang-barang produksi. Kecerdasan dan Kreatifitas Informasi yang diserap.

13 Kendala dan Halangan Peningkatan Daya Saing. Sistem Pendidikan yang tidak mengacu pada produksi. Sistem Pendidikan yang tidak mengajarkan humaniora. Sistem Pendidikan yang tidak memiliki sistem dan output yang merata. Industri yang membutuhkan tenaga spesifik. Sistem Birokrasi yang berbelt.

14 Kendala dan Halangan Peningkatan Daya Saing(cont…) Kemampuan profesional mahasiswa/I yang belum memadai. Sosial budaya masyarakat tidak mendukung iklim wirausaha. Budaya persaingan rendah Kebijakan dan anggaran pemerintah tidak memihak pemberdayaan sumberdaya manusia. UU dan Peraturan.

15 Kendala dan Halangan Peningkatan Daya Saing(cont…) Skala prioritas. Koordinasi antar instansi. Alokasi Anggaran rendah. Sarana dan Prasarana kurang memadai. Kurangnya stimulus dari pemerintah. Ekonomi Global mengancam ekonomi nasional. Ekonomi nasional tidak mengacu pada potensi daerah.

16 Kompetensi Usaha Menurut Norman Scarborough bahwa kompetensi usaha harus dimiliki oleh seorang wirausaha yaitu: ◦ Kemampuan teknik yaitu bagaimana memproduksi barang dan jasa serta cara menyajikannya. ◦ Kemampuan pemasaran yaitu bagaimana menemukan pasar dan pelanggan serta harga yang tepat. ◦ Kemampuan hubungan yaitu bagaimana cara mencari,memelihara dan mengembangkan relasi,komunikasi dan negosiasi.

17 Tahapan Memulai Bisnis Baru Diawali dengan adanya ide. Mencari sumber dana dan fasilitas barang, uang, dan orang. Sumber dana dari badan keuangan/bank berupa kredit atau orang bersedia sebagai penyandang dana. Obyek bisnis memiliki pasar Memperhatikan peluang pasar sebelum produk diciptakan.

18 Penting Diperhatikan Sebagai Wirausaha Baru Bidang dan jenis usaha yang akan dimasuki. Bentuk usaha dan bentuk kepemilikan yang akan dipilih. Tempat usaha yang akan dipilih. Organisasi Usaha yang akan digunakan Jaminan Usaha yang mungkin diperoleh. Lingkungan Usaha yang akan berpengaruh.

19 Simpulan Di era bisnis global sekarang ini, dibutuhkan pengetahuan, pelatihan & keahlian agar mampu bersaing. Juga dibutuhkan banyak informasi mengenai perkembangan bisnis dan perkembangan ekonomi yang sedang berlangsung.

20 Referensi pengertian-bisnis-menurut.html pengertian-bisnis-menurut.html global.html global.html


Download ppt "Global Business & Career Susanto Halim(1501166491) Nobel Handika(1501205656) Peby Sanjaya(1501169354) M. Royfayusyar() Armagedon()"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google