Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengenang Kecelakaan Fatality Mutiara-135. VICO Indonesia MENGHENINGKAN CIPTA 09 April 2012 09:00 WIB 10:00 WITA Mari kita mengheningkan cipta selama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengenang Kecelakaan Fatality Mutiara-135. VICO Indonesia MENGHENINGKAN CIPTA 09 April 2012 09:00 WIB 10:00 WITA Mari kita mengheningkan cipta selama."— Transcript presentasi:

1 Mengenang Kecelakaan Fatality Mutiara-135

2 VICO Indonesia MENGHENINGKAN CIPTA 09 April :00 WIB 10:00 WITA Mari kita mengheningkan cipta selama satu menit* ) di seluruh kantor dan lokasi kerja untuk mengenang tiga rekan kerja kita yang meninggal dunia di operasi Coiled Tubing Mutiara-135 serta mengingatkan kita bahwa kecelakaan tragis ini dapat dihindari jika SAFETY menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Pengecualian berlaku bagi pekerja yang aktivitasnya tidak bisa dihentikan dengan alasan keselamatan Gunther A. Newcombe President & CEO VICO Indonesia

3 Kecelakaan Kerja yang Mengakibatkan Kematian – Operasi CTU Di M-135 Kronologi: Jam 09:00, Sabtu, 9 April 2011: Saat operasi CTU di Mutiara-135, seorang pekerja berada di atas tangki untuk mengukur ketinggian air di dalam tangki. Karena sesuatu hal, ia masuk ke dalam tangki dan jatuh pingsan karena kekurangan oksigen (asfiksiasi) akibat adanya gas Nitrogen. 5 rekan kerjanya berusaha membantu dengan masuk ke dalam tangki. 3 orang pingsan dalam tangki dan 2 lainnya berhasil keluar. 3 pekerja tidak dapat diselamatkan dan meninggal di lokasi, 3 pekerja lainnya dirawat di rumah sakit. Apa yang Salah: Lemahnya kesadaran terhadap bahaya asfiksiasi oleh gas Nitrogen dalam ruang terbatas. Pelanggaran prosedur – Masuk ke ruang terbatas tanpa izin kerja. Rancangan peralatan yang kurang baik – Tidak ada upaya untuk membuang gas nitrogen sebelum masuk dalam tangki dan tidak adanya indikator pengukur ketinggian cairan dalam tangki. Melakukan penyelamatan tanpa menganalisis risiko dan alat yang sesuai.

4 VICO Indonesia Rekomendasi Dari Kecelakaan Eliminasi keberadaan gas berbahaya di tangki penampung operasi CTU dengan : – Menggunakan gas buster untuk CT cairan dengan Nitrogen – Menggunakan fasilitas produksi atau separator untuk CT cairan dengan Nitrogen dan Hidrokarbon Semua ruang terbatas seperti tangki penampung operasi CTU harus: – Diberikan penghalang untuk masuk (jeruji & gembok). – Tanda peringatan “Masuk Ruang Terbatas, Wajib Ijin Kerja” – Menggunakan indikator pengukur ketinggian cairan. Pastikan pekerja mengerti bahaya gas inert, khususnya dalam ruang terbatas. Sight glass

5 VICO Indonesia Apa yang Dapat Dipelajari Dari Kecelakaan Ini? Identifikasi dan mengerti potensi bahaya dalam lingkungan pekerjaan kita. Selalu patuhi “3 Safety Golden Rules” VICO, juga ketika memberikan pertolongan: – Pikirkan dahulu dan rencanakan – Hentikan segera jika tidak yakin atau tidak aman – Laporkan tindakan dan kondisi tidak aman untuk pembelajaran Selalu patuhi prosedur yang sesuai seperti yang dijelaskan dalam “8 Praktek Standar Keselamatan Kerja” VICO Selalu lakukan pekerjaan dengan alat dan perlengkapan yang sesuai dan benar Selalu ikuti prosedur. Jangan mengambil jalan pintas.

6 VICO Indonesia Mengenang Tiga Rekan Kerja Kita Untuk Mengenang Tiga Rekan Kerja Kita Yang Meninggal Pada Kecelakaan Tragis Saat Pekerjaan Coiled Tubing Operation DiMutiara-135 Saat Pekerjaan Coiled Tubing Operation Di Mutiara-135 Tanggal 09 April 2011 Semua pekerja diharapkan untuk benar-benar menanamkan SAFETY pada kehidupan sehari-hari agar kecelakaan tragis ini tidak akan terjadi lagi dalam operasi kita.

7 VICO Indonesia


Download ppt "Mengenang Kecelakaan Fatality Mutiara-135. VICO Indonesia MENGHENINGKAN CIPTA 09 April 2012 09:00 WIB 10:00 WITA Mari kita mengheningkan cipta selama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google