Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANGGOTA 1. Achmad Faishal Qurtubi(12590009) 2. Fatkhur Roni(12590010) 3. Agung Satriyo(12590 ) 4. Siti Musyarofah( 5. Fidia Ulyah(

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANGGOTA 1. Achmad Faishal Qurtubi(12590009) 2. Fatkhur Roni(12590010) 3. Agung Satriyo(12590 ) 4. Siti Musyarofah( 5. Fidia Ulyah("— Transcript presentasi:

1

2

3 ANGGOTA 1. Achmad Faishal Qurtubi( ) 2. Fatkhur Roni( ) 3. Agung Satriyo(12590 ) 4. Siti Musyarofah( 5. Fidia Ulyah(

4 REVOLUSI KOMPUTER Komputer Mainframe ( one computer many people ) Server, resource, Aplikasi, dll Terminal. Tempat mengakses Komputer Jenis computer ini digunakan dilingkungan ketika sipengguna membutuhkan akses untuk menjalankan program,dan memakai data secara bersama-sama. Resource terpusat, tidak bisa jalan tanpa mainframe/ server

5 REVOLUSI KOMPUTER Personal Computer ( One Person one Computer) Adalah komputer yang bisa digunakan sendirian Tanpa tergantung pada server (Smart Computer)

6 REVOLUSI KOMPUTER Ubiquotious / Pervasive Computer (One Person Many Computer) metode untuk meningkatkan penggunaan komputasi dengan membuat banyak perangkat (layanan) yang tersedia di seluruh lingkungan fisik, serta membuat mereka efektif terlihat oleh pengguna

7 PERVASIVE / UBIQUOTIOUS COMPUTING Komputasi tak Gendhong Kemana-mana (Prof. Soesianto)

8 PERVASIVE / UBIQUOTIOUS COMPUTING Sejarah Latar belakang munculnya ide dasar ubicomp berasal dari sejumlah pengamatan dan studi di PARC terhadap PC, bentuk komputer yang paling dikenal luas oleh masyarakat. PC yang mempunyai kegunaan dan manfaat demikian besar ternyata justru seringkali menghabiskan sumberdaya dan waktu bagi penggunanya, karena PC membuat penggunanya harus tetap berkonsentrasi pada unit yang mereka gunakan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, PC justru membuat mereka terisolasi dari aktifitas lainnya. Dengan kata lain dibanding menghemat sumberdaya dan waktu untuk menyelesaikan sebuah permasalahan, PC justru menambah beban untuk tetap menjaga konsentrasi dan fokus pemikiran kita pada sang alat. Segala fokus dan sumberdaya ini akan tersedot secara berlipat ganda oleh PC apabila terjadi permasalahan yang mengarah pada teknologi, semacam serangan virus atau kerusakan teknis. Ubiquitous Computing (=komputasi dimana-mana) diperkenalkan pertama kali oleh Mark Weiser pada tahun 1988 selagi menjabat sebagai Chief Technologist di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Mark menulis beberapa kajian awal mengenai subjek tersebut, terutama penjelasan inti konsepnya. Mark Weiser

9 PERVASIVE / UBIQUOTIOUS COMPUTING Konsep Pada intinya, semua model komputasi di mana- mana dalam berbagai bentuk, murah, perangkat pengolahan jaringan yang kuat, didistribusikan di semua skala sepanjang kehidupan sehari-hari dan umumnya berada di tempat umum.

10 PERVASIVE / UBIQUOTIOUS COMPUTING tiga bentuk dasar dari mesin Ubiquitous Tab : dapat dipakaikan atau dipasang dengan ukuran sentimeter. Pad : segenggam tangan dengan ukuran desimeter. Board : mesin display/layar interaktif berukuran beberapa meter.

11 TUJUAN DARI PERVASIVE KOMPUTING membawa komputasi dalam dunia nyata memungkinkan manusia berinteraksi komputer dengan cara yang lebih alami seperti berbicara, bergerak, menunjuk dan menyentuh memungkinkan teknologi menjadi transparan

12 KARAKTERISTIK Dapat mengantisipasi kebutuhan user dan bertindak untuk itu Peka terhadap context dari user Device perlu tidak terlihat (invisible). Device yang proaktif dan pintar. Dapat mengerti dan menggunakan informasi secara efektif Memanfaatkan teknologi Jaringan

13 CONTOH IMPLEMENTASI Ketika kita masuk rumah, tidak perlu lagi membawa kunci karena rumah akan tahu dengan sendirinya kita akan masuk dan akan membuka kunci. Ketika kita tidak yakin bagaimana caranya untuk pergi ke suatu tempat, kita akan diberitahukan tidak hanya bagaimana caranya kesana tapi juga jalan tercepat menuju kesana. Ketika pergi ke supermarket, kkta tidak perlu membawa daftar barang yang dibeli karena daftar tersebut dapat ditampilkan pada kartu belanja yang kita bawa. Google Glass, Biostamp adalah aplikasi nyata dari pervasive computing.

14 PERVASIVE COMPUTING FRAMEWORK Menurut phil stone dan Robin Yan, pervasive computing dapat diorganisasikan dalam framework yang terdiri dari menghasilkan (generating), pemrosesan(processing), moving (perpindahan), dan penggunaan (using) informasi.

15 ASPEK-ASPEK YANG MENDUKUNG PENGEMBANGAN UBIQUITOUS COMPUTING Natural Interfaces Sebelum adanya konsep ubicomp sendiri, selama bertahun-tahun kita telah menjadi saksi dari berbagai riset tentang natural interfaces, yaitu penggunaan aspek-aspek alami sebagai cara untuk memanipulasi data, contohnya teknologi semacam voice recognizer ataupun pen computing. Saat ini implementasi dari berbagai riset tentang input alamiah beserta alat-alatnya tersebut yang menjadi aspek terpenting dari pengembangan ubicomp.

16 ASPEK-ASPEK YANG MENDUKUNG PENGEMBANGAN UBIQUITOUS COMPUTING Context Aware Computing Context aware computing adalah salah satu cabang dari ilmu komputer yang memandang suatu proses komputasi tidak hanya menitikberatkan perhatian pada satu buah obyek yang menjadi fokus utama dari proses tersebut tetapi juga pada aspek di sekitar obyek tersebut.

17 ASPEK-ASPEK YANG MENDUKUNG PENGEMBANGAN UBIQUITOUS COMPUTING Micro-nano technology Perkembangan teknologi mikro dan nano, yang menyebabkan ukuran microchip semakin mengecil, saat ini menjadi sebuah faktor penggerak utama bagi pengembangan ubicomp device. Semakin kecil sebuah device akan menyebabkan semakin kecil pula fokus pemakai pada alat tersebut, sesuai dengan konsep off the desktop dari ubicomp.

18 KENDALA PERKEMBANGAN UBICOMP Security Ubicomp membawa efek meningkatnya resiko terhadap security. Penggunaan gelombang, infra merah, ataupun bentuk media komunikasi tanpa kabel lain antara alat input dengan alat pemroses data membuka peluang bagi pihak lain guna menyadap data. Sebagai implikasinya sang penyadap dapat memanfaatkan data tersebut untuk kepentingan mereka. Saat ini berbagai riset tentang pengiriman data yang aman, termasuk penelitian terhadap protokol-protokol baru, menjadi salah satu fokus utama dari riset tentang ubicomp.

19 KENDALA PERKEMBANGAN UBICOMP Privasi Penggunaan devices pada manusia menyebabkan ruang pada privasi semakin mengecil. Dengan alasan efisiensi waktu pegawai seorang pimpinan dapat meminta semua karyawannya memakai tag yang dapat memonitor keberadaan karyawan tersebut di kantor. Hal ini menyebabkan sang karyawan tidak lagi mendapatkan privasi yang menjadi haknya karena keberadaannya dapat dipantau setiap saat oleh sang pimpinan beserta data yang menyertainya, misalnya sang pimpinan menjadi dapat mengetahui berapa kali sang karyawan pergi ke toilet hari itu.

20 KENDALA PERKEMBANGAN UBICOMP Wireless Speed Dengan berbagai macam ubicomp devices tuntutan akan kecepatan teknologi komunikasi nirkabel menjadi sesuatu yang mutlak. Teknologi saat ini menjamin kecepatan ini untuk satu orang atau beberapa orang dalam sebuah grup. Tetapi ubicomp tidak hanya berbicara tentang satu device untuk satu orang, ubicomp membuat seseorang dapat membawa beberapa devices dan ubicomp juga harus dapat dimanfaatkan di area yang luas semacam stasiun, teknologi yang ada saat ini belum mampu menjamin kecepatan untuk situasi semacam itu karena itu ubicomp dapat menjadi tidak efektif apabila tidak didukung perkembangan teknologi nirkabel yang dapat menyediakan kecepatan yang dibutuhkan.

21 KENDALA PERKEMBANGAN UBICOMP Kualitas jaringan yang berubah-ubah Penurunan kepercayaan dan kekuatan sistem terdistribusi Keterbatasan sumber daya lokal yang terkendala oleh berat dan ukuran. Perhatian untuk konsumsi daya baterai.

22 PREFERENSI ilmukomputer.org %E2%80%9Cubiquitous-computing%E2%80%9D-era-baru-teknologi-informasi-dan- komunikasi/ academia.edu En.wikipedia.com Ubiq.com

23


Download ppt "ANGGOTA 1. Achmad Faishal Qurtubi(12590009) 2. Fatkhur Roni(12590010) 3. Agung Satriyo(12590 ) 4. Siti Musyarofah( 5. Fidia Ulyah("

Presentasi serupa


Iklan oleh Google