Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Diagram Aliran Data Program Studi Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Terapan MI1042 – RPL | Genap 2014-2015.: Hanya untuk kepentingan pengajaran di lingkungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Diagram Aliran Data Program Studi Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Terapan MI1042 – RPL | Genap 2014-2015.: Hanya untuk kepentingan pengajaran di lingkungan."— Transcript presentasi:

1 Diagram Aliran Data Program Studi Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Terapan MI1042 – RPL | Genap : Hanya untuk kepentingan pengajaran di lingkungan Fakultas Ilmu Terapan - Universitas Telkom :.

2 Disusun, Direvisi & divalidasi Eka widhi Yunarso, S.T., M.T. Hanung Nindito Prasetyo, S.Si., M.T.

3 Indikator Kompetensi RPL KajianKategori Indikator Kompetensi Bobot K. Dasar (1) K. Menengah (2) K. Mahir (3) 2 Kebutuhan PL Menguraikan definisi kebutuhan PL Menjelaskan perbedaan antar jenis kebutuhan Merumuskan secara ringkas dan konsisten akan kebutuhan PL, Diagram Aliran Data, Kamus Data dan Spesifikasi Proses berdasarkan studi kasus 10 Menjelaskan secara singkat jenis-jenis kebutuhan PL Mengidentifikasi kebutuhan PL berdasarkan studi kasus 10 Memberikan contoh tentang jenis-jenis kebutuhan PL 10 Menjelaskan secara singkat teknik-teknik wawancara 10 Diagram Aliran Data Menjelaskan secara singkat definisi Diagram Aliran Data Menggambarkan Diagram Aliran Data sederhana dengan lengkap berdasarkan studi kasus 10 Menjelaskan secara singkat simbol-simbol Diagram Aliran Data 10 Menjelaskan secara singkat aturan pembuatan Diagram Aliran Data 10 Menguraikan kesalahan pada Diagram Aliran Data 10 Kamus Data Menjelaskan secara singkat definisi Kamus Data Mengidentifikasi kamus data berdasarkan studi kasus 10 Spesifikasi Proses Menjelaskan secara singkat definisi Spesifikasi Proses Mengidentifikasi spesifikasi proses berdasarkan studi kasus 10 Pencapaian (Nilai Akhir) Kajian 2100

4 Pre-Test 1.Sebutkan perangkat-perangkat pemodelan yang digunakan pada analisis kebutuhan perangkat lunak berorientasi aliran data. 2.Apa yang dimaksud dengan Data Flow Diagram (DFD) dan digunakan untuk memodelkan apa?

5 Pengertian Diagram Aliran Data a.Diagram untuk menggambarkan aliran data dalam sistem, sumber dan tujuan data, proses yang mengolah data tersebut, dan tempat penyimpanan datanya. b.Representasi jaringan dari sistem yang menggambarkan sistem berdasarkan komponen-komponennya dengan semua antarmuka diantara komponen-komponen tersebut. c.Perangkat pemodelan yang dapat menggambarkan sistem sebagai sebuah jaringan proses-proses fungsional yang satu dengan lainnya dihubungkan oleh “pipa saluran” data. d.Diagram yang merepresentasikan bagaimana informasi keluar masuk dari ke sistem, proses apa yang mengubah informasi tersebut dan dimana informasi disimpan.

6 Pengertian Diagram Aliran Data Merupakan salah satu teknik yang cukup penting dalam menganalisis sistem karena: a.Dapat mendefinisikan batasan sistem dan proses-proses pengolahan data yang ada didalamnya. b.Membantu memeriksa kebenaran dan kelengkapan aliran informasi. c.Merupakan dasar perancangan dengan memunculkan proses-proses pengolahan data. d.Dapat digunakan untuk menggambarkan aktivitas proses secara paralel (beberapa aliran data dapat terjadi secara simultan).

7 Elemen Diagram Aliran Data Aliran paket informasi dari satu bagian sistem ke bagian sistem lainnya. Transformasi aliran data yang datang menjadi aliran data yang keluar. Tempat penyimpanan data atau tempat data yang dirujuk oleh proses Menggambarkan entitas yang berinteraksi dengan sistem yang berada di luar ruang lingkup sistem Aliran DataProses Penyimpanan Data Sumber/Tujuan Data

8 Aturan Penggambaran Diagram Aliran Data

9 Kesalahan dalam pembuatan DFD

10 1.Proses mempunyai input tetapi tidak menghasilkan output. Kesalahan ini disebut dengan black hole (lubang hitam), karena data masuk ke dalam proses dan lenyap tidak berbekas seperti dimasukkan ke dalam lubang hitam. 2.Proses menghasilkan output tetapi tidak pernah menerima input. Kesalahan ini disebut dengan miracle (ajaib), karena ajaib dihasilkan output tanpa pernah menerima input. 3.Input yang masuk tidak sesuai dengan kebutuhan proses 4.Data Store tidak memiliki keluaran 5.Data Store tidak memiliki masukan 6.Hubungan langsung antar entitas luar 7.Masukan langsung entitas data store 8.Keluaran langsun dari data store ke Entitas luar 9.Hubungan langsung antar data store 10.Data masukan dan keluaran yang tidak bersesuain dalam data store

11 Tingkatan Diagram Aliran Data

12 Referensi [1] DeMarco, Tom., “Structured Analysis and System Specifications”, Prentice Hall, New York, [2] Roger Pressman, “Software Engineering A Practitioner’s Approach”, 6th Edition, Mc GrawHill. [3] Yourdon, Edward, “Modern Structured Analysis”, Prentice-Hall International Inc., Englewood Cliffs, New Jersey, 1989

13 DISKUSI ???

14 Exercise

15

16

17


Download ppt "Diagram Aliran Data Program Studi Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Terapan MI1042 – RPL | Genap 2014-2015.: Hanya untuk kepentingan pengajaran di lingkungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google