Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Muh. Najih Farihanto S.I.Kom. Pada umumnya, seseorang yang belum biasa berbicara di depan orang yang banyak akan gugup, gemetar, berkeringat dingin, gagap,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Muh. Najih Farihanto S.I.Kom. Pada umumnya, seseorang yang belum biasa berbicara di depan orang yang banyak akan gugup, gemetar, berkeringat dingin, gagap,"— Transcript presentasi:

1 Muh. Najih Farihanto S.I.Kom

2 Pada umumnya, seseorang yang belum biasa berbicara di depan orang yang banyak akan gugup, gemetar, berkeringat dingin, gagap, tegang, sakit perut (mulas), salah tingkah, demam panggung yang biasa kita sebut "cemas".

3 - Organisasikan bahan presentasi Anda. - Visualisasikan. - Berlatih. - Bernafas dalam - dalam. - Berfokus pada relaksasi. - Melepas ketegangan. - Kontak mata.

4  Bahasa isyarat dan gerakan tubuh merupakan hal penting namun sering dilupakan orang. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah: - postur tubuh. - Perpindahan tempat. - Gerak isyarat. - Mimik wajah. - Mata yang bersinar.

5  Hal -hal yang perlu dihindarkan: - memasukan tangan ke saku. - Tangan ditangkupkan di belakang punggung. - Lengan disedekapkan. - Bertolak pinggang. - Meremas-remas tangan.

6  Urutan presentasi: (tambahkan keterangan sendiri waktu ceramah) - pendahuluan - Kalimat prepandangan. - Gagasan utama dan sub gagasan. - Keuntungan dari penyampaian materi. - Kalimat peninjauan. - Kesimpulan

7  Alat peraga khususnya yang visual dimaksudkan untuk : - Memfokuskan perhatian audience - Mengukuhkan pesan verbal - Merangsang minat - Mengilustrasikan faktor-faktor yang sulit diverbalkan

8 alat peraga hanya sebagai alat bantu, jangan menjadi pusat perhatian. Interaksi dan hubungan anda dengan audience yang menentukan keberhasilan public speaking

9  penampilan (rambut, pakaian, sepatu, bau badan,...)  Fisik (kesehatan, makan dulu, minum glucose, buang air besar/kecil, cukup tidur,...)  Latihan gaya, menghitung waktu,...  Kesempurnaan berkas/bahan, transparan cadangan, spidol.  Ketersediaan alat peraga dan cadangannya,...  Sound sytem, pengaturan tempat duduk, letak layar dan alat peraga,...  Kreativitas.

10  Intonasi suara,  semangat,  rasa percaya diri,  keyakinan yang sempurna,  rasa optimis,  mata yang berbinar,  senyum dikulum,  komunikatif,  mengajak (berdialog dengan) seluruh audience,  membangkitkan inspirasi, data yang akurat,  peraga yang baik  dll

11 Otak manusia terdiri dari optak kanan dan otak kiri. Otak kiri berpikir hal-hal yang rasional, sedangkan otak kanan memikirkan hal-hal yang berbau seni dan mengandalkan perasaan, emosi dan nuansa-nuansa ketidak pastian.

12 Dalam berbicara di depan umum, otak kanan juga harus difungsikan, tidak hanya otak kiri. Untuk apa? Agar kita dapat mengatasi gejala- gejala yang dapat merusak presentasi kita.

13  Contoh : jam presentasi yang tidak tepat (membuat ngantuk), kebosanan karena acara yagn monoton dan berlebihan, kelelahan, kurang minat dan sebagainya. Sebaiknya presentasi segera di break dengan humor, tanya jawab, demonstrasi alat atau visualisasi sesuatu yang merangsang minat. Selain itu ciptakan suasana yang hangat dan interaksi yang "hidup".

14 Setelah kesimpulan di akhir pembicaraan, ungkapkanlah tantangan, pertanyaan, penegasan, demo atau apa saja yang dapat audience terpana, tercengang, berpikir, atau bahkan protes. Hal ini akan memberi kesan positif dan rangsangan untuk bertanya.

15


Download ppt "Muh. Najih Farihanto S.I.Kom. Pada umumnya, seseorang yang belum biasa berbicara di depan orang yang banyak akan gugup, gemetar, berkeringat dingin, gagap,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google