Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas Konsep Komunikasi Data dan Jaringan By Tosy Caesar Kurniawan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas Konsep Komunikasi Data dan Jaringan By Tosy Caesar Kurniawan."— Transcript presentasi:

1 Tugas Konsep Komunikasi Data dan Jaringan By Tosy Caesar Kurniawan

2 ANALISA TRAFIK JARINGAN DAN DESAIN JARINGAN UNTUK OPTIMASI BANDWIDTH INTERNET Identitas Paper Judul Paper: Analisa Trafik Jaringan Dan Desain Jaringan Untuk Optimasi Bandwith Internet Pada Universitas Kanjuruhan Malang Penulis: Yusriel Ardian Jurusan: Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kanjuruhan Malang Nama jurnal: Jl. S Supriyadi 48 Malang Identitas Penyaji Nama: Tosy Caesar Kurniawan NPM: Jurusan: Teknik Informatika

3 Latar Belakang Masalah Selama ini penggunaan internet di Universitas Kanjuruhan Malang seperti yang telah disamapaikan diatas sangatlah tinggi, client yang masuk dalam jaringan sebanyak 150 client yang terdiri dari 50 laptop dosen dan karyawan yang masuk dalam jaringan staff dan 100 PC yang terkoneksi ke dalam jaringan staff baik melalui jaringan kabel maupun lewat jaringan wireless. Sedangkan bandwidth yang disediakan di lingkungan kampus untuk staff dan dosen adalah 512 Kbps. Idealnya pada tiap client dialokasikan bandwidth sebanyak 3,413 Kbps, Akan tetapi penggunaan-nya setelah diamati tidak semua PC dan laptop terkoneksi ke internet, sehingga alokasi bandwidth pada tiap client nya tidak sama. Karena terdapat client yang suka download, browsing dan chating.

4 Latar Belakang Masalah Perbandingan setelah dilakukan pengamatan bahwa penggunaan bandwidth 40% untuk download, 35% untuk browsing dan 25% untuk keperluan lain-lain, pengamatan dilakukan dengan mengecek pada router dan dengan melakukan observasi pada tiap client dengan melihat dan mengamati apa yang dilakukan oleh client. Oleh karena itu dalam proyek tugas Akhir ini dibuat sebuah rancang bangun yang baik untuk bisa membagi alokasi bandwidth yang tersedia pada tiap client sehingga ada pemerataan bandwidth yang digunakan oleh tiap client.

5 Tujuan Dapat menggunakan system yang telah di implementasikan untuk dipakai dalam jaringan di Universitas Kanjuruhan Malang Dapat menjadi acuan bagi adik-adik tingkat di Universitas Kanjuruhan Malang khususnya Fakultas Teknologi Informasi. Untuk dapat mendesain jaringan yang lebih baik di lingkungan Universitas Kanjuruhan Malang Untuk dapat mengembangkan system yang telah dipakai sekarang.

6 Metode yang digunakan Metode yang digunakan dalam analisa ini adalah dengan melakukan perancangan dari topologi jaringan Universitas Kanjuruhan Malang. Untuk pembuatan topologi jaringan Star. Di dalam metode ini di gunakan perangkat lunak Mikrotik Router OS. Di dalam implementasi optimasi bandwidth menggunakan queue yang telah disediakan oleh Mikrotik Router OS. Untuk analisa paket yang lewat digunakan fasilitas Torch di dalam Mikrotik Router OS. Selain itu dibuat juga sebuah rancang bangun yang baik untuk bisa membagi alokasi bandwidth yang tersedia pada tiap client sehingga ada pemerataan bandwidth yang digunakan oleh tiap client.

7 Tahap Penelitian Melakukan pengamatan dengan mengecek pada router dan dengan melakukan observasi pada tiap client dengan melihat dan mengamati apa yang dilakukan oleh client.

8 Uji Coba Penggunaan internet di lingkungan Universitas Kanjuruhan Malang memiliki mobilitas yang sangat tinggi, baik digunakan untuk browsing informasi, download data, chatting dan penggunaan fasilitas internet yang lain. Untuk penggunaan internet yang optimum dipergunakan sebuah simulasi untuk rancang bangun jaringan menggunakan Mikrotik Router OS dan menggunakan tools yang terdapat dalam Mikrotik Router OS untuk penghitungan jumlah paket yang dikirim dan jumlah paket yang diterima.

9 Analisa Sistem Di Universitas Kanjuruhan Malang client yang masuk dalam jaringan sebanyak 150 client yang terdiri dari 50 laptop dosen dan karyawan yang masuk dalam jaringan staff dan 100 PC yang terkoneksi ke dalam jaringan staff baik melalui jaringan kabel maupun lewat jaringan wireless. Sedangkan bandwidth yang disediakan di lingkungan kampus untuk staff dan dosen adalah 512 Kbps. Idealnya pada tiap client dialokasikan bandwidth sebanyak 3,413 Kbps, Akan tetapi penggunaan-nya setelah diamati tidak semua PC dan laptop terkoneksi ke internet, sehingga alokasi bandwidth pada tiap client nya tidak sama. Karena terdapat client yang suka download, browsing dan chating.

10 Kesimpulan dan Saran Kesimpulan Jadi di Universitas Kanjuruhan Malang ini, dari sekian banyak client yang terhubung ke jaringan internet tidak seimbang dengan bandwidth yang disediakan oleh kampus, sehingga alokasi bandwidth nya tidak sama tiap client nya. Saran Sebaiknya alokasi bandwidthnya diseimbangkan dengan jumlah client yang terhubung ke jaringan di Universitas Kanjuruhan Malang ini


Download ppt "Tugas Konsep Komunikasi Data dan Jaringan By Tosy Caesar Kurniawan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google