Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EVOLUSI DAN HEREDITAS Fidya, drg, MSi. EVOLUSI ADA ATAU TIDAK?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EVOLUSI DAN HEREDITAS Fidya, drg, MSi. EVOLUSI ADA ATAU TIDAK?"— Transcript presentasi:

1 EVOLUSI DAN HEREDITAS Fidya, drg, MSi

2 EVOLUSI ADA ATAU TIDAK?

3 Apa itu EVOLUSI?  Evolusi adalah perubahan secara berangsur-angsur (Campbell et al, 1977).  Perubahn yang terjadi berlangsung secara perlahan-lahan.  Adakah perubahan itu terjadi pada manusia dari masa ke masa?

4  Pada pertengahan abad ke-19 para ahli biologi, dan yang terpanting diantara mereka Charles Darwin, mengumumkan teori mereka tentang proses evolusi biologi.  Menurut teori itu bentuk-bentuk hidup tertua dimuka bumi ini, terdiri dari makhluk-makhluk satu sel yang sangat sederhana misalnya protozoa.

5 Hal-hal yang mengalami perubahan  Teknologi  Komunikasi  Budaya  Makanan  Gaya Hidup  Hewan  MANUSIA ???? ‘” the only thing that hasn’t change is the change itself”

6 Evolusi Kuda

7  Sudah ada sejak 55 tahun yang lalu.  Bentuk fisik berubah dari masa ke masa.  Oligohippus ditemukan sekitar 40 juta tahun yang lalu.  Merrycippus sekitar 30 juta tahun yang lalu.  Pliohippus sekitar 10 juta tahun yang lalu.  Kuda modern sejak 1 juta tahun yang lalu.

8 Bagaimana dengan manusia?  1-2 juta tahun lalu, fosil tengkorak menyerupai manusia bagian Indonesia timur (Austramelanesoid) di Jawa.  Semakin “muda” usia tengkorak yang ditemukan di Jawa bentuknya menyerupai mongoloid (Jacob; 1967,1974).  Di Indonesia terjadi arus migrasi dari Asia, sehingga terjadi “Mongolidasi”  Bentuk tulang wajah lebih “flat”, warna kulit terang, rambut berombak sampai halus.

9 Wisdom Teeth

10  Ada yang memiliki, ada yang tidak.  Ada yang memiliki tapi tidak tumbuh, atau tumbuh miring.  Terjadi perubahan tulang rahang.  Adanya “food processing”  Tulang rahang menyempit, gigi kekurangan tempat.  Rahang semakin menyempit, tidak kokoh.

11 Supernumenary Teeth  Premolar yang sekarang ada sebenarnya premolar 3 dan 4.  Premolar 1 dan 2 sudah menghilang.  Jika muncul disebut “ekstra”  Termasuk anomali gigi.  Kemungkinan tumbuh ada karena di gen manusia.

12

13 Calvaria  Kubah tengkorak 1,5 juta tahun lalu berbeda dengan manusia sekarang.  Volume otak berbeda.  Makhluk superior dibandingkan makhluk yang lain.  Membuat peralatan dari batu dan kayu.  Perubahan fisik berlangsung selama jutaan tahun.

14

15 Perubahan pada primata  Yg terjadi: perubahan kubah tengkorak manusia selama jutaan tahun.  Yg mungkin terjadi: pemendekan tungkai monyet yang menjadi “artis”  Butuh waktu yang lama untuk terjadi perubahan.  Masa hidup manusia tidak mungkin melihat perubahan itu.  Melihat bukti-bukti yang ditinggalkan alam.

16 Apakah manusia keturunan monyet?? Oleh Zalinger (buku Life Nature library, Early Man, Howel; 1970) Jadi apa arti gambar monyet jongkok yang berjajar dengan bentuk “manusia yang agak bongkok” sampai manusia tegak diatas?

17  Konsep evolusi sulit diterima karena manusia dikatakan keturunan monyet.  Pada kenyataannya tidak ada satu ilmuwan pun termasuk Darwin yang mengatakan demikian.  Gambar “monyet jongkok” hanya memberikan ilustrasi bahwa ada perbedaan monyet era modern dan manusia purba, dan ada perbedaan manusia purba dengan manusia modern.  Ada perspektif waktu untuk mengetahui trend perubahandari masa ke masa (dalam jutaan tahun).  Banyak menimbulkan kesalahpahaman seolah nenek moyang manusia adalah monyet.  Penulis tidak bermaksud mengatakan demikian.

18 Evolusi Biologi  Dalam proses evolusi biologi yang berlangsung sangat lama tersebut, telah menghilangkan sekian banyak bentuk-bentuk mahluk lama dari muka bumi ini.  Akan tetapi banyak juga yang dapatbertahan hingga sekarang ini bahkan sudah hampir mendekati angka satu juta jenis bentuk-bentuk mahluk hidup baru yang berasal dari bentuk- bentuk lama di muka bumi ini.

19  Untuk mendapatkan pengertian tentang jumlah aneka warna dan jenis sebesar itu, para ahli biologi telah membuat suatu sistem klasifikasi dimana semua mahluk di dunia ini telah mendapatkan tempat yang sewajarnya berdasarkan atas morfologi dari organismenya.

20  Dalam proses evolusi itu bentuk-bentuk makhluk yang baru timbul sebagai proses pencabangan dari bentuk-bentuk makhluk yang lebih tua.

21 DNA DNA merupakan polimer yang terdiri dari tiga komponen utama:  Gugus fosfat  Gula deoksiribosa  Basa nitrogen, yang terdiri dari:  Adenina (A)  Guanina (G)  Sitosina (C)  Timina (T)

22 Primata dan Sub Golongannya  Suku Sub-suku Infra-suku Keluarga Jenis Ras PrimatProsimiiAnthropoidCeboidCercopitheroidHominoidPongidaeHominiodePithecanthropus Homo Neanderthal Homo SapiensAustraloidMongoloidCaucasoidNegroid

23 TERIMA KASIH


Download ppt "EVOLUSI DAN HEREDITAS Fidya, drg, MSi. EVOLUSI ADA ATAU TIDAK?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google