Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KULIAH MANAJEMEN MUTU PENTAHAPAN MANAJEMEN MUTU I.LANGKAH PERSIAPAN - apa yang akan dicapai - diperlukan oleh setiap individu di dalam organisasi tersebut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KULIAH MANAJEMEN MUTU PENTAHAPAN MANAJEMEN MUTU I.LANGKAH PERSIAPAN - apa yang akan dicapai - diperlukan oleh setiap individu di dalam organisasi tersebut."— Transcript presentasi:

1 KULIAH MANAJEMEN MUTU PENTAHAPAN MANAJEMEN MUTU I.LANGKAH PERSIAPAN - apa yang akan dicapai - diperlukan oleh setiap individu di dalam organisasi tersebut. - diperlukan suatu titik tuju (aims) / tumpuan harapan bersama - mendahulukan kepentingan umum d/p kepentingan sendiri - idealisme bersama yang merupakan idaman masa depan organisasi. - dikonkretkan dalam langkah2 operasional antara lain: - bidang usaha (bussiness area ) - suku usaha ( mission) saat ini - maksud usaha ( purpose), tujuan usaha (goal)

2 TUMPUAN HARAPAN BERSAMA

3 - batasan2 yang disetujui sebagai kebijakan ( policy) - tuntutan strategis (strategy) yang semestinya dilaksanakan oleh masing2 individu  disusunlah suatu program usaha mantap yang dilengkapi rumusan sasaran usaha konkret dalam lingkup manajemen yang bersangkutan.

4 Kesepakatan program usaha MANTAP

5 2. SASARAN MUTU Tujuan (goal) yang ditetapkan secara kwantitatif yang ditetapkan sebagai dasar perencanaan disebut sasaran. Sasaran yang dikaitkan dengan mutu dapat diarahkan sebagai. : - sasaran bagi peningkatan ( objective for breakthrough) - sasaran bagi pengendalian (objective for control)

6 a.Sasaran bagi peningkatan Mengapa sasaran ditetapkan ? Berharap dapat unggul dalam mutu (quality leadership ) Telah ditemukan beberapa peluang untuk meningkatkan pendapatan Usaha peningkatan untuk mengatasi kehilangan pangsa pasar akibat persaingan yang ketat Banyaknya kesulitan seperti kegagalan, keluhan, dan berharap akan menguranginya usaha untuk meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggannya Sasaran tidak terbatas hanya pada hal-hal yang dapat dihitung, tetapi juga termasuk penelitian keluhan, reorganisasi staf, pengendalian mutu dan sebagainya.

7 SASARAN PENINGKATAN

8 b. Sasaran bagi pengendalian Beberapa alasan yang mencegah sasaran bagi peningkatan adalah oleh karena perusahaan / organisasi tidak selalu dalam keadaan siap untuk peningkatan. Hasil yang dicapai saat ini sudah cukup bersaing Usaha peningkatan dinilai tidak ekonomis Dirasakan memang dibutuhkan ada peningkatan akan tetapi waktunya belum tepat.

9 3. MENETAPKAN SASARAN MUTU Dapat diciptakan suatu mekanisme inter departemental untuk mengidentifikasikan apa sebenarnya sasaran potensial yang akan ditetapkan. SASARAN MUTU DAPAT DIIDENTIFIKASIKAN DARI BEBERAPA MASUKAN: Analisis dari gejala yang timbul dari luar : kegagalan, keluhan pelanggan, dsb. Analisis dari gejala2 yg timbul dari dalam: masalah internal SDM, dsb. Usulan dari manajer, staf penyelia, staf profesional Penelitian2, kepuasan/ keluhan pelanggan. Komentar2 pelanggan, kalangan ahli dan sebagainya. Sasaran: pernyataan terukur tentang apa yang akan dan mampu dicapai selama kegiatan tersebut berlangsung

10 Pedoman penetapan sasaran 1.Sasaran suatu bagian sebaiknya menunjang sasaran induk 2.Sasaran tersebut hendaknya selaras dan terkoordinasi dengan sasaran bagian lainnya 3.Perlu memperhatikan sumberdaya yang ada atau yang sumber daya yang mampu dikuasai 4.Suatu sasaran sebaiknya dituliskan secara tertulis 5.Penulisannya seyogyanya memenuhi kriteria SMART - systematic = sistematis - measureable = terukur - attainable = dapat tercapai - realistic = realistis/ masuk akal - time oriented = berorientasi pada waktu 6. Jika rumusannya bersifat kualitatif, kriteria diuraikan secara jelas

11 Kapan Berapa besar Oleh siapa Berapa biaya-nya Bagan perumusannya adalah sebagai berikut

12 Menetapkan sasaran manajemen mutu BIDANG SASARAN Perbaikan produk Perubahan prosedur Pendidikan dan latihan Penghematan biaya RUMUSAN SASARAN Terpasarkan produk almari es yg tahan terhadap 15% gejolak tegangan listrik mulai tgl 30 agustus 2007 Terlaksananya program komputerisasi sistem pengendalian mutu yang dimulai akhir thn 2006 Terselenggaranya program pendidikan peningkatan reliabilitas produk bagi para perancang produk dalam semester I thn 2008 Terselenggaranya program penghematan biaya pengerjaan ulang sebesar Rp. 1200,- per produk mulai september 2007

13 Latihan: Sebutkan sasaran dari organisasi saudara, baik sasaran yang bersifat sebagai peningkatan maupun pengendalian. Rencanakan siapa yang akan saudara libatkan dalam kegiatan ini? Kapan akan saudara laksanakan, dengan biaya berapa, dari mana? Ingat akan prinsip SMART!


Download ppt "KULIAH MANAJEMEN MUTU PENTAHAPAN MANAJEMEN MUTU I.LANGKAH PERSIAPAN - apa yang akan dicapai - diperlukan oleh setiap individu di dalam organisasi tersebut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google