Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tata Motor's Acquisition of Land Rover Candra Wahyuni Pitayaningrum Eri Ardono Sutoyo Heru Agung Prabowo Dr. Amin Wibowo, MBA Universitas Gadjah Mada Corporate.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tata Motor's Acquisition of Land Rover Candra Wahyuni Pitayaningrum Eri Ardono Sutoyo Heru Agung Prabowo Dr. Amin Wibowo, MBA Universitas Gadjah Mada Corporate."— Transcript presentasi:

1 Tata Motor's Acquisition of Land Rover Candra Wahyuni Pitayaningrum Eri Ardono Sutoyo Heru Agung Prabowo Dr. Amin Wibowo, MBA Universitas Gadjah Mada Corporate Strategy

2 Pengantar  acquisition of JLR provides the company with a strategic opportunity to acquire iconic brands with a great heritage and global presence and increase the company's business diversity across market and product segment.  if they run the brands as a British company and invest properly in new product, it will be successful.  market conditions are now extremely tough, especially in the key US market, and the Tata's will need to invest a lot of brand building to make and keep JLR profitable.

3 Akuisisi Ikon Inggris  Pada 2 Juni 2008, Tata Motors-India menyelesaikan akuisisi Jaguar dan Land Rover(JLR), unit dari produsen ford motor berbasis di AS (ford) dengan kas sebesar US $ 2,3 miliar.  JLR adalah bagian dari kelompok utama otomotif ford (PAG) dan dianggap ikon besar, jaguar terlibat dalam pembuatan mobil mewah kelas tinggi, sementara Land Rover diproduksi SUV kelas tinggi.

4 Cont…  Tata motor internasional sudah beberapa kali mengakuisisi kredit besar.  Pihaknya telah mengakuisisi Tetley komersial, unit kendaraan berbasis Daewoo Korea selatan, dan pembuat baja Corus, Anglo-belanda.  Strategi Tata motor jangka panjang mengkonsolidasikan posisinya di pasar domestik India dan memperluas jejak internasional dengan memanfaatkan kemampuan dan produk melalui akuisisi dan kolaborasi strategis.

5 Cont…  Dari pandangan analis bahwa akuisisi JLR adalah, membangun merek, memiliki keberadaan global dan akan membantu Tata Motor menjadi salah satu pemain utama dalam industri otomotif global.  Perolehan JLR, menjadi bagian signifikan dari bisnis otomotif dan dua merek tsb. akan berusaha melestarikan dan membangun warisan mereka seperti daya saing, menjaga identitasnya.  Dan bertujuan untuk mendukung pertumbuhan, menahan kesetian pada prinsip-prinsip yang memungkinkan manajemen dan karyawan untuk membawa pengalaman dan keahliannya terhadap pertumbuhan bisnis.

6 Cont…  Ford membeli jaguar US $ 2,5 miliar pada tahun 1989 dan Land Rover US $ 2,7 miliar pada tahun  Namun, selama bertahun-tahun, perusahaan menemukan kegagalan untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan dari akuisisi tersebut.  pada tahun 2006, ford mengumumkan program restrukturisasi besar-besaran 'cara maju' yang melibatkan rencana menghentikan kegiatan yang tidak menguntungkan.

7 Cont…  sebagai bagian dari program, ford memutuskan untuk membongkar PAG dan pada bulan Juni 2007, mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan menjual JLR.  beberapa bidder JLR dan ford prihatin tentang penyerahan pengelolaan JLR ke perusahaan yang akan mempertimbangkan kepentingan pekerja.  serikat buruh dari beberapa JLR tidak mendukung karena akan mengakibatkan penghapusan pekerjaan.  Faktor-faktornya, antara lain, membuat Tata motor pemenang lelang.  Ford dan Tata motor mengumumkan perjanjian definitif pada Maret 2008, di mana Tata motor, adalah pembeli JLR sebesar US $ 2,3 miliar.

8 Cont…  Berita usulan akuisisi oleh Tata motor disambut dengan banyak harapan dan antusiasme. salah satunya Adams, direktur kelompok pemegang Sertec, menyambut sangat positif.  Moody’s menurunkan peringkat Tata kredit motor dari Ba1 untuk Ba2, yang mengutip tentang kekhawatiran integrasi operasi dan dampak akuisisi pada keuangan perusahaan.  Menurut moody's, akuisisi ini juga datang pada saat terjadi persaingan yang ketat dan meningkatnya biaya di Tata Motor domestik dengan beberapa transaksi. Kesepakatan ini meningkatkan profil risiko langsung bisnis Tata motor.

9 British marquees under ford tenda-tenda Inggris di bawah ford  Perusahaan Ford Motors (ford) adalah produsen mobil terkemuka dan perusahaan multinasional terbesar ketiga di industri otomotif. Perusahaan mengakuisisi jaguar dari British Leyland pada tahun 1989 sebesar US & 2,5 miliar  Setelah jaguar diakuisisi ford, memburuknya kondisi ekonomi dunia pada 1990-an menyebabkan kondisi pasar sulit dan penurunan permintaan untuk mobil mewah.  Penjualan jaguar di banyak pasar menurun, tetapi di beberapa pasar seperti Jepang, Jerman, dan Italia, masih mencatat penjualan yang tinggi.  Pada bulan Maret 1999, ford mendirikan PAG dengan Aston martin, jaguar, dan Lincoln. Selama tahun tsb. Volvo memperoleh US & , yang juga menjadi bagian dari PAG tersebut.

10 Cont…  Ford membeli Land Rover pada tahun 2000 US $ 2,7 miliar dari BMW, yang menjadi bagian dari PAG tersebut.  Sejak tahun 2002, kegiatan jaguar dan Land Rover terintegrasi. Mereka memiliki tim engineering tunggal, teknologi bersama yang dikelola.  Sebagian besar fungsi back office seperti pembelian, HR, IT, kualitas dan keuangan juga terintegrasi.  Dalam ford, rover pada tahun 2002 diluncurkan MK III, dan tahun pada tahun 2006 diperkenalkan Freelander 2.

11 Cont…  Ketika memperoleh jaguar, ford merencanakan memproduksi sekitar unit per tahun untuk bersaing dengan Mercedes Benz, Audi, dan BMW.  Namun, tujuannya tidak tercapai karena rencana untuk menghidupkan kembali-type jaguar's e mobil sport dan mobil- type f gagal.  Beberapa model jaguar dirilis pada 2001 yang menargetkan pada pelanggan muda telah gagal.  tahun 2002, penjualan jaguar mencapai  Pandangan Analis bahwa di bawah ford, standar jaguar telah meningkat tetapi citranya telah mengalami penurunan.  Menurut horrell Paulus, yang menulis majalah top gear bbc, kesulitan ford, sekitar milenium, membangun mobil retro menjadi sangat gaya. yang mengembangkan mobil tua tampak seperti mobil modern. Jaguar secara bertahap dikenal sebagai dasarnya sebuah mobil orang tua.

12 Cont…  Para pelanggan jaguar dan Land Rover dipandang sebagai sangat nasionalis dan loyal merek.  pelanggan Jaguar dianggap tradisionalis. Para analis mengutip kasus tipe-x diluncurkan oleh ford, dan konsumen tidak menerima karena mereka tidak menyukai desainnya seperti Mondeo's premium ford dari sebuah gambar jaguar  jaguar mencatat kerugian sebesar US $ 426 juta pada tahun  Pada tahun 2006, diyakini bahwa ford telah menghabiskan lebih dari US $ 10 miliar pada jaguar dan sedikit menunjukkan keuntungan.  Pada tahun 2006, jaguar melaporkan kehilangan fiskal US $ 327 juta.

13 Cont…  Ford melaporkan kerugian sebesar US $ 12,7 miliar di tahun 2006, kerugian terburuk dalam sejarah.  Perusahaan kehilangan sekitar US $ 6 miliar pada operasi Amerika, dan untuk membuat operasi menguntungkan pada tahun 2009 investasi lebih lanjut dari US $ 12 miliar diperlukan.  Pada tahun 2006, analis percaya bahwa untuk menyelamatkan bisnis Amerika utara, ford perlu menjual JLR.  Namun, beberapa analis menyuarakan pandangan bahwa kedua merek berada di jalan menuju kebangkitan.  Jaguar memiliki tujuh model baru dan telah diperkenalkan xk pada tahun Land Rover sedang dalam perjalanan untuk menguntungkan dan pada tahun 2006 tercatat penjualan unit.

14 FORD MENJUAL JLR  Pada bulan September 2006, setelah Allan Mulally (Mulally) sebagai presiden dan ceo dari ford memutuskan untuk membongkar PAG.  Pada bulan Maret 2007, ford menjual Aston martin sport unit mobil sebesar US $  Pada bulan Juni 2007, ford mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan menjual JLR.  Pada bulan November 2007, ford mengumumkan tiga penawar yang disukai: Tata motor, m & m dan satu mitra ekuitas.

15 Cont…  Pada bulan November 2007, Tata motor yang diwakili ford. tiga penawar terpilih memberikan presentasi kepada wakil- wakil serikat.  Selama presentasi, mengelola arah Tata motor, Ravi Kant, meyakinkan perwakilan serikat pekerja, perusahaan tidak bermaksud menutup justru akan terus memproduksi JLR di Inggris. bahkan berencana mempekerjakan lebih banyak orang di tahun-tahun berikutnya

16 Cont..  Pada 3 Januari 2008 ford mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan Tata motor sebagai pemenang lelang dan telah menandatangani negosiasi dengan perusahaan.  Menurut seorang ahli industri, Tata dengan cara di mana menangani kesepakatan Corus pada akhir tahun 2006 menciptakan kesan positif yang besar antara serikat pekerja dan karyawan pada umumnya.  Akhirnya, menjadi salah satu faktor kunci yang menyebabkan berhasilnya menyelesaikan masalah jaguar dan Land Rover.

17 Cont…  Ada keraguan yang meluas tentang sebuah perusahaan India mengakuisisi merek ikon besar.  Menurut ken Gorin, kepala dealer's jaguar Amerika, tidak percaya publik AS siap untuk mengeluarkan kepemilikan India untuk merek mobil mewah seperti jaguar..

18 Kesepakatan  Pada tanggal 26 Maret 2008, Tata motor menandatangani perjanjian dengan ford untuk pembelian JLR.  Tata motor setuju untuk membayar US $ 2,3 miliar dalam bentuk tunai untuk akuisisi 100% dari bisnis JLR.  sebagai bagian dari akuisisi, Tata motor tidak mewarisi salah satu kewajiban utang JLR-akuisisi utang benar-benar gratis.  john Wolkonowicz, analis, wawasan global, mengatakan mereka telah hampir 20 tahun bermain dengan jaguar tanpa keberhasilan. Ford menyadari mereka tidak ingin menempatkan uang setelah dalam posisi buruk di mana mereka membutuhkan uang untuk menopang bisnis inti mereka.

19 Cont…  Sebagai bagian dari akuisisi, Tata motor mengakuisisi pabrik, dua desain dan pusat-pusat perancangan, dan jaringan di seluruh dunia dari 26 perusahaan penjualan nasional.  The HKI teknologi kunci harus dipindahkan dari ford ke JLR. Dalam hal teknologi dibagi dari ford, lisensi bebas royalti menggunakan teknologi adalah bagian dari pembelian. Ford juga menyediakan modal tunjangan jaminan minimum $ untuk perpajakan.

20 Cont…  Ford terus memasok JLR dengan komponen kendaraan seperti kereta api listrik, stamping, lingkungan dan teknologi platform, dan layanan seperti dukungan engineering, R & D, IT dan akuntansi.  Ford juga setuju untuk menyediakan pasokan kritis termasuk mesin, akses untuk menguji fasilitas, dan beberapa layanan penting di bidang IT, akuntansi, dll pasokan mesin selama antara 7 dan 9 tahun.  Kerjasama Pengembangan desain termasuk platform berbagi, dukungan teknis, pengembangan bersama, dan proyek-proyek penelitian lanjutan.  Ford tidak mengungkapkan jangka waktu yang akan memberikan dukungan ini. divisi kredit motor setuju memberikan pembiayaan kepada dealer dan pelanggan JLR selama periode transisi

21 Cont…  Tata motor mengatakan tidak memiliki rencana untuk membawa perubahan yang besar dalam salah satu merek dari cara perusahaan dijalankan.  Di pameran motor Jenewa, pada Maret 2008, Tata mengatakan berencana mempertahankan citra, sentuhan dan nuansa merek.

22 Cont…  Pada penyelesaian penjualan, ford memberikan kontribusi US $ 600 juta dari harga pembelian terhadap dana pensiun JLR di Inggris.  April menandatangani perjanjian dengan karyawan JLR sampai  Menurut seorang petugas serikat telah memperoleh jaminan tertulis untuk semua tingkat staf, karyawan termasuk pensiunan, dan perjanjian sourcing.  Namun, investor Tata motor tampaknya tidak terlalu senang dengan kesepakatan tsb. Ketika ford mengumumkan bahwa Tata motor akan menjadi pemenang, harga saham perusahaan di bursa saham nasional (NSE) berada di Rs telah jatuh ke Rs pada saat kesepakatan diumumkan.  Investor mengungkapkan keprihatinan atas bagaimana Tata motor akan membiayai akuisisi?

23 Cont…  Awalnya, Tata motor memperoleh pinjaman US $ 3 miliar ditanggung oleh konsorsium bank. Dana tambahan itu dimaksudkan untuk pasokan mesin dan komponen.  Untuk pembiayaan kembali pinjaman, perusahaan merencanakan untuk menaikkan jumlah ekuitas sekitar US $ 2,3 miliar dan instrumen ekuitas terkait.  Direncanakan US $ 1,7 miliar tidak melalui tiga unlinked right isu tapi simultan dan flotasi luar negeri.  Penawaran ini terdiri dari saham biasa dan juga saham dengan hak suara diferensial, masalah hak- hak yang dihargai di Rs.340 untuk berbagi normal dan Rs.305 untuk saham dengan hak suara diferensial.

24 Manfaat  Tata Motor tertarik mengakuisisi JLR karena akan mengurangi ketergantungan perusahaan di pasar India, yang merupakan 90% dari penjualan.  Perusahaan ini berpandangan bahwa akuisisi tersebut akan menyediakannya kesempatan untuk merambah bisnis di seluruh wilayah geografis yang berbeda dan di segmen pelanggan yang berbeda.  Akuisisi ini memberikan Tata motor kesempatan untuk menjalin kehadirannya di akhir segmen utama-tinggi dari pasar mobil global.  Menurut peter Cooke, profesor manajemen industri otomotif, universitas Buckingham, bagi setiap perusahaan dengan aspirasi menjadi pemain global, ada kesempatan bagus di sana

25 Cont…  Akuisisi ini akan berarti bahwa perusahaan akan mampu bersaing baik di pasar akhir-rendah, dengan harga Nano sebesar US $ 2,500 dan pada akhir-top dengan jaguar XF harga US $ 64,000  Merek lain Tata motor telah diperoleh melalui kesepakatan yang jaguar telah peroleh dari Daimler pada tahun  Kesepakatan ini juga termasuk hak untuk menggunakan merek Daimler. Menurut Tata, kita melihat apakah kita dapat membangkitkan merek Daimler, yang sekarat.  Tata motor berencana menempatkan pada segmen super mewah, bersaing dengan Bentley dan Rolls- Royce.

26 Cont…  Baik dan tanah rover jaguar punya banyak model baru untuk beberapa tahun ke depan.  Produk-produk baru Jaguar termasuk X351 yang akan menggantikan sedan XJ populer.  produk lain adalah mobil sport dua-kursi, berdasarkan coupe XK.  Land Rover memiliki rencana untuk meluncurkan sebuah kendaraan crossover kecil pada tahun ini akan menjadi salah satu dari beberapa kendaraan kecil, includ8ing dua pintu dan kendaraan empat pintu yang direncanakan keluar membentuk platform bersama.

27 Tantangan  Morgan Stanley melaporkan itu akuisisi JLR muncul negatif untuk Tata motor, karena telah meningkatkan volatilitas pendapatan, mengingat kondisi ekonomi yang sulit di pasar termasuk AS dan Eropa.  Selain itu, Tata motor harus merencanakan investasi lain US $ 1 miliar di JLR. selain US $ 2,3 miliar dihabiskan untuk akuisisi.  Tata motor juga terjadi pengeluaran modal yang sangat besar pada pengembangan dan peluncuran nano mobil kecil dan usaha patungan dengan fiat untuk memproduksi beberapa perusahaan kendaraan di India dan Thailand.  Banyak analis yang skeptis tentang Tata sinergi dari kesepakatan yang menghabiskan lebih dari US $ 10 miliar selama kurun waktu 18 tahun, ford belum mampu menghidupkan kembali keberuntungan jaguar.

28 Cont…  Analis berpandangan bahwa Tata motor tidak akan mendapatkan banyak nilai melalui kesepakatan. Mereka menegaskan bahwa produsen truk besar sedang berhadapan di low end dari pasar mobil penumpang, JLR yang melayani kebutuhan segmen premium tidak berjalan dengan baik dengan line-up yang ada.  Menurut seorang analis dari Morgan Stanley, membeli Land rover jaguar adalah nilai-destruktif karena kurangnya sinergi dan-biaya operasi tinggi.  Analis juga skeptis tentang kemampuan Tata motor untuk memasarkan produk akhir seperti yang dipasarkan sebelumnya. Pasar mobil mewah sangat kompetitif, dengan beberapa merek bergengsi. Ini didukung oleh konglomerat besar seperti porcshe-volkswagen, Daimler, BMW dan Toyota.

29 Cont…  Salah satu tantangan utama yang Tata motor bisa hadapi adalah biaya komponen. Sementara ford telah sepakat untuk memberikan akses dan teknologi mesin mesin untuk beberapa waktu, jika harga komponen ini naik setelah kesepakatan itu, Tata motor mungkin harus mengeluarkan biaya tambahan untu kmemproduksi.  Komisi Eropa telah memutuskan untuk mengadopsi usulan undang-undang pada bulan Desember Usulan ditujukan untuk mengurangi emisi CO2 dari mobil penumpang dari 160 gram per kilometer menjadi 130 gram per kilometer pada tahun  Emisi CO2 diizinkan untuk kendaraan baru tergantung pada massa kendaraan. Ini berarti bahwa mobil yang lebih berat diperlukan untuk membawa perbaikan lebih dari yang ringan.  Produsen bisa membuat mobil dengan emisi yang lebih tinggi asalkan mereka juga membuat mobil yang lebih kecil dengan emisi rendah yang akan mengimbangi emisi yang lebih tinggi.

30 Cont..  2012 hukuman diusulkan pada 20 per gram / kilometer, yang akan meningkat menjadi 35 per gram / kilometer pada tahun 2013 dan 95 tahun  Menurut Wright, baik atau Land rover jaguar secara signifikan harus menurunkan emisi rata-rata berkisar masing-masing.  Namun, Tata motor berencana untuk memulai nano di Eropa pada tahun 2012 setelah memenuhi standar kecelakaan dan standar emisi.

31 Jalan ke depan  Pada tahun 2008, cina adalah pasar yang tumbuh paling cepat di dunia dan diperkirakan kelima terbesar di pasar Land rover dan ketujuh terbesar di pasar jaguar.  Rusia diharapkan menjadi terbesar ketiga di pasar Land rover dan jaguar's kedelapan pada tahun  Meskipun beberapa analis skeptis tentang Tata motor bisa menguntungkan jaguar, Tata motor sendiri yakin tentang hal itu.

32 Cont…  Menurut c. Ramakrishna, CFO, Tata motor, telah membuat beberapa bangunan dalam hal mengubah jaguar sangat berhasil. Anda melihat bisnis pada suatu titik waktu ketika mereka masih membuat kerugian, tetapi dalam perjalanan untuk pemulihan dan percaya akan membawa keberhasilan masa depan  Pandangan Analis, Tata motor perlu memahami bagaimana segmen pasar premium memanfaatkan peluang yang disediakan oleh akuisisi JLR.

33 Terima Kasih


Download ppt "Tata Motor's Acquisition of Land Rover Candra Wahyuni Pitayaningrum Eri Ardono Sutoyo Heru Agung Prabowo Dr. Amin Wibowo, MBA Universitas Gadjah Mada Corporate."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google