Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI Sistem Informasi Akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI AKUNTANSI Sistem Informasi Akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI Sistem Informasi Akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya

2 Sistem inforamsi akuntansi sangat diperlukan bagi pemakai akuntansi yaitu pihak luar(ekstern) oragnisasi perusahaandan pihak dalam(intern) oraganisasi perusahaan. Kebutuhan para pemakai ekstern dapat dipenuhi dengan adanya publikasi laporan laba/rugi. Sedangkan para pemakai intern dapat memenuhi kebutuhan informasi akuntansinya untuk mencapai nilai ekonomis (laba) perusahaan semaksimal mungkin. TUJUAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI 1. Untuk mendukung operasi-operasi sehari-hari (to Support the –day-to- day operations). 2. Mendukung pengambilan keputusan manajemen (to support decision making by internal decision makers). 3. Untuk memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggung- jawaban (to fulfill obligations relating to stewardship).

3 Dalam SIA ada 2 pemakai informasi akuntansi yaitu: 1. Pihak ekstern –Para langganan –Para leveransir (supplier)‏ –Para pemegang saham (stockholder)‏ –Para pegawai –Para pemberi pinjaman –Instansi Pemerintah 2. Pihak Intern SIA menyiapkan informasi bagi manajemen dengan melaksanakan operasi-operasi tertentu atas semua data sumber yang diterimanya dan juga mempengaruhi hubungan organisasi perusahaan dengan lingkungan sekitarnya.

4 PROSES APLIKASI SIA Pemakai Sumber DataUmpan BalikPenghasil Informasi Pengumpulan dataPemrosesan datamanajemen database

5 Manfaat SIA : Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan Meningkatkan efisiensi Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan Meningkatkan sharing knowledge menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

6 Fungsi SIA : Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi. Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

7 Komentar saya tengtang SIA: Setiap siklus transaksi mengandung potensi kerugian. Manajemen harus mengembangkan tujuan-tujuan pengendalian yang rinci untuk setiap siklus transaksi. Tujuan pengendalian tersebut memberikan dasar untuik melakuikan analisis dan audit atas struktur pengendalian intern organisasi dan sebagai dasar untuk menangani potensi kerugian yang berkaitan dengan ketergantungan organisasi terhadap sistem informasi. Organisasi atau perusahaan tergantung pada sistem informasi untuk mempertahankan kemampuan kompetisi. Informasi adalah sumber daya seperti halnya pabrik dan peralatan. Produktivitas, sebagai suatu hal yang penting agar tetap kompetitif, dapat ditingkatkan melalui sistem informasi yang lebih baik. Akuntansi sebagai suatu sistem informasi, mengindentifikasikan, mengumpulkan, dan mengkomunikasikan informasi ekonomi mengenai suatu badan usaha kepada beragam orang. Informasi adalah data yang berguna dan diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Sistem adalah kumpulan sumber daya yang berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem informasi akuntansi adalah kumpulan sumber daya, seperti manusia dan peralatan, yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi. Informasi ini dikomunikasikan kepada beragam pengambilan keputusan. SIA mewujudkan perubahan ini, baik secara manual maupun komputerisasi.


Download ppt "SISTEM INFORMASI AKUNTANSI Sistem Informasi Akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google