Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERANAN EKOLOGI Pemeliharaan biosfer bagi kehidupan manusia dan makluk hidup lainnya menjadi lebih sehat dan produktif. Sebagai asas pemanfaatan SDA secara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERANAN EKOLOGI Pemeliharaan biosfer bagi kehidupan manusia dan makluk hidup lainnya menjadi lebih sehat dan produktif. Sebagai asas pemanfaatan SDA secara."— Transcript presentasi:

1 PERANAN EKOLOGI Pemeliharaan biosfer bagi kehidupan manusia dan makluk hidup lainnya menjadi lebih sehat dan produktif. Sebagai asas pemanfaatan SDA secara bijaksana atau pelestarian SDA. Perencanaan pelestarian SDA secara bijaksana karena ekologi merupakan perpaduan semua ilmu pengetahuan dan teknologi. Alat perekat berbagai bidang : pertanian, kehutanan, pengelolaan margasatwa, padang penggembalaan, pengairan, pembangunan bendungan, pengelolaan tambak, pengendalian pencemaran, perikanan. Pelaksana proyek raksasa senantiasa memerlukan nasihat ekologiwan agar bencana ekologi dan dampak negatif dari proyek raksasa tsb. Tidak terjadi. Tingkat produktivitas bumi untuk memenuhi kebutuhan umat manusia yang terus bertambah hanya dapat dicapai dengan perencanaan dan pelestarian SDA. DINAMIKA POPULASI DAN KOMUNITAS

2 Dinamika Populasi Populasi adalah kelompok jenis hidup yang sama dan menempati pada suatu tempat dan ruang tertentu Ciri populasi : berkembang biak (laju kelahiran), angka kematian (laju kematian), sistem reproduksi, struktur umur, distribusi dan struktur sosial. Laju kelahiran atau daya biak adalah kemampuan bawaan suatu populasi untuk bertambah Angka kelahiran : positif atau nol tidak pernah negatif Daya biak maksimum : jumlah maksimum individu baru yang mampu berbiak tanpa faktor pembatas (ideal) Daya biak nyata : karena faktor pembatas selalu ada di alam maka daya biak maksimum tdk pernah ada maka yang ada adalah adalah daya biak nyata. Laju Kelahiran

3 Daya biak biasanya dinyatakan sebagai nilai yang ditentukan dengan membagi jumlah individu baru yang dihasilkan dengan waktu yg diperlukan untuk menghasilkannya. Atau sebagai jumlah individu baru per satuan waktu per satuan populasi. ΔNn = daya biak, individu baru yg dihasilkan dlm populasi. ΔNn/Δt = angka kelahiran per satuan waktu ΔNn/NΔt =angka kelahiran per satuan waktu per individu Dimana : N = populasi keseluruhan, Nn = individu baru yg dihasilkan Δt = waktu Daya biak selalu posiitif karena belum memperhitungkan kematian, emigrasi, imigrasi Laju pertumbuhan bisa positif, nol atau negatif karena memperhitungkan faktor pembatas (kematian, emigrasi, imigrasi)

4 Daya Surut atau Angka Kematian Kemampuan bawaan suatu populasi untuk berkurang jumlahnya karena kematian. Daya surut adalah kebalikan daya biak Angka kematian (ΔMn/t ) : banyaknya individu yang mati dalam waktu tertentu ΔMn/NΔt adalah banyaknya angka kematian per satuan waktu per satuan populasi Untuk setiap populasi terdapat daya surut minimum yang menunjukkan besarnya kehilangan dlm keadaan ideal atau keadaan tanpa keterbatasan Dalam kondisi yang baik pun tetap saja ada bagian populasi yang mati. Panjang umur rata-rata jauh di bawah rentang hidup maksimumnya, shg angka kematian yg sebenarnya lebih besar daripada minimumnya. Daya surut lebih banyak dipengaruhi oleh berbagai perubahan lingkungan dibandingkan dengan daya biak.

5 Laju Biak dan Angka Kematian Daerah Tropika Laju biak tgt. pada jumlah keturunan, lama musim berbiak, umur. Burung gereja di tropika mempunyai telur lebih sedikit dibandingkan dengan di iklim sedang, karena di daerah iklim sedang pada musim panas lama waktu siang hari lebih panjang dibandingkan dg. di tropika shg. waktu mencari makan lebih lama. Di tropika banyaknya hewan tidak terlalu dikendalikan oleh laju biak tetapi oleh angka kematian dan hubungan thd. Lingkungan (kerusakan habitat dan

6 Struktur Umur Setiap populasi mempunyai 3 umur ekologi : umur pra-biak; biak dan pasca biak. Hal ini tergantung waktu nisbi setiap tahapan dalam rentang hidup populasi. Beberapa jenis tropika tidak punya umur pasca-biak karena setelah berbiak mati. Pada hewan dan tumbuhan tinggi, pembiakan terbatas pada kelompok umur menengah dan lebih tua. Ada 3 jenis struktur umur : (1) populasi berkembang pesat pada umur muda, (2) populasi berkembang sedang pada sebaran kelas umur merata, (3) populasi menurun dg. Sebaran pada kelas umur tua. Data struktur umur populasi disajikan dalam bentuk piramida umur. Tiga bentuk piramida umur : (a). persentase populasi menuut kelas umur yang berlainan, (b) persentase tinggi pada umur muda, (c) Persentase sedang pafa individu muda.


Download ppt "PERANAN EKOLOGI Pemeliharaan biosfer bagi kehidupan manusia dan makluk hidup lainnya menjadi lebih sehat dan produktif. Sebagai asas pemanfaatan SDA secara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google