Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dinnul Alfian Akbar 1 Pertemuan 12 Kepemimpinan dan Motivasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dinnul Alfian Akbar 1 Pertemuan 12 Kepemimpinan dan Motivasi."— Transcript presentasi:

1 Dinnul Alfian Akbar 1 Pertemuan 12 Kepemimpinan dan Motivasi

2 Dinnul Alfian Akbar 2 Motivasi Teori Proses Merupakan teori yang menguraikan dan menganalisis bagaimana perilaku itu digerakkan, diarahkan, didukung, dan dihentikan

3 Dinnul Alfian Akbar 3 Teori Motivasi Proses Teori Harapan (Victor Vroom) Orang memilih bagaimana bertindak dari berbagai alternatif tingkah laku, berdasarkan harapannya apakah ada keuntungan yang diperoleh dari tiap tingkah laku.

4 Dinnul Alfian Akbar 4 Teori Motivasi Proses Teori Pengharapan (Victor Vroom) Kunci teori ini adalah memahami dan mengelola sasaran karyawan dan mengkaitkan antara usaha, kinerja dan imbalan. Motivasi adalah hasil dari tiga faktor yaitu: Seberapa besar seseorang menginginkan imbalan (valensi) Perkiraan orang itu tentang kemungkinan bahwa upaya yang dilakukan akan menimbulkan prestasi yang berhasil (harapan) Serta perkiraan bahwa prestasi itu akan menghasilkan perolehan imbalan atau instrumentalis Hubungan antar ketiga faktor itu dapat dinyatakan sebagai berikut: valensi x harapan x instrumentalisasi = motivasi

5 Dinnul Alfian Akbar 5 Teori Motivasi Proses Teori Harapan Pengharapan (keterkaitan usaha—kinerja) Keyakinan bahwa sejumlah usaha tertentu akan menghasilkan kinerja tertentu. Instrumentalitas atau keterkaitan kinerja—imbalan Percaya bahwa bekerja pada tingkat tertentu menjadi sarana untuk tercapainya hasil yang diinginkan. Valensi—daya tarik imbalan Bobot yang ditempatkan pada orang tersebut ke potensi hasil atau imbalan yang dapat dicapai ditempat kerja.

6 Dinnul Alfian Akbar 6 Teori Motivasi Proses Teori Harapan Bahwa seorang individu cenderung untuk bertindak dengan cara tertentu berdasarkan pengharapan bahwa tindakan tersebut akan diikuti oleh hasil tertentu dan berdasarkan daya tarik hasil tersebut bagi orang lain. Kunci teori ini adalah memahami dan mengelola sasaran karyawan dan mengkaitkan antara usaha, kinerja dan imbalan. Usaha: kemampuan karyawan dan pelatihan dan pengembangan Kinerja: sistem penilaian yang valid Imbalan: memahami kebutuhan karyawan

7 Dinnul Alfian Akbar 7 Teori Motivasi Proses Teori Keadilan Teori yang menekankan peran yang dimainkan oleh keyakinan seseorang akan keadilan dan kejujuran dari penghargaan dan hukuman dalam menentukan prestasi dari kepuasan kerjanya

8 Dinnul Alfian Akbar 8 Teori Motivasi Proses Teori Kesetaraan—keadilan Karyawan memperbandingkan rasio input-hasil pekerjaannya dengan rasio orang lain yang relevan yang kemudian mengkoreksi setiap kesetidak-setaraan. Jika rasio sama dengan rasio orang lain—setara. Jika rasio tidak sama, maka timbulah ketidaksetaraan— sehingga mereka menganggap dirinya kurang dihargai atau terlalu dihargai. Jika terjadi ketidaksetaraan, karyawan berusaha melakukan sesuatu untuk membuat kesetaraan.

9 Dinnul Alfian Akbar 9 Teori Motivasi Proses Teori Kesetaraan—Keadilan Karyawan menanggapi ketidaksetaraan: Mengubah input hasil sendiri atau orang lain. Berperilaku sedemikian rupa agar orang mengubah input mereka. Berperilaku sedemikian rupa guna mengubah input sendiri. Memilih orang yang berbeda-beda sebagai pembanding. Meninggalkan pekerjaan mereka.

10 Dinnul Alfian Akbar 10 Teori Motivasi Proses Teori Kesetaraan—Keadilan Motivasi karyawan sangat dipengaruhi oleh imbalan relatif maupun imbalan absolut. Jika karyawan melihat ketidaksetaraan, mereka akan membetulkan situasi tersebut: Hasilnya mungkin lebih tinggi atau rendah produktivitasnya. Lebih rendah atau tinggi mutunya. Meningkat atau menurun kemangkiran. Sukarela mengundurkan diri.

11 Dinnul Alfian Akbar 11 Teori Motivasi Proses Teori Pengukuhan (Reinforcement Theory) Ide bahwa tingkah laku dengan konsekuensi positif cenderung untuk diulang, sementara tingkah laku dengan konsekuensi negatif cenderung untuk tidak diulang.

12 Dinnul Alfian Akbar 12 Teori Motivasi Proses Teori Pengukuhan (Reinforcement Theory) Perilaku merupakan fungsi dari konsekuensi- konsekuensinya. Penguat-penguat—setiap akibat yang langsung mengikuti suatu tanggapan yang meningkatkan kemingkinan bahwa perilaku tersebut akan diulang. Penguatan positif akan dipilih untuk mempengaruhi perilaku kinerja. Mengabaikan perilaku yang tidak dinginkan mungkin lebih baik dibandingkan hukuman yang mungkin akan menciptakan perilaku disfungsional.


Download ppt "Dinnul Alfian Akbar 1 Pertemuan 12 Kepemimpinan dan Motivasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google