Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRUKTUR ORGANISASI RACANA PANDEGA PEMBINA PEMBANTU PEMBINA INSTRUKTUR RACANA PANDEGA Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris Bendahara DEWAN KEHORMATAN RACANA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRUKTUR ORGANISASI RACANA PANDEGA PEMBINA PEMBANTU PEMBINA INSTRUKTUR RACANA PANDEGA Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris Bendahara DEWAN KEHORMATAN RACANA."— Transcript presentasi:

1 STRUKTUR ORGANISASI RACANA PANDEGA PEMBINA PEMBANTU PEMBINA INSTRUKTUR RACANA PANDEGA Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris Bendahara DEWAN KEHORMATAN RACANA PANDEGA PEMANGKU ADAT RACANA KELOMPOK KERJA ANGGOTA REKA MINIMAL 2 ORANG MAKSIMAL 8 ORANG Konsultasi; Pengamatan langsung dan monitoring REKA A B C D PRIBADI PRAMUKA PANDEGA KONSULTAN MITRA BAKTI

2 RACANA PRAMUKA PANDEGA 1.Pramuka Pandega adalah Anggota Dewasa Muda berusia antara tahun sudah dilantik dan aktif di Satuan / Gugus depan. 2.Arti Pandega ialah orang yang dipercaya dapat memimpin atau memandegani sesuatu kegiatan atau sesuatu pembangunan. 3.Reka adalah kelompok Pramuka Pandega yang berkelamin sejenis terdiri antara 2-8 orang, aktif dalam Racana di Satuan Reka, dipimpin seorang Ketua Reka, dipilih dari anggota Reka yang bersangkutan, dibantu Sekretaris dan Bendahara. 4.Racana adalah kelompok Pramuka Pandega yang berkelamin sejenis terdiri antara 2-4 Reka, aktif dalam Satuan Racana dipimpin oleh seorang Ketua Racana, dipilih dari Ketua Reka dalam Racana tersebut, dibantu Sekretaris dan Bendahara. PENGERTIAN

3 5.Pemangku Adat Racana Pandega adalah seorang yang dipilih dari anggota Racana untuk memimpin upacara Adat Racana Pandega. 6.Dewan Kehormatan Racana Pandega adalah suatu Dewan yang dibentuk oleh Racana Pandega berfungsi untuk memimpin musyawarah dan memutuskan pemberian sanksi atas pelanggaran anggota Racana yang melanggar Kode Etik Gerakan Pramuka atau memberi Tanda Jasa/Penghargaan kepada anggota Racana yang memiliki prestasi yang luar biasa. Keanggotaan Dewan Kehormatan Racana Pandega, terdiri dari unsur Ketua Racana, Ketua Reka, Anggota Racana dan Pembina Pandega. 7.Pembina Pandega adalah Pembina Mahir yang memiliki kompetensi sebagai Pembina Pramuka Mahir Penegak/Pandega, berfungsi sebagai Mitra Bakti dan konsultan, yang dipilih atau dikehendaki oleh Racana Pandega.

4 8.Pembantu Pembina Pandega adalah Pembantu Pembina Mahir yang memiliki kompetensi Pembina dan Konsultan berfungsi sebagai Pembantu Pembina, Pandega yang dipilih atau dikehendaki oleh Racana Pandega. 9.Konsultan ialah tugas Pembina Pandega dan Pembantu Pembina Pandega sebagai Mitra Bakti bagi Pramuka Pandega yang bertanggungjawab secara teknis dan moral terhadap proses pendidikan kepramukaan bagi Racana Pandega di Satuannya. 10.Instruktur adalah anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka yang memiliki keterampilan khusus dan Kompeten melatih Pramuka Pandega dalam teknik keterampilan tertentu.

5 PROSES PEMBINAAN RACANA PANDEGA PEMBINA, PEMBANTU PEMBINA, NARASUMBER, MAJELIS PEMBIMBING, INSTRUKTUR DEWAN KEHORMATAN RACANA PANDEGA PEMANGKU ADAT RACANA PANDEGA REKA C REKA A REKA D REKA B

6 PROSES PEMBINAAN 1.Proses Pembinaan Pramuka Pandega dilaksanakan oleh Pembina Pandega dibantu oleh Pembantu Pembina Pandega dan Instruktur secara perorangan dengan pendekatan individu sebagai Mitra Bakti. 2.Pembina Pramuka Pandega dilaksanakan berdasarkan program kerja hasil kesepakatan musyawarah Reka dan kesepakatan musyawarah Racana dengan menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan serta Sistim Among secara tepat guna dan berhasil guna. Pembina, Pembantu Pembina dan Instruktur di Racana Pandega sebagai konsultan yang aktif dan bertanggungjawab.

7 3.Setiap individu Pramuka Pandega mengelompokkan diri dalam proses belajar dan proses kegiatan bakti bersama dalam bentuk Reka. Setiap Reka terdiri antara 2 sampai dengan 8 orang Pramuka Pandega yang berjenis kelamin sama. Setiap Reka terdiri antara 2 sampai dengan 8 orang Pramuka Pandega yang berjenis kelamin sama.

8 4.Pemimpin Reka dipilih dalam musyawarah anggota Reka terdiri atas satu orang Pemimpin Reka dibantu satu orang Sekretaris Reka atau Kerani dan satu orang Bendahara atau juru uang. Tugas utama Reka adalah menyusun rencana kegiatan latihan dan kegiatan bakti untuk 6 bulan atau satu semester yang diajukan dalam musyawarah Reka untuk memperoleh kesepakatan anggota Reka dan dikonsultasikan kepada Pembina Pandega. Setiap semester ada pergantian Ketua Reka berdasarkan pilihan anggota Reka dalam musyawarah. Ketua Reka mewakilinya Rekanya dalam musyawarah Racana Pandega proses pergantian Pimpinan Reka dilaksanakan setiap 6 bulan atau satu semester dengan maksud agar semua anggota Reka mendapat kesempatan memimpin Reka.

9 5.Pemimpin Racana dipilih dalam musyawarah Racana yang dihadiri oleh Ketua Reka dan Pembina Pramuka sebagai Konsultan terdiri atas; Ketua Racana dibantu oleh seorang Wakil Ketua Racana, seorang Sekretaris dan seorang Bendahara. Tugas utama Racana Pandega menyusun rencana kegiatan latihan dan kegiatan bakti selama satu tahun untuk dimusyawarahkan dan diputuskan menjadi kegiatan Racana Pandega. Proses pergantian Racana Pandega dilaksanakan setiap tahun bertujuan untuk memberi kesempatan agar semua Ketua Reka dapat mengalami menjadi Pemimpin Racana. Semua keputusan musyawarah Racana Pandega dikonsultasikan kepada Pembina Pandega untuk memperoleh saran dan arahan dari Pembinanya.

10 6.Semua acara latihan dan kegiatan Bakti dipimpin oleh Ketua Racana Pandega, setelah memperoleh saran dan arahan Pembina. Proses pengelolaan kegiatan dan Program Kerja latihan dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dilaksanakan oleh Racana Pandega dengan membentuk Reka Kerja atau Kelompok Kerja. 7.Pembina melaksanakan Proses Sistim Among dengan memposisikan diri 70% Tut Wuri Handayani, 20% Ing Madya Mangun Karsa dan 10% Ing Ngarsa Sung Tulada.

11 TERIMA KASIH 23 MEI 2005


Download ppt "STRUKTUR ORGANISASI RACANA PANDEGA PEMBINA PEMBANTU PEMBINA INSTRUKTUR RACANA PANDEGA Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris Bendahara DEWAN KEHORMATAN RACANA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google