Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 I. PENGERTIAN DASAR KOPERASI ARTI PENTING EKONOMI KOPERASI Ekonomi secara umum adalah sebagai usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup, sedang koperasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 I. PENGERTIAN DASAR KOPERASI ARTI PENTING EKONOMI KOPERASI Ekonomi secara umum adalah sebagai usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup, sedang koperasi."— Transcript presentasi:

1 1 I. PENGERTIAN DASAR KOPERASI ARTI PENTING EKONOMI KOPERASI Ekonomi secara umum adalah sebagai usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup, sedang koperasi merupakan organisasi ekonomi yang anggotanya mempunyai dua fungsi yaitu pemilik dan pelanggan. Konsep manusia dalam ekonomi bisa sebagai produsen, konsumen dan pedagang dan ketiga jenis manusia tersebut mempunyai tujuan yang sama, menggunakan sumber daya yang terbatas untuk mencapai kepuasan maksimal. Sebagai konsumen yang rasional, manusia akan mengalokasikan pendapatan yang terbatas, sehingga mencapai kepuasan yang maksimal. Sebagai pedagang yang rasional, manusia akan menginvestasikan dananya pada barang dagangan yang memberikan keuntungan yang maksimal.

2 2 RUANG LINGKUP EKONOMI KOPERASI Membahas tentang peranan ilmu ekonomi (ekonomi mikro) dalam mengembangkan koperasi. Pembahasan makro ekonomi koperasi dimulai dengan pengenalan koperasi dalam sistem pasar, yang dalam hal ini koperasi akan bersaing dengan unit usaha lain

3 3 PENGERTIAN KOPERASI Definisi secara umum : perkumpulan orang perorang yang memberi kebebasan keluar masuk sebagai anggota dan bertujuan untuk dapat meningkatkan kebutuhan materi anggotanya dengan menjalankan usaha secara bersama Menurut International Cooperative Alliance : Koperasi adalah kumpulan orang-orang atau badan hukum yang bertujuan untuk memperbaiki sosial ekonomi anggotanya dengan memenuhi kebutuhan anggotanya dengan jalan berusaha bersama, saling membantu antara yang satu dengan yang lainnya dengan cara membatasi keuntungan dan usaha tersebut harus didasarkan atas prinsip-prinsip koperasi. Bung Hatta mendefinisikan : Koperasi didirikan sebagai persekutuan kaum yang lemah untuk membela kepentingan hidupnya dan mencapai keperluan hidupnya dengan ongkos yang semurah-murahnya artinya di dalam koperasi didahulukan kepentingan bersama, bukan keuntungan.

4 4 SISTEM PEREKONOMIAN 1. Liberalis : Adalah suatu paham yang berpendapat dan bercita-cita bahwa manusia dilahirkan di dunia mempunyai fitrah, bawaan, kodrat yang bebas dan mempunyai hak untuk bertundak seperti yang diinginkan. Paham ini mengagungkan kebebasan hak milik dan menikmati yang paling tinggi 2. Sosialis : Adalah suatu paham yang berpendapat bahwa negara adalah pihak yang menentukan perekonomian 3. Welfare State : Adalah suatu negara yang ingin menciptakan demokrasi secara luas. Masyarakat tidak hanya berhak menikmati demokrasi politik tetapi juga menikmati demokrasi ekonomi, berupa kesempatan untuk mendapatkan dan memilih lapangan pekerjaan, pendidikan, penguasaan teknologi dan kebebasan untuk menikmati hasil-hasil kebudayaan 4. Etatisme : Dalam paham yang menyatakan bahwa peran negara dan aparatur negara bersifat dominan karena didasari nasib buruh yang meyedihkan. Dengan demikian ekonomi diatur oleh negara untuk melindungi masyarakat miskin 5. Perekonomian Pancasila (campuran) Belum ada rumusan secara tegas hanya bisa dikemukakan : a. Strategi pembangunan ekonomi didasarkan pada demokrasi ekonomi b. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan c. Cabang produksi yang penting dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara d. Bumi, air dan kekayaan alam dikuasai negara, untuk kemakmuran rakyat e. Polanya adalah ekonomi campuran antara ekonomi pasar dan ekonomi perencanaan

5 5 PENDEKATAN MEMAHAMI PENGERTIAN KOPERASI 1. Esensialis : mencoba menemukan dan menjelaskan hakekat sejati dari sesuatu. Koperasi diperlukan untuk membela diri terhadap tekanan hidup yang dilakukan kelompok lain, baik berupa dominasi sosial maupun eksploitasi ekonomi 2. Yuridis : koperasi ada berdasarkan hukum atau undang- undang yang berlaku di suatu negara. Di Indonesia ada UU Kopeerasi No.12/67 dalam bab III,bagian I pasal 3 tertulis: Koperasi Indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi, sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan 3. Nominalis : mencoba menemukan bagaimana sesuatu berperilaku dalam berbagai lingkungan dan apakah terdapat keteraturan dalam perilaku itu. Koperasi dimiliki banyak orang, sehingga pemilikannya merata.Tidak ada yang menguasai koperasi dalam hal:modal, kekuasaan, pembagian laba


Download ppt "1 I. PENGERTIAN DASAR KOPERASI ARTI PENTING EKONOMI KOPERASI Ekonomi secara umum adalah sebagai usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup, sedang koperasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google