Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-BISNIS & E-COMMERCE M-07. Pengertian E-Bisnis  Seluruh penggunaan teknologi informasi, khususnya teknologi jaringan dan komunikasi,untuk meningkatkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-BISNIS & E-COMMERCE M-07. Pengertian E-Bisnis  Seluruh penggunaan teknologi informasi, khususnya teknologi jaringan dan komunikasi,untuk meningkatkan."— Transcript presentasi:

1 E-BISNIS & E-COMMERCE M-07

2 Pengertian E-Bisnis  Seluruh penggunaan teknologi informasi, khususnya teknologi jaringan dan komunikasi,untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh proses bisnisnya.  Bukan hanya merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pelanggan, investor, Kreditor, pemerintah, dan media massa, juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.

3 E-Bisnis  Ikut serta dalam e-business bukan lagi merupakan pilihan, tetapi suatu kebutuhan.  Dapat memberikan keunggulan kompetitif jika:  Digunakan untuk mengimplementasikan strategi dasar mereka secara lebih efektif, dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi aktivitas-aktivitas rantai nilainya.

4 Arsitektur Aplikasi Perusahaan  Mengilustrasikan hubungan antar aplikasi lintas fungsi.  Menunjukkan peran yang dimainkan sistem bisnis dalam mendukung pelanggan, pemasok, mitra, dan karyawan perusahaan.

5 Contoh Arsitektur e-bisnis

6 Enterprise Resource Planning (ERP)  Sistem lintas fungsi yang mengintegrasikan dan mengotomatisasi banyak dari proses bisnis internal dari suatu perusahaan, terutama proses dalam fungsi produk, logistik, distribusi, akuntasi, keuangan, dan sumber daya manusia.  Terdiri dari modul-modul terintegrasi yang memberi perusahaan tampilan lintas fungsi secara real-timeatas proses-proses bisnis inti mereka, seperti produksi, pemrosesan pesanan, dan penjualan, serta atas berbagai sumber dayanya, seperti kas, bahan baku, kapasitas produkasi, dan manusia.

7 Manfaat ERP  Sistem yang terintegrasi proses pengambilan keputusan akan lebih efektif dan efisien.  Otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis  Membagi database yang umum dan praktek bisnis melalui enterprise  Menghasilkan informasi yang real-time  Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan

8 E-commerce  Bagian dari e-bisnis yg merujuk pada pelaksanaan transaksi bisnis secara elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Misal: pembelian, penjualan, penyebaran, pemasaran barang dan jasa

9 9 Manfaat E-Commerce  Revenue stream baru  Market exposure, melebarkan jangkauan  Menurunkan biaya  Memperpendek waktu product cycle  Meningkatkan customer loyality  Meningkatkan value chain

10 10 Jenis E-Commerce  Business to business (B2B)  Antra perusahaan, data berulang, e-procurement  Business to consumer (B2C)  Retail, pelanggan yang bervariasi, konsep Portal  Consumer to consumer (C2C)  Lelang (auction)  Government: G2G, G2B, G2C (citizen)  e-procurement

11 11 Peluang  Pasar Indonesia yang besar  Jenis layanan khas Indonesia yang hanya dimengerti oleh orang Indonesia  Semua orang masih bingung dengan “new economy”

12 12 Pasar Indonesia besar  Potensi  Jumlah penduduk Indonesia yang besar  Masih banyak yang belum terjangkau oleh Internet Jumlah pengguna Internet masih sekitar 5 juta orang  Market belum saturasi  Rentang fisik yang lebar merupakan potensi e-commerce

13 13 Layanan Khas Indonesia  Orang Indonesia gemar berbicara (tapi kurang suka menulis / dokumentasi)  Contoh layanan khas Indonesia  Wartel & Warnet  SMS  Berganti-ganti handphone (lifestyle?)  Games, kuis  Content Indonesia!

14 14 Layanan Khas Indonesia [2]  Peluang bisnis baru yang khas Indonesia  SMS-based applications  Nonton TV dengan chatting  Games, kuis

15 SISTEM PEMBAYARAN ON-LINE 1. Pembayaran dua pihak tanpa perantara transaksi langsung antara dua pihak tanpa perantara menggunakan uang nasionalnya 2. Pembayaran dengan perantara pihak ketiga proses pembayaran menyangkut debit, kredit maupun check. Sistem pihak ketiga (3rd party system) Pihak ketiga berfungsi sebagai agen antara pedagang / penjual & konsumen / pembeli Tugasnya memeriksa kartu kredit konsumen (menolak atau menyetujui transaksi) lalu mengeluarkan dana untuk pembayaran kepada pedagang Paypal Sistem sertifikat Melibatkan sertifikat digital sebagai media yang akan menampilkan kartu kreditnya SET (secure electrinic transaction), SSL(secure socket layer) Sistem uang neto (net money)  Konsumen merubah mata uangnya ke dalam bentuk mata uang cyber

16 Cara pembayaran digolongkan menjadi 2  Pertama dengan menggunakan sistem pre-paid (tunai)  Pengguna pre-paid, pembeli harus mempunyai dana pada akunnya yang biasa disebut electronic token yang nantinya akan ditransfer kepada penjual pada saat terjadinya transaksi jual-beli.  Contoh dari Pre-paid seperti micro-payment dan juga e- cash.  Kedua bisa juga dengan post-paid (kredit).

17 Micropayment Micropayment merupakan salah satu bentuk pembayaran yang dilakukan secara elektronik [research.compaq.com] Penggunaan micropayment ini dikhususkan pada pembayaran dengan nominal relatif kecil dan frekuensi transaksi dengan intensitas yang tinggi. Salah satu contoh penggunaannya adalah pembayaran mp3 yang di- download dari mp3server. Biasanya intensitas transaksi mp3 ini dilakukan berulang kali, sehingga pembayaran untuk setiap kali download dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit menjadi tidak efisien dan membutuhkan biaya yang tinggi. Oleh karena itu pembayaran untuk transaksi sejenis memerlukan prosedur lain, diantaranya dengan menggunakan micropayment. Paypal mendefinisikan micropayment sebagai transaksi yang bernilai kurang dari 12 USD

18 E-cash  Digital cash, atau disebut juga e-cash, adalah sistem pembayaran yang mengandung sebuah tanda tangan digital (digital signature) dan dilengkapi dengan sepasang kunci publik-privat (public-private keys).  Tanda tangan digital untuk mengotentikasi pemakai kartu dan sepasang kunci publik-privat untuk mengamankan proses pembayaran.  Dua hal ini melindungi privasi pemilik kartu dari segala usaha ilegal.

19 19 Hambatan / Tantangan  Internet bust! Hancurnya bisnis Internet  Infrastruktur telekomunikasi yang masih terbatas dan mahal  Delivery channel  Kultur dan Kepercayaan (trust)  Security  Munculnya jenis kejahatan baru  Ketidakjelasan hukum  Efek sampingan terhadap kehidupan

20 20 Internet Bust!  Tahun 1999 – 2000 bisnis “DOTCOM” menggelembung (bubble)  Banyak model bisnis yang belum terbukti namun ramai-ramai diluncurkan. Akhirnya hancur dengan matinya banyak perusahaan dotcom  Pengalaman buruk sehingga membuat orang lebih berhati-hati  Peluang: membuat model bisnis baru?

21 21 Infrastruktur Telekomunikasi  Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia masih terbatas dan harganya masih relatif lebih mahal  Padahal e-commerce bergantung kepada infrastruktur telekomunikasi  Peluang: deregulasi, muncul bisnis baru

22 22 Delivery Channel  Pengiriman barang masih ditakutkan hilang di jalan. Masih banyak “tikus”  Ketepatan waktu dalam pengiriman barang  Jangkauan daerah pengiriman barang  Peluang: pengiriman barang yang terpercaya

23 23 Kultur & Kepercayaan  Orang Indonesia belum (tidak?) terbiasa berbelanja dengan menggunakan catalog  Masih harus secara fisik melihat / memegang barang yang dijual  Perlu mencari barang-barang yang tidak perlu dilihat secara fisik. Misal: buku, kaset, …

24 24 Kultur & Kepercayaan [2]  Kepercayaan antara penjual & pembeli masih tipis  Kepercayaan kepada pembayaran elektronik masih kurang. Penggunaan kartu kredit masih terhambat  Peluang: model bisnis yang sesuai dengan kultur orang Indonesia, membuat sistem pembayaran baru, pembayaran melalui pulsa handphone

25 25 Security  Masalah keamanan membuat orang takut untuk melakukan transaksi  Persepsi merupakan masalah utama  Ketidak mengertian (lack of awareness) merupakan masalah selanjutnya  Merupakan topik tersendiri...

26 26 Munculnya Kejahatan Baru  Penggunaan kartu kredit curian / palsu  Penipuan melalui SMS, kuis  Kurangnya perlindungan kepada konsumen  Hukum? Awareness?  Kurangnya kesadaran (awareness) akan masalah keamanan

27 27 Ketidakjelasan Hukum  Masih belum tuntas status dari  Digital signature  Uang digital / cybermoney  Status hukum dari paper-less transaction  [de]Regulasi

28 28 Efek terhadap kehidupan  Kemajuan teknologi komputer dan komunikasi seharusnya meningkatkan tingkat kualitas hidup kita. Kenyataannya…  Bekerja lebih panjang  Pekerjaan dibawa pulang: no life, single terus  Melebarnya jurang si kaya dan si miskin  Siapkah kita menghadapi tantangan yang tidak dapat kita hindari?

29 29 Lain-lain  Ketidaksiapan institusi finansial  Tidak adanya insentif dari Pemerintah  Masih kurangnya entrepreneur di Indonesia


Download ppt "E-BISNIS & E-COMMERCE M-07. Pengertian E-Bisnis  Seluruh penggunaan teknologi informasi, khususnya teknologi jaringan dan komunikasi,untuk meningkatkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google