Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BANDA ACEH Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov.Aceh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BANDA ACEH Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov.Aceh."— Transcript presentasi:

1 BANDA ACEH Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov.Aceh

2 PENTINGNYA DATA: Sehari tanpa data sama dengan satu menit tanpa udara (HABIB BADARUDDIN)

3 Data dan Informasi salah satu faktor yang handal dalam pengambilan keputusan untuk penentuan kebijakan dan perencanaan merupakan

4

5 EMPAT CIRI DATA YANG BAIK 1.DATA HARUS AKURAT ( TIDAK BERU- BAH-UBAH ) 2. DATA HARUS RELEVAN (SESUAI DGN KEBUTUHAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN ) 3. DATA ITU HARUS LENGKAP 4. DATA HARUS TEPAT WAKTU.

6 INFORMASI = DATA YANG SUDAH DIKUM- PULKAN, DIOLAH, DIANALISIS, DAN DIKEMAS SEDEMIKIAN RUPA….BLA…BLA…. BLAAA…..! INFORMASI = SESUATU YG DPT MENGHILANG- KAN KE-RAGU2-AN DLM PENGAMBILAN KEPU- TUSAN, SEHINGGA BLA….BLA…BLAAA….! PENGELOLA SIK (Penjual) PENGAMBIL KEPUTUSAN (Konsumen) PRINSIP DAGANG: PUASKANLAH KEBUTUHAN KONSUMEN (PEMBELI ADALAH RAJA)

7 TANTANGAN UNTUK PENGELOLA DATA Menyediakan data dan informasi yang akurat, up to date dan tidak terpengaruh oleh pendapat pribadi SEHINGGA Memberikan kesempatan penentu kebijakan mengambil keputusan berdasarkan EVIDENCE BASED (KENYATAAN YG ADA)

8 Permasalahan yang dihadapi Sistem informasi pada unit-unit baik dipusat maupun di daerah tidak saling terintegrasi sehingga berjalan tdk optimal. Sebagian besar Daerah belum memiliki kemampuan pengelolaan DATA yang memadai. Proyek baik di pusat maupun yang pelaksanaannya di daerah yang terkait dengan DATA menciptakan sistem informasi sendiri-sendiri dan kurang memperhatikan kelangsungan sistem. Pemanfaatan data dan informasi oleh manajemen, unit dan masyarakat belum optimal. Dana untuk pengembangan Sistem Informasi Data sangat terbatas, karena kurangnya perhatian penentu kebijakan. Kurangnya tenaga purna-waktu untuk mengelola Data baik di Pusat maupun di Daerah.

9 STRATEGI ARSITEKTUR Sistem Informasi yang akan datang Kegiatan operasional sistem informasi di setiap unit utama di pusat dan unit pelaksana di daerah berada dibawah tanggung jawab masing-masing unit terkait. Muara Basis Data dari setiap unit-unit utama maupun dari bank data bidang Perencanaan di daerah dikelola oleh Sub Bagian INMAS dan Subbag TU di Kankemenag.Kab.Kota Gudang data dan informasi yang dikelola tersebut disediakan untuk kepentingan para stakeholders maupun masyarakat.

10 MIN MTsNMAN/KUA Unit PUSDATIN Lain-lain BANK DATA & Data Warehouse Stakeholders Masyaraket Strategi arsitektur Bank Data Kab/Kota

11 STRATEGI PENGEMBANGAN Mengkoordinasi seluruh sistem informasi yang ada kedalam satu payung koordinasi yaitu PUSDATIN. Memfasilitasi perubahan pola pikir pengelola sistem Informasi dari pola pelaporan menjadi pola komunikasi data Mengintegrasikan sistem-sistem informasi yang ada baik pada unit-unit utama di pusat maupun unit-unit pelaksana di daerah. Menyelenggarakan pengumpulan data dan pemanfaatan informasi secara bersama-sama (information sharing & data warehouse) Memfasilitasi pengembangan Pengelolaan Data daerah. Mengembangkan pelayanan data dan informasi bagi manajemen dan masyarakat. Mengembangkan teknologi informasi di pusat dan daerah. Meningkatkan kualitas SDM dalam pengelolaan dan penggunaan teknologi informasi melalui berbagai pelatihan.

12 BANK DATA ADALAH STASIUN DIMANA BERBAGAI DATA DIHIMPUN, DIATUR DLM DATABASE YANG BERSTRUKTUR SESUAI KAIDAH-KAIDAH INFORMATIKA UNTUK DIGUNAKAN SETIAP SAAT DALAM UPAYA MENGHASILKAN INFORMASI PERUBAHAN SITUASI YANG DINAMIS DAPAT SELALU DIPANTAU KARENA: DLM BANK DATA TERSIMPAN DATA BASE YANG MUTAHIR DPT SETIAP SAAT DIGUNAKAN

13 BENTUK FISIK BANK DATA ADALAH JARINGAN KOMPUTER DENGAN KELENGKAPANNYA YANG BERISI DATABASE/INFORMASI YANG DAPAT DIAKSES OLEH PENGGUNA

14 BANK DATA DI TK. KABUPATEN/KOTA MENAMPUNG BERBAGAI DATA YANG MENGGAMBARKAN WILAYAH KABUPATEN/KOTA YANG DIPEROLEH MELALUI: PENCATATAN & PELAPORAN YANG BERLAKU MAUPUN SURVEI

15 BANK DATA DI TK. PROVINSI MENAMPUNG BERBAGAI DATA YANG MENGGAMBARKAN WILAYAH PROPINSI YANG DIPEROLEH DARI: BANK DATA KABUPATEN & SUMBER EKSTERNAL

16 TUGAS KASUBBAG TU 1.MELAKSANAKAN TUGAS SETJEN DI...KAB./KOTA 2.MENGKOORDINASIKAN TUGAS....KEMENTERIAN 3.MEMBERIKAN DUKUNGAN ADMISTRASI. 4.MELAKSANAKAN TUGAS FKUB,DAN..AGAMA LAIN 5.MELAKSANAKAN TUGAS TAMBAHAN...DARI KAKANKEMENAG..

17 TUGAS SUBBAG HUMAS DAN INFORMASI > PENANGGUNG JAWAB SELURUH SISTEM INFORMASI  HUBUNGAN DENGAN MEDIA DAN KEMA- SYARAKATAN.  PEMEGANG LPSE  INFORMASI PUBLIK  PENANGGUNG JAWAB PENYIAPAN BAHAN KOORDINASI UTK.PIMPINAN.

18 KEBIJAKAN SETJEN. 1.TIDAK DIBENARKAN KEP.BIDANG MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN GEDUNG SENDIRI. 2,TIDAK DIBENARKAN MEMINTA DU- KUNGAN TENAGA DARI LUAR SE- LAIN KAKANWIL 3.PENANGGUNG JAWAB SEMUA KEGI- ATAN ADALAH KAKANWIL DIKOORDINASIKAN. OLEH KABAG.TU.

19


Download ppt "BANDA ACEH Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov.Aceh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google